Supervisor Adalah: Pengertian, Tugas, Gaji dan Bedanya dengan Manager

supervisor adalah

Supervisor adalah salah satu pekerjaan yang menjadi impian banyak orang. Apakah Anda sedang mempertimbangkan posisi supervisor atau ingin tahu tentang tugas dan tanggung jawab berkaitan kaitannya dengan supervisor ini?

Bagi Anda yang ingin bekerja sebagai supervisor, penting bagi Anda untuk memahami fungsi supervisor di tempat kerja. Setidaknya Anda harus memahami apa itu supervisor dan tugas seorang supervisor.

Anda yang ingin mengetahui pengertian supervisor, tugas, gaji, dan bedanya dengan manajer, Anda bisa membaca penjelasan yang ada di artikel ini. Baca sampai selesai ya agar tidak ketinggalan semua informasi terkait pekerjaan sebagai supervisor.

Pengertian Supervisor

supervisor adalah

Supervisor adalah siapa saja yang mengawasi dan mengatur tim atau individu untuk memastikan bahwa mereka bekerja secara efektif dan sesuai peran mereka. Istilah “supervisor” biasanya mengacu pada posisi manajerial tingkat bawah. Supervisor ini sering kali bertugas mengomunikasikan informasi dari bawahan langsung mereka kepada personel manajemen senior.

Meskipun menjadi supervisor memiliki tantangannya sendiri, namun posisi ini juga merupakan posisi yang bermanfaat di mana Anda dapat membantu individu mencapai tujuan karir pribadi. Berikut adalah beberapa informasi latar belakang untuk membantu Anda lebih memahami apa yang diperlukan oleh peran ini:

  1. Seorang supervisor mengawasi kinerja karyawan sehari-hari. Bergantung pada perusahaan, supervisor dapat mengelola tim, shift, atau seluruh departemen.
  2. Supervisor yang sukses memiliki keterampilan organisasi dan komunikasi yang sangat baik. Keterampilan ini membantu mereka mentransfer informasi dari manajemen atas ke karyawan dan mengomunikasikan kinerja atau kebutuhan tim mereka kepada manajer tingkat tinggi. Dalam kebanyakan kasus, supervisor adalah ahli di bidangnya dan sebagai hasilnya, dapat mengelola operasi sehari-hari secara efisien.
  3. Juga dikenal sebagai mandor atau pengawas, supervisor adalah pekerja yang melakukan tugas manajerial untuk majikan. Secara teknis, supervisor adalah seorang karyawan. Supervisor pada umumnya melakukan kontrol secara teratur dan berkelanjutan, yang tidak dapat mereka kontrol, sehingga mereka dianggap sebagai karyawan dan bukan kontraktor independen. Namun, supervisor tetap memiliki pekerjaan khusus yakni melakukan tugas manajerial. Jika seorang karyawan memiliki wewenang untuk mengelola karyawan lain, dia umumnya dianggap sebagai supervisor.

Beberapa tanggung jawab supervisor antara lain sebagai berikut:

  1. Merekrut karyawan baru
  2. Latih karyawan baru dan latih kembali karyawan yang ada
  3. Mendiktekan tugas kepada karyawan
  4. Buat jadwal kerja untuk karyawan
  5. Menyelesaikan keluhan pelanggan
  6. Menyelesaikan konflik tempat kerja antara dua atau lebih karyawan
  7. Memesan inventaris
  8. Terapkan aturan tempat kerja
  9. Memberikan instruksi kepada karyawan.

Baca Juga: Chief Executive Officier Adalah: Berikut Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi CEO

Tugas Supervisor di Tempat Kerja

Supervisor mengambil beberapa peran di tempat kerja. Peran mereka ini penting dalam mengelola efisiensi tim dan membangun lingkungan tim yang positif. Meskipun demikian, spesifikasi tugas ini dapat bervariasi berdasarkan perusahaan.

Tanggung jawab supervisor sering kali meliputi:

1. Mengelola alur kerja

Salah satu tanggung jawab supervisor yang paling penting adalah mengelola tim. Seringkali, supervisor membuat dan mengawasi alur kerja tim mereka, atau tugas yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Dalam tugasnya ini, supervisor harus menentukan tujuan, mengomunikasikan tujuan, dan memantau kinerja tim.

2. Melatih karyawan baru

Ketika seorang karyawan baru bergabung dengan tim, supervisor mereka harus membantu mereka memahami peran mereka dan mendukung mereka selama masa transisi mereka. Ini mungkin termasuk memberikan orientasi tempat kerja dan menjelaskan kebijakan perusahaan atau tugas pekerjaan.

Supervisor dapat mengelola semua aktivitas orientasi, atau mereka dapat bekerja dengan departemen sumber daya manusia untuk memastikan karyawan baru menerima panduan dan informasi yang mereka butuhkan.

3. Membuat dan mengelola jadwal tim

Dalam beberapa kasus, organisasi atau perusahaan telah menetapkan jam kerja untuk seluruh tenaga kerja mereka, dan supervisor tidak perlu menyesuaikannya. Namun, ketika anggota tim bekerja dalam shift, supervisor biasanya bertanggung jawab untuk membuat jadwal.

Misalnya, jika Anda adalah supervisor pelayan restoran, pastikan Anda memiliki jumlah server yang dijadwalkan untuk setiap shift. Ini berarti menjadwalkan lebih banyak orang selama waktu tersibuk dan menyeimbangkan shift sehingga staf tidak merasa terlalu banyak bekerja.

Mengelola jadwal karyawan juga berarti bersikap fleksibel dan siap ketika karyawan perlu melakukan perubahan, seperti meminta hari libur, memanggil orang sakit atau menangani keadaan darurat keluarga.

4. Melapor ke HR dan manajemen senior

Sebagai supervisor, Anda akan sering bertanggung jawab untuk melaporkan kinerja tim dan individu ke sumber daya manusia dan manajemen senior. Tugas Anda ini mungkin perlu mengevaluasi setiap anggota tim Anda dan mencatat ketepatan waktu karyawan.

Termasuk kinerja pada tujuan, profesionalisme, masalah disiplin, kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan, dan banyak lagi. Anda mungkin juga diminta untuk mengembangkan dan mengelola rencana peningkatan kinerja.

5. Mengevaluasi kinerja dan memberikan umpan balik

Supervisor sering ditugaskan untuk mengembangkan atau melaksanakan program umpan balik dan pengakuan karyawan. Tanggung jawab ini mungkin termasuk menetapkan tujuan karyawan dan tim dan memilih penghargaan yang sesuai untuk pencapaian.

Sebagai contoh, jika seorang tenaga penjualan melebihi kuota bulanan mereka, mereka mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan bonus. Waktu ini juga harus digunakan untuk memberikan umpan balik positif dan konstruktif.

6. Mengidentifikasi dan menerapkan peluang kemajuan karir

Karena supervisor bekerja sama dengan karyawan, mereka sering kali membantu memutuskan siapa yang memenuhi syarat untuk promosi. Dalam beberapa kasus, supervisor dapat langsung memberikan promosi.

Namun, ketika penyelia atau supervisor tidak memiliki wewenang untuk mempromosikan karyawan secara langsung, para profesional manajemen senior sering kali berkonsultasi dengan penyelia selama proses promosi.

7. Membantu menyelesaikan masalah dan perselisihan karyawan

Ketika karyawan tidak puas dengan pengalaman kerja mereka, mereka mungkin mendekati supervisor mereka sebelum berbicara dengan HR. Supervisor harus menggunakan keterampilan mendengarkan secara aktif untuk memahami keluhan karyawan dan bekerja dengan mereka untuk mencapai solusi.

Jika seorang karyawan mengeluh bahwa karyawan lain atau anggota manajemen telah melanggar kebijakan perusahaan, supervisor mungkin perlu melaporkan masalah tersebut ke HR untuk penyelidikan. Dalam kasus perselisihan kecil antara karyawan, supervisor dapat bertindak sebagai mediator dan membantu kedua belah pihak mencapai resolusi.

Baca Juga: Human Resource Manager: Tugas, Skill, dan Cara Menjadi HR Manager

Apa yang dibutuhkan untuk menjadi supervisor?

Dalam banyak kasus, perusahaan mempromosikan individu dari peran non-manajerial setelah mereka memiliki kemampuan memimpin orang lain dengan baik. Saat memutuskan siapa yang akan maju ke peran supervisor, perusahaan sering mencari karyawan yang menunjukkan hal berikut:

  • Keterampilan komunikasi yang sangat baik
  • Keahlian dalam tim atau departemen
  • Kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan
  • Pegang teguh kebijakan perusahaan
  • Etos kerja yang kuat
  • Keterampilan ketepatan waktu dan manajemen waktu
  • Profesionalisme dan sikap positif
  • Kemampuan berorganisasi
  • Tertarik pada peluang kepemimpinan

Untuk meningkatkan kemungkinan promosi Anda ke peran supervisor, penting untuk fokus pada pengembangan keterampilan dan keahlian yang diperlukan. Pertimbangkan untuk menghadiri seminar, konferensi, lokakarya, dan kelas online yang relevan atau mengejar gelar atau sertifikasi yang lebih tinggi.

Yang terpenting, bersikap profesional dan memberi contoh bagi orang lain dengan mengambil inisiatif pada tugas-tugas sulit. Ketika peluang untuk kemajuan muncul, beri tahu manajer Anda bahwa Anda tertarik dengan pertimbangan mereka.

gajihub 3

Apa Perbedaan Supervisor dengan Manajer?

supervisor adalah

Banyak orang yang masih bingung dengan perbedaan supervisor dan manager. Seperti penjelasan di atas, supervisor adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam mengatur dan memimpin tim. Sedangkan manajer ada di atas supervisor.

Kepada manajer ini, supervisor akan melaporkan terkait perkembangan, produk, layanan, hingga karyawan yang ada di bawahnya. Makanya, biasanya perusahaan memiliki lebih dari supervisor yang akan melaporkan pekerjaan ke manajer.

Gaji Supervisor

Gaji menjadi bagian penting yang membuat seseorang mempertimbangkan suatu pekerjaan. Untuk supervisor, berapa kira-kira gaji yang bisa didapatkan untuk posisi ini? Berdasarkan situs DetikFinance, di tahun 2022 posisi supervisor rata-rata mendapatkan gaji sebesar Rp10,2 juta.

Namun besaran ini juga tergantung dimana Anda akan bekerja sebagai supervisor. Misalnya, Anda bekerja sebagai supervisor di perusahaan pertanian, besaran gaji rata-rata yang didapatkan adalah Rp8 juta. Sedangkan supervisor yang bekerja di bidang IT bisa mendapatkan gaji Rp10,2 juta.

Selain pertimbangan jenis perusahaan, kota tempat Anda bekerja juga berpengaruh. Semakin tinggi UMR kota tempat Anda bekerja maka gaji yang Anda terima sebagai supervisor akan semakin besar.

Baca Juga: Human Capital Adalah Hal Penting bagi Bisnis, Berikut Pembahasannya

Tips Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Posisi Supervisor

Buat Anda yang ingin memulai karir sebagai supervisor, Anda wajib mempersiapkan diri untuk wawancara posisi supervisor ini. Wawancara kerja memang bisa membuat stres. Namun, jika Anda mempersiapkan jawaban yang bijaksana untuk pertanyaan umum, Anda mungkin merasa lebih percaya diri di ruang wawancara.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang harus Anda persiapkan untuk dijawab:

“Menurutmu apa yang membuat supervisor yang baik?” Dalam jawaban Anda, pertimbangkan untuk menjelaskan perspektif Anda tentang pentingnya keterampilan organisasi, komunikasi yang efektif, ketegasan dan kemampuan untuk memotivasi orang lain atau mengelola konflik.

“Jelaskan gaya manajemen Anda.” Pewawancara sering menanyakan pertanyaan ini untuk menentukan seberapa baik Anda dapat beradaptasi dengan situasi yang berbeda, menerapkan keterampilan berpikir strategis dan tetap tenang di bawah tekanan.

“Bagikan beberapa cara Anda akan memotivasi karyawan dan meningkatkan kerja tim.” Saat menjawab pertanyaan ini, pertimbangkan untuk memberikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda dapat membantu karyawan untuk meningkatkan kinerja, tetap positif, dan bekerja sama satu sama lain.

Misalnya, Anda mungkin berbicara tentang proses penetapan tujuan Anda atau bagaimana Anda dapat memberi penghargaan kepada tim untuk memenuhi tujuan perusahaan.

“Bagaimana Anda melatih anggota tim atau karyawan untuk melakukan pekerjaan tertentu?” Melatih karyawan adalah tanggung jawab supervisor yang penting. Saat menjawab pertanyaan ini, sebaiknya tunjukkan kesediaan Anda untuk membantu karyawan meningkatkan keterampilan mereka.

Ini adalah kesempatan yang baik untuk memberikan contoh kekuatan Anda yang relevan, seperti kesabaran atau kemampuan untuk memberikan umpan balik yang membangun.

“Bagaimana Anda menyelesaikan konflik antara anggota tim?” Saat menjawab pertanyaan ini, sebaiknya berikan contoh saat Anda membantu dua pihak mencapai resolusi di tempat kerja atau lingkungan tim. Pastikan untuk menjelaskan bagaimana Anda memediasi percakapan dan hasil resolusi Anda.

Baca Juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

Cara Menjadi Supervisor yang Baik

Mendidik diri sendiri tentang cara sukses di posisi baru adalah proses penting. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadi supervisor yang lebih sukses:

1. Selalu dukung tim Anda

Pastikan Anda tersedia untuk anggota tim Anda dan berusaha untuk menyediakan lingkungan kerja terbaik. Atur kegiatan pembangunan tim untuk mendukung ikatan karyawan dan kerja sama tim.

2. Membantu karyawan dengan kemajuan karir

Dorong tim Anda untuk mencari pelatihan di lapangan dengan menyarankan kelas atau seminar online yang dapat membantu pengembangan profesional mereka.

3. Bertanggung jawab atas tim Anda

Jika tim membuat kesalahan, minta pertanggungjawaban Anda. Salah satu tanggung jawab utama supervisor adalah mengawasi alur kerja dan memantau kinerja, jadi Anda harus dapat menemukan masalah dan menyelesaikannya sebelum memengaruhi hasil.

4. Ciptakan budaya tim yang positif

Berikan contoh yang baik dengan menghindari gosip di tempat kerja dan tetap mengendalikan emosi Anda. Menawarkan kebijakan pintu terbuka bagi karyawan untuk mengekspresikan diri, dan secara aktif menangani perselisihan.

5. Berikan umpan balik yang konsisten

Umpan balik positif sangat penting untuk kinerja tim dan kepuasan kerja karyawan. Berlatihlah memberikan ulasan yang bermanfaat dan konstruktif yang bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

Bekerja sebagai supervisor memungkinkan Anda untuk berkontribusi di tempat kerja Anda sambil membantu kemajuan karyawan dalam karier mereka. Apakah Anda sedang mempertimbangkan melamar posisi supervisor atau tertarik untuk mengejar peran kepemimpinan lainnya di masa depan, tips ini dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mendapatkan rasa hormat dari atasan dan tim Anda.

Untuk mendukung pekerjaan Anda sebagai seorang supervisor, Anda bisa menggunakan software HRD terbaik di Indonesia GajiHub. GajiHub ini akan membantu Anda lebih mudah dalam mengelola pegawai sehingga bisa menjadi tim yang solid dan kuat. Anda bisa melakukan pengelolaan payroll, absensi, dan manajemen SDM lainnya.

Nah, tunggu apa lagi, yuk daftar GajiHub sekarang juga dan jadikan bisnis lebih mudah dengan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub secara gratis dengan kunjungi link ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *