Jurusan Manajemen Kerja Apa: Berikut 26 Rekomendasinya

Memilih jurusan manajemen kini jadi banyak pilihan calon mahasiswa. Jurusan manajemen kerja apa adalah hal yang ingin diketahui calon mahasiswa sebelum memilih jurusan manajemen.

Ada berbagai pilihan pekerjaan untuk jurusan manajemen, mulai dari di menjadi manajer media sosial, manajer properti, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membacanya di bawah ini:

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan yang lumayan populer di perguruan tinggi. Setiap tahunnya, jurusan manajemen menduduki peringat atas dalam hal jurusan favorit calon mahasiswa.

Lalu apa sih jurusan manajemen ini dan apa saja yang di pelajari di jurusan manajemen ini? Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan di tingkat perguruan tinggi yang mempelajari pengelolaan berbagai organisasi, perusahaan bisnis, dan proyek untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Beberapa keilmuan yang dipelajari di jurusan ini, antara lain:

  • Teori perencanaan
  • Penyusunan organisasi
  • Pengawasan
  • Pengarahan

jurusan manajemen kerja apa

Baca Juga: Jurusan Psikologi Kerja Apa? Berikut 15 Rekomendasinya

Jurusan Manajemen Kerja Apa?

Jurusan manajemen kerja apa? Berikut 20 pekerjaan bagi Anda lulusan jurusan manajemen:

1. Manajer properti

Rekomendasi pekerjaan untuk jurusan manajemen yang pertama adalah manajer properti.Tugas Utama seorang manajer properti termasuk dalam hal menetapkan, mengumpulkan dan menyesuaikan uang sewa, menemukan, menyaring dan mengelola penyewa, mengelola pemeliharaan properti, mengawasi karyawan, memelihara catatan dan mengelola anggaran.

Selain bekerja di sebuah perusahaan, Anda juga bisa memilih pekerjaan manajer properti secara mandiri. Anda bisa menjadi membuka bisnis real estate dan menjadi manajer properti di sana.

Meskipun secara teknis yang dibutuhkan adalah ijazah sekolah menengah, sebagian besar pekerjaan manajemen properti membutuhkan gelar sarjana di bidang administrasi bisnis, real estat, akuntansi, keuangan, atau manajemen.

2. Manajer media sosial

Tugas utama seorang manajer media sosial adalah untuk mengembangkan kampanye media sosial, berinteraksi dengan pelanggan dan klien, membuat, mengkurasi, dan mengelola konten yang dipublikasikan, serta mengembangkan prospek dan penjualan. Seorang manajer media sosial dapat melakukan penelitian dan mengawasi rekan pemasaran media sosial.

Menjadi manajer media sosial ini jadi pekerjaan favorit di tengah perkembangan teknologi digital saat ini. Buat Anda yang tertarik dengan digital marketing, Anda bisa mencoba pekerjaan satu ini.

Persyaratan Pendidikan untuk menjadi manajer media sosial adalah diperlukan gelar sarjana di bidang komunikasi, hubungan masyarakat, bisnis, jurnalisme, atau manajemen.

Baca Juga: Sistem Manajemen Karyawan: Ini Pengertian dan Tips Memilihnya

3. Manajer restoran

Anda memiliki passion di bisnis makanan dan berasal dari lulusan jurusan manajemen? Anda bisa mempertimbangkan berkarir sebagai manajer restoran.

Tugas utama seorang manajer restoran adalah mencakup melatih dan mengawasi staf, mengelola anggaran, merencanakan menu, mematuhi undang-undang kesehatan dan keselamatan, memasarkan restoran, memesan persediaan, dan mengelola keuangan.

Sertifikat atau gelar associate di bidang administrasi dan manajemen restoran akan sangat membantu Anda mendapatkan pekerjaan sebagai manajer restoran, dan gelar sarjana di bidang manajemen bisnis dapat memberi Anda pengetahuan tambahan tentang bisnis.

4. Manajer administrasi

Tugas utama seorang manajer administrasi adalah mengawasi operasi administrasi bisnis. Tugas utama mungkin termasuk mengawasi staf administrasi, melapor ke manajer umum, melakukan tugas sumber daya manusia bila diperlukan, merekrut dan melatih karyawan dan mengembangkan sistem informasi.

Pada umumnya, diperlukan gelar sarjana di bidang bisnis, teknik, manajemen fasilitas, atau manajemen informasi untuk menjadi manajer administrasi yang sukses.

5. Manajer umum

Jurusan manajemen kerja apa saja? Anda bisa mempertimbangkan karir sebagai manajer umur. Tugas Utama manajer umum adalah manajer tingkat atas dari sebuah perusahaan atau bisnis.

Tugasnya dapat mencakup mengelola operasi bisnis sehari-hari, mengembangkan strategi pertumbuhan, merekrut karyawan, melatih staf, menganalisis data akuntansi, menerapkan strategi pertumbuhan, meningkatkan pendapatan, dan membuat laporan.

Persyaratan Pendidikan untuk menjadi manajer umum diperlukan gelar sarjana di bidang administrasi bisnis atau manajemen di bidang terkait untuk menjadi manajer umum. Anda juga harus memiliki pengalaman di tingkat staf dan supervisor untuk menjadi seorang manajer umum.

Baca Juga: Sastra Inggris Kerja Apa? Berikut 20 Profesi yang Bisa Ditekuni

6. Akuntan

Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga bisa berkarir sebagai akuntan. Ini dikarenakan Anda juga mempelajari akuntansi saat Anda berkuliah di jurusan manajemen.

Anda yang memilih pekerjaan akuntan akan bekerja di bagian keuangan atau finance dan akan memegang keuangan sebuah perusahaan. Bagi Anda yang memilih karir akuntan, Anda bisa bekerja untuk perusahaan ataupun membuka jasa akuntan mandiri.

jurusan manajemen kerja apa

7. Pemasaran

Tugas seorang manajer pemasaran termasuk mengawasi kegiatan pemasaran, mengelola departemen pemasaran, mempekerjakan rekanan pemasaran, mengawasi anggaran pemasaran, merencanakan kampanye promosi, hingga menyiapkan dan mengirimkan materi pemasaran.

Seorang marketer juga bekerja dengan agensi desain, membantu peluncuran produk, menjaga komunikasi yang efektif antar departemen, dan menganalisis kemitraan strategis.

Diperlukan gelar sarjana di bidang pemasaran, administrasi bisnis, atau manajemen bisnis untuk menjadi manajer pemasaran.

8. Manajer pelatihan

Tugas seorang manajer pelatihan termasuk mengevaluasi karyawan, mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, mengimplementasikan pelatihan di antara karyawan, mengembangkan program pelatihan, merekrut pelatih, dan menerima karyawan baru.

Diperlukan gelar sarjana di bidang sumber daya manusia, administrasi bisnis atau manajemen bisnis untuk menjadi manajer pelatihan. Beberapa perusahaan akan membutuhkan gelar master di bidang terkait.

Baca Juga: Jurusan Akuntansi Kerja Apa? Ini 22 Rekomendasinya dan Tipsnya

9. Manajer operasi

Tugas seorang manajer operasi dapat mencakup mengelola karyawan setiap hari, memaksimalkan produktivitas, meningkatkan keuntungan, membuat anggaran, membuat ramalan bisnis, menganalisis data keuangan, mengawasi staf, dan mengendalikan biaya.

Diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen operasi, administrasi bisnis, atau manajemen bisnis untuk menjadi manajer operasi.

10. Analis keuangan

Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga bisa berkarir sebagai analis keuangan.  Tugas seorang analis keuangan dapat mencakup menyiapkan laporan keuangan, menganalisis data keuangan, hingga berkoordinasi dengan tim keuangan dan manajemen.

Analis keuangan juga turut serta meramalkan model fiskal, mengidentifikasi tren ekonomi, mengevaluasi rencana laba, dan memeriksa peluang investasi.

Seorang analis keuangan diharuskan memiliki gelar sarjana di bidang keuangan atau manajemen bisnis, dan gelar master di bidang keuangan dapat bermanfaat untuk pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.

11. HR manager

Tugas manajer sumber daya manusia (SDM) atau HR manager meliputi perekrutan, kepegawaian, perencanaan kepegawaian, manajemen departemen sumber daya manusia, hingga pengembangan kebijakan.

Anda juga akan turut serta dalam mengelola kinerja, mengembangkan dan melatih karyawan, berkomunikasi dengan karyawan, dan pengembangan organisasi.

Gelar sarjana di bidang sumber daya manusia atau manajemen bisnis diperlukan untuk menjadi manajer SDM, dan banyak perusahaan mensyaratkan gelar master.

jurusan manajemen kerja apa

Baca Juga: Jurusan Kimia Kerja Apa? Simak 12 Prospek Kerjanya Berikut Ini

12. Analis bisnis

Tugas utama seorang analis bisnis meliputi penganggaran, peramalan, perencanaan, pemantauan, analisis, penentuan harga, pelaporan, membuat analisis bisnis, menguraikan peluang dan solusi, mendefinisikan persyaratan bisnis, dan melaporkan kepada para pemangku kepentingan.

Diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen bisnis atau administrasi bisnis untuk menjadi analis bisnis.

13. Manajer penjualan

Tugas-tugas umum seorang manajer penjualan termasuk membuat dan memenuhi target penjualan, mengawasi tim penjualan, mempekerjakan staf penjualan, hingga melatih tenaga penjualan.

Tugas ini termasuk mengatur produk, hubungan pelanggan, menetapkan target penjualan, dan mengelola seluruh departemen penjualan.

Diperlukan gelar sarjana di bidang administrasi bisnis, matematika, statistik, atau manajemen bisnis untuk menjadi manajer penjualan.

14. Manajer konstruksi

Jurusan manajemen kerja apa? Anda bisa memilih berkarir sebagai manajer konstruksi. Tugas Utama seorang manajer konstruksi antara lain:

  • Mengawasi proyek konstruksi
  • Mengelola tenaga kerja konstruksi
  • Melacak inventaris
  • Mengkoordinasikan pekerja dan kontraktor
  • Menyiapkan laporan
  • Menegosiasikan syarat-syarat perjanjian dan kontrak
  • Memantau kepatuhan terhadap peraturan keselamatan
  • Mendapatkan izin dan lisensi
  • Memastikan standar konstruksi
  • Mengawasi semua proyek konstruksi.

Jika Anda memilih pekerjaan manajer konstruksi sebagai pilihan karir Anda, maka Anda akan banyak menghabiskan hari Anda di lapangan.

Diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen bisnis atau bidang terkait untuk menjadi manajer konstruksi, dan banyak perusahaan lebih memilih manajer konstruksi yang memiliki pengalaman konstruksi sebelumnya.

Baca Juga: Desain Grafis Kerja Apa? Simak 15 Prospek Kerja Lulusannya

15. Analis manajemen

Tugas umum seorang analis manajemen termasuk mengumpulkan dan mengatur informasi prosedural, mengimplementasikan program manajemen arsip, mengimplementasikan sistem dan prosedur baru, meninjau formulir, melakukan observasi di tempat, dan memberi saran tentang masalah operasional.

Gelar sarjana di bidang keuangan, administrasi publik, administrasi bisnis, atau manajemen bisnis diperlukan untuk menjadi seorang analis manajemen. Lebih banyak perusahaan yang membutuhkan gelar master di bidang administrasi bisnis (MBA).

Dengan persyaratan pendidikan tersebut, Anda yang berasal dari jurusan manajemen bisa berkarir di bidang analis manajemen ini.

16. Rekruter

Selain bisa berkarir sebagai HRD, Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga bisa bekerja sebagai rekruter. Rekruter memang berada di bawah HRD, namun ia memiliki tugas yang lebih spesifik yakni melakukan proses rekrutmen karyawan.

Proses rekrutmen karyawan ini mulai dari mengidentifikasi kebutuhan karyawan, membuat lowongan pekerjaan, publish lowongan pekerjaan, menyeleksi berkas lamaran yang masuk, melakukan wawancara, hingga proses penerimaan dan pengenalan perusahaan kepada karyawan baru.

Jurusan manajemen dibutuhkan karena rekruter yang berasal dari jurusan manajemen akan mampu memanajemen seluruh proses rekrutmen yang cukup panjang.

17. Manajer proyek

Tugas umum seorang manajer proyek meliputi perencanaan sumber daya, organisasi tim, kontrol manajemen waktu, pemeliharaan jadwal, hubungan dengan pelanggan, hingga membuat estimasi biaya.

Selain itu, manajer proyek juga bertugas dalam pengembangan anggaran, pemantauan kemajuan, mengelola laporan, dan mengelola risiko proyek. Seorang manajer proyek akan mengawasi semua karyawan yang berhubungan langsung dengan proyek yang sedang berjalan.

Diperlukan gelar sarjana di bidang manajemen atau administrasi bisnis untuk menjadi seorang manajer proyek, dan biasanya juga membutuhkan pengalaman yang berkaitan dengan bidang yang Anda kerjakan. Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin mengharuskan manajer proyek untuk mendapatkan gelar master dalam manajemen proyek.

Baca Juga: Jurusan Komunikasi Kerja Apa? Berikut 19 Rekomendasinya

18. Manajer risiko

Tugas seorang manajer risiko dapat mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Mengevaluasi risiko dan konsekuensinya
  • Mengembangkan sistem kontrol manajemen risiko
  • Memitigasi risiko
  • Menemukan kelemahan dalam prosedur saat ini dan kebijakan yang ada
  • Menyiapkan laporan, mengimplementasikan rencana
  • Mengevaluasi dan melatih karyawan di departemen manajemen risiko.

Minimal memiliki gelar sarjana di bidang manajemen risiko. Banyak perusahaan juga mengharuskan manajer risiko mereka untuk mendapatkan gelar master di bidang manajemen risiko, ekonomi, akuntansi, atau keuangan.

19. Manajer kompensasi

Tugas seorang manajer kompensasi termasuk mengembangkan skala gaji dan struktur gaji organisasi, menentukan tingkat upah yang kompetitif, mengawasi gaji karyawan, hingga mengawasi para manajer.

Tugas ini termasuk dalam hal mengembangkan strategi promosi, mengawasi anggaran departemen, mengelola kompensasi, dan mengelola tim penggajian.

Diperlukan gelar sarjana di bidang sumber daya manusia, keuangan, administrasi bisnis atau manajemen bisnis untuk menjadi manajer kompensasi. Selain itu, gelar master di bidang yang berhubungan dengan keuangan dapat membantu.

20. Manajer pelaporan keuangan

Seorang manajer pelaporan keuangan adalah seorang ahli dalam bidang akuntansi dan penganggaran perusahaan. Tugas utama termasuk menyiapkan laporan keuangan, membuat perkiraan keuangan, mengelola staf akuntansi, membantu karyawan dengan tugas-tugas pelaporan, hingga meningkatkan alokasi keuangan.

Ini termasuk tugas mengurangi biaya, mengkomunikasikan masalah akuntansi, mengoordinasikan audit tahunan dan tinjauan triwulanan, membuat dan mengimplementasikan dokumen kebijakan, dan berpartisipasi dalam proyek-proyek keuangan lainnya sesuai kebutuhan.

Gelar sarjana di bidang manajemen keuangan diperlukan untuk menjadi manajer pelaporan keuangan, dan gelar master akan membantu mendapatkan posisi dengan gaji yang lebih tinggi.

manager

Baca Juga: Walk In Interview: Arti, Keuntungan, Persiapan, Hingga Tipsnya

21. Banker

Selain bisa bekerja di pekerjaan-pekerjaan di atas, lulusan manajemen kerja apa lagi? Buat Anda yang tertarik berkarir di dunia banker, Anda yang lulusan jurusan manajemen bisa memilih karir ini.

Meski banker memberikan syarat semua jurusan di lowongan, namun Anda yang berasal dari jurusan manajemen akan lebih dipertimbangkan untuk pekerjaan ini. Untuk karir awal Anda bisa memulainya di bagian front office seperti teller dan customer service.

22. Enterpreneur

Meski semua orang bisa menjadi seorang pengusaha atau enterpreneur, namun Anda yang berasal dari jurusan manajemen memiliki bekal ilmu yang lebih di bidang keuangan dibandingkan dengan jurusan lainnya. Memiliki ilmu tentang keuangan akan membuat enterpreneur bisa mengelola keuangan bisnis dengan lebih baik.

Ada berbagai jenis usaha yang bisa Anda coba, mulai dari di bidang makanan, jasa, perdagangan, dan lainnya.

23. Data analyst

Jurusan manajemen juga dapat bekerja sebagai data analyst, baik di perusahaan ataupun bekerja secara freelancer. Pekerjaan sebagai data analyst akan membuat Anda banyak melakukan penelitian yang berkaitan dengan kondisi pasar, angka penjualan, hingga menerjemahkan informasi yang berupa data menjadi lebih mudah untuk dipahami.

Baca Juga: Hiring Manager: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Wajib Dimiliki

24. Aktuaris

Tidak hanya yang berasal dari jurusan akuntansi dan aktuaris, Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga bisa berkarir di pekerjaan aktuaris ini. Aktuaris bekerja memahami risiko sebuah bisnis yang ada di masa depan.

Dengan memahami risiko di masa depan, pemilik bisnis dapat membuat strategi untuk mengatasi risiko tersebut. Jika Anda memiliki passion di bidang ini dan Anda juga berasal dari jurusan manajemen, Anda patut mempertimbangkan karir aktuaris ini.

gajihub 1

25. Project manager

Seorang project manager memiliki tugas mengorganisir, membuat perencanaan, memberikan pengarahan, hingga mengkoordinasi setiap proyek yang ada di dalam bisnis. Project manager juga memastikan bahwa proyek-proyek yang dipegang dapat berjalan sesuai dengan jadwa, budget, dan tujuan yang telah dibuat.

Jurusan manajemen biasanya telah mempelajari hal ini saat kuliah, jadi pekerjaan project manager sangat cocok untuk Anda yang berasal dari jurusan manajemen.

26. Event manager

Selain project manager, Anda yang berasal dari jurusan manajemen juga dapat bekerja sebagai event manager. Pekerjaan ini cocok buat Anda yang menyukai dunia event atau acara dan bertemu banyak orang.

Tugas seorang event manager yakni menciptakan dan mengembangkan acara dalam skala yang besar, baik itu acara konser, konferensi, kompetisi olahraga, dan lainnya. Skill yang dibutuhkan di pekerjaan ini antara lain kreatif, multitasking, manajemen, dan komunikasi.

Baca Juga: Cara Melakukan Job Design untuk Para HR Manager

Kesimpulan

Dari penjelasan artikel yang ada di atas dapat diketahui bahwa untuk menjawab jurusan manajemen kerja apa, Anda bisa melihat prospek pekerjaan untuk jurusan ini. Lulusan jurusan manajemen memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang pekerjaan, mulai dari bagian manjerial, data analyst, hingga di bagian keuangan.

Salah satu pekerjaan yang memberikan peluang kepada jurusan manajemen adalah HRD atau SDM. Jurusan manajemen memiliki bekal ilmu yang cocok untuk bekerja di bidang HRD.

Bagi perusahaan, pengelolaan karyawan jadi bagian penting yang tidak boleh diabaikan. Pengelolaan karyawan yang baik akan berdampak baik pula untuk operasional perusahaan.

Untuk mendukung pengelolaan karyawan yang baik, Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda.

Daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan dapatkan uji coba gratis selama 14 hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *