Berapa Gaji CEO di Indonesia? Ini Rata-ratanya di Indonesia

berapa gaji CEO

CEO jadi bagian penting bagi sebuah perusahaan. CEO adalah posisi kepemimpinan tertinggi yang ada di sebuah perusahaan atau organisasi. Buat Anda yang tertarik menjadi CEO, pasti penasaran berapa gaji CEO di Indonesia.

Sama halnya seperti karyawan, CEO juga mendapatkan gaji setiap bulannya. Buat Anda yang ingin tahu berapa gaji CEO di Indonesia, Anda bisa menyimak penjelasannya secara mendalam pada artikel ini.

Apa Itu CEO?

CEO atau Chief Executive Officier adalah posisi kepemimpinan tertinggi dalam sebuah organisasi. Perencanaan strategis, pengambilan keputusan yang berdampak, dan kepemimpinan yang efektif semuanya terlibat dalam posisi ini, tetapi definisi tugas CEO dapat bervariasi di setiap organisasi atau perusahaan.

Idealnya, orang yang menduduki posisi CEO sangat berpengalaman dalam industri perusahaan, dengan ketajaman bisnis yang mendalam dan kemampuan komunikasi yang sangat baik serta kemampuan untuk menginspirasi orang lain.

Meskipun ada banyak keuntungan yang didapat dengan menjadi CEO, posisi ini juga memiliki tanggung jawab yang besar. Banyak CEO bekerja selama berjam-jam dan mungkin harus sering bepergian untuk urusan pekerjaan.

Selain itu, keputusan besar yang berdampak pada masa depan perusahaan biasanya dibuat oleh CEO, yang berarti mereka juga bertanggung jawab atas hasil keputusan yang mereka buat.

Sering kali, CEO dipilih oleh dewan direksi perusahaan. CEO juga memberikan laporan rutin tentang bisnis kepada dewan direksi. Tergantung pada ukuran dan peran bisnis yang mereka pimpin, CEO juga dapat menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan publik.

berapa gaji CEO

Baca Juga: Berapa Gaji Motion Desainer? Cek Kisarannya Berikut Ini

Apa Tugas dan Tanggung Jawab CEO?

Meskipun tugas dan tanggung jawab pekerjaan spesifik seorang CEO akan bervariasi berdasarkan industri tempat mereka bekerja, sebagian besar orang dalam peran ini memiliki setidaknya beberapa tanggung jawab yang sama:

1. Memimpin perusahaan

Tugas CEO yang pertama adalah memimpin perusahaan. Kepemimpinan CEO yang efisien dapat dilakukan dengan menghadapi tantangan secara profesional, memahami dan beradaptasi dengan dinamika pasar, serta mengimplementasikan perubahan dengan mulus.

Agar CEO dapat memimpin perusahaan dengan baik, CEO harus memiliki kemampuan di atas karena dapat membantu menginspirasi dan memandu tim mereka dengan baik.

2. Menetapkan strategi dan visi

CEO sering kali ditugaskan untuk menetapkan arah yang jelas tentang bagaimana organisasi akan mencapai tujuan jangka panjang. CEO juga harus bisa mempertimbangkan faktor-faktor seperti dinamika pasar dan persaingan dari luar, serta pengaruh internal terhadap kinerja karyawan.

Visi CEO harus dapat mengartikulasikan kondisi masa depan perusahaan yang diinginkan. Strategi dan visi memberikan peta jalan untuk pengambilan keputusan, alokasi sumber daya, dan masalah organisasi lainnya.

3. Pengambilan keputusan

Kemampuan untuk membuat keputusan yang cerdas dan cepat adalah hal yang sangat penting bagi para CEO, karena hal ini akan menentukan arah perusahaan dan semua orang yang terlibat di dalamnya. Kepemimpinan CEO yang tegas akan menginspirasi kepercayaan diri para direktur, karyawan, dan pemangku kepentingan.

4. Alokasi dan manajemen sumber daya

Alokasi dan manajemen sumber daya melibatkan pendistribusian dan pengawasan aset keuangan, talenta, dan perangkat teknologi. CEO juga harus dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya ini dan memastikannya selaras dengan tujuan organisasi.

Baca Juga: Berapa Gaji Asisten Manager? Cek Kisarannya Berikut Ini

5. Manajemen pemangku kepentingan

Seorang CEO harus membina hubungan yang positif dengan semua pihak yang berinvestasi di perusahaan. Ini termasuk karyawan, pelanggan, pemegang saham, dan posisi kepemimpinan lainnya, seperti CFO, ketua eksekutif, dan pemilik bisnis.

Dengan keterampilan dan latar belakang yang beragam, seorang CEO harus mampu menyeimbangkan pandangan dan kepentingan mereka yang berbeda. Hal ini melibatkan komunikasi yang transparan dan mengelola ekspektasi.

Dengan memahami dan menangani kekhawatiran para pemangku kepentingan ini, perusahaan dapat berkembang dalam lingkungan yang sadar sosial dan saling terhubung.

6. Manajemen risiko dan adaptasi

Manajemen risiko adalah proses metodis untuk mengidentifikasi, menilai, dan memitigasi ketidakpastian yang dapat berdampak pada tujuan organisasi.

Hal ini mencakup analisis faktor risiko internal seperti keuangan dan operasi, serta faktor risiko eksternal seperti gangguan rantai pasokan.

berapa gaji CEO

Baca Juga: Berapa Gaji Digital Marketing Manager? Ini Kisarannya di Indonesia

Berapa Gaji CEO di Indonesia?

Mengingat tugas dan tanggung jawab CEO yang begitu besar, ditambah dengan CEO yang merupakan posisi tertinggi di sebuah perusahaan, gaji yang dimiliki CEO pastinya mengikuti tanggung jawab dan posisi yang dimiliki.

Lalu berapa gaji CEO di Indonesia? Dilansir dari berbagai sumber, CEO memiliki gaji berkisar antara Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan. Ini adalah angka yang tidak pasti dan dapat berubah-ubah mengikuti keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Semakin besar skala perusahaan, maka gaji yang didapatkan juga akan semakin besar. Untuk perusahaan skala besar, CEO bisa mendapatkan gaji antara Rp1,5 miliar hingga Rp3 miliar per bulan.

Sebagai gambaran, berikut daftar gaji CEO di beberapa perusahaan yang ada di Indonesia:

  1. PT Bank Mandiri Tbk: Rp5,95 miliar/bulan (sumber: DailySocial).
  2. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk: Rp5,07 miliar/bulan (sumber: DailySocial).
  3. PT Telekomunikasi Indonesia: Rp4,4 miliar/bulan (sumber: DailySocial).
  4. PT Pertamina Tbk: Rp4,9 miliar/bulan (sumber: Republika)
  5. Gojek: Rp47.500.000/bulan (sumber: Gaji Terbaru).
  6. PT KAI: 3,7 miliar/bulan (sumber: Hops).

Baca Juga: Berapa Gaji SEO Specialist? Cek Rata-Ratanya Berikut Ini

Apa Saja Kualifikasi untuk Menjadi CEO?

Meskipun jalan menuju CEO berbeda-beda menurut industri dan bisnis, berikut beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CEO:

1. Gelar pendidikan

Kualifikasi pertama untuk menjadi seorang CEO adalah memiliki gelar sarjana. Meskipun Anda dapat memilih program gelar di bidang studi yang Anda sukai, gelar ekonomi dan bisnis adalah salah satu pilihan yang paling populer bagi para CEO.

Gelar sarjana mungkin merupakan satu-satunya yang diperlukan, tetapi gelar master, seperti Master of Business Administration (MBA), dapat membantu Anda berkembang melampaui posisi entry-level.

Banyak CEO yang menyelesaikan program MBA untuk memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk peran tersebut. Seiring dengan perubahan kebijakan dan keterampilan baru, pendidikan formal dapat membuat Anda menjadi pengambil keputusan yang baik dan menjadi kandidat yang kuat untuk posisi tersebut.

2. Suka tantangan

Selain memiliki kualifikasi pendidikan minimal di tingkat sarjana, untuk menjadi seorang CEO Anda harus suka terhadap hal-hal yang menantang. Mereka yang berhasil mencapai level CEO biasanya mencari tantangan yang dapat mengembangkan pengetahuan teknis dan kemampuan kepemimpinan mereka.

Memiliki pengalaman menantang yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan dapat meningkatkan keterampilan dan kekuatan pribadi Anda.

Gunakan setiap kesempatan sebagai peluang untuk belajar dan mendorong diri Anda lebih dekat dengan tujuan CEO Anda. Anda bisa mengambil pengalaman di bidang finansial atau struktural.

Pengalaman ini dapat menguji kemampuan manajerial Anda, memperluas basis pengetahuan Anda, dan menawarkan pengalaman pendidikan yang tak tertandingi. Pertimbangkan bagaimana keterampilan yang Anda peroleh dari kesempatan baru ini sesuai dengan jalur strategis Anda untuk mencapai tujuan profesional Anda.

Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk mencari peluang yang memungkinkan Anda memposisikan diri Anda untuk peran CEO dan menunjukkan kemampuan Anda untuk mengelola tim dan memimpin orang lain.

Baca Juga: Berapa Gaji UI/UX Designer? Ini Rata-ratanya di Indonesia

3. Dapatkan sertifikasi

Banyak profesi yang menawarkan sertifikasi untuk memvalidasi keterampilan yang telah Anda bangun dalam karier Anda. Menerima sertifikasi dapat menjadi bukti nyata tentang kemampuan Anda, selain gelar akademis yang Anda miliki.

Sertifikasi juga merupakan kesempatan untuk menambah keahlian Anda sehingga Anda menjadi ahli di bidang Anda. Menjadi ahli dalam bidang apa pun adalah aset yang tak ternilai bagi karier Anda.

Program sertifikat juga dapat membantu Anda membangun pengaruh kepemimpinan Anda, sehingga orang lain akan lebih percaya pada pengetahuan dan pengalaman Anda berdasarkan sertifikasi yang Anda miliki.

4. Dapatkan pengalaman yang relevan

Selain pelatihan formal dan sertifikasi, menjadi seorang CEO membutuhkan pengalaman yang luas. Untuk naik ke puncak tangga perusahaan, sangat penting untuk memulai dari posisi entry-level atau menengah.

Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan pengalaman kerja yang relevan dan mengembangkan soft skill dan pengetahuan teknis yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CEO.

Anda dapat melakukannya dengan mengejar karier korporat, bekerja di kantor, atau posisi di bidang keuangan, sehingga Anda dapat membiasakan diri dengan operasi perusahaan dan tugas sehari-hari serta menerima pelatihan kerja sangat penting untuk naik ke posisi yang Anda tuju.

Eksekutif tingkat atas biasanya memiliki pengalaman bertahun-tahun, karena mereka memegang peran yang begitu penting.

5. Memulai sebuah perusahaan

Meskipun Anda bisa menjadi CEO dari organisasi yang sudah ada, Anda juga bisa mengejar posisi ini dengan memulai sebuah perusahaan baru. Membangun bisnis Anda sendiri dapat memberikan kepuasan tersendiri dan mengajarkan Anda banyak sekali keahlian yang berharga.

Sebagai pengusaha, Anda menentukan budaya, arah, dan misi perusahaan. Jalur alternatif ini juga berguna untuk menunjukkan kepada para pemimpin bisnis bahwa Anda memiliki kemampuan teknis dan kualitas kepemimpinan yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga dapat maju dalam perusahaan yang sudah ada dan menerima promosi ke posisi CEO jika Anda  mendedikasikan diri Anda untuk maju dalam perusahaan dan menunjukkan kepada anggota dewan bahwa Anda memiliki keterampilan dan kemampuan kepemimpinan yang kuat.

gajihub 2

Baca Juga: Berapa Gaji Data Analysis? Intip Kisarannya Berikut Ini

Kesimpulan

Dari penjelasan yang ada di atas, dapat diketahui bahwa berapa gaji CEO disesuaikan dengan skala perusahaan yang dipimpin. Semakin besar skala perusahaan, maka gaji yang akan didapatkan semakin besar.

Untuk perusahaan skala kecil, CEO mendapatkan gaji antara Rp130 juta hingga Rp250 juta per bulan, sedangkan untuk CEO perusahaan skala besar mendapatkan gaji hingga Rp3 miliar per bulan.

CEO memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam hal memimpin perusahaan, termasuk memimpin para karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Agar CEO lebih mudah dalam memantau karyawan, perusahaan bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan. Dengan fitur aplikasi absensi, karyawan bisa melakukan absensi online dari smartphone dengan mudah.

Dengan fitur cuti dan izin, karyawan bisa mengajukan cuti dan izin dari aplikasi dan nanti HRD atau CEO dapat menolak atau menyetujui pengajuan cuti dan izin dari karyawan.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *