Jobdesk Manajer Personalia dan Perbedaanya dengan HR Manager

Jika Anda adalah individu yang terorganisir dan senang membantu orang lain, karier di bidang manajemen personalia bisa jadi sangat cocok untuk Anda. Manajer personalia bekerja sebagai profesional sumber daya manusia administratif untuk membantu mengembangkan dan mengelola karyawan dalam suatu organisasi.

Mempelajari lebih lanjut tentang peran ini dapat membantu Anda menentukan apakah ini adalah jalur yang tepat untuk Anda.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu manajer personalia, memberikan informasi karier yang penting, dan menjelaskan kepada Anda persamaan antara manajer personalia dan HR manager.

Apa itu Manajer Personalia?

Manajer personalia atau personnel managers adalah profesional administratif yang mengawasi proses perekrutan dan pengembangan profesional karyawan dalam suatu organisasi.

Banyak perusahaan menyertakan para profesional personalia sebagai bagian dari tim sumber daya manusia yang lebih besar, tetapi organisasi yang lebih kecil mungkin memiliki personnel managers individual yang melakukan semua tugas administratif.

Baca juga: HR Strategist: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Mengapa Manajer Personalia Penting?

Personnel managers memiliki peran penting dalam mengembangkan tim profesional. Mereka membantu menemukan bakat baru, melatih karyawan baru dan mendukung mereka seperlunya selama karier mereka.

Manajer personalia yang sukses dapat bekerja untuk meningkatkan retensi karena mereka membina interaksi kerja poster dan menyelesaikan konflik. Mereka juga dapat membantu meningkatkan produktivitas karena merekrut profesional yang sangat terlatih.

Personnel managers juga merupakan aspek penting dari organisasi perusahaan. Mereka mengumpulkan dan menyimpan data karyawan, dan mereka membantu memastikan karyawan menerima gaji tepat waktu. Mereka menjawab pertanyaan dan membantu program tunjangan. Mereka dapat bekerja untuk membantu organisasi berjalan secara efisien.

Baca juga: Pengertian Interview User dan Bedanya dengan Interview HRD

Apa Tugas Manajer Personalia?

Manajer personalia mengawasi tugas-tugas klerikal dan administratif dalam suatu organisasi. Hal ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan industri perusahaan. Tanggung jawab dan tugas umum dapat mencakup:

  • Merekrut karyawan baru dengan meneliti kebutuhan berbagai departemen dan membuat daftar pekerjaan
  • Mewawancarai kandidat atau melakukan penyaringan awal untuk berbagai lowongan dalam perusahaan
  • Mempekerjakan staf baru dan menyelesaikan dokumen yang diperlukan
  • Memimpin pelatihan orientasi untuk karyawan baru
  • Menegosiasikan gaji dan informasi gaji dengan karyawan baru dan saat ini
  • Berkolaborasi dengan anggota manajemen lainnya untuk membuat buku pegangan karyawan dan kebijakan perusahaan
  • Mengarsipkan dokumen-dokumen penting seperti tunjangan dan informasi pajak
  • Mengatur informasi menggunakan program perangkat lunak atau sistem pengarsipan
  • Membantu karyawan dengan masalah apa pun yang melibatkan penggajian, tunjangan atau manajemen
  • Mengawasi proses penggajian dan memastikan pembayaran tepat waktu
  • Bertindak sebagai konselor atau mediator untuk menyelesaikan konflik
  • Merencanakan atau memimpin pelatihan yang terkait dengan pengembangan profesional dan pribadi
  • Melakukan tinjauan atau evaluasi kinerja
  • Menyetujui permintaan cuti pribadi dan membuat jadwal perusahaan
  • Mengawasi onboarding karyawan dan melakukan exit interview.

Baca juga: Pengertian Pengembangan Organisasi, Manfaat, Tahapan, dan Hubungannya dengan HR

manajer personalia 2

Keterampilan Penting yang Harus Dimiliki Manajer Personalia

Agar berhasil dalam peran mereka, personnel managers menggunakan seperangkat keterampilan khusus. Hal ini dapat bervariasi tergantung pada ukuran organisasi dan industri, tetapi keterampilan yang bermanfaat dapat mencakup:

Keterampilan organisasi

Personnel managers perlu mengarsipkan dan mengatur catatan karyawan yang penting, termasuk informasi penggajian, pajak dan tunjangan.

Komunikasi

Agar berhasil, personnel managers menggunakan keterampilan komunikasi yang kuat. Mereka harus memiliki keterampilan verbal dan non-verbal yang sangat baik untuk menjelaskan konsep-konsep baru, melakukan wawancara, dan mendiskusikan kebijakan perusahaan.

Penjadwalan

Personnel managers dapat membuat jadwal perusahaan. Tergantung pada ukuran perusahaan, mereka dapat mengatur dan menyetujui permintaan cuti. Mereka juga dapat merencanakan acara, wawancara dan pelatihan.

Empati

Personnel managers dapat membina hubungan dan membangun koneksi dengan tim staf. Mereka membantu menghubungkan karyawan dengan manajemen tingkat atas dan mendukung para profesional selama karier mereka. Perhatian dan empati dapat membantu mereka membangun hubungan yang penting ini.

Baca juga: Cara Menjadi HR Specialist dan Bedanya Dengan HR Generalist

Pendelegasian

Tergantung pada ukuran perusahaan, personnel managers dapat bekerja secara independen atau mengawasi sebuah tim. Mereka mungkin perlu mendelegasikan atau membagi tugas untuk memastikan efisiensi.

Kolaborasi

Personnel managers dapat bekerja sama dengan anggota tim sumber daya manusia lainnya. Misalnya, mereka dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan administrator rencana manfaat ketika membantu karyawan baru.

Resolusi konflik

Terkadang, manajer personalia bertindak sebagai mediator untuk menyelesaikan masalah di tempat kerja. Keterampilan resolusi konflik yang kuat dapat membantu mereka mencapai solusi produktif dengan cepat dan efisien.

Keterampilan instruksional

Personnel managers melatih karyawan baru dan memimpin program pengembangan instruksional untuk staf saat ini. Pengalaman instruksional dan keterampilan pelatihan dapat membantu mereka menyampaikan informasi secara efektif.

Keterampilan komputer

Tergantung pada perusahaan dan industri, personnel managers mungkin memerlukan keterampilan komputer yang kuat. Mereka mungkin menggunakan software untuk mengelola proses penggajian dan tunjangan karyawan, seperti Gajihub.

Gajihun adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh banyak pemilik bisnis dan tim HR dari berbagai jenis dan skala bisnis.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajiihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 1

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

Persamaan Manajer Personalia dan HR Manager

Manajer personalia dan HR manager atau manajer sumber daya manusia adalah peran yang serupa dengan beberapa perbedaan penting.

Peran personalia telah ada lebih lama daripada posisi sumber daya manusia. Banyak perusahaan telah mengambil peran manajer personalia dan menambahkan tanggung jawab tambahan untuk menciptakan peran manajer sumber daya manusia.

Biasanya, sebuah perusahaan akan memiliki manajer personalia atau manajer sumber daya manusia karena banyak tugas yang tumpang tindih. Berikut adalah beberapa perbedaan utama antara kedua posisi tersebut:

Tanggung jawab

Personnel managers dan HR manager memiliki banyak kesamaan dalam tugas sehari-hari mereka. Para profesional dalam peran ini menangani tugas-tugas administratif seperti pengarsipan dokumen dan mengatur informasi karyawan.

Mereka juga membantu merekrut dan melatih staf. Manajer personalia fokus pada penyelesaian tugas-tugas administratif ini.

Selain tugas-tugas ini, sumber daya manusia juga berfungsi sebagai bagian dari tim eksekutif. Mereka membantu menciptakan tujuan jangka panjang untuk pekerjaan perusahaan, dan mereka memastikan bahwa mereka memiliki cukup karyawan untuk menyelesaikan proyek-proyek tertentu.

Mereka juga dapat bekerja untuk membangun program di seluruh perusahaan dan strategi pengembangan untuk meningkatkan retensi dan mengembangkan budaya tempat kerja. Tergantung pada ukuran perusahaan, mereka juga dapat mengkhususkan diri dalam peraturan keselamatan.

Keterampilan

Karier ini memerlukan banyak keterampilan yang sama. Manajer personalia dan sumber daya manusia perlu memiliki keterampilan komunikasi, organisasi dan instruksional yang sangat baik karena mereka bekerja dengan semua karyawan.

Sumber daya manusia memerlukan semua keterampilan yang sama dengan manajer personalia dan membutuhkan keterampilan kepemimpinan tambahan dan strategi perencanaan tujuan jangka panjang karena mereka berfungsi sebagai bagian dari tim eksekutif.

Mereka mungkin juga memerlukan keterampilan membangun tim saat mereka bekerja untuk menumbuhkan budaya dan komunitas perusahaan.

Baca juga: Tugas HR Generalist dan Bedanya dengan HR Manager

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tugas manajer personalia dan skill yang dibutuhkan jika Anda ingin menjadi manajer personalia.

Peran personnel managers memang sangat penting dalam operasional bisnis, terutama untuk memastikan budaya kerya yang baik dan memastikan seluruh karyawan untuk tetap produktif.

Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh personnel managers adalah dengan menggunakan alat modern untuk mempermudah proses pengelolaan sistem HR dalam bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub Anda bisa dengan mudah melakukan pengelolaan payroll yang terintegrasi dengan sistem kehadiran karyawan, tersedianya aplikasi pencatatan kehadiran karyawan melalui smartphone, terintegrasi dengan software akuntansi, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

3 thoughts on “Jobdesk Manajer Personalia dan Perbedaanya dengan HR Manager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *