Berapa Gaji Copywriter di Indonesia? Berikut Rata-ratanya

berapa gaji copywriter

Copywriter menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di era digitalisasi seperti sekarang ini. Ketika seseorang ingin menjadi copywriter yang sering ditanyakan adalah berapa gaji copywriter.

Di bawah ini GajiHub akan membahas berapa gaji copywriter, tugas dan tanggung jawab copywriter, hingga kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi copywriter. Jadi simak dengan baik ya!

Apa Itu Copywriter?

Copywiter merupakan seseorang yang bekerja di bagian marketing atau penjualan dengan cara membuat tulisan untuk mendidik, membujuk, dan mempengaruhi audiens sehingga audiens tertarik untuk membeli suatu produk atau layanan. Seorang copywriter wajib memahami audiens yang dituju dan juga bagaimana cara mempengaruhi audiens tersebut.

Ini dilakukan dengan cara membuat kata-kata atau saran yang menarik dan bisa tersampaikan dengan baik ke audiens. Copywriter biasanya berada di bagian marketing atau iklan, meski tidak semua copywriter bekerja di bidang tersebut.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang menyukai dunia menulis dan pekerjaan kreatif.

berapa gaji copywriter

Baca Juga: Berapa Gaji Customer Service di Indonesia? Ini Rata-ratanya

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Copywriter?

Copywriter bertanggung jawab untuk membuat naskah yang menarik, persuasif, dan ringkas untuk berbagai platform periklanan. Tanggung jawab sehari-hari mereka meliputi riset kata kunci, membuat konten yang menarik, dan mengoreksi naskah akhir untuk memastikan kualitasnya.

Proyek yang dikerjakan copywriter biasanya termasuk ke dalam salah satu jenis copywriting utama. Namun, ada banyak hal yang terlibat dalam pembuatan proyek-proyek ini daripada sekadar meletakkan kata-kata di halaman.

Berikut untuk lebih lengkapnya mengenai tanggung jawab copywriter:

1. Melakukan riset

Riset yang dilakukan dengan baik adalah dasar dari hampir semua proyek copywriting. Ini dilakukan dengan cara mencari tahu fakta-fakta untuk mendukung proyek, detail menarik untuk dimasukkan ke dalam naskah Anda, atau kisah-kisah yang relevan dari masa lalu atau masa kini.

Dengan semua komponen di atas, copywriting dapat menarik pembaca dan membuat naskah Anda benar-benar menonjol.

Riset apa yang perlu Anda lakukan? Hal ini dapat bervariasi dari satu proyek ke proyek lainnya, namun dapat mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Riset online, seperti merujuk pada basis data, laporan, forum online, atau ulasan produk yang spesifik untuk industri tertentu.
  • Wawancara dengan klien Anda atau orang lain.
  • Meninjau proyek copywriting serupa lainnya, baik dari klien Anda maupun sumber lain
    Mempelajari buku dan jurnal ilmiah.
  • Membuka pendapat tentang apa yang sudah Anda ketahui tentang topik tersebut.
  • Jika Anda menulis tentang suatu produk, dapatkan sampel untuk diperiksa dan digunakan.
  • Mengunjungi perpustakaan, museum, atau organisasi lain yang mungkin memiliki informasi tambahan tentang topik Anda.
  • Meluangkan waktu ekstra yang diperlukan untuk melakukan penelitian menyeluruh seperti ini dijamin akan meningkatkan kualitas proyek copywriting akhir Anda.

2. Menulis, Mengedit, dan Mengoreksi

Menulis draf pertama dari sebuah copywriting membutuhkan pemahaman yang sangat baik tentang apa yang dibutuhkan untuk proyek tersebut dan mendapatkan semua bagian yang diperlukan di tempat yang tepat.

Proses penulisan sangat bergantung pada gaya penulisan Anda. Anda mungkin lebih suka merencanakan proyek Anda secara detail sebelum menulis draf pertama Anda. Atau, jika Anda seorang penulis yang lebih spontan, Anda mungkin bisa menggunakan lebih sedikit detail dalam kerangka tulisan Anda.

Namun, apa pun pendekatan Anda, copywriting yang unggul mengikuti struktur tertentu yang terbukti paling efektif untuk karya tulis tertentu. Jadi, Anda perlu melakukan perencanaan dan setidaknya memiliki garis besar proyek Anda sebelum menulis draf pertama.

Setelah Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman, Anda mungkin dapat sedikit mengubah struktur standar ini. Namun sebagai penulis baru, Anda harus selalu berpegang teguh pada struktur tersebut sebaik mungkin.

Ini bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi dalam penulisan naskah. Faktanya, kreativitas sangat penting untuk menghidupkan apa pun yang Anda tulis. Tulisan yang membosankan adalah tulisan yang tidak efektif, dan tidak akan membawa Anda melangkah lebih jauh dalam karier.

Keterampilan inti dari copywriting adalah menjaga agar tulisan Anda tetap menarik dan menarik sambil memasukkan semua aspek teknis lain yang diperlukan untuk jenis copywriting tersebut.

Ini adalah tantangan dalam menulis draf pertama Anda. Setelah selesai, Anda harus mengedit dan mengoreksi pekerjaan Anda. Ini adalah tahap di mana Anda mengubah draf pertama dari yang fungsional menjadi luar biasa.

Untuk melakukan ini dengan baik, Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang tata bahasa dan sintaksis dalam bahasa yang Anda gunakan untuk menulis proyek. Anda juga harus memastikan nada dari karya tersebut sesuai dengan audiens, bahasanya berada pada tingkat membaca yang sesuai, dan istilah dan konsep khusus industri telah disertakan jika diperlukan.

Bagian lain dari pengeditan akan dilakukan setelah Anda menyelesaikan proyek dan memberikannya kepada klien atau pemberi kerja untuk ditinjau. Ini semua adalah bagian dari pekerjaan, dan mendapatkan umpan balik dari mereka sangat penting untuk meningkatkan produk akhir dan memastikan bahwa produk tersebut berisi semua yang mereka butuhkan.

3. Mengelola proyek dan tugas

Seorang copywriter sering kali mengerjakan banyak proyek dan tugas sekaligus, untuk itu dibutuhkan keterampilan di dalamnya. Mengelola proyek dan tugas sekaligus jadi tanggung jawab selanjutnya yang diemban oleh copywriter.

Di sini copywriter akan bekerja sama dengan tim marketing untuk menghasilkan iklan yang diinginkan oleh perusahaan. Copywriter akan memberikan ide dan mendiskusikannya dengan tim pemasaran, untuk kemudian dikembalikan ke copywriter untuk dibuatkan naskah.

Tidak sampai di situ, setelah copywriter membuat naskah, selanjutnya naskah akan disampaikan kepada klien dan jika ada perbaikan, copywriter akan menerima feedback dari klien sehingga copy iklan dapat sesuai dengan permintaan klien.

gajihub 3

Baca Juga: Jurusan Geologi Kerja Apa? Simak 10 Rekomendasinya Berikut Ini

Berapa Kisaran Gaji Copywriter di Perusahaan Indonesia?

Setelah mengetahui tugas dan tanggung jawab copywriter, lalu berapa gaji copywriter di perusahaan yang ada di Indonesia? Buat Anda yang tertarik berkarir sebagai copywriter, Anda pasti ingin mengetahui kisaran gaji copywriter.

Dilansir dari Indeed, rata-rata gaji copywriter di Indonesia adalah Rp4.332.247 per bulan. Rata-rata gaji ini didapatkan dari laporan 30 gaji copywriter di Indonesia. Ini artinya setiap daerah bisa berbeda-beda mengikuti UMR yang berlaku.

Berbeda dengan Indeed, di Jobstreet dijelaskan rata-rata gaji copywriter di Indonesia berkisar antara Rp4.710.000 hingga Rp6.000.000. Ini merupakan data yang didapatkan pada 1 Maret 2024 dan sama seperti data di Indeed, dimana besaran gaji dipengaruhi oleh tempat kerja dan juga posisi copywriter.

Besaran gaji copywriter dipengaruhi oleh tempat kerja dan juga posisi/jabatan pekerjaan. Di Jakarta misalnya, dari sumber Indeed untuk copywriter mendapatkan gaji rata-rata Rp5.573.555/bulan, ini berbeda dengan copywriter di Yogyakarta yang mendapatkan gaji rata-rata Rp2.663.623/bulan dan di Surabaya copywriter memiliki gaji Rp4.177.651/bulan.

Jabatan dan pengalaman kerja copywriter juga akan mempengaruhi besaran gaji yang didapatkan. Untuk senior copywriter bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp6.000.000 hingga Rp13.000.000.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berkarir sebagai copywriter?

Baca Juga: Sastra Inggris Kerja Apa? Berikut 20 Profesi yang Bisa Ditekuni

Apa Saja Kualifikasi Copywriter?

Untuk menjadi copywriter, Anda wajib memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan ini. Berikut kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai copywriter:

  • Gelar sarjana atau sederajat dengan background pendidikan komunikasi atau pemasaran.
  • Memiliki pengalaman bekerja di bidang penulisan atau copywriting iklan digital.
  • Memiliki portofolio yang membuktikan kemampuan di bidang copywriting.
  • Memiliki kemampuan dalam mengelola media sosial.
  • Peka akan perkembangan teknologi.
  • Memiliki kreativitas dan kemampuan mengolah ide yang baik.

Dari kualifikasi di atas, bagaimana jika fresh graduate ingin melamar kerja di bidang copywriter ini? Meski kualifikasi yang ditulis untuk copywriter haruslah yang sudah berpengalaman, tapi Anda yang fresh graduate jangan takut untuk melamar kerja.

Jika Anda memiliki kemampuan copywrting yang baik, perusahaan tetap akan memilih Anda meski Anda belum memiliki pengalaman kerja.

berapa gaji copywriter

Baca Juga: Jurusan Kimia Kerja Apa? Simak 12 Prospek Kerjanya Berikut Ini

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel yang ada di atas, dapat diketahui berapa gaji copywriter di perusahaan yang ada di Indonesia ini bermacam-macam, tergantung dimana Anda bekerja dan posisi Anda sebagai copywriter. Copywriter di Jakarta bisa mendapatkan gaji lebih dari Rp5 juta, sedangkan di Yogyakarta gaji copywriter di angka Rp2,6 juta.

Copywriter memiliki peranan yang penting bagi sebuah perusahaan, yakni sebagai bagian dari tim pemasaran produk. Sama halnya seperti copywriter yang penting bagi perusahaan, perusahaan juga wajib melakukan pengelolaan karyawan yang baik.

Pengelolaan karyawan yang baik jadi bagian penting yang akan menunjang kemajuan sebuah perusahaan. Anda dapat melakukan pengelolaan karyawan yang baik dengan menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *