10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur, Nomor 1 Terbaik!

aplikasi absensi manufaktur

Aplikasi absensi menjadi kebutuhan setiap bisnis, termasuk bisnis manufaktur. Dengan penggunaan aplikasi absensi, perusahaan dapat mengetahu kehadiran karyawan dan berguna untuk proses selanjutnya, seperti menyesuaikan gaji dan tunjangan dari kehadiran karyawan ini.

Seperti yang diketahui, perusahaan manufaktur merupakan perusahaan dengan skala besar dengan kebutuhan karyawan yang lebih besar. Dengan adanya aplikasi absensi ini, perusahaan dapat memudahkan pengelolaan karyawan yang berjumlah besar.

Karena jumlah karyawannya yang tidak sedikit ini, pastinya ada pertimbangan tersendiri untuk memilih aplikasi absensi. Di sini akan dijelaskan rekomendasi aplikasi absensi untuk perusahaan manufaktur.

Baca penjelasan di bawah ini untuk lebih lengkapnya:

Apa Itu Aplikasi Absensi Manufaktur?

Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan dengan kegiatan operasional mengubah bahan baku menjadi barang jadi. Perusahaan ini akan membeli bahan mentah untuk diolah hingga menjadi barang jadi yang siap dipakai.

Dalam operasionalnya, perusahaan melakukannya dalam skala besar untuk memaksimalkan keuntungan dari penjualan produk kepada masyarakat luas. Karena dilakukan dalam skala besar, kebutuhan tenaga manusia juga semakin besar.

Kehadiran aplikasi absensi pada pabrik akan membantu memudahkan manajemen karyawan dalam jumlah besar ini. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan manufaktura, antara lain:

  1. Memudahkan absensi karyawan sehingga karyawan tidak perlu khawatir lupa absensi.
  2. Memudahkan pembagian shift dan dapat menghindari kesalahan yang berasal dari manusia.
  3. Dapat menghindari manajemen risiko pada pabrik.
  4. Lebih mudah untuk mengelola lembur karyawan.
  5. Lebih mudah diakses yakni bisa langsung diinstal dari smartphone karyawan masing-masing.

aplikasi absensi manufkatur

Baca Juga: 9 Daftar Aplikasi Absensi dan Tips Memilihnya

Apa yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Absensi Manufaktur?

Buat pabrik yang ingin menggunakan aplikasi absensi, biar tidak salah pilih, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih aplikasi absensi:

1. Pahami Kebutuhan Industri Manufaktur

Sebelum Anda memilih aplikasi absensi, pastikan Anda memahami kebutuhan industri manufaktur. Pahami bahwa pabrik memiliki perbedaan dengan perusahaan lainnya, salah satunya dalam hal jumlah karyawan.

Jadi, pastikan Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi absensi pilihan Anda bisa digunakan untuk karyawan skala besar. Dengan memahami kebutuhan ini, Anda bisa menghindari terjadinya salah pilih aplikasi absensi.

Selain itu karyawan juga akan bisa merasakan manfaat kemudahan dari aplikasi absensi karena telah dipilih sesuai kebutuahan.

2. Ketahui Fitur yang Dimiliki

Kedua, pastikan Anda mengetahui fitur-fitur yang dimiliki aplikasi absensi. Fitur ini akan berpengaruh pada manfaat apa saja yang akan didapatkan pabrik dari penggunaan aplikasi absensi.

Aplikasi absensi saat ini memiliki fitur-fitur lainnya yang akan membantu memudahkan pengelolaan karyawan. Misalnya adanya fitur payroll, pabrik dapat melakukan pengelolaan gaji di luar pengelolaan kehadiran karyawan.

Ini termasuk fitur izin dan cuti yang sangat memudahkan karyawan pabrik ketika mengajukan izin dan cuti. Jadi, pastikan Anda cek setiap fitur yang dimiliki.

3. Pastikan Data Terjamin Aman

Dengan jumlah karyawan yang besar, keamanan data pada aplikasi absensi jadi hal yang wajib dimiliki. Aplikasi absensi harus mampu menjamin keamanan data karena ini hal yang sangat penting bagi pabrik.

Anda bisa memeriksa keterangan keamanan data pada website aplikasi absensi yang bersangkutan. Selain itu Anda juga bisa bertanya kepada tim dari aplikasi absensi terkait keamanan data ini.

Baca Juga: Geofencing dalam Absensi, Bagaimana Cara Kerjanya?

4. Pastikan Dapat Digunakan di Berbagai Jenis Smartphone

Karyawan pabrik yang berjumlah besar pastinya memiliki berbagai jenis smartphone yang berbeda-beda. Pastikan aplikasi absensi yang Anda pilih dapat digunakan di berbagai jenis smartphone.

Ini dilakukan agar karyawan bisa melakukan instalasi aplikasi absensi, apapun smartphone yang mereka gunakan.

5. Layanan Customer Service Terbaik

Layanan customer service jadi hal yang wajib Anda perhatikan ketika memilih aplikasi absensi. Customer service akan menjadi garda terdepan ketika Anda mengalami kendala penggunaan aplikasi.

Anda bisa mengecek layanan CS ini dengan menghubungi tim CS aplikasi absensi dan berkonsultasi terkait ketertarikan Anda menggunakan aplikasi absensi tersebut. Dari sini Anda bisa menilai apakah CS memberikan layanan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

6. Harga Bersaing

Keenam harga bersaing. Karena memiliki karyawan dalam jumlah besar, pastinya Anda harus memilih aplikasi absensi dengan harga bersaing. Ini dilakukan agar pengeluaran di bagian ini tidak membengkak.

Anda bisa memeriksa harga aplikasi absensi diwebsite resmi dan jika memang kebutuhan Anda besar, Anda bisa berkonsultasi dengan tim. Anda juga bisa menanyakan apakah ada potongan harga dengan syarat tertentu.

7. Integrasi yang Memudahkan

Integrasi juga menjadi bagian yang wajib Anda pertimbangan. Ini karena perusahaan biasanya menggunakan aplikasi lain selain aplikasi absensi.

Cek apakah aplikasi absensi telah terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang dibutuhkan perusahaan Anda. Misalnya apakah aplikasi absensi telah terintegrasi dengan aplikasi akuntansi.

Dengan adanya integrasi antara aplikasi absensi dengan aplikasi akuntansi, Anda dapat dimudahkan untuk pengelolaan kehadiran dan pengelolaan keuangan yang saling terhubung. Jadi, ketika melakukan penggajian sesuai presensi karyawan, laporan keuangan akan disesuaikan dalam aplikasi akuntansi.

Baca Juga: 15 Aplikasi Perkantoran untuk Meningkatkan Produktivitas

Apa Saja Rekomendasi Aplikasi Absensi Manufaktur?

Agar Anda tidak bingung memilih aplikasi absensi manufaktur, Anda dapat menyimak 10 rekomendasi aplikasi absensi manufkatur yang ada di bawah ini:

1. Aplikasi Absensi GajiHub

aplikasi absensi manufaktur

GajiHub merupakan aplikasi absensi terbaik untuk bisnis manufaktur. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan kehadiran karyawan pabrik.

Beberapa fitur yang dimiliki GajiHub antara lain:

  • Pencatatan kehadiran secara real time dari aplikasi.
  • Pencatatan kehadiran dengan GPS dan alamat IP.
  • Mengatur jadwal dan shift kerja.
  • Dilengkapi fitur approval presensi, cuti, dan izin.
  • Pencatatan lembur.
  • Pencatatan kunjungan klien.
  • Telah terintegrasi dengan modul payroll.
  • Pengajuan izin dan cuti.
  • Slip gaji online dan melalui aplikasi.
  • Fitur pengumuman dan media sosial perusahaan.
  • Check-in dan check-out saat jam kerja.
  • Laporan komperehensif.
  • Integrasi software akuntansi.
  • BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.
  • PPh 21.
  • Kasbon karyawan.

Selain fitur fitur di atas, GajiHub juga dapat Anda download di Play Store dan juga App Store. GajiHub juga menyediakan layanan implementasi bersama Tim Hebat GajiHub secara gratis selama masa berlangganan.

Mengapa Memilih GajiHub?

Untuk bisnis manufaktur, GajiHub adalah aplikasi absensi yang sangat cocok. Selain karena fitur-fiturnya yang lengkap, GajiHub juga memiliki harga yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp4.900/karyawan/bulan.

Dengan harga yang terjangkau ini, pabrik bisa menghemat pengeluaran dan mendapatkan kebutuhan untuk pengelolaan kehadiran. Anda juga akan mendapatkan uji coba gratis selama 14 sebelum memantapkan diri untuk berlangganan.

Tidak hanya itu, GajiHub juga menyediakan paket gratis selamanya dengan fitur yang terbatas jika dibandingkan dengan paket berbayar lainnya.

2. When I Work

Rekomendasi kedua adalah dari When I Work. Aplikasi absensi ini cocok untuk berbagai skala bisnis, baik itu bisnis kecil atau UMKM ataupun bisnis berskala besar seperti manufaktur.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh When I Work:

  • Kemudahan pengelolaan shift.
  • Pengelolaan lembur.
  • Monitoring absensi.
  • Team message.
  • Fitur jadwal karyawan.

Mengapa Memilih When I Work?

Selain dilengkapi fitur-fitur yang ada di atas, When I Work dipilih karena kemudahannya dalam tracking waktu kerja karyawan hingga kecepatannya dalam pembuatan jadwal. Anda juga dapat menggunakan When I Work ini untuk pencatatan shift dan lembur karyawan.

Baca Juga: 10 Keuntungan Menggunakan Sistem Absensi Online Bagi Bisnis

3. Quickbooks Time

Selanjutnya adalah Quickbooks Time. Aplikasi absensi Quickbooks Time merupakan aplikasi absensi yang dapat digunakan di smartphone dan telah dilengkapi berbagai fitur seperti penggajian, pembuatan faktur, dan juga untuk kebutuhan pembuatan jadwal.

Aplikasi Quickbooks Time juga akan memudahakn penggunanya dalam melakukan sinkronisasi jadwal yang dimiliki yang ada dalam aplikasi Google Calendar, Microsoft Outlook, dan juga Apple iCal.

Berikut beberapa fitur lainnya yang dimiliki oleh Quickbooks Time:

  • Kemudahan untuk proses check-in dan check-out.
  • Pencatatan waktu otomatis.
  • Pelacakan lokasi.
  • Pemantauan aktivitas karyawan.
  • Telah terintegrasi dengan aplikasi Quickbooks.

Mengapa Memilih Quickbooks Time?

Quickbooks Time memiliki fitur yang lengkap dan cocok digunakan untuk bisnis skala kecil seperti UMKM hingga bisnis manufaktur. Aplikasi absensi ini juga telah terintegrasi dengan Quickbooks sehingga lebih mudah untuk melakukan pengelolaan karyawan dan keuangan dalam satu aplikasi.

4. Zoho People

Zoho People menjadi aplikasi absensi yang akan menghadirkan pengalaman luar biasa bagi karyawan. Aplikasi absensi Zoho People ini merupakan aplikasi absensi berbasis cloud yang dibuat khusus untuk pengembangan karyawan, beradaptasi secara cepat dengan perubahan yang ada, dan juga membuat manajemen SDM yang lebih efektif.

Beberapa fitur yang dimiliki Zoho People antara lain:

  • Payroll.
  • Recruitmen.
  • Expense.
  • Pelacakan email.
  • Pengelolaan, pelacakan, dan berkolaborasi dalam tim.
  • Penandatanganan dan pengiriman dokumen.

Mengapa Memilih Zoho People

Alasan memilih Zoho People sebagai aplikasi absensi pilihan adalah karena memiliki fitur yang lumayan lengkap. Aplikasi absensi ini juga dapat digunakan oleh berbagai bisnis, baik berskala kecil seperti UMKM ataupun berskala besar seperti manufaktur.

Selain itu, dengan Zoho People Anda bisa menikmati uji coba gratis selama 30 hari sebelum memutuskan untuk berlangganan.

Baca Juga: Absen Fingerprint Manual dan Software Absensi: Mana yang Lebih Baik?

5. Attendzone

Anda membutuhkan aplikasi absensi untuk smartphone berbasis Android? Anda bisa memilih aplikasi absensi dari Attendzone. Attendzone merupakan aplikasi absensi yang dapat digunakan di Android dengan fitur-fitur seoerti absensi dengan GPS dan selfie.

Selain itu, Attendzone juga dilengkapi fitur berikut ini:

  • Notifikasi keterlambatan kehadiran dan lupa presensi.
  • Absensi real time.
  • Pembuatan laporan kehadiran.
  • Integrasi sistem HR.
  • Jaminan keamanan data.
  • Paket gratis selamanya.

Mengapa Memilih Attendzone?

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi absensi Attendzone dipilih, di antara karena adanya fitur integrasi dengan sistem HR dan juga kelengkapan fitur yang dimilikinya.

aplikasi absensi

6. Connectime

Rekomendasi aplikasi absensi selanjutnya dari Connectime. Aplikasi absensi ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi absensi all-in-one.

Fitur-fitur yang dimiliki oleh Connectime antara lain:

  • Kemudahan untuk clock-in dan clock-out.
  • Melakukan pelacakan lokasi dengan mudah.
  • Fitur notifikasi dan pengingat.
  • Aksesbility multi platform.

Mengapa Memilih Connectime

Alasan Connetime dipilih karena aplikasi absensi ini tekah terintegrasi dengan sistem payroll sehingga dapat lebih mudah digunakan oleh semua bisnis. Terdapat juga fitur GPS yang dapat melacak lokasi karyawan dalam jarak jauh.

Baca Juga: Absensi Mobile: Alasan Menggunakannya dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

7. Time Clock by Homebase

Rekomendasi aplikasi absensi ketujuh datang dari Time Clock by Homebase. Time Clock by Homebase merupakan aplikasi absensi digital yang akan membantu pengelolaan dan pencatatan kehadiran karyawan sehingga dapat lebih efisien.

Beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi absensi ini antara lain:

  • Perekaman waktu.
  • Verifikasi identitas.
  • Integrasi dengan jadwal kerja.
  • Pelaporan dan analisis.
  • Pengaturan kebijakan presensi.

Mengapa Memilih Time Clock by Homebase

Aplikasi absensi Time Clock by Homebase dapat digunakan di banyak perangkat, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop dan komputer. Dengan menggunakan aplikasi absensi ini juga pengelolaan kehadiran karyawan menjadi lebih mudah dan efektif.

8. GreatDay HR

Rekomendasi aplikasi absensi selanjutnya untuk Anda adalah dari GreatDay HR. GreatDay HR merupakan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur di antaranya absensi, cuti dan lembur, ITCS, hingga payroll.

Berikut fitur-fitur lengkap dari GreatDay HR:

  • Core: untuk manajamen data perusahaan dan karyawan.
  • Absensi: untuk pencatatan kehadiran karyawan.
  • Aktivitas: untuk memantau tugas dan aktivitas karyawan.
  • Finance: integrasi penggajian.
  • Strategic: untuk pendukung utama HR.

Mengapa Memilih GreatDay HR

Ada beberapa alasan mengapa GreatDay HR ini dipilih, misalnya GreatDay HR telah berpengalaman lebih dari 24 tahun. Aplikasi absensi ini juga memiliki lebih dari satu juta pengguna.

Baca Juga: Contoh Template Laporan Absensi Karyawan yang Bisa Anda Download

9. Jibble

Ingin mencari aplikasi absensi dengan fitur-fitur yang lengkap? Jibble bisa menjadi pilihan Anda.

Jibble merupakan aplikasi absensi yang dilengkapi fitur GPS dan selfie yang dapat digunakan untuk check-in dan check-out dimana saja. Tidak hanya itu, aplikasi absensi ini juga dilengkapi fitur rekapitulasi hasil presensi dengan mudah dan tersedia dalam berbagai format.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh aplikasi absensi Jibble:

  • Presensi dengan GPS dan selfie.
  • Rekapitulasi hasil absensi dalam berbagai format.
  • Fitur payroll untuk penggajian yang profesional.
  • Integrasi dengan payroll dan platform HR.

Mengapa Memilih Jibble

Aplikasi absensi Jibble dipilih karena fitur-fitur terbaik yang dimilikinya seperti fitur GPS dan selfie hingga rekapitulasi hasil absensi dalam berbagai format. Dengan semua fitur itu perusahaan manufaktur akan dimudahkan dalam pengelolaan kehadiran karyawan.

10. Keka

Keka merupakan aplikasi absensi yang dapat digunakan perusahaan manufaktur yang akan memudahkan pengelolaan kehadiran karyawan, Keka dilengkapi dengan fitur-fitur pelacakan waktu yang intuitif dan laporan yang terstruktur, sehingga pengelolaan lebih mudah dan efisien.

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh Keka:

  • Performance dan karir.
  • Absensi dan tracking waktu.
  • PSA software.
  • Modern HR.
  • Hiring dan onboarding.

Mengapa Memilih Keka

Keka dipilih karena aplikasi absensi ini telah mengikuti perkembangan zaman dan segala kebutuhannya. Aplikasi ini juga telah digunakan lebih dari 16 ribu pengguna.

gajihub 2

Baca Juga: Apa itu Presensi dan Absensi, Bagaimana Cara Membuat Kebijakannya?

Kesimpulan

Dari penjelasan pada artikel di atas dapat diketahui bahwa aplikasi absensi perusahaan manufaktur harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan manufaktur dimana harus bisa digunakan oleh karyawan dalam jumlah besar. Sebelum Anda memilihnya, pastikan Anda memahami setiap fitur yang dimiliki oleh aplikasi absensi sehingga kebutuhan Anda dapat dipenuhi oleh aplikasi absensi pilihan Anda.

GajiHub bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari aplikasi absensi perusahaan manufaktur. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan dan juga pengelolaan kehadiran karyawan.

GajiHub dapat diunduh di smartphone dan selain untuk presensi, aplikasi GajiHub dapat digunakan untuk pengelolaan payroll, pengajuan izin dan cuti, employee self service, pengelolaan BPJS, pengelolaan PPh 21, hingga analisis data.

Bagi Anda yang berlangganan GajiHub, Anda akan mendapatkan implementasi gratis bersama Tim Hebat GajiHub selama masa berlangganan.

Jadi tunggu apa lagi, daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *