18 Rekomendasi Buku Tentang HRM yang Wajib Dibaca HRD

buku tentang HRM banner

Human Resource Management (HRM) memiliki peran penting dalam perusahaan. Dengan HRM, perusahaan dapat memaksimalkan setiap individu secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, sebagai HRD membaca buku tentang HRM menjadi salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan memberikan 18 rekomendasi buku tentang HRM yang bisa Anda baca untuk lebih memahami dunia SDM.

Sekilas tentang HRM

Human Resource Management (HRM) atau Manajemen Sumber Daya Manusia dapat diartikan sebagai pendekatan dan praktik yang berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.

HRM mencakup serangkaian kegiatan pengelolaan tenaga kerja yang efektif, mulai dari perekrutan dan seleksi karyawan, pengembangan karyawan, evaluasi jabatan, kompensasi, dan masih banyak lagi.

HRM membantu untuk memastikan perusahaan telah memiliki jumlah dan kualitas karyawan yang sesuai dengan kebutuhan, serta memastikan karyawan tersebut berkontribusi secara maksimal untuk mencapai tujuan perusahaan.

Baca Juga: 12 Fungsi Human Resource Management (HRM)

18 Rekomendasi Buku Tentang HRM

Mengutip BND, membaca buku dapat memberikan manfaat bagi karier Anda, seperti memperkaya kosa kata, memicu daya kreativitas, mengurangi stres, dan menumbuhkan rasa empati.

Oleh karena itu, sebagai upaya penguatan karier di bidang HRD, Anda dapat membaca buku tentang HRM. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang konsep, teori, dan prinsip dasar terkait manajemen sumber daya manusia. 

Tak hanya itu, buku-buku HRM juga membantu HRD untuk mengikuti tren dan perkembangan terbaru dalam dunia HRM. Dengan pemahaman yang kuat dan pengetahuan yang up-to-date, sebagai HRD Anda pun dapat mengambil keputusan dengan tepat, serta meningkatkan kinerja dan pengembangan karyawan secara efektif.

Berikut ini adalah 18 rekomendasi buku tentang HRM, baik buku impor maupun lokal:

1. How to Win Friends and Influence People 

How to Win Friends and Influence People

Meskipun diterbitkan pada tahun 1936, namun buku karya Dale Carnegie ini tetap relevan sampai sekarang. Bahkan, banyak tokoh publik yang menganggap bahwa buku ini penting bagi kesuksesan mereka.

Dalam buku ini, terdapat 6 cara menarik yang akan membuat diri Anda dapat disenangi oleh orang lain. Selain itu, ada 12 metode yang bisa Anda terapkan untuk menyelaraskan pikiran orang lain dengan pikirian Anda sendiri. Ditambah 9 cara unik untuk membimbing orang untuk berubah tanpa menimbulkan rasa benci.

2. The Talent Delusion: Why Data, Not Intuition, Is the Key to Unlocking Human Potential 

The Talent Delusion

Buku karya Tomas Chamorro-Premuzic ini berpendapat bahwa dalam mengungkapkan potensi manusia, penggunaan data lebih penting daripada intuisi semata.

Buku ini menyoroti pentingnya pendekatan berbasis data dalam pengelolaan bakat dan sumber daya manusia, serta mengatasi bias dan kesalahan yang mungkin muncul dalam proses pengambilan keputusan.

Dengan membaca buku ini, Anda akan memahami bagaimana data dapat digunakan secara efektif terkait pengembangan potensi sumber daya manusia.

3. Human Resource Management 

Human Resource Management

Buku ciptaan Gary Dessler ini dianggap sebagai ‘kitab suci’ oleh para ahli di bidang HR. Buku Human Resource Management sangat cocok dibaca untuk mereka yang ingin memahami konsep dan taktik dasar dalam manajemen SDM. Ditambah lagi, informasi di dalam buku ini disampaikan dengan cara yang mudah dimengerti.

Human Resource Management berisi mamteri yang dapat digunakan HRD untuk melaksanakan tugas-tugasnya. Buku ini terdiri dari 5 bagian yang membahas tentang rekrutment, penempatan dan pengelolaan bakat, pelatihan dan pengembangan, kompensasi, serta hubungan dengan karyawan.

4. Belonging at Work: Everyday Actions You Can Take to Cultivate an Inclusive Organization 

Belonging at Work

Dalam buku ini, Rhodes Perry membahas tentang strategi untuk menciptakan budaya kerja yang inklusif. Buku ini dapat mengajarkan Anda bagaimana membangun budaya kerja yang mendorong rasa kepemilikan, keterlibatan, dan keterhubungan antara karyawan.

Dengan menggali konsep-konsep seperti pengakuan, kerja sama tim, dan komunikasi yang efektif buku ini dapat menjadi panduan Anda menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi semua karyawan.

5. Strategic Human Resource Management: An HR Professional’s Toolkit 

Strategic Human Resources Management

Buku tentang HRM selanjutnya dikarang oleh Karen Beaven. Buku ini menguraikan beragam alat dan konsep yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan fungsi SDM dengan tujuan perusahaan.

Karen Beaven menggabungkan pengetahuan teoritis dengan studi kasus nyata sekaligus memberikan saran prkatis mengenai topik perencanaan SDM, seleksi, pengembangan, kompensasi, dan manajemen kinerja karyawan.

6. The Big Book of HR 

Buku karya Barbara Mitchell dan Cornelia Gamlem berfokus pada pembahasan tentang manajemen sumber daya manusia yang efektif.

Selain menjelaskan dengan menyajikan berbagai contoh sesuai, buku ini juga mengajarkan Anda bagaimana cara untuk mengasah keterampilan yang dimiliki dan memaksimalkan potensi karyawan.

Baca Juga: 11 Program Kerja HRD yang Harus Anda Ketahui

7. Transformative HR: How Great Companies Use Evidence-Based Change for Sustainable Advantage 

Transformative HR

Dalam buku ini, John W. Boudreau dan Ravin Jesuthasan menyampaikan padangannya mengenai transformasi HR berdasarkan metrik yang beriorientasi pada hasil. Selain membahas pentingnya perencanaan SDM, keduanya juga menjelaskan berbagai faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja.

Buku Transformative HR: How Great Companies Use Evidence-Based Change for Sustainable Advantage berfokus pada HR leadership serta bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan perubahan untuk menentukan arah perusahaan dan karyawannya.

8. Digital HR: A Guide to Technology-Enabled Human Resources

Digital HR

Buku tentang HRM selanjutnya merupakan karangan dari Deborah DeWolfe. Dengan buku ini, ia mengajak para pembaca untuk memahami pentingnya digitalisasi dan teknologi dalam HRD. Selain dapat mempermudah berbagai proses, teknologi dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa seiring perkembangan zaman, digitalisasi semakin dibutuhkan dalam dunia HR. Hal inilah yang membuat software HR mulai banyak digunakan oleh perusahaan, misalnya seperti Gajihub, Freshteam by Freshworks, ZenHR, BambooHR, dan masih banyak lagi.

Sebagai upaya digitalisasi pengelolaan sumber daya manusia, Anda dapat menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki beragam fitur lengkap dan harga terbaik.

Gajihub akan mempermudah Anda dalam pengelolaan data karyawan, presensi, serta penyediaan slip gaji kepada semua karyawan melalui smartphone. 

Tertarik? Klik gambar di bawah ini untuk coba gratis selama 14 hari.

gajihub 1

Baca Juga: 8 Skill Teknologi HR yang Wajib Anda Kuasai, Manfaat, Serta Strategi Pengembangannya

9. The Pratical Guide to HR Anlytics: Using Data to Inform, Transform, and Empower HR Decisions (Analytics) 

The Practical Guide to HR Analytics: Using Data to Inform, Transform, and Empower HR Decisions: Waters PhD, Shonna D., Streets, Valerie, McFarlane, Lindsay, Johnson-Murray, Rachael: 9781586445324: Amazon.com: Books

Melalui buku ini, Shonna D.Waters, Valerie N. Streets, Lindsay McFarlane, dan Rachael Johnson-Murray memberikan penjelasan mendalam tentang bagaimana data dapat menciptakan solusi untuk masalah tertentu. Mereka menyajikan berbagai contoh bagaimana data dapat memberikan dampak yang begitu besar.

Meskipun membahas tentang HR analytics, namun buku ini ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu, penyusun juga menghindari penggunaan matematik yang rumit, sehingga Anda dapat menyerap informasi dengan baik dan menerapkannya.

Baca Juga: Insubordinasi di Dunia Kerja: Arti, Contoh, Hingga Upaya Pencegahannya

10. The HR Answer Book: An Indispensable Guide for Managers and Human Resources Professionals

The HR Answer Book: An Indispensable Guide for Managers and Human Resources Professionals: Amazon.co.uk: Shawn Smith, Rebecca Mazin: 9780814472231: Books

Dalam buku ini, Shawn Smith dan Rebecca Mazin memberikan jawaban atas lebih dari 200 pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pengusaha terkait rekrutmen, pengurangan jumlah karyawan, kompensasi, pelatihan, dan hubungan antar karyawan.

Buku ini mengajak Anda untuk lebih memahami perubahan terkait sumber daya manusia, bagaimana cara menghadapi masalah yang terjadi, serta cara mencapai kesuksesan di lingkungan kerja yang cepat dan dinamis.

11. Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia

Jual Buku Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia Karya Brian Aprianto, SPHR,Fonny Arisandy Jacob

Jika sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa buku tentang HRM yang berasal dari luar negeri, kali ini terdapat Pedoman Lengkap Profesional SDM Indonesia yang ditulis oleh Brian Aprianto, SPHR.

Buku ini memberikan pemahaman mendalam mengenai praktik-praktik terkini dalam SDM yang relevan dengan pekerja Indonesia. Anda akan diajak untuk memahami berbagai aspek penting dalam pengelolaan SDM, termasuk manajemen kinerja, kompensasi, dan hukum ketenagakerjaan.

12. Panduan Lengkap HRD (Human Resources Division) General Affair (GA)

buku tentang HRM

Buku tentang HRM kali ini ditulis oleh Muhammad Lailatul Qodri Z. Dalam bukunya, Muhammad Lailtul Qodri menjelaskan pentingnya pengelolaan administrasi karyawan dalam perusahaan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan peran General Affair (GA) sebagai pendukung HR.

Tak hanya itu, Anda juga akan diajak untuk lebih memperhatikan terkait dokumen-dokumen untuk legaliltas perusahaan, serta pentingnya merekrut karyawan dengan potensi dan keahlian yang mumpuni.

Baca Juga: Strategi Rekrutmen: Pengertian, Proses, dan Tips Suksesnya

13. Manajemen Sumber Daya Manusia Era 5.0

Manajemen Sumber Daya Manusia Era 5.0 - CV Tirta Buana Media

Sang penulis, Deden Komar Priatna dalam buka ini menuraikan tentang manajemen sumber daya manusia dari sisi pemanfaatan teknologi di era society 5.0.

Ia menjelaskan tentang teknologi digital yang dapat membantu kehidupan sosial para karyawan suatu perusahaan, sebagai upaya untuk menanamkan budaya kerja yang baik.

Selain itu, penulis juga menjelaskan secara teoritis dan memberikan contoh kasus-kasus yang sesuai. Ia pun memasukkan hasil penelitian di dalam buku tersebut, agar pembaca lebih mudah memahaminya.

14. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

buku tentang HRM

Buku karangan Dr. H. Muh. Saleh Malawat, SE., Mma ini berfokus pada pembahasan mengenai apa itu manajemen, kelebihan dan keahlian seseorang dalam mengelola perusahaan, serta job deskripsi dan job spesification seseorang terkait suatu tugas.

Dengan demikian, buku ini cocok bagi Anda yang ingin mengenal manajemen sumber daya manusia lebih jauh.

15. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis

buku tentang HRM

Ditulis oleh Dr. H. Suwanto, M.Si. dan Donni Juni Priansa, S.Pd., S.E., M.M., buku ini mengungkapkan tentang pentingnya manajemen SDM untuk memperkuat daya saing organisasi di era globalisasi. Pembahasan di dalam buku ini mencakup berbagai aspek, seperti perekrutan, pengembangan dan pelatihan, kompensasi, hingga PHK.

Melalui buku Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis, Anda akan lebih memahami tentang manajemen SDM pada sektor publik dan bisnis.

16. HR from the Outside In: Six Competencies for the Future of Human Resources

buku tentang HRM

Buku tentang HR selanjutnya disusun oleh Dave Ulrich, Jon Younger, Wayne Brockbank, dan Mike Ulrich yang membahas tentang keterampilan dan kemampuan yang harus dimiliki oleh para profesional HR.

Buku ini juga berfokus pada pembahasan mengenai tugas utama dalam bidang SDM, seperti membangun kemampuan karyawan, memanfaatkan teknologi untuk bekerja, melakukan inovasi, dan sebagainya.

17. The Drama-Free Workplace

buku tentang HRM

Dalam bukunya, Patti Perez memberikan wawasan dan panduan praktis bagi pembaca dalam menghadapi konflik di lingkungan kerja. Buku ini menyoroti alasan mengapa konflik tersebut bisa terjadi dan menjelaskan mengenai pendekatan yang tepat untuk mengatasi lingkungan yang toxic. 

The Drama-Free Workplace juga memberikan contoh nyata perilaku toxic di tempat kerja, serta membahas bagaimana cara mengubah kebijakan agar proses dapat berjalan lebih efektif. Meskipun ditulis dalam konteks Amerika, namun buku ini tetap relevan untuk pembaca di negara lain.

18. Bring Your Human to Work

Amazon.com: Bring Your Human to Work: 10 Surefire Ways to Design a Workplace That Is Good for People, Great for Business, and Just Might Change the World: 9781260118094: Keswin, Erica: Books

Rekomendasi buku tentang HRM yang terakhir adalah Bring Your Human to Work karya Erica Keswin. Buku ini memberikan 10 cara praktis untuk merancang tempat kerja yang baik bagi karyawan dan juga menguntungkan bisnis.

Sesuai judulnya, buku ini menekankan pentingnya memperlakukan karyawan sebagai manusia seutuhnya dan menciptakan budaya kerja yang inklusif dan kolaboratif.

Dengan menerapkan langkah-langkah yang disajikan dalam buku, Anda pun dapat menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, kreatif, dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Baca Juga: People Management: Pengertian, Komponen, Manfaat, dan Skillnya

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi buku tentang HRM yang bisa Anda baca untuk menambah wawasan dan memperdalam pengetahuan di bidang sumber daya manusia.

Dengan pengetahuan yang lebih mendalam, Anda dapat mengembangkan strategi dan kebijakan yang lebih efektif dalam mendukung tujuan perusahaan dan mengoptimalkan kinerja karyawan.

Selain itu, untuk membantu dalam pengelolaan administrasi karyawan, Anda dapat mengandalkan software payroll dan HR dari Gajihub secara gratis melalui tautan ini. 

1 thought on “18 Rekomendasi Buku Tentang HRM yang Wajib Dibaca HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *