Berapa Gaji UI/UX Designer? Ini Rata-ratanya di Indonesia

berapa gaji UI/UX

UI/UX designer jadi pekerjaan yang banyak diminati di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Buat Anda yang tertarik dengan pekerjaan UI/UX designer, mengetahui berapa gaji UI/UX designer dapat meningkatkan minat Anda untuk berkarir di bidang ini.

Buat Anda yang tertarik untuk berkarir di bidang UI/UX designer ini, Anda bisa menyimak penjelasan berapa gaji UI/UX designer di bawah ini:

Apa Itu UI/UX Designer?

Sebelum membahas mengenai berapa gaji UI/UX designer, sebaiknya Anda memahami apa itu UI/UX designer. UI designer merupakan seseorang yang bekerja untuk memastikan tampilan aplikasi atau website telah sesuai dengan kebutuhan pengguna atau user.

Bisa dikatakan bahwa UI designer merupakan sosok di balik tampilan antar muka aplikasi atau website. Dalam pekerjaannya, UI designer akan berhubungan dengan grafis, tata letak, dan berbagai aspek fisik lainnya.

Sedangkan, UX designer merupakan seseorang yang bertugas memastikan aplikasi dapat berjalan dengan logika yang jelas dan relevan sesuai kebutuhan pengguna atau user. Bisa dikatakan UX designer adalah sosok yang mendesain website atau aplikasi sesuai pandangan pengalaman dari pengguna atau user.

UX designer akan melihat rumit atau mudahnya penggunaan aplikasi atau website dari kacamata pengguna.

berapa gaji ui/ux

Baca Juga: Berapa Gaji HRD? Berikut Kisarannya di Beberapa Perusahaan di Indonesia

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab UI/UX Designer?

Dalam pekerjaannya, baik UI designer atau UX designer memiliki tugas dan tanggung jawab yang diemban. Buat Anda yang ingin berkarir sebagai UI/UX designer, Anda wajib mengetahui tugas dan tanggung jawab pekerjaan ini.

Berikut penjelasan lengkap mengenai tugas dan tanggung jawab UI/UX designer:

Tugas dan Tanggung Jawab UX Designer

Desainer UX biasanya bekerja untuk perusahaan di berbagai industri atau sebagai anggota perusahaan teknologi khusus untuk mengantisipasi kebutuhan pengguna dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Mereka bekerja sama dengan Pengembang Web, Desainer UI, dan Desainer UX lainnya untuk menciptakan produk yang mudah digunakan dan menyenangkan secara estetika bagi pelanggan. Tugas mereka adalah menggunakan apa yang mereka ketahui tentang target audiens perusahaan mereka untuk mengembangkan produk yang menarik bagi mereka dan pemahaman mereka tentang teknologi.

Mereka juga bertanggung jawab untuk meninjau situs web pesaing atau penawaran produk untuk mencari cara meningkatkan keterlibatan konsumen dengan situs web perusahaan mereka sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab UI Designer

Tugas dan tanggung jawab utama dari UI designer adalah menghidupkan rancangan dari UX designer dan mengaplikasikannya ke dalam layouting interface dengan sudut pandang mengguna dengan tujuan menghasilkan desain yang menarik mata user baik secara visual ataupun kemudahan dalam penggunaannya.

Untuk mencapai tujuan itu, UI designer sering melakukan analisa pada tampilan dan nuansa produk dalam rangka menuntukan tipografi, tombol/simbol, hingga palette warna. Selain itu, UI designer juga bisa menambahkan desain yang lebih interaktif dengan adanya permainan animasi.

Untuk memperjelas tugas dan tanggung jawab UI/UX designer, berikut tugas dan tanggung jawab UI/UX designer secara lengkapnya:

  • Riset pengguna dan melakukan analisis kompetitor yang berhubungan dengan UI/UX design.
  • Bertanggung jawab atas segala arahan yang diberikan hingga bisa menciptkan UI/UX design yang menarik dan berguna.
  • Membuat rencana dan mengimplementasikan design baru ke dalam bentuk produk digital seperti website atau aplikasi.
  • Membuat user-centered designs dengan cara memahami setiap syarat yang dibuat bisnis dan juga dari masukan dari pengguna.
  • Melakukan pembuatan user flow, storyboards, wireframe, prototype, dan mockups.
  • Melakukan perancangan elemen-elemen UI yakni Input Control, Navigation Component, Informational Component, hingga Container.
  • Melakukan identifikasi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan komponen UI/UX.
  • Bekerja sama dengan berbagai tim, mulai dari tim produk, tim marketing, teknik, dan tim lainnya yang berkaitan dengan proyek.
  • Melakukan presentasi konsep design di hadapan pihak internal ataupun pihak klien.

gajihub 1

Baca Juga: Berapa Gaji Copywriter di Indonesia? Berikut Rata-ratanya

Berapa Kisaran Gaji UI/UX Designer di Indonesia?

Buat Anda yang tertarik untuk berkarir sebagai UI/UX designer, mengetahui berapa gaji UI/UX designer akan membantu Anda dalam mempertimbangkan pekerjaan satu ini. Lalu berapa besaran gaji UI/UX designer di perusahaan yang ada di Indonesia?

Membahas mengenai gaji sejatinya harus dilihat dimana Anda bekerja dan jabatan Anda dalam pekerjaan tersebut. Ini termasuk pengalaman Anda bekerja di industri tersebut.

Untuk UI/UX designer yang bekerja di Jakarta, dilansir dari Indeed, untuk UI/UX designer yang bekerja di Jakarta memiliki gaji rata-rata sebesar Rp7.010.775/bulan. Sedangkan UI/UX designer yang bekerja di Yogyakarta memiliki gaji rata-rata Rp2.470.987/bulan.

Ini berbeda dengan Surabaya dimana rata-rata gaji UI/UX designer sebesar Rp3.840.409/bulan dan untuk wilayah Denpasar memiliki rata-rata gaji Rp3.073.537/bulan.

Untuk rata-rata gaji UI/UX designer di Indonesia yakni Rp4.804.819/bulan. Sedangkan menurut Quora, rata-rata gaji UI/UX designer berkisar antara Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000/bulan.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, besaran gaji ini berbeda untuk setiap daerah, jabatan, pengalaman kerja, hingga perusahaan tempat kerja. UI/UX designer yang bekerja untuk startup biasanya juga akan berbeda dengan yang bekerja di korporat. Begitu juga untuk junior UI/UX designer akan berbeda dengan senior.

Untuk UI/UX designer senior bisa mendapatkan gaji hingga Rp13.000.000/bulan. Tentunya besaran gaji ini disesuaikan dengan kemampuan dan tanggung jawab yang diemban.

Baca Juga: Berapa Gaji IT Support? Simak Kisaran Gajinya Berikut Ini

Apa Saja Kualifikasi untuk UI/UX Designer?

Seorang Desainer UX yang berkualitas akan memiliki keterampilan dan kualifikasi tertentu. Kualifikasi untuk menjadi UI/UX designer biasanya akan disebutkan dalam informasi lowongan kerja.

Jika Anda tertarik berkarir sebagai UI/UX designer, Anda sebaiknya memiliki kualifikasi-kualifikasi tersebut. Jika kualifikasi yang Anda miliki lebih dari yang dibutuhkan, ini akan lebih baik lagi.

Berikut penjelasan mengenai kualifikasi yang dibutuhkan untuk berkarir sebagai UI/UX designer:

Persyaratan pendidikan dan pelatihan

Seorang Desainer UX yang sukses harus memiliki persyaratan pendidikan dan pelatihan tertentu. Sebagian besar perusahaan mengharuskan Desainer UX memiliki gelar sarjana dalam bidang desain atau program yang berhubungan dengan komputer seperti Human Computer Interaction (HCI).

Desainer UX harus memiliki pelatihan dalam menggunakan HTML/CSS dan JavaScript. Selain itu, untuk melamar kerja sebagai UI/UX designer dibutuhkan kemampuan dalam menguasi berbagai software editing seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

UI/UX designer juga dituntut memiliki pemahaman yang kuat tentang wireframe tools. Seorang UI/UX designer juga paham dalam halĀ  user flow, storyboards, wireframe, prototype, dan mockups.

Persyaratan pengalaman

Seorang Desainer UX yang kompeten harus memiliki berbagai pengalaman untuk membuktikan kemampuan mereka dalam melakukan pekerjaan. Desainer UI/UX harus memiliki pengalaman yang terbukti bekerja sebagai Desainer UX, Desainer UI, atau peran serupa.

Mereka juga harus memiliki pengalaman bekerja untuk platform web dan seluler. Dalam hal kerja, UI/UX designer juga dituntut mampu memanajemen waktu sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline.

berapa gaji ui/ux

Baca Juga: Berapa Gaji Business Development? Cek Kisarannya Berikut Ini

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap pengenai berapa gaji UI/UX designer. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa UI/UX designer memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan software dan aplikasi.

Buat Anda yang memiliki ketertarikan untuk berkarir sebagai UI/UX designer, Anda bisa memperhatikan kualifikasi-kualifikasi yang dibutuhkan dan mulai membangun portofolio dan pengalaman Anda di bidang ini.

Seperti pentingnya UI/UX designer dalam pembuatan aplikasi atau software, bagi sebuah bisnis pengelolaan karyawan juga sangat penting. Pengelolaan karyawan akan menjadi bagian yang akan menunjang produktivitas perusahaan atau bisnis.

Pengelolaan karyawan ini kini jadi hal yang wajib dilakukan dan di zaman yang serba teknologi ini Anda tidak perlu khawatir pengelolaan karyawan akan terkendala karena ada software payroll dan HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. Anda bisa melakukan perhitungan gaji karyawan melalui fitur Payroll, melakukan presensi di fitur Abensi, mengelola izin dan cuti karyawan melalui fitur Izin dan Cuti, hingga dengan fitur integrasi software akuntansi Anda bisa mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *