Sastra Inggris Kerja Apa? Berikut 20 Profesi yang Bisa Ditekuni

sastra inggris kerja apa banner

Seperti yang Anda ketahui, bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan di berbagai bidang, mulai dari pendidikan hingga bisnis. Oleh karena itu, lulusan Sastra Inggris tidak perlu khawatir bidang kerja apa yang perlu mereka tekuni.

Dengan menempuh pendidikan di jurusan ini, Anda dapat memperdalam kemampuan berbahasa Inggris, baik dalam berbicara, menulis, maupun memahami, yang sangat dibutuhkan untuk berbagai sektor pekerjaan.

Pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu jurusan sastra Inggris, apa yang dipelajari, hingga prospek kerjanya.

Apa itu Jurusan Sastra Inggris?

Jurusan Sastra Inggris adalah jurusan yang mempelajari berbagai karya sastra dari Inggris, seperti novel, puisi, dan drama. Saat mengambil jurusan ini, Anda juga akan mempelajari tentang sejarah dan budaya Inggris, dan bagaimana semua itu terhubung dengan karya sastra.

Selain itu, Anda juga akan belajar bahasa Inggris secara lebih mendalam, misalnya dengan mempelajari tata bahasa, struktur kalimat, dan cara menulis yang baik. Berbagai kemampuan tersebut, nantinya dapat Anda manfaatkan untuk berkarier pada bidang yang Anda inginkan.

Baca Juga: Jurusan Komunikasi Kerja Apa? Berikut 19 Rekomendasinya

sastra inggris kerja apa 1

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sastra Inggris?

Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa hal yang akan Anda pelajari di jurusan Sastra Inggris:

1. Karya Sastra

Pada pembelajaran ini, Anda akan membaca dan menganalisis berbagai karya sastra dari berbagai periode dan genre, dengan memahami makna, simbolisme, dan tema dalam karya sastra.

2. Bahasa Inggris

Selanjutnya, Anda juga akan memperdalam kemampuan bahasa Inggris dengan berbagai materi tentang tata bahasa, struktur kalimat, dan cara menulis yang baik. Anda juga akan mempelajari tentang sejarah bahasa Inggris dan bagaimana bahasa tersebut digunakan di berbagai negara.

3. Sejarah dan Budaya Inggris

Sejarah dan budaya Inggris, serta bagaimana hal tersebut mempengaruhi karya sastra juga menjadi topik penting yang akan Anda pelajari di jurusan ini.

4. Keterampilan Berkomunikasi

Untuk dapat menggunakan bahasa Inggris secara optimal, Anda juga akan belajar cara berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tertulis. Misalnya, belajar bagaimana cara menyampaikan ide dengan jelas efektif.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

gajihub 1

Lulusan Sastra Inggris Kerja Apa Saja?

Dengan berbagai keterampilan yang Anda pelajari selama menempuh pendidikan di Sastra Inggris, berikut sejumlah profesi yang bisa Anda tekuni:

1. Content Writer

Seorang content writer atau penulis konten adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat konten tulisan yang informatif, menarik, dan relevan untuk bebragai platform, seperti situs web, blog, media sosial, dan sebagainya.

Sebagai content writer, Anda harus memiliki keterampilan seperti kemampuan menulis yang baik dan kreatif, pemahaman SEO, kemampuan riset dan analisis informasi, serta kemampuan untuk bekerja dengan deadline.

2. Copywriter

Jobdesk copywriter melibatkan menciptakan teks persuasif untuk iklan, brosur, situs web, dan materi pemasaran lainnya. Posisi ini biasanya bekerja bersama tim marketing untuk mempromosikan layanan atau produk perusahaan.

Sebagai copywriter, Anda harus memiliki kreativitas yang tinggi, pemahaman pasar, serta kemampuan untuk menarik perhatian target audiens.

3. UX Writer

Jobdesk UX Writer adalah menciptakan teks untuk mempermudah user untuk menggunakan produk atau layanan digital, seperti aplikasi dan situs web.

Seorang UX Writer harus memahami prinsip desain pengalaman pengguna dan memiliki kemampuan menulis yang jelas dan mudah dimengerti.

4. Technical Writer

Seorang technical writer bertugas membuat dokumentasi teknis seperti panduan pengguna, manual, dan artikel tentang produk atau layanan teknis.

Untuk bekerja di bidang ini, Anda perlu memiliki pemahaman teknis yang kuat dan kemampuan untuk menyampaikan informasi kompleks secara jelas dan mudah dimengerti.

5. Scriptwriter

Masih di bidang penulisan, terdapat scriptwriter yang bertugas menciptakan naskah untuk film, acara televisi, teater, atau media lainnya. Scriptwiter harus memiliki kreativitas yang tinggi, pemahaman tentang struktur naratif, dan kemampuan untuk menciptakan karakter serta diaglog yang kuat.

Baca Juga: Jobdesk SEO Specialist, Skill Penting, Hingga Kisaran Gajinya

sastra inggris kerja apa 2

6. Editor Naskah

Seorang editor atau penyunting naskah bertanggung jawab untuk memeriksa, mengoreksi, dan memperbaiki teks untuk memastikan kejelasan, konsistensi, dan kualitasnya.

Profesi ini sangat cocok untuk lulusan Sastra Inggris karena jurusan tersebut mempelajari tata bahasa, struktur bahasa, dan juga mempelajari metode penyuntingan.

7. Jurnalis

Jurnalis adalah seseorang yang bertugas mencari, mengumplkan, dan menyampaikan informasi berita kepada masyarakat melalui media cetak, online, atau penyiaran.

Agar dapat sukses di bidang ini, Anda harus memiliki keterampilan riset yang baik, kemampuan menulis cepat, dan etika profesional yang tinggi.

8. Translator

Dengan berbekal kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki, sebagai lulusan Sastra Inggris, Anda juga bisa menjadi seorang translator. 

Dalam melaksanakan pekerjaan ini, Anda tidak hanya menerjemahkan teks bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris atau sebaliknya, tetapi Anda harus mempertahankan arti, gaya, dan nuansa bahasa asli.

Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian bahasa yang tinggi dan pemahaman mendalam tentang budaya kedua bahasa.

9. Interpreter

Berbeda dengan translator yang menerjemahkan teks, seorang interpreter bertugas menerjemahkan secara lisan dalam situasi-situasi tertentu, seperti konferensi, pertemuan bisnis, atau acara-acara internasional.

Inilah yang membuat Anda harus memiliki keahlian bahasa lisan yang sangat baik, kemampuan mendengar, dan konsentrasi yang tinggi.

10. Guru bahasa Inggris

Menjadi guru bahasa Inggris juga menjadi salah satu jawaban atas pertanyaan sastra Inggris kerja apa. Ya, dengan berbekal kemampuan yang Anda kuasai, Anda dapat menekuni profesi di bidang pendidikan ini.

Namun, selain bahasa Inggris, Anda juga harus memiliki kemampuan mengajar yang baik dan kemampuan berkomunikasi secara efektif.

Baca Juga: Desain Grafis Kerja Apa? Simak 15 Prospek Kerja Lulusannya

sastra inggris kerja apa 3

11. Pustakawan

Dengan pengetahuan yang luas di bidang literatur, lulusan Sastra Inggris juga berkesempatan untuk bekerja sebagai seorang pustakawan.

Tanggung jawabnya sendiri mencakup mengelola dan menyediakan akses bahan bacaan di perpustakaan, membantu pengunjung mencari sumber informasi, mengelola inventaris koleksi, dan mengorganisir acara atau program perpustakaan.

Profesi ini membutuhkan keterampilan seperti organisasi, keahlian dalam sistem pengelolaan perpustakaan, serta penguasaan teknologi informasi.

12. Diplomat

Diplomat adalah pejabat pemerintah yang bertugas menjalin hubungan internasional, mewakili negara dalam negosasi, konferensi, dan perundingan antar-negara.

Sebagai seorang diplomat, Anda bertugas mempromosikan kepentingan nasional dan menjaga hubungan diplomatik dengan negara lain.

Beberapa skill penting yang dibutuhkan termasuk diplomasi, negosiasi, pemahaman hukum internasional, serta kemampuan bahasa asing.

13. Bidang Penerbitan

Profesi di bidang penerbitan mencakup editor, desainer, marketer, dan manajer produksi dalam industri penerbitan. Keterampilan ini membutuhkan pemahaman tentang proses penerbitan, kreativitas, dan kemampuan komunikasi, serta up-to-date dengan tren pasar.

Melalui kemampuan bahasa Inggris dan pengetahuan mendalam tentang literatur, sebagai lulusan Sastra Inggris, Anda juga memiliki kesempatan untuk berkecimpung di dunia penerbitan.

14. Ahli Bahasa Forensik

Ahli bahasa forensik adalah ahli linguistik yang menerapkan pengetabuan dalam bidang hukum dan investigasi kriminal.

Mereka membantu dalam analisis teks tulisan, komunikasi verbal, atau bahasa isyarat dalam konteks hukum, seperti penyelidikan kejahatan, analisis dokumen, atau sidang pengadilan.

Profesi ini cocok untuk lulusan Sastra Inggris karena mereka menganalis teks dan memahami makna di baliknya. Kemampuan ini sangat penting dalam analisis bahasa forensik, di mana ahli bahasa harus dapat meneliti teks dan audio untuk mengidentifikasi informasi penting, seperti pola bahasa, makna tersirat, dan kemungkinan penipuan.

15. Marketing & PR

Lulusan Sastra Inggris memiliki kemampuan menulis yang baik dan kreatif, serta kemampuan komunikasi yang efektif. Kemampuan ini sangat penting dalam bidang marketing dan PR.

Profesi dalam marketing dan PR sendiri melibatkan pengembangan strategi pemasaran, promosi produk atau layanan, dan membangun citra merek. Hal ini juga termasuk mengelola komunikasi dengan media, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga: Tugas Staff Marketing, Skill, Hingga Jenjang Kariernya

sastra inggris kerja apa 4

16. Tour Guide

Seorang tour guide atau pemandu wisata bertanggung jawab untuk memberikan informasi dan panduan kepada wisatawan selama perjalanan wisata. Sebagai tour guide, Anda memberikan penjelasan tentang tempat-tempat wisata, sejarah, dan budaya lokal.

Dengan berbekal kemampuan komunikasi yang baik serta keahlian berbicara dalam bahasa asing, lulusan Sastra Inggris dapat memperkenalkan berbagai tempat wisata dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.

17. Dosen

Lulusan Sastra Inggris memiliki pengetahuan yang mendalam tentang Sastra Inggris, yang memunginkan mereka untuk mengajar berbagai mata kuliah dengan kompeten.

Selain mengajar, sebagai dosen, Anda juga akan terlibat dalam penelitian dan publikasi ilmiah sesuai bidang yang Anda tekuni.

Beberapa skill penting untuk terjun ke profesi ini di antaranya adalah kemampuan mengajar yang baik, serta kemampuan riset dan analisis.

18. Eksportir

Seorang eksportir bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola proses ekspor barang atau produk dari suatu negara ke negara lain.

Di posisi ini, Anda akan bertanggung jawab dalam  mengurus persyaratan hukum, logistik, dan dokumentasi yang diperlukan untuk ekspor.

Keterampilan yang dibutuhkan termasuk pemahaman tentang perdagangan internasional, kepatuhan hukum,  kemampuan negosiasi dan komunikasi yang baik, serta bahasa asing.

19. Staf Maskapai Penerbangan

Bahasa Inggris banyak digunakan alam industri penerbangan. Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, sebagai staf maskapai penerbangan, lulusan Sastra Inggris dapat berkomunikasi secara efektif dengan penumpang, kru pesawat, dan staf bandara dari berbagai negara.

Pekerjaan staf maskapai penerbangan sendiri mencakup penerbangan, penjualan tiket, layanan pelanggan, dan keamanan penerbangan.

Untuk bekerja di bidang ini, Anda membutuhkan skill lain seperti kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang berubah-ubah ataupun darurat.

20. Pengarang Buku Anak-Anak

Lulusan Sastra Inggris dibekali kemampuan untuk memahami struktur narasi, kreativitas dalam penulisan, dan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan pembaca.

Dengan skill bahasa yang kuat dan literatur yang dipelajari, sebagai lulusannya, Anda dapat menciptakan cerita yang menarik dan relevan bagi pembaca anak-anak.

Baca Juga: 10 Contoh Perkenalan Diri bahasa Inggris untuk Interview Kerja

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa jurusan Sastra Inggris memiliki peluang kerja di bidang apa saja. Dengan berbekal kemampuan bahasa Inggris secara mendalam, komunikasi dan analisis yang kuat, serta kreativitas dalam menulis menjadikan prospek kerja lulusannya sangat beragam.

Beberapa profesi yang bisa Anda tekuni di antaranya adalah content writer, copywriter, guru, editor, jurnalis, translator dan interpreter, ahli bahasa forensik, hingga staf maskai penerbangan.

Selain itu, dengan latar belakang pemahaman karya sastra Inggris , Anda juga memiliki landasan yang kuat untuk berkembang dalam berbagai bidang kerja apa pun yang memerlukan kemampuan berbahasa dan berpikir kritis.

Apapun posisinya, setiap perusahaan tentu melakukan proses payroll untuk menggaji para stafnya. Oleh karena it, perusahaan dapat mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub yang dapat membantu pengelolaan administrasi karyawan.

Dengan software ini, tim HR perusahaan dapat melakukan penghitungan gaji, mulai dari gaji bulanan, bonus, hingga potongan. Nantinya, perhitungan tersebut akan tercatat di slip gaji yang bisa diunduh karyawan dalam format PDF.

Selain itu, Gajihub juga memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi hingga pengajuan cuti dan izin melalui fitur employee self service (ESS).

Tertarik mencoba? Segera kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *