8 Skill Teknologi HR yang Wajib Anda Kuasa, Manfaat, Serta Strategi Pengembangannya

skill teknologi HR banner

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membawa kemudahan yang signifikan di berbagai bidang, termasuk dalam bidang HR. Dengan demikian, sebagai tenaga profesional HR, Anda harus memiliki skill teknologi HR untuk mengoptimalkan pekerjaan Anda.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas tentang skill teknologi HR apa saja yang dibutuhkan di era digital, manfaat, serta strategi untuk mengembangkan skill teknologi di bidang HR.

Pentingnya HR dalam Perusahaan

Sumber daya manusia (SDM) atau Human Resources (HR) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan manajemen dan pengembangan karyawan dalam sebuah organisasi.

HR memainkan peran penting untuk membangun budaya kerja yang positif, serta meningkatkan keterlibatan dan produktivitas karyawan. Selain itu, HR juga berperan dalam kesejahteraan dan pengembangan pribadi karyawan.

Jika dahulu HR hanya berfokus pada perekrutan, pemecatan, dan penggajian, saat ini fungsi HR sudah berkembang menjadi sangat luas. Fungsi tersebut meliputi perekrutan, orientasi karyawan baru, payroll, pengelolaan cuti, dan masih banyak lagi.

Dengan fungsinya yang bermacam-macam, HR menjadi salah satu yang berperan penting dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga: 10 Skill Teknis yang Wajib di Kuasai oleh Tim HR

Perkembangan Teknologi di Bidang HR

Saat ini HR telah berkembang menjadi profesi yang lebih berbasis teknologi karena perusahaan memerlukan proses HR yang lebih sederhana, mengurangi biaya administrasi, dan agar dapat bersaing secara global.

Selain itu, teknologi di bidang HR ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan layanan dan akses data bagi karyawan dan manajer, menyediakan metrik real-time agar dapat mengelola tenaga kerja dengan lebih efektif, dan sebagainya.

Dengan adanya teknologi tersebut, HR pun dapat merasakan pengelolaan data yang lebih fisien, rekrutmen yang lebih efektif, serta pengembangan karyawan yang lebih optimal. Dengan demikian, para profesional HR dapat lebih fokus pada strategi dan upaya pengembangan sumber daya manusia dalam perusahaan.

Baca Juga: Manfaat HR Cloud untuk Proses Bisnis yang Lebih Baik

skill teknologi HR

Macam-Macam Skill Teknologi HR

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada, sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia sumber daya manusia, Anda juga harus memiliki skill teknologi HR untuk membantu memaksimalkan pekerjaan.

Seperti yang Anda ketahui, profesional HR juga bertanggung jawab untuk menangani berbagai kebutuhan karyawan, manajer, dan beberapa posisi dengan jabatan tinggi di perusahaan.

Oleh karena itu, untuk menyelesaikan berbagai tugas yang ada Anda perlu menguasai skill teknologi HR. Apa sajakah itu? Simak daftarnya berikut ini.

1. Social media skill 

Dewasa ini, social media skill menjadi salah satu skill teknologi HR yang wajib dikuasai oleh para profesional HR. Skill tersebut memungkinkan Anda untuk mencari calon karyawan yang potensial, mempelajari latar belakang dan pengalaman mereka, serta memeriksa kesesuaian mereka dengan nilai dan budaya perusahaan.

Selain itu, social media skill juga dibutuhkan dalam employer branding, yakni membangun citra perusahaan sebagai tempat kerja yang menarik. Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan media sosial seperti LinkedIn, Instagram, ataupun Tiktok untuk mempublikasikan prestasi, kesempatan karier, dan budaya perusahaan.

2. Applicant Tracking System 

Menguasai Applicant Tracking System (ATS) juga menjadi skill teknologi HR yang harus Anda miliki. ATS sendiri merupakan sistem yang biasanya digunakan perusahaan untuk mengelola dan menyaring pelamar kerja secara otomatis.

Dengan jumlah pelamar kerja yang sangat tinggi, keterampilan ATS membantu Anda untuk lebih cepat dalam menyortir resume. ATS mampu mengolah data dari resume dan mencocokannya dengan databse. Proses tersebut akan membantu menyaring kandidat-kandidat ideal untuk posisi tertentu.

3. Human Resources Information Software (HRIS)

HRIS adalah jenis perangkat lunak atau software yang digunakan perusahaan untuk mengelola semua sistem dan proses mereka secara elektronik. Software ini menjadi salah satu bentuk inovasi terbaik yang memadukan antara bidang IT dan HR.

HRIS dapat membantu Anda dalam menyederhanakan pekerjaan, mulai dari pengelolaan absensi, cuti, payroll, BPJS, dan masih banyak lagi. Dengan memanfaatkan software ini, Anda dapat lebih fokus terhadap pekerjaan lain, seperti perencanaan dan strategi pengembangan SDM.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan HRIS, salah satu yang dapat diandalkan adalah Gajihub. Gajihub merupakan software payroll dan HR yang akan memeprmudah And dalam mengurus berbagai hal terkait karyawan.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengelolaan karyawan dengan fitur yang ada di dalamnya, mulai dari penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJS, reimbursementemployee self service (ESS), dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik coba gratis selama 14 hari atau selamanya dengan klik gambar di bawah ini:

gajihub 1

4. Microsoft Office Skill 

Mircosoft Office Skill, termasuk Excel, Word, dan PowerPoint merupakan keterampilan yang sangat penting bagi para profesional HR. Misalnya, dengan Ms. Excel, Anda dapat menganalisis, mengelola, dan melaporkan data karyawan terkait anggaran, penggajian, dan lain-lain.

Sementara itu, Ms. Word mempermudah Anda dalam menyusun kebijakan, surat peringatan, kontrak kerja, dan sebagainya. Tak lupa skill PowerPoint juga berguna untuk membuat presentasi yang efektif terkait pelatihan karyawan, pengenalan perusahaan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: HR Digital: Arti, Manfaat, Tahap, dan Langkah Implementasinya

5. Pengetahuan SQL dan Pelaporan

Skill teknologi HR yang selanjutnya adalah memiliki pengetahuan tentang Structured Query Language (SQL) dan pelaporan untuk mengakses dan mengolah data dengan efisien.

Dengan skill ini, mereka dapat mengekstrak data yang diperlukan dengan cepat dan mengatur data agar sesuai dengan kebutuhan manajer atau pihak lain.

Selain itu, Anda juga perlu menguasai penggunaan tools terkait pembuatan laporan yang lebih efektif. Misalnya, untuk menghasilkan metrik dan mengerjakan perhitungan yang kompleks.

6. Pemahaman Tentang Sistem HR cloud 

Secara sederhana HR cloud merupakan perangkat lunak cloud dihosting pada server penyedia sistem dan dapat diakses oleh pengguna di perangkat apapun yang terhubung ke internet.

Dengan memahami penggunaan sistem HR cloud, Anda pun dapat menyatukan data dengan lebih mudah dan struktur. Kemudian, sistem ini juga bisa menangani seluruh proses SDM, mulai dari rekruten online, pelatihan, hingga penggajian.

Selain HR cloud, Anda juga perlu memahami penggunaan layanan penyimpanan data, seperti Google Drive, Dropbox, dan sebagainya. Skill ini dapat mencegah Anda kehilangan data akibat kejadian yang tidak terduga, seperti kerusakan hard drive atau malware attact. 

7. Penguasaan Talent Management Software 

Keterampilan dalam menggunakan Talent Management Software (TMS) akan mempermudah Anda dalam proses perekrutan, onboarding, pelatihan, dan retensi karyawan.

Dengan data yang terdapat pada TMS, Anda juga dapat membuat keputusan strategis untuk mencapai tujuan jangka panjang HR dan perekrutan calon karyawan.

Selain itu, TMS juga memudahkan Anda dalam mengindetifikasi dan mempertahankan bakat yang berkualias melalui pemantauan kinerja karyawan, feedback, serta pengembangan skill dan karier. Analisis data yang terkumpul dalam TMS, nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan promosi dan pengembangan karyawan.

Baca Juga: Talent Management: Pengertian, Proses, Strategi, dan Tips Mengelolanya

8. Keterampilan Teknik Gamifikasi

Skill teknik gamifikasi memiliki peran penting dalam bidang HRD. Dalam dunia kerja yang kompetitif dan cepat berubah, teknik gamifikasi dapat membantu HRD meningkatkan keterlibatan karyawan, motivasi, dan produktivitas di tempat kerja.

Dengan menerapkan elemen permainan dan kompetisi dalam rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan, HRD dapat menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan interaktif.

Baca Juga: Metode Scrum, Simak Pengertian, Manfaat, Tahapan, hingga Tantangannya

Manfaat Pengembangan Skill Teknologi HR

Berikut adalah beberapa manfaat pengembangan skill teknologi HR:

1. Efisiensi Operasional

Skill teknologi HR yang Anda kuasai dapat meningkatkan efisiensi dalam tugas administratif, seperti manajemen data karyawan, penggajian, dan pelaporan.

2. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Penggunaan alat-alat teknologi seperti HRIS, ATS, dan TMS memudahkan Anda dalam proses rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan karyawan.

3. Analisis Data Lebih Akurat dan Lengkap

Skill teknologi memungkinkan Anda untuk menganalisis data dengan lebih baik, sehingga dapat mengambil keputusan yang informasi untuk strategi HR yang lebih efektif.

4. Meningkatkan Pengalaman Karyawan

Melalui penggunaan platform online, pembelajaran digital, dan sistem manajemen karyawan, Anda dapat meningkatkan pengalaman karyawan, keterlibatan, dan produktivitas.

5. Meningkatkan Citra HR

Mengembangkan skill di bidang teknologi HR dapat membantu Anda dalam memperkuat citra seabgai profesional HR di era digital. Skill tersebut juga membuat Anda dapat menunjukkan kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan dapat dapat menghadapi tantangan baru.

Baca Juga: 18 Skill HR yang Harus Dikuasai HR Generalist

Strategi untuk Meningkatkan Skill Teknologi HR

Pengembangan skill teknologi dalam HR merupakan salah satu langkah penting untuk membangun divisi HR agar tetap relevan di era digital seperti saat ini. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk mengembangkan skill teknologi HR:

1. Identifikasi Kebutuhan

Pertama, mulailah dengan mengidentifikasi kebutuhan teknologi HR dalam perusahaan Anda. Perhatikan proses-proses HR yang sudah ada dan identifikasi berbagai hal yang sekiranya membutuhkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

2. Pelajari Tren Teknologi HR

Tentunya Anda juga wajib mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia teknologi HR. Anda bisa memulainya dengan membaca buku, mengikuti pelatihan, ataupun mencari tahu perkembangan dunia HR melalui internet. Misalnya, dengan mengunjungi blog-blog yang membahas tentang dunia HR, seperti Gajihub Blog.

Selain itu, pastikan Anda selalu up to date terkait tools-tools HR yang memudahkan pekerjaan, seperti HR analytics, manajemen data karyawan, platform rekruitmen online, dan sebagainya.

3. Pelatihan dan Pengembangan

Untuk meningkatkan skill teknologi HR, Anda juga bisa mengambil pelatihan dan pengembangan. Saat ini, sudah banyak kursus, webinar, ataupun workshop online yang memungkinkan Anda untuk mengikutinya tanpa mengganggu waktu kerja.

4. Bekerjasama dengan Tim IT

Strategi lain untuk meningkatkan skill teknologi HR adalah dengan mengajak tim IT untuk bekerjasama. Di sini, Anda dapat meminta bantuan mereka terkait perencanaan dan implementasi teknologi HR.

Selain itu, tim IT juga dapat membantu tim HR dalam memahami penggunaan software HR atau tools-tools lain yang bisa memudahkan pekerjaan mereka.

4. Bergabung dengan Komunitas HR

Selanjutnya, Anda bisa bergabung dengan komunitas HR. Dalam komunitas ini, Anda dapat berbagu pengetahuan, pengalaman, dan inovasi terkait pengembangan teknologi di bidang HR. Dengan demikian, Anda pun dapat belajar dari orang lain sekaligus memperluas relasi.

5. Lakukan Evaluasi dan Penyesuaian

Tetap lakukan evaluasi terhadap penerapan teknologi HR di perusahaan Anda. Identifikasi kekuatan dan kelemahan terkait teknologi yang telah diterapkan dan buat penyesuaian jika diperlukan.

Kemudian, selalu upayakan untuk meningkatkan dan menyesuaikan strategi pengembangan skill teknologi HR sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan perkembangan teknologi terkini.

Baca Juga: Problem Solving Skill: Pentingnya dalam Dunia Kerja dan Tips Meningkatkannya

Kesimpulan

Dalam era digital yang terus berkembang, Anda perlu mengembangkan skill teknologi HR untuk mengoptimalkan pekerjaan Anda. Beberapa skill tersebut di antaranya adalah social media skill, Microsoft Office skill, penggunaan ATS, penguasaan HRIS, dan masih banyak lagi.

Sebagai upaya pengoptimalan teknologi di bidang HR, Anda dapat mencoba menggunakan HRIS dari Gajihub.

Gajihub merupakan sebuah software payroll dan HR yang akan mempermudah Anda dalam pengelolaan data karyawan, gaji, serta penyediaan slip gaji kepada semua karyawan melalui smartphone. 

Yuk, coba gratis selama 14 hari melalui tautan ini dan rasakan kemudahannya.

2 thoughts on “8 Skill Teknologi HR yang Wajib Anda Kuasa, Manfaat, Serta Strategi Pengembangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *