Talent Management: Pengertian, Proses, Strategi, dan Tips Mengelolanya

Talent Management 1

Talent management adalah proses penting yang memungkinkan pemberi kerja mengidentifikasi kandidat yang tepat dan membantu mereka tumbuh secara profesional dan memajukan karir mereka.

Namun, dengan menerapkan strategi talent management yang efektif, Anda dapat mempertahankan karyawan Anda yang paling berbakat dan memenuhi tujuan organisasi Anda dengan lebih baik. Memecah proses talent management ke dalam proses individu dapat membantu Anda lebih memahami banyak bidang yang termasuk dalam talent management.

Dalam artikel ini, kita membahas apa itu talent management, mengeksplorasi banyak proses yang terlibat di dalamnya, berbagi strategi untuk proses talent management yang efektif, dan menjelaskan perbedaan antara talent management dan talent acquisition.

Apa itu Talent Management?

Talent management atau manajemen bakat adalah proses strategis untuk menarik, memotivasi, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi.

Talent management adalah proses strategis berkelanjutan yang melibatkan mengidentifikasi talenta yang tepat, membawa mereka ke dalam perusahaan Anda dan membantu mereka mengembangkan dan menumbuhkan kemampuan mereka sambil secara bersamaan menjaga tujuan perusahaan dalam pikiran.

Manajemen bakat mencakup tujuh komponen utama yang berbeda dalam SDM, termasuk perekrutan, orientasi, manajemen kinerja, perencanaan kompensasi, perencanaan suksesi, pendidikan dan pengembangan, dan perencanaan tenaga kerja.

Talent management penting karena membantu perusahaan mempertahankan karyawan mereka yang paling terampil dan berbakat. Hal ini juga membantu perusahaan untuk mengembangkan staf mereka untuk memenuhi kebutuhan organisasi maupun perusahaan.

Pada akhirnya, manajemen bakat adalah bagian penting dari proses perencanaan tenaga kerja, menjadikannya dasar untuk efektivitas organisasi.

Bagaimana Proses dari Talent Management?

Semua proses berikut adalah bagian dari manajemen talenta:

  • Merencanakan timeline untuk rekrutmen
  • Mengembangkan deskripsi pekerjaan untuk posisi baru
  • Membuat daftar pekerjaan dan mempostingnya di situs perekrutan yang relevan
  • Meninjau materi aplikasi yang diajukan oleh kandidat
  • Melakukan penyaringan online atau telepon untuk mengidentifikasi kandidat teratas
  • Melakukan wawancara untuk mengidentifikasi kandidat terbaik untuk suatu posisi
  • Melakukan pemeriksaan latar belakang pra-kerja
  • Menawarkan posisi kepada kandidat teratas
  • Mencapai kesepakatan tentang gaji dan tunjangan
  • Orientasi karyawan baru
  • Memberikan pelatihan untuk peran tertentu
  • Menetapkan sasaran kinerja
  • Memberikan pelatihan dan umpan balik
  • Menawarkan sistem dan evaluasi umpan balik formal
  • Memberikan peluang pengembangan profesional yang selaras dengan tujuan perusahaan
  • Menawarkan bimbingan kepada karyawan untuk perencanaan karir
  • Mempromosikan dan mentransfer karyawan berdasarkan kinerja, minat, dan keterampilan
  • Pemutusan hubungan kerja bila perlu

Baca juga: Apa itu Payroll? Berikut Artinya, Proses, dan Tips Mengelola Payroll

Talent Management 2

Apa itu Model Talent Management?

Model talent management adalah representasi visual dari proses yang dilakukan perusahaan dalam merekrut, melatih, dan mengembangkan karyawan berbakat. Meskipun tidak ada model manajemen bakat standar, proses dasar yang diikuti perusahaan dalam model proses adalah:

  • Perencanaan: Ini adalah langkah pertama yang melibatkan pengidentifikasian kebutuhan human capital yang dimiliki organisasi dan membuat deskripsi pekerjaan yang selaras dengan kebutuhan tersebut.
  • Menjangkau: Ini adalah langkah kedua yang melibatkan posting deskripsi pekerjaan ke papan pekerjaan dan situs web untuk menarik sejumlah kandidat yang memenuhi syarat.
  • Memilih: Ini adalah proses mengevaluasi dan mewawancarai kandidat untuk menemukan individu yang paling cocok untuk pekerjaan itu.
  • Mempertahankan: Langkah ini melibatkan menawarkan peluang pertumbuhan, mendorong pengembangan profesional dan menawarkan program penghargaan dan pelatihan untuk posisi yang lebih terlibat.
  • Transisi: Ini adalah bagian dari perjalanan di mana organisasi menawarkan manfaat pensiun, menyelesaikan perencanaan suksesi dan melakukan wawancara keluar, yang semuanya merupakan alat transisi penting bagi karyawan dan pemberi kerja.

Baca juga: Talent Development: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Strategi untuk Talent Management yang Efektif

Berikut adalah strategi manajemen bakat yang berbeda yang harus Anda terapkan dalam organisasi Anda:

1. Tentukan tujuan bisnis

Strategi talent management Anda dapat berjalan optimal jika selaras dengan tujuan dan nilai perusahaan Anda. Ketika Anda memiliki tujuan bisnis yang jelas, akan lebih mudah untuk menciptakan peran pekerjaan yang mungkin Anda butuhkan.

2. Evaluasi dan sesuaikan deskripsi pekerjaan Anda

Jika Anda merekrut karyawan dengan mempertimbangkan strategi baru Anda, akan berguna untuk menulis deskripsi dan daftar pekerjaan yang lugas dan ringkas.

Saat menulis deskripsi pekerjaan, termasuk hal-hal spesifik seperti jabatan, tugas, keterampilan yang diperlukan, gaji dan tunjangan dapat membujuk kandidat berbakat tinggi untuk melamar suatu posisi.

Mendefinisikan harapan dapat membantu bisnis menentukan apakah seorang kandidat cocok untuk peran pekerjaan dan dapat mewakili perusahaan secara profesional.

Baca juga: Supervisor Adalah: Pengertian, Tugas, Gaji dan Bedanya dengan Manager

3. Rencanakan tantangan

Mengidentifikasi tantangan potensial sebelum muncul dapat membantu Anda menghindari rintangan yang tidak perlu. Bagian dari ini mungkin termasuk brainstorming solusi potensial sehingga Anda memiliki pilihan untuk merujuk jika Anda harus mengatasi masalah.

Membuat peta visual tujuan bisnis dan melacak kemajuan Anda dapat membantu Anda mengidentifikasi potensi kemunduran dan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan rencana dan proses Anda. Ini juga dapat membantu Anda merancang strategi manajemen bakat baru yang selaras dengan penyesuaian yang mungkin perlu Anda lakukan.

4. Identifikasi prioritas dan buat tujuan

Setelah merencanakan dan mengidentifikasi tantangan masa depan, buat tujuan untuk tim sumber daya manusia Anda untuk digunakan selama proses perekrutan dan retensi.

Ini mungkin termasuk pelatihan baru dan peluang pengembangan untuk anggota tim. Anda mungkin juga menemukan kebutuhan akan karyawan dengan keterampilan tertentu, yang dapat mengarah pada investasi pada karyawan saat ini melalui peluang pelatihan.

5. Investasikan pada karyawan Anda

Mempekerjakan dan mempromosikan karyawan dari dalam dapat menghemat uang dan memberi karyawan yang ada tujuan baru. Menerapkan kebijakan komunikasi terbuka memungkinkan karyawan saat ini untuk mengekspresikan tujuan karir mereka, yang dapat membantu Anda memahami kebutuhan mereka dan bagaimana mereka dapat tumbuh di perusahaan.

Penting untuk diingat bahwa peluang pertumbuhan terbaik bagi karyawan Anda mungkin ada di luar tempat kerja. Menyisihkan anggaran untuk menutupi biaya peluang di luar pekerjaan, seperti kursus e-learning, konvensi bisnis, dan acara jejaring, dapat membantu karyawan Anda meningkatkan keterampilan yang ada.

6. Ukur kemajuan Anda dan buat penyesuaian

Untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tujuan Anda dengan akuisisi bakat, tinjau strategi manajemen bakat saat ini dan evaluasi efektivitas setiap strategi.

Salah satu metode yang bermanfaat adalah meninjau kinerja karyawan dan tingkat retensi karyawan. Kinerja tinggi dan tingkat pergantian yang rendah dapat menunjukkan bahwa strategi manajemen bakat Anda berhasil.

Jika Anda menemukan bahwa beberapa strategi tidak cocok untuk bisnis Anda, mungkin berguna untuk mempertimbangkan beberapa penyesuaian.

Baca juga: Apa itu Attendance Management System? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Talent Management 3

Tips Talent Management yang Baik

1. Buat deskripsi pekerjaan yang ringkas

Sangat penting untuk membuat deskripsi pekerjaan yang jelas dan ringkas untuk menarik kandidat terbaik dan paling memenuhi syarat untuk suatu posisi.

Deskripsi pekerjaan Anda harus mencakup, minimal, jabatan, tanggung jawab utama, keterampilan yang dibutuhkan dan disukai, tunjangan iklan gaji, hubungan kerja, dan alat atau perlengkapan apa pun yang harus memenuhi syarat untuk digunakan oleh kandidat.

2. Evaluasi kandidat untuk kesesuaian budaya kerja

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana kandidat akan cocok dengan budaya perusahaan Anda. Dalam banyak kasus, Anda perlu menggunakan penilaian terbaik Anda sendiri untuk mengevaluasi kesesuaian budaya.

Saat Anda menyaring kandidat, perhatikan tingkat semangat yang mereka tunjukkan untuk industri dan posisi, bahasa yang mereka gunakan, nada suara mereka, dan nilai-nilai pribadi yang mereka bagikan.

Baca juga: Pengertian Talent Pool, Manfaat, Tips Membuat, dan Mengelolanya

3. Menawarkan pendampingan dan pelatihan

Karyawan yang menerima umpan balik dan dorongan konstruktif secara teratur seringkali lebih bahagia dan lebih produktif dalam peran mereka. Agar anggota tim Anda tetap terlibat, berikan umpan balik yang membangun secara berkala bersama dengan penghargaan atas upaya mereka.

Fokus pada pengembangan budaya kepercayaan antara karyawan dan manajer sehingga mereka tahu bahwa mereka dapat datang kepada Anda atau manajer lain untuk mendapatkan umpan balik dan dorongan.

4. Mendorong pengembangan profesional

Karyawan yang ditawari kesempatan untuk tumbuh secara profesional dan menantang diri mereka sendiri lebih mungkin bertahan dengan organisasi Anda untuk waktu yang lama.

Temui anggota tim Anda secara teratur untuk mengidentifikasi area di mana mereka ingin tumbuh dan berkembang. Dorong mereka untuk mencari peluang dari luar untuk meningkatkan keterampilan mereka atau pertimbangkan untuk menawarkan pelatihan di dalam organisasi Anda sendiri untuk membantu anggota tim Anda tumbuh secara profesional.

Baca juga: Human Resource Department: Fungsi, Tugas, dan Tips Mengelolanya

5. Tawarkan program hadiah

Program penghargaan dan pengakuan penting untuk membantu karyawan merasa dihargai, terutama ketika mereka melebihi harapan untuk peran mereka.

Jika seluruh tim Anda melebihi sasaran mereka, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan beberapa jenis bonus. Jika seorang karyawan bekerja pada tingkat yang melebihi harapan, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan hadiah atau hadiah uang tunai.

6. Memberikan bantuan jalur karir

Karyawan sering kali lebih terlibat dengan organisasi ketika mereka melihat pertumbuhan profesional jangka panjang. Meskipun penting untuk jujur ​​​​dengan karyawan tentang peluang pertumbuhan di masa depan, Anda harus bekerja sama dengan anggota tim untuk mengidentifikasi keterampilan dan kekuatan mereka dan membantu mereka mengembangkan jalur karier yang mereka minati.

gajihub 1

Perbedaan Talent Management dengan Talent Acquisition

Sementara talent acquisition dan talent management adalah bagian dari proses yang sama, tugas dan tujuannya berbeda. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara proses-proses ini:

Tujuan umum

Perbedaan mendasar antara talent acquisition dan talent management adalah tujuannya. Dimana talent acquisition berfokus pada menemukan karyawan yang berkualitas dan terampil, talent management berfokus pada mempertahankan karyawan dan mengembangkan keterampilan mereka.

Profesional talent acquisition dapat fokus pada kampanye iklan dan menyempurnakan proses wawancara untuk menemukan kandidat terbaik dari daftar potensi. Tugas seorang manajer bakat mungkin termasuk membangun program pengembangan profesional untuk mendorong pertumbuhan internal dan inovasi perusahaan.

Kedua proses bergantung pada keterampilan karyawan dan komitmen keseluruhan perusahaan untuk mempekerjakan kandidat yang terampil. Untuk menarik talenta yang tepat, sebuah bisnis menciptakan citra merek yang menarik, kemudian berfokus pada penguatan talenta dan memenuhi kebutuhan karyawan.

Talent acquisition sering kali bergantung pada talent management yang baik karena menarik talenta yang tepat hanyalah langkah pertama. Membangun keahlian karyawan pada akhirnya menguntungkan bisnis juga karena memaksimalkan keterampilan teknis karyawan dan bagaimana mereka menerapkannya pada kebutuhan perusahaan.

Baca juga: HRIS Adalah: Berikut adalah Pengertian Lengkap dan Cara Memilihnya

Lingkup keterlibatan eksekutif

Perbedaan utama lainnya adalah keterlibatan eksekutif perusahaan. Sementara beberapa eksekutif mungkin mengambil bagian dalam proses perekrutan atau bahkan membantu membuatnya lebih efektif, departemen SDM biasanya mengawasi proses tersebut.

Manajemen bakat juga merupakan bagian dari tugas departemen SDM, tetapi seorang eksekutif bisnis dapat menjadi lebih terlibat untuk menciptakan tenaga kerja yang inovatif dan garis suksesi bagi perusahaan.

Para eksekutif sering kali ingin memahami siapa yang bekerja untuk mereka dan bagaimana mereka menambah nilai bagi perusahaan. Mereka bahkan bisa menjadi sponsor resmi karyawan berbakat atau mereka yang memiliki potensi besar. Eksekutif perusahaan biasanya tidak berada di garis depan dalam proses perekrutan, sebaliknya berfokus pada pengembangan sumber daya dan bakat yang sudah ada dalam bisnis.

Pentingnya dalam operasional

Talent acquisition dan talent management keduanya penting untuk operasi bisnis. Proses talent acquisition sangat penting karena memastikan perusahaan mempekerjakan orang yang tepat dan mencocokkan keterampilan dan bakat kandidat potensial dengan kebutuhan spesifiknya.

Ini membantu membuat perekrutan lebih efisien, mengurangi omset dan menghemat uang perusahaan untuk iklan dan biaya perekrutan lainnya.

Ini juga membantu menciptakan jalur perekrutan, yang merupakan antrian calon potensial untuk kebutuhan perekrutan di masa depan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengakses kandidat yang dapat dipekerjakan ketika membutuhkan bakat baru.

Talent management menguntungkan perusahaan dengan berfokus pada menciptakan hubungan karyawan jangka panjang dan memaksimalkan nilai yang dibawa oleh talenta.

Proses ini membantu karyawan mengembangkan keterampilan profesional mereka melalui pendidikan, pengalaman dan pelatihan. Karyawan yang lebih berpengalaman dan terdidik biasanya memberikan nilai yang lebih besar. Jika perusahaan membantu karyawan mengembangkan diri mereka sendiri, mereka mungkin menjadi lebih setia, yang dapat mengurangi pergantian dan biaya perekrutan.

Penganggaran

Bisnis biasanya mengalokasikan anggaran yang berbeda untuk talent acquisition dan talent management, tergantung pada kebutuhan saat ini dan tujuan karyawan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan merekrut secara agresif untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berkembang, mereka mungkin lebih memfokuskan sumber daya keuangan pada upaya talent acquisition daripada talent management.

Jika perusahaan berfokus pada pertumbuhan dan pengembangan internal, mereka mungkin mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk manajemen bakat. Beberapa perusahaan membuat satu anggaran untuk akuisisi bakat dan manajemen bakat, tetapi banyak bisnis menyediakan dana terpisah untuk kebutuhan pekerjaan yang berbeda.

Proses

Talent acquisition dan talent management biasanya mengikuti proses yang berbeda. Tindakan mempekerjakan karyawan baru berbeda dengan mengelola karyawan karena bergantung pada corong. Saluran perekrutan atau akuisisi bakat biasanya terdiri dari langkah-langkah berikut:

  • Kesadaran: Majikan memperhatikan seorang kandidat dan nilai potensial yang mungkin mereka tawarkan kepada perusahaan.
  • Pertimbangan: Perusahaan mempertimbangkan kandidat untuk pekerjaan dengan meninjau kredensial dan pengalaman mereka.
  • Minat: Perusahaan menjadi tertarik pada kandidat, berpotensi menghubungi mereka atau meninjau kredensial lebih lanjut.
  • Aplikasi: Kandidat melengkapi aplikasi perekrutan dan menyerahkan resume mereka untuk ditinjau. Kemudian, mereka biasanya berpartisipasi dalam wawancara perekrutan.
  • Seleksi: Perusahaan meninjau calon potensialnya dan memilih yang terbaik untuk pekerjaan itu.

Talent acquisition biasanya mengikuti proses internal perusahaan yang unik. Ini mungkin termasuk prasyarat tertentu sebelum kandidat memenuhi syarat untuk peluang pengembangan. Misalnya, seorang karyawan mungkin memerlukan tiga tahun pengalaman dengan perusahaan sebelum program pengembangan profesional tersedia.

Baca juga: Apa itu Presensi dan Absensi, Bagaimana Cara Membuat Kebijakannya?

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai talent management, strategi, proses, sampai mengetahui perbedaannya dengan talent acquisition. Proses pengelolaan karyawan dalam bisnis memang harus diprioritaskan. Selain hal ini membantu operasional Anda terus berkembang, karyawan merupakan aset terpenting dari keberhasilan sebuah bisnis.

Namun mengelola urusan HR sampai sampai manajemen karyawan bukanlah hal yang mudah, terlebih jika Anda masih melakukan proses talent management secara manual.

Untuk solusi terbaik Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS seperti GajiHub untuk kemudahan pengelolaan talent management dalam bisnis Anda.

Dengan menggunakan GajiHub, Anda bisa dengan mudah Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengelolaan human capital dengan fitur yang ada di dalamnya seperti: penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSpengelolaan akuntansi, reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi tunggu apalagi? Permudah pengelolaan talent management dalam bisnis Anda dengan menggunakan GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

4 thoughts on “Talent Management: Pengertian, Proses, Strategi, dan Tips Mengelolanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *