Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

apa itu HRD

HRD jadi bagian penting dalam sebuah perusahaan. Anda pasti sudah tidak asing dengan apa itu HRD, terlebih ketika melamar kerja HRD ini yang harus Anda hadapi untuk pertama kali.

Nah, sebenarnya apa itu HRD? Apakah Anda juga sudah mengetahui fungsi dan manfaat dari HDR ini? Buat Anda yang ingin tahu informasi lebih lengkap mengenai apa itu HRD, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu HRD

Istilah pengembangan sumber daya manusia pertama kali diciptakan pada tahun 1969, mengacu pada pelatihan, pendidikan, dan pengembangan tenaga kerja. Ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pendidikan tingkat sekolah dan persyaratan tempat kerja.

Tergantung pada kualifikasi pendidikan rata-rata yang tersedia di wilayah Anda, dan persyaratan kerja sehari-hari, pengertian apa itu HRD dapat sangat bervariasi.

Jadi, apa itu HRD? Pengembangan sumber daya manusia, juga dikenal sebagai HRD, adalah pelatihan dan pengembangan yang Anda berikan kepada karyawan Anda. Ini adalah cara Anda melatih staf Anda sehingga mereka dapat bekerja sebaik mungkin dan memberi Anda keunggulan kompetitif.

Ini termasuk melatih staf Anda ketika mereka pertama kali bergabung dengan UKM Anda, berbagi alat yang berguna untuk membantu mereka melakukan pekerjaan mereka dengan benar dan memberi mereka kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru.

Baca Juga: Orientasi Karyawan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Melakukannya

5 Fungsi Utama HRD

Ada lima fungsi pengembangan sumber daya manusia dalam HRD, apa saja?

1. Pencarian dan Akuisisi Talenta Strategis

Langkah pertama untuk meningkatkan sumber daya manusia di perusahaan Anda adalah menemukan dan merekrut talenta yang tepat. Di sinilah fungsi utama dari HRD. Kandidat terbaik mungkin tidak selalu memiliki pengalaman paling banyak atau jumlah kualifikasi tertinggi.

Namun, mereka bisa menjadi budaya yang baik untuk menambah organisasi Anda. Perpaduan yang cermat antara soft skill, kepribadian, dan potensi akan menentukan sumber bakat, dan pada gilirannya, efektivitas pengembangan sumber daya manusia.

Sejak tahap orientasi, HRD mulai membekali karyawan dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berhasil selama masa kerja karyawan di organisasi.

2. Tunjangan Karyawan Berorientasi Pendidikan

Paket tunjangan yang berfokus pada pengembangan sumber daya manusia akan mencakup sponsorship untuk pendidikan orang dewasa, bantuan biaya sekolah, jam kerja fleksibel bagi mereka yang melanjutkan belajar di luar perguruan tinggi, dan sebagainya.

Misalnya, Starbucks College Achievement Plan memberi karyawan AS cakupan biaya kuliah untuk universitas dan gelar tertentu. DHL menawarkan manfaat serupa dalam bentuk penggantian biaya kuliah untuk karyawan yang mengajukan gelar sarjana online.

3. Pengukuran dan Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja adalah jantung dari pengembangan HRD. Karyawan mungkin tidak selalu dapat meluangkan waktu untuk sesi pembelajaran dan kursus online, di situlah model manajemen kinerja yang berfokus pada kekuatan dimulai.

Manajer secara teratur meninjau kinerja karyawan dan membagikan umpan balik yang menginspirasi/melatih. Karyawan kemudian fokus pada peningkatan kinerja, secara bertahap meningkatkan kemampuan mereka. Struktur seperti itu membutuhkan kelincahan untuk membuktikan kegunaannya.

4. Program Pembelajaran dan Pengembangan Formal

Untuk melengkapi upaya manajer, Anda dapat menawarkan sesi pembelajaran dan pengembangan untuk menutup kesenjangan keterampilan tertentu. Ini harus memperhitungkan kebutuhan perusahaan di satu sisi dan ambisi pribadi karyawan di sisi lain.

Katakanlah seorang karyawan dengan potensi kepemimpinan tertarik pada domain pemasaran. Anda dapat menetapkan jalur pembelajaran yang mengembangkan kedua keahlian ini dan secara bertahap membantu transisi karyawan ke departemen pemasaran di mana mereka dapat mempelajari tali sebelum mengambil peran kepemimpinan itu.

5. Mobilitas Internal dan Perencanaan Suksesi

Program pengembangan sumber daya manusia yang efektif akan memastikan bahwa setiap karyawan menemukan pekerjaan yang paling sesuai dalam organisasi, selaras dengan keinginan dan kemampuan mereka.

Mobilitas internal mendukung transisi lateral, sementara rencana suksesi berfokus pada pengembangan pemimpin masa depan. Sekali lagi, mobilitas internal dan perencanaan suksesi harus didukung oleh pelatihan hard skill dan soft skill masing-masing.

Menariknya, apa itu HRD juga berlangsung secara informal. Interaksi tidak terstruktur seperti bimbingan informal dan kolaborasi di tempat kerja dapat sangat membantu dalam memperkuat kemampuan karyawan. Namun, memiliki program yang terstruktur dan terukur sangat penting untuk keberhasilan program pengembangan sumber daya manusia.

Baca Juga: Motivasi Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Saat Wawancara

Apa Itu Manfaat dari HRD?

apa itu HRD

Meluangkan waktu untuk mengembangkan pendekatan terkoordinasi untuk pengembangan sumber daya manusia akan menguntungkan UKM Anda dalam banyak hal. Berikut adalah beberapa manfaat dari apa itu HRD:

1. Karyawan dengan Seperangkat Keterampilan

Dengan membuat program HRD formal, Anda dapat memastikan karyawan Anda mengembangkan berbagai keterampilan, membuat bisnis Anda lebih kompetitif.

Anda tidak hanya dapat melatih mereka dalam keterampilan “keras” seperti penggunaan perangkat lunak atau cara melakukan prosedur yang ditetapkan, tetapi Anda juga dapat menunjukkan kepada mereka hal-hal canggih seperti pendekatan unik Anda untuk bernegosiasi atau mengembangkan produk baru.

Apa itu HRD akan memberi karyawan dengan keterampilan yang berbeda, siap untuk membedakan bisnis Anda dari persaingan.

2. Dukung Tujuan Bisnis Anda

Dengan menyelaraskan pengembangan sumber daya manusia Anda dengan tujuan bisnis Anda yang lebih luas, program pelatihan dan pengembangan yang diselenggarakan oleh HRD akan difokuskan untuk mewujudkan strategi bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda ingin terus menyenangkan pelanggan Anda, maka Anda akan fokus pada memberikan pelatihan yang berpusat pada pelanggan.

Di sisi lain, jika Anda ingin diakui sebagai pakar industri, maka masuk akal untuk memberikan pelatihan dan pengembangan spesialis tim Anda untuk mendukung hal ini.

3. Meningkatkan Keragaman Tenaga Kerja

Pengembangan sumber daya manusia yang kuat memperluas kumpulan karyawan potensial Anda.

Jika Anda membatasi diri untuk mempekerjakan karyawan dengan keterampilan yang sudah ada sebelumnya, Anda langsung membatasi potensi rekrutmen Anda.

Hal ini tidak hanya mempersulit perekrutan, tetapi juga membatasi kesuksesan jangka panjang bisnis Anda. Ini dapat melemahkan budaya tempat kerja Anda dan mengurangi kesempatan bagi orang-orang yang mungkin ingin tumbuh secara profesional.

Sebuah program pengembangan sumber daya manusia yang kuat memungkinkan Anda merekrut untuk sikap dan melatih staf Anda ke dalam peran mereka.

Dan, lebih baik lagi: bisnis yang lebih beragam terbukti lebih sukses dan memiliki tingkat retensi yang lebih baik.

4. Membantu Anda Meningkatkan Mobilitas Internal & Retensi Bakat

Karyawan dari segala usia menghargai pelatihan dan pengembangan. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tertarik dengan perkembangan mereka dan bahwa Anda melihat mereka sebagai bagian dari masa depan UKM Anda.

Faktanya, penelitian Gallup menemukan bahwa harapan untuk peluang pertumbuhan karir adalah “alasan nomor satu orang berganti pekerjaan hari ini”.

5. Manajemen Karyawan yang Lebih Mudah

Inilah manfaat sederhananya. Dengan melatih staf Anda dan membantu mereka memahami bisnis Anda, Anda mengurangi tekanan pada manajer dan penyelia Anda.

Jadi, alih-alih memperbaiki kesalahan atau menangani pelanggaran ringan, anggota staf senior Anda dapat fokus untuk menambah nilai nyata bagi UKM Anda, membantu mendorong produktivitas dan kesuksesan.

Baca Juga: Jam Kerja Fleksibel: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Bagaimana Memulai Program Pengembangan Sumber Daya Manusia?

Banyaknya fungsi pengembangan sumber daya manusia memerlukan beberapa pemangku kepentingan di dalam HRD. Itulah mengapa meluncurkan program bisa tampak seperti tugas yang menguras tenaga dan waktu.

Berikut adalah rincian langkah-langkah singkat yang dapat dilakukan oleh HRD:

1. Menilai Potensi Bakat Internal dan Eksternal

Perhatikan tenaga kerja Anda yang ada dan kumpulan bakat yang tersedia di domain dan wilayah Anda. Perkirakan jadwal perekrutan untuk memperluas tenaga kerja dan meluncurkan program.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan analitik SDM. Berdasarkan data yang dimiliki mesin analitik, mesin analitik dapat mengidentifikasi potensi setiap karyawan dan membantu Anda mengembangkan program pelatihan yang sesuai.

2. Petakan Tujuan Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pastikan untuk memasukkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang dalam langkah ini. Tujuan ini dapat berkisar dari peningkatan keterampilan untuk proyek yang harus diselesaikan dalam satu bulan hingga membuat tenaga kerja Anda lebih tahan terhadap transformasi digital yang sedang berlangsung.

Berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang diperlukan untuk membuat program pengembangan karir karyawan ini – misalnya, kepala departemen dan pemimpin tim.

3. Identifikasi Kebutuhan Sumber Daya untuk Pelatihan dan Pengembangan

Apa saja alat, sumber daya, waktu, dan bantuan eksternal yang Anda perlukan untuk memenuhi tujuan yang dipetakan pada langkah sebelumnya? Garis besar proses ini dengan hati-hati untuk membangun strategi berurutan yang secara jelas mendefinisikan hasil yang diharapkan.

4. Berbicara dengan Pemangku Kepentingan dan Mendapatkan Persetujuan

Ini dapat mencakup persetujuan dari CEO untuk target bisnis tingkat tinggi, dari CIO untuk alat dan implementasi digital, dari CFO untuk persetujuan anggaran, CHRO untuk menyewa konsultan eksternal jika diperlukan , dan sejenisnya.

5. Berkomunikasi dengan Manajer Pelaksana di Lapangan

Program ini akan dilaksanakan terutama oleh pemimpin tim, kepala unit bisnis, dan praktisi pembelajaran. Lakukan lokakarya dengan individu-individu ini sebelumnya untuk menyampaikan tujuan pembelajaran yang dimaksudkan dan pendekatan yang akan diadopsi. Pastikan Anda menyesuaikan rencana berdasarkan umpan balik.

6. Luncurkan Program dan Tinjau secara Berkala

Setelah interval tertentu (program  apa itu HRD yang kuat akan membutuhkan waktu untuk menunjukkan hasil yang nyata), lakukan evaluasi.

  • Apa kekuatan dan kelemahan program?
  • Apakah rasio biaya-untuk-manfaat menguntungkan Anda?
  • Haruskah rencana tersebut memiliki penyebaran yang lebih luas?

Tinjau parameter ini dan luncurkan kembali program setelah mengakomodasi umpan balik ini. Ini adalah beberapa langkah dasar untuk memulai program pengembangan sumber daya manusia, apa pun visi yang Anda inginkan.

Sekarang mari kita lihat serangkaian praktik terbaik yang dapat membantu SDM di seluruh industri untuk mengembangkan sumber daya manusia mereka dengan lebih baik.

Baca Juga: Supervisor Adalah: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Bedanya dengan Manager

Metode Pengembangan HRD

gajihub 6

Siap untuk meresmikan rencana pengembangan apa itu HRD? Tidak ada formula ajaib; Anda perlu membuat perpaduan alat yang sesuai dengan industri Anda, campuran karyawan, dan anggaran. Berikut adalah beberapa pendekatan yang paling populer:

1. Program Orientasi Jangka Panjang

Banyak bisnis membatasi orientasi hingga 3-6 bulan pertama bergabung, tetapi mereka mungkin melewatkan trik di sini.

Program orientasi adalah alat yang ideal untuk memastikan karyawan Anda mendapatkan peluang pengembangan yang kuat.

Selain pelatihan pemberi kerja dasar, Anda dapat menggunakan program orientasi Anda untuk memberi karyawan program pendidikan dan pengembangan menyeluruh yang mencakup satu tahun kerja penuh.

Melakukan hal ini membantu karyawan baru menetap lebih mudah, dapat membantu meningkatkan produktivitas awal mereka dan menurunkan tingkat turnover.

2. Program Pengembangan Karir

Dengan mendorong manajer Anda untuk mengadakan percakapan karir secara teratur dengan tim mereka, karyawan dapat memetakan jalur pengembangan yang disesuaikan dengan aspirasi karir mereka.

Jadi, misalnya jika mereka ingin membidik peran manajemen, Anda dapat memastikan mereka menerima pelatihan manajemen spesialis. Jika pergerakan menyamping ke area berbeda menarik minat mereka, Anda dapat dengan mudah mengatur beberapa bayangan pekerjaan dan mencari lowongan di tim tersebut.

3. Mentoring/Pelatihan

Mentoring telah terbukti bermanfaat bagi mentee dan mentor dan merupakan cara murah untuk memperkuat bisnis Anda.

Mente belajar dari pengalaman dan kebijaksanaan mentor, sementara mentor mengembangkan keterampilan manajemen dan komunikasi mereka.

4. Pelatihan Daring

Sebagai UKM, Anda tidak mungkin memiliki akses tanpa akhir ke materi pelatihan internal – apalagi memiliki waktu untuk mengembangkannya.

Untuk alasan ini, materi pelatihan online sangat berharga. Dan banyak sekali jenis yang tersedia dari para ahli yang terpercaya dan sudah terbukti.

Terlebih lagi, karyawan Anda dapat mengakses pelatihan online dari mana saja kapan saja, menjadikan opsi ini sebagai cara yang bagus untuk memberikan pengembangan sumber daya manusia kepada karyawan yang bekerja jarak jauh atau fleksibel.

5. Konferensi, Seminar, dan Program Residensial

Tidak diragukan lagi mahal tetapi sangat berharga, menggabungkan program pengembangan yang dijalankan secara eksternal ke dalam rencana HRD Anda dapat membuat perubahan langkah dalam pengembangan tim Anda.

Dengan memaparkan mereka pada ide-ide baru di tempat-tempat baru dengan orang-orang baru, Anda menyuntikkan mereka dengan energi dan antusiasme yang sulit didapat dengan bentuk pengembangan lainnya.

Terlebih lagi, acara ini memberikan peluang jaringan yang sangat baik, memberi karyawan Anda kesempatan untuk membuat koneksi baru yang dapat menguntungkan bisnis Anda dari waktu ke waktu.

Karena profilnya yang tinggi, jenis acara ini dapat digandakan sebagai hadiah untuk kinerja tinggi atau menjadi bagian dari hari tim.

Baca Juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat, dan Contohnya

8 Praktik Terbaik untuk Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

gajihub 3

Ada beberapa cara untuk memastikan bahwa strategi pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia Anda tepat sasaran. Kami secara khusus menyebutkan pelatihan di sini karena pelatihan di tempat kerja sangat penting untuk mengembangkan kemampuan karyawan di hampir setiap bidang.

Apakah Anda menjalankan pabrik manufaktur atau mengawasi institusi pendidikan, apakah perusahaan Anda membuat platform softball atau perangkat lunak, tenaga kerja harus cukup terlatih untuk menghasilkan keluaran yang diharapkan.

Untuk mencapai hal ini, ikuti praktik terbaik di bidang HRD berikut ini:

1. Tetapkan pemilik pengembangan sumber daya manusia

Strategi terbaik bisa gagal jika tidak ada kepemilikan untuk dieksekusi. Itu sebabnya perusahaan harus menetapkan indikator kinerja utama (KPI) khusus untuk pelatihan, pengembangan, dan kinerja, dengan pemilik proses yang ditugaskan untuk meningkatkan metrik ini. Individu-individu ini mungkin praktisi L&D dalam organisasi, pemimpin tim, manajer lini, dan sejenisnya.

2. Menahan gesekan di antara pekerja terlatih dengan berfokus pada keterlibatan

Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia melibatkan investasi yang signifikan per karyawan, yang menjadi mubazir ketika sumber daya yang sangat terlatih meninggalkan organisasi. Di sinilah fokus pada fungsi SDM tambahan seperti keterlibatan karyawan, pengakuan, dan pembangunan budaya dapat membantu mencegah pengurangan karyawan.

3. Gunakan penghargaan dan pengakuan untuk mendorong pembelajaran

Pengakuan terkait erat dengan retensi karyawan dan oleh karena itu membantu menahan gesekan dalam tenaga kerja Anda. Penghargaan untuk penyelesaian kursus dan kinerja yang unggul juga dapat memotivasi karyawan lebih jauh.

4. Mengkoordinasikan pengembangan pan-organisasi

Jalur pelatihan dan pengembangan di departemen/unit bisnis yang berbeda tidak boleh direncanakan secara independen satu sama lain. Pendekatan terpusat yang mengingat kemajuan yang dibuat setiap departemen dapat memungkinkan program apa itu HRD untuk memenuhi visi dan tujuan bersama perusahaan.

5. Menghubungkan kemajuan karir dengan pengembangan

Kemajuan karir seharusnya tidak sepenuhnya bergantung pada lamanya masa kerja seorang karyawan. Setelah sesi pelatihan dan pengembangan, jika seorang karyawan dianggap berkinerja luar biasa, Anda dapat mengembangkan jalur kemajuan karir yang dipersonalisasi untuk mereka.

6. Memulai pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia sejak hari pertama

Anda dapat bekerja sama dengan tim rekrutmen untuk menanamkan pelatihan ke dalam pengalaman orientasi. Ini akan memberikan pemahaman kepada karyawan baru tentang budaya belajar berkelanjutan Anda, membuat pelatihan tahap selanjutnya menjadi lebih mudah.

7. Hindari pelatihan dan perjalanan pengembangan yang sulit

Salah satu transformasi paling signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia adalah kebutuhan yang muncul akan personalisasi. Saat ini, karyawan menyadari kemampuan unik mereka, yang menuntut metodologi pembelajaran yang dipersonalisasi dan adaptif. Di sinilah perangkat lunak eLearning perusahaan dapat membantu.

8. Jadikan pengembangan dapat dialihkan

Program pengembangan sumber daya manusia formal harus menawarkan sertifikasi, kredensial mikro, dan bahkan lencana digital setelah selesai. Prestasi ini dapat ditransfer ke pekerjaan lain di luar organisasi dan dapat mendorong karyawan untuk mempercepat proses pembelajaran.

Ini adalah beberapa praktik terbaik yang dapat memperkuat strategi pengembangan sumber daya manusia Anda dan membuat inisiatif pelatihan Anda benar-benar melekat.

Baca Juga: Pentingnya Profesionalisme Kerja dan Cara Meningkatkannya

Tips HRD Sukses

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjadi HRD yang sukses. Apa itu?

1. Miliki Visi dan Misi

Tips pertama yang harus Anda lakukan untuk menjadi HRD sukses adalah dengan memiliki visi dan misi. Ini adalah hal yang wajib banget untuk Anda miliki.

Sebagai bagian yang akan berhadapan langsung dengan karyawan, visi dan misi Anda dapat mempengaruhi tinggal turnover karyawan di perusahaan. Jadi, pastikan Anda memiliki visi dan misi ini ya!

2. Terus Belajar

Meksipun saat ini Anda telah menjadi HRD, namun Anda harus terus belajar untuk meningkatkan kemampuan Anda. Ada banyak cara untuk terus belajar ini, mulai dari menggunakan semua fasilitas yang diberikan oleh perusahaan, mengikuti pelatihan, hingga mempelajarinya dari video atau membaca buku.

Terus belajar adalah kunci kesuksesan. Tidak hanya di bidang HRD, tetapi di semua bidang atau jenis pekerjaan, terus belajar akan membantu meraih kesuksesan.

3. Terus Asah Skill Komunikasi dan Kepemimpinan

Menjadi HRD membutuhkan skill komunikasi dan juga skill kepemimpinan. Jadi, jika Anda ingin sukses di bidang ini Anda wajib mengasah skill komunikasi dan kepemimpinan Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan mempelajari cara berkomunikasi dan kepemimpinan orang yang Anda kagumi.

4. Perluas Relasi

Relasi jadi bagian penting dalam bekerja, termasuk untuk HRD. Semakin luas relasi yang Anda miliki maka akan semakin luas kesempatan yang bisa Anda dapatkan.

Lalu bagaimana cara memperluas relasi ini? Anda bisa memanfaatkan posisi Anda sebagai HRD karena bisa bertemu dengan banyak orang. Gunakan kesempatan ini untuk memperluas relasi Anda.

5. Pelajari Sistem Teknologi HRD

HDR di zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini berbeda dengan era yang segalanya masih menggunakan pencatatan manual. Sebagai seorang HRD Anda juga harus terus berkembang dan berinovasi, jika dulu semuanya dilakukan secara manual, kini manfaatkan teknologi yang ada.

Di dunia HR, saat ini telah berkembang software payroll dan aplikasi HRIS yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Dengan software payroll dan aplikasi HRIS ini, Anda tidak perlu lagi mencatat secara manual.

GajiHub menjadi pilihan software payroll dan aplikasi HRIS terbaik yang akan membantu Anda memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai GajiHub ini, Anda bisa mengaksesnya di link ini.

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu HRD yang wajib untuk Anda pahami. Setelah mengatahui apa itu HRD hingga tips sukses menjadi HRD, ini saatnya Anda mewujudkannya dengan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. Fitur-fitur tersebut di antaranya: payroll, absensi, HRIS, kelola PPh 21, BPJS, akuntansi, reimbursement, ESS Employee Self Service, kelola aset, kelola cuti dan izin, dan analisa data.

Nah, tunggu apa lagi, yuk daftar GajiHub sekarang juga di link ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan bersama software payroll dan aplikasi absensi GajiHub.

9 thoughts on “Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *