Chief Executive Officer Adalah: Berikut Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi CEO

Chief Executive Officer Adalah 1

Bagi kebanyakan orang, menjadi chief executive officer atau CEO adalah sebuah impian. Namun menjadi CEO bukanlah perkara mudah, dibutuhkan skill juga pengalaman yang baik untuk menjadi CEO sukses.

Chief executive officer adalah jabatan tertinggi dalam organisasi dan posisi yang sering diimpikan oleh banyak manajer ambisius. Mencapai tingkat ini membutuhkan lebih dari sekedar pendidikan, persiapan pekerjaan dan keterampilan manajemen. CEO memandu organisasi, mengatur interaksi, mewujudkan pernyataan misi dan budaya, dan memikul tanggung jawab untuk tujuan dan arah perusahaan serta menjawab pemangku kepentingan.

Artikel ini menjelaskan apa itu chief executive officer, tanggung jawab pekerjaan mereka, keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil dalam posisi ini, dan efek dari perubahan CEO.

Apa itu Chief Executive Officer?

Seorang chief executive officer atau CEO adalah orang yang mengatur arah strategis organisasi dengan membuat keputusan manajerial tingkat atas. Meskipun mereka mungkin mencari pendapat dari pejabat, direktur, atau manajer tingkat-c lain dalam organisasi, keberhasilan perusahaan jatuh ke tangan mereka.

Beberapa CEO mungkin memiliki gelar presiden, direktur pelaksana, atau direktur eksekutif. Jika CEO adalah pemimpin perusahaan publik, CEO bertanggung jawab pada dewan direksi dan pemangku kepentingan dari perspektif pendapatan, tetapi arah umum bisnis dalam cara memenuhi tujuan pendapatannya diserahkan pada posisi ini.

CEO harus menjaga kewaspadaan konstan atas lanskap kompetitif serta menjelajahi area ekspansi, seperti pasar negara berkembang, demografi yang berubah, dan kemungkinan pertumbuhan produk atau layanan.

Chief executive officer fokus pada arah dan penetapan tujuan, sedangkan manajer bekerja dengan tim dalam implementasi dan detail harian.

Baca juga: Apa itu Presensi dan Absensi, Bagaimana Cara Membuat Kebijakannya?

Chief Executive Officer Adalah 2

Apa yang Dilakukan Seorang CEO?

CEO menetapkan strategi dan aratah umum untuk sebuah organisasi dengan cara:

Mengawasi anggaran organisasi

CEO bekerja dengan chief financial officer atatu CFO dan manajemen eksekutif untuk membuat anggaran yang memposisikan perusahaan untuk mencapai kesuksesan finansial.

Mereka dapat menyesuaikan alokasi departemen untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta menghilangkan kelompok dan layanan yang tidak menghasilkan pengembalian.

Menetapkan arah strategis organisasi dan tujuan pendapatan

Chief executive officer dapat mendorong perubahan dalam organisasi sebagai bagian dari arahan strategis dan menetapkan tujuan pendapatan.

Mereka akan bertanggung jawab untuk melaporkan kemajuan menuju tujuan ini kepada dewan direksi dan pemangku kepentingan.

Memimpin tim c-level dan bekerja dengan manajemen

Bagian dari fungsi CEO adalah memimpin orang. CEO menetapkan arah bisnis dan bekerja dengan eksekutif tingkat atas untuk melaksanakannya dalam jangka pendek dan panjang.

Adalah penting bahwa keputusan strategis dan perubahan kepemimpinan disaring melalui berbagai lapisan dalam organisasi. CEO harus bekerja dengan bawahan langsung mereka untuk memastikan hal ini terjadi.

Berfungsi sebagai wajah perusahaan dan meningkatkan citranya

CEO saat ini memiliki peran yang sangat terbuka untuk umum. Tidak jarang disebut sebagai ahli pemikiran dalam wawancara dan studi kasus.

Konferensi pers, wawancara online, video, kolom dan artikel yang sedang berlangsung, menjadi tuan rumah acara dan menghadiri konferensi sebagai pembicara utama adalah tanggung jawab umum bagi pejabat eksekutif puncak.

Ada juga persyaratan internal untuk CEO, seperti berbicara kepada karyawan dengan pembaruan tentang keadaan organisasi, berbicara dengan pemangku kepentingan, memulai rapat penjualan, memberikan presentasi pada upacara penghargaan, memberikan presentasi di rapat dewan direksi atau pemegang saham, atau berbicara di acara tahun baru.

Baca juga: NPP Adalah Hal Penting Dalam Bisnis. Berikut Pengertian dan Cara Mendapatkannya

Menyaksikan perubahan industri, potensi pergolakan, dan menilai area peluang

Para CEO mengamati lanskap industri yang berubah dan memutuskan kapan waktu terbaik untuk mengeksplorasi atau berinvestasi di area pasar berkembang. Adalah penting bagi seorang chief executive officer untuk peka terhadapa perubahan yang terjadi dan kapan harus beranis

Jika sebuah organisasi telah mencapai titik jenuh demografinya saat ini, CEO dapat meluncurkan upaya untuk mengeksplorasi ide-ide lain melalui pengumpulan dan penelitian data awal. Salah satu tools yang bisa digunakan untuk memvisualisasikan ide sebagai seorang CEO adalah aplikasi mind mapping. Mind map bisa menjadi alat brainstorming pribadi atau kolaborasi dalam tim.

Menentukan cara untuk meningkatkan kinerja dan menumbuhkan perusahaan dan pendapatan dengan minat untuk menghemat uang

Memotong biaya adalah bidang pekerjaan lain bagi CEO. Mereka dapat menghilangkan departemen, mengalihdayakan komponen produksi atau layanan, atau menegosiasikan kembali kontrak.

Mereka mencari cara untuk membuat operasi lebih efisien dan mungkin mencari bantuan dari luar untuk melakukannya.

Chief Executive Officer Adalah 3

Keterampilan Penting bagi CEO

CEO saat ini tidak hanya menetapkan arah desain strategis untuk bisnis, mereka juga mewakilinya secara publik selain sebagai wajah dari sebuah bisnis.

CEO biasanya memiliki gelar sarjana dan mungkin memiliki kursus bisnis lanjutan atau master dalam administrasi bisnis, tetapi itu bervariasi menurut industri dan pengalaman.

Seorang CEO sebuah perusahaan pendidikan bahkan mungkin membutuhkan gelar doktor. Jika seorang CEO mendirikan perusahaan mereka, mereka mungkin tidak memiliki gelar tradisional tetapi memiliki pengalaman hebat di industri dan menyadari kebutuhan masyarakat saat memulai bisnis mereka.

CEO membutuhkan perpaduan yang kuat antara hard skill dan soft skill. Misalnya, mereka perlu memahami penganggaran dan peramalan, serta memperhatikan inovasi dan pasar potensial.

Tetapi mereka juga perlu memahami bagaimana memimpin dan memotivasi orang serta pentingnya budaya perusahaan bagi tenaga kerja saat ini.

Keterampilan yang diperlukan untuk seorang CEO meliputi:

Keterampilan komunikasi yang kuat

Komunikasi adalah keterampilan penting bagi seorang CEO karena merupakan tingkat manajemen tertinggi di perusahaan. Kemampuan berkomunikasi secara efektif akan membantu orang lain memahami setiap keputusan yang dibuat oleh CEO.

Organisasi adalah ekosistem kepribadian dan latar belakang yang beragam. Memahami cara menavigasi antara gaya kerja dan komunikasi yang berbeda akan meningkatkan komunikasi secara keseluruhan di seluruh organisasi dan membuat bisnis lebih sukses. Komunikasi yang tepat membantu membangun hubungan yang dibutuhkan untuk kepemimpinan yang hebat.

Bekerja dengan baik dengan orang lain

Sebuah bisnis hanya dapat bergerak maju jika semua bagian bergerak ke arah yang benar. CEO bertanggung jawab untuk mendelegasikan tugas dan menciptakan tim untuk mencapai tujuan strategis bisnis.

Kemampuan untuk berpindah antar tim memberikan spektrum yang lebih luas tentang bagaimana perusahaan berfungsi.

Bangun keterampilan ini dengan mendengarkan ide orang lain dan merespons dengan tepat. Bekerja dengan baik dalam tim membantu membangun hubungan dan loyalitas yang langgeng yang merupakan kunci untuk menggerakkan bisnis ke arah yang benar.

Kemampuan untuk belajar dari masa lalu

Kesalahan masa lalu menawarkan banyak pengetahuan untuk pengambilan keputusan di masa depan. Mereka memungkinkan Anda untuk melewati jalur yang mungkin dari daftar Anda saat bekerja menuju tujuan. CEO yang belajar dari keputusan masa lalu dapat menganalisis hubungan antara tindakan dan hasil.

Mendapatkan masukan dari orang lain dapat membantu Anda melihat masalah secara lebih objektif. Juga, bertanya kepada orang lain dalam situasi yang sama dapat memberi Anda wawasan tentang solusi alternatif.

Untuk meningkatkan kemampuan Anda belajar dari kesalahan masa lalu, ajukan pertanyaan berikut:

  • Apa yang salah?
  • Apa fakta situasinya?
  • Apa yang ditunjukkan oleh fakta?

Baca juga: Human Resource Manager: Tugas, Skill. dan Cara Menjadi HR Manager

Ketegasan

Ketegasan adalah kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat dan efektif berdasarkan fakta. Sebagai kepala organisasi, CEO dihadapkan pada tenggat waktu dan pertanyaan dari berbagai sumber internal dan eksternal.

Kemampuan untuk membuat keputusan dengan cepat akan membantu menjaga bisnis tetap pada kecepatan dengan tujuannya. Ketegasan adalah keterampilan yang datang dengan kepercayaan diri dan pengalaman.

Saat Anda menjalani karir Anda, Anda akan dihadapkan pada skenario berbeda yang menguji kemampuan Anda untuk membuat keputusan yang tepat dalam waktu singkat.

Buka diri Anda pada lebih banyak peluang yang menguji keterampilan Anda untuk memperluas pengetahuan dan membangun kepercayaan diri dengan setiap pilihan.

Aksesibilitas

Aksesbilitas disini berarti menjadi pendengar yang baik dan menyediakan waktu untuk orang lain. CEO yang sukses dapat didekati oleh anggota organisasi lainnya. Banyak yang memiliki kebijakan pintu terbuka yang mendorong anggota staf untuk mengomunikasikan ide atau masalah apa pun.

Manajer membuat diri mereka lebih mudah diakses dengan mengadakan pertemuan informal satu lawan satu untuk mengenal orang-orang yang bekerja untuk mereka. Mengadopsi gaya kepemimpinan pembinaan atau pendampingan dapat membantu mengeluarkan yang terbaik dari karyawan Anda dan meningkatkan hubungan Anda dengan mereka.

Pemecahan masalah yang kreatif

Pemecahan masalah yang kreatif adalah keterampilan yang tak ternilai untuk karier apa pun. Ini adalah proses mencapai solusi yang unik dan inovatif melalui pendekatan metodis.

Keputusan inovatif membantu bisnis berhasil melalui perubahan pasar, tantangan keuangan, dan perubahan kepemimpinan. Memecahkan masalah secara kreatif membutuhkan penelitian fakta dan analisis data.

Dari sana, seorang CEO membuat serangkaian hipotesis dengan tim dan menguji masing-masing untuk menemukan pendekatan yang paling layak.

Objektivitas

Objektivitas memungkinkan pendengar untuk mempertimbangkan fakta dari suatu situasi tanpa menyisipkan bias pribadi. Keterampilan ini sangat penting untuk pemecahan masalah dan membangun budaya perusahaan yang positif.

Pemecahan masalah yang obyektif memungkinkan CEO untuk melihat semua faktor yang mempengaruhi dan membuat keputusan yang tepat untuk memajukan perusahaan.

Mendengarkan secara objektif memungkinkan seorang pemimpin untuk mendengar banyak sisi dari sebuah cerita dan mencapai konsensus yang membangun harmoni dalam sebuah organisasi. Untuk membangun keterampilan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Akui bias Anda.
  • Identifikasi asumsi Anda atau apa yang Anda yakini benar tentang situasi tersebut.
  • Bayangkan apa hasil asumsi Anda dalam skenario hipotetis.
  • Daftar pro dan kontra.
  • Buat keputusan dan amati hasilnya.

Bias terhadap tindakan

Bias terhadap tindakan adalah kecenderungan untuk bergerak cepat pada ide-ide. CEO dengan bias ini membedakan diri mereka dengan mengidentifikasi apa yang dapat mengubah ide menjadi sukses dan mengimplementasikannya.

Mereka memahami bahwa penyesuaian dapat dilakukan sesuai kebutuhan.

Bangun keterampilan ini dengan bertindak berdasarkan ide dengan cepat. Pertimbangkan langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkannya dan mulailah mengerjakannya. Terus pantau dan sesuaikan keputusan Anda sesuai kebutuhan untuk memberikan peluang terbaik untuk sukses.

Baca juga: Resume dan CV: Pengertian, Perbedaan, dan Tips Membuatnya

gajihub 1

Kesimpulan

Saat ini bagi kebanyakan bisnis, seorang chief executive officer atau CEO adalah wajah dari bisnis itu sendiri. Jika CEO melakukan kesalahan atau skandal, tentu akan berdampak buruk bagi bisnis Anda.

Perlu Anda ingat juga, menjadi CEO yang baik diperlukan kerjasama tim. Oleh sebab itu Anda tak bisa bergerak sendiri untuk menunjukan kinerja yang baik bagi perusahaan. Salah satunya adalah dukungan dari HR, karena HR dianggap paling menguasai masalah kepegawaian dan manajemen SDM.

Penggunaan software HRD terbaik di Indonesia tentu akan berguna dalam mengelola pegawai agar menjadi tim yang solid salah satunya adalah GajiHub. Dengan Gajihub, Anda juga bisa dengan mudah mengelola proses payroll, absensi, dan urusan manajemen SDM lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Jadikan bisnis Anda lebih mudah dengan menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Chief Executive Officer Adalah: Berikut Pengertian, Tugas, dan Cara Menjadi CEO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *