Berapa Gaji Customer Service di Indonesia? Ini Rata-ratanya

berapa gaji customer service banner

Customer service (CS) atau pelayanan pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis, terutama pada masa kini. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengoptimalkan peran CS. Namun, sebenarnya berapa gaji customer service di Indonesia?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, perlu Anda ketahui bahwa di masa  lalu, keputusan konsumen dalam memilih perusahaan seringkali didasarkan hanya pada harga atau produk yang ditawarkan.

Namun, saat ini konsumen juga mempertimbangkan dari bagaimana perusahaan melayani mereka.

Nah, pada artikel kali ini, Gajihub akan membahas apa itu customer service, tugas kualifikasi, hingga menjawab pertanyaan terkait gaji CS di Indonesia.

Apa yang Dimaksud dengan Customer Service?

Customer service (CS) atau layanan pelanggan adalah bantuan yang diberikan kepada pelanggan, baik sebelum maupun setelah mereka melakukan pembelian dan menggunakan produk atau layanan perusahaan.

Seiring berkembangnya zaman, layanan pelanggan tidak hanya sekadar menjadi agen dukungan yang menangani masalah  pelanggan lewat telepon, melainkan saat ini mereka juga tersedia melalui email, web, pesan teks, dan media sosial.

Keberadaan CS bertujuan untuk membuat pelanggan merasa nyaman dan memastikan bahwa ekspektasi pelangan terhadap produk atau jasa yang mereka beli terpenuhi.

Hal itulah yang membuat baik buruknya CS turut berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk atau jasa. Semakin tinggi kepuasan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, maka kualitas produk atau jasa juga akan semakin tinggi.

Baca Juga: Recruitment Goals: Arti, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

berapa gaji customer service 1

Apa Saja Tugas Customer Service?

Jobdesk customer service melibatan berbagai hal untuk meningkatkan pengalaman pelanggan terhadap produk dan layanan, seperti:

1. Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Sebagai CS, Anda harus siap untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan tentang produk atau layanan perusahaan.

Inilah yang membuat Anda perlu memiliki skill product knowledge mengenai produk atau layanan tersebut, agar dapat memberikan jawaban yang akurat dan memuaskan kepada pelanggan.

2. Memproses Pesanan dan Transaksi

Selain menerima pertanyaan atau keluhan dari pelanggan, Anda juga bertanggung jawab untuk memproses pesanan mereka secara cermat dan efisien, seperti memastikan informasi pesanan yang lengkap dan akurat, serta mengatur pengiriman dan pengambilan barang sesuai permintaan pelanggan.

3. Menyelesaikan Masalah Teknis

Saat pelanggan mengalami masalah teknis dengan produk atau layanan, Anda harus siap memhberikan bantuan dan solusi yang tepat.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk mengidentifikasi masalah dan memberikan panduan atau saran yang membantu.

4. Memberikan Informasi tentang Penawaran Perusahaan

Jobdesk CS juga termasuk memberikan informasi yang komprehensif mengenai penawaran, promosi, dan produk terbaru perusahaan kepada pelanggan.

Hal ini membantu pelanggan untuk memahami dengan lebih baik apa yang ditawarkan oleh perusahaan.

5. Melakukan Pendekatan Proaktif

Selain menanggapi permintaan pelanggan, Anda juga harus proaktif dalam mencari peluang untuk memberikan bantuan atau informasi kepada pelanggan.

Anda dapat melakukan inisiatif seperti mengirimkan email atau telepon kepada pelanggan untuk menawarkan bantuan atau memberikan informasi tentang pembaruan produk.

Baca Juga: Jobdesk Business Development, Skill, Hingga Jenjang Kariernya

6. Menangani Keluhan Pelanggan

Saat pelanggan mengajukan keluhan atau masalah, CS harus dapat mengelola situasi dengan baik. Anda perlu mendengarkan dengan seksama keluhan pelanggan, memahami permasalahan yang dihadapi, dan mencari solusi yang memuaskan bagi pelanggan.

7. Mengumpulkan dan Menganalisis Feedback

Selanjutnya, Anda juga bertugas untuk mengumpulkan feedback dari pelanggan tentang pengalaman mereka dengan produk atau layanan perusahaan.

Setelah mengumpulkan feedback tersebut, Anda perlu melakukan analisis untuk mengevaluasi kualitas layanan yang diberikan dna mencari cara untuk meningkatkannya.

8. Menanggapi Ulasan Pelanggan

Dengan semakin banyaknya ulasan pelanggan yang dipublikasikan secara online, Anda harus siap untuk menanggapi ulasan tersebut, dengan cepat dan dengan cara yang sopan, baik itu ulasan positif maupun negatif.

9. Membantu Mengembangkan Konten

Bagian dari tanggung jawab customer service adalah menciptakan konten yang membantu bagi pelanggan, seperti panduan pengguna, artikel FAQ, atau video tutorial.

Konten-konten ini membantu pelanggan untuk memahami produk atau layanan dengan lebih baik.

10. Melacak KPI dan Metrik Layanan Pelanggan

Terakhir, tentunya Anda bertanggung jawab untuk melacak dan melaporkan key performance indicator (KPI) serta metrik lainnya terkait layanan pelanggan.

Hal ini termasuk melacak tingkat kepuasan pelanggan, waktu resolusi masalah, dan tingkat retensi pelanggan.

Baca Juga: 15 Contoh KPI Layanan Pelanggan dan Strategi Meningkatkannya

gajihub 2

Berapa Gaji Customer Service di Indonesia?

Besaran gaji untuk pekerjaan customer service di Indonesia umumnya berkisar antara Rp3.700.000 hingga Rp5.000.000.

Namun, besarnya gaji tersebut dapat bervariasi tergantung kebijakan perusahaan dan berbagai faktor lain seperti pengalaman kerja dan upah minimum di daerah masing-masing.

Selain faktor eksternal, faktor internal juga turut mempengaruhi besarnya gaji seorang CS, seperti skill berkomunikasi dengan baik, pemahaman yang baik tentang produk perusahaan, dan keterampilan menggunakan berbagai alat komunikasi dalam bekerja.

Berbagai keterampilan tersebut nantinya dapat menjadi bekal bagi Anda untuk menjelajahi tingkatan posisi customer service yang lebih tinggi.

Sebagai gambaran, berikut perkiraan gaji customer service berdasarkan tingkat jabatannya:

  • Customer Service (Entry Level): Mulai dari Rp3,7 jutaan
  • Customer Service Supervisor (Mid-Level): Mulai dari Rp5 jutaan
  • Technical Support Officer (Mid-Level): Mulai dari Rp5,5 jutaan
  • Customer Service Manager (Managerial): Mulai dari Rp20 jutaan
  • Technical Sales Representative (Managerial): Mulai dari Rp30 jutaan
  • Client Relationship Manager (Managerial): Mulai dari Rp48 jutaan

Baca Juga: Jobdesk IT Support, Skill, Jenjang Karier, dan Kisaran Gaji

berapa gaji customer service 2

Nah, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, berapa gaji customer service juga ditentukan oleh kebijakan perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan umumnya memiliki gaji yang berbeda-beda.

Sebagai referensi, berikut adalah kisaran gaji CS di beberapa perusahaan di Indonesia:

1. Bank Mandiri

  • Customer Service: Rp. 3.900.000 per bulan
  • Customer Service Analist: Rp. 4.200.000 per bulan

2. Ace Hardware

Customer Service/ Cashier: Rp3.500.000 per bulan

3. Bank BCA

  • Customer Service: Rp. 3.800.000 per bulan
  • Customer Service Officer Intern/Magang: Rp. 2.500.000 per bulan

3. Bank BRI

Customer Service: Rp. 3.400.000 per bulan

4. Bank Muamalat

  • Customer Service: Rp. 3.800.000 per bulan
  • Customer Service Analis: Rp. 4.200.000 per bulan

5. Tokopedia

Customer Service Agent: Rp4.000.000 – Rp5.000.000 bulan.

6. Bank BNI

  • Customer Service: Rp. 3.400.000 per bulan
  • Customer Service Analis: Rp. 4.000.000 per bulan
  • Customer Service Manager: Rp. 8.600.000 per bulan
  • Customer Service Profesional: Rp. 4.000.000 per bulan

6. Bank BTN

Customer Service: Rp. 3.400.000 per bulan

7. Bank Syariah Indonesia (BSI)

Customer Service: Rp. 3.300.000 per bulan

8. IKEA

Customer Service: Rp4.000.000 – Rp5.000.000

9. Shopee

Customer Service: Rp4.000.000

10. PT MRT Jakarta

Customer Service/ Admin: Rp6.300.000

Baca Juga: 10 Cara Minta Naik Gaji dan Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

berapa gaji customer service 3

Apa Saja Kualifikasi untuk Menjadi Seorang Customer Service?

Setiap perusahaan memiliki kualifikasi dan syarat yang berbeda-beda, yang umumnya disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Namun, sebagai gambaran, di bawah ini adalah syarat dan kualifikasi untuk menjadi seorang customer service di Bank BCA yang terkenal sebagai perusahaan dengan layanan pelanggan terbaik:

Kualifikasi Pekerjaan

  • Pendidikan minimal S1 dari semua jurusan
  • IPK minimal 3,00
  • Usia maksimal 26 tahun
  • Terbuka untuk semua jurusan
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Memiliki kemauan untuk belajar dengan cepat dan tanggap terhadap masalah
  • Mampu beradaptasi dengan cepat
  • Siap untuk di tempatkan di kantor pusat
  • Fresh graduate di perbolehkan untuk melamar

Berdasarkan contoh kualifikasi di atas, dapat dipahami bahwa untuk menjadi seorang customer service, sebagian perusahaan mungkin tidak memiliki syarat tertentu terkait pendidikan dan bahkan mempersilahkan fresh graduate untuk melamar.

Namun, agar dapat menguasai dan mengasah berbagai skill yang dibutuhkan di bidang ini, Anda dapat menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi, Manajemen, Bisnis, ataupun Administrasi.

Baca Juga: Jurusan Manajemen Kerja Apa: Berikut 26 Rekomendasinya

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat dipahami bahwa customer service berperan penting dalam dunia bisnis modern. Selain bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada pelanggan, posisi ini juga bertugas untuk memastikan pengalaman pelanggan terhadap produk atau layanan perusahaan berjalan lancar dan memuaskan.

Dengan berbagai tanggung jawabnya, berapa gaji customer service di Indonesia ditentukan oleh kebijakan perusahaan dan faktor-faktor lain seperti pengalaman kerja dan lokasi.

Namun, berdasarkan beberapa contoh, gaji customer service di Indonesia berkisar antara Rp3.300.000 hingga Rp8.600.000 per bulan, tergantung pada tingkat posisi dan perusahaan.

Di samping tanggung jawab dan gaji, perlu Anda ketahui bahwa beberapa perusahaan menerapkan sistem shifting untuk posisi customer service.

Oleh karena itu, sebagai tim HR, perlu mempertimbangkan penggunaan software payroll dan HR dari Gajihub untuk memudahkan dalam pengelolaan jadwal karyawan.

Dengan fitur absensi Gajihub, Anda maupun manajer dapat mengatur jadwal kerja dengan sistem drag and drop, di mana karyawan juga dapat melihat jadwal tersebut melalui smartphone masing-masing.

Tertarik mencoba? Kunjungi tautan ini dan dapatkan coba gratis hingga 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *