Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

hr consultant 1

Bagi mereka yang memiliki minat dan latar belakang di bidang SDM atau HR, menjadi HR consultant bisa bermanfaat secara profesional dan finansial.

Ada peluang untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah sambil membangun daftar klien yang dapat memberi Anda reputasi yang baik dan pekerjaan yang berulang.

Jika Anda memiliki seperangkat keterampilan dan pendidikan yang tepat, ini mungkin pilihan karier yang ingin Anda pertimbangkan.

Dalam artikel ini, kami membahas apa yang dilakukan HR consultant, bagaimana menjadi HR consultant, dan memberikan beberapa tips untuk mengembangkan karier Anda sebagai HR consultant.

Apa itu HR Consultant?

HR consultant adalah seorang profesional sumber daya manusia yang dipekerjakan oleh suatu bisnis untuk menyediakan satu atau lebih dari berbagai layanan terkait SDM untuk bisnis tersebut.

Ini mungkin termasuk membantu bisnis mengembangkan paket tunjangan yang sesuai, mengelola perekrutan dan perekrutan staf baru, membuat rekomendasi reorganisasi atau bertindak sebagai penghubung antara manajemen dan karyawan untuk membantu menyelesaikan perselisihan karyawan.

Sebagai HR consultant, Anda mungkin bekerja secara independen, meskipun banyak HR consultant bekerja sebagai bagian dari bisnis konsultasi.

Anda bisa menjadi generalis yang menawarkan bantuan dengan sejumlah tugas terkait SDM yang berbeda, atau Anda dapat mengkhususkan diri dalam bidang SDM tertentu, seperti manfaat atau hubungan tenaga kerja.

Perusahaan konsultan dapat menggunakan keahlian spesialis Anda sebagai bagian dari pendekatan tim untuk bekerja dengan bisnis atau Anda dapat memasarkan layanan Anda ke perusahaan yang memiliki kebutuhan khusus tersebut.

Baca juga: Pengertian HR Generalist dan Bedanya dengan HR Manager

Apa yang Dilakukan HR Consultant?

Tanggung jawab pekerjaan spesifik dari seorang HR consultant berbeda tergantung pada kebutuhan klien. Namun, ada beberapa tugas yang mungkin dilakukan oleh sebagian besar HR consultant, termasuk:

  • Bertemu dengan klien untuk mengetahui kebutuhan atau masalah SDM mereka
  • Bekerja dengan klien untuk mengembangkan, merevisi dan menerapkan kebijakan SDM yang sesuai
  • Menilai layanan dan program SDM klien saat ini untuk memastikan mereka mematuhi peraturan negara bagian dan federal dan konsisten dengan standar industri
  • Menganalisis data dan mengembangkan laporan untuk manajemen sehubungan dengan proyek SDM tertentu
  • Mengaudit aktivitas SDM klien untuk memverifikasi bahwa mereka patuh
  • Menawarkan pelatihan terkait SDM kepada setiap klien

Baca juga: Tugas Admin HRD dan Skill yang Dibutuhkan

hr consultant 2

Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

Jika Anda tertarik untuk berkarir sebagai HR consultant, langkah-langkah berikut ini dapat membantu Anda mencapai tujuan ini:

1. Dapatkan gelar sarjana

Perjalanan Anda untuk menjadi HR consultant dimulai dengan gelar sarjana. Tidak ada jurusan yang diwajibkan untuk pendidikan sarjana Anda, namun, gelar di bidang administrasi bisnis atau manajemen sumber daya manusia dapat mempersiapkan Anda dengan lebih baik untuk karier Anda.

Gelar dengan konsentrasi di bidang yang berhubungan dengan sumber daya manusia mungkin akan terlihat lebih menarik di resume Anda ketika Anda melamar pekerjaan di departemen SDM atau dengan perusahaan SDM.

Baca juga: 10 Jurusan HRD yang Cocok untuk Anda Beserta Tugasnya

2. Dapatkan pengalaman

Anda bisa mulai mendapatkan pengalaman di bidang SDM dengan mencari magang saat Anda menyelesaikan gelar sarjana Anda.

Ini dapat membantu Anda menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang Anda pelajari di kelas dalam lingkungan dunia nyata. Anda juga mendapatkan manfaat belajar dari pengalaman orang-orang di sekitar Anda.

Atau, Anda dapat melamar posisi entry-level di perusahaan SDM atau di departemen SDM perusahaan. Setelah Anda memperoleh pengalaman yang cukup, Anda kemudian dapat mempertimbangkan untuk menjadi HR consultant.

Baca juga: Perbedaan PPh 21 dan 23 yang Harus Diketahui HR

3. Tentukan apakah Anda ingin menjadi seorang generalis atau spesialis

Jika Anda telah memperoleh gelar sarjana dalam bidang yang terkait dengan SDM dan Anda telah memperoleh pengalaman bekerja di bidang SDM, Anda mungkin telah memiliki beberapa paparan ke sejumlah bidang yang berbeda dalam sumber daya manusia.

Saat Anda mempertimbangkan langkah karier berikutnya, Anda mungkin ingin memutuskan apakah Anda ingin mengkhususkan diri dalam aspek tertentu dari SDM, seperti tunjangan atau perekrutan, atau menawarkan dukungan SDM umum di sejumlah disiplin ilmu.

Biasanya ada banyak peluang untuk spesialis dan generalis, jadi mana yang Anda pilih adalah masalah preferensi.

Jika pendidikan dan pengalaman Anda selama ini cenderung pada bidang SDM tertentu, Anda mungkin ingin mengkhususkan diri. Anda mungkin juga dapat memberikan dukungan SDM secara umum sambil memiliki keterampilan spesialis di bidang tertentu.

4. Dapatkan serifikasi

Anda tidak harus bersertifikat untuk bekerja sebagai HR consultant, namun, sertifikasi dapat menaikan nilai jual di resume Anda dan dapat menciptakan peluang karier melalui klien dan kontak baru.

Dua organisasi sertifikasi yang paling dikenal adalah HR Certification Institute (HRCI) dan Society for Human Resource Management (SHRM). Di antara sertifikasi yang ditawarkan oleh HRCI adalah:

SHRM menawarkan SHRM Certified Professional (SHRM-CP) dan SHRM Senior Certified Professional (SHRM-SCP). Masing-masing memiliki persyaratan kelayakan yang harus Anda penuhi untuk dapat mengikuti ujian sertifikasi.

Baca juga: Contoh Pertanyaan yang Bisa Anda Tanyakan ke HRD Saat Wawancara

5. Dapatkan gelar master

Anda bisa menjadi HR consultant tanpa gelar master, namun, beberapa perusahaan mungkin lebih memilih kandidat dengan tingkat pendidikan ini.

Memiliki gelar master juga menunjukkan tingkat kompetensi dan pengetahuan yang tinggi yang mungkin membedakan Anda dari kandidat pekerjaan dan HR consultant lainnya.

Untuk gelar master dalam sumber daya manusia, Anda biasanya mengambil kursus dalam mata pelajaran seperti etika bisnis, penyelesaian sengketa, dan hukum ketenagakerjaan tingkat lanjut.

Anda harus dapat menemukan kelas online jika itu lebih cocok dengan jadwal Anda daripada kelas kuliah langsung atau kelas malam.

6. Bangun basis klien Anda

Jika Anda berencana untuk memulai bisnis konsultasi SDM Anda sendiri, Anda harus mulai membangun jaringan dan membangun basis klien.

Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan seperti mendapatkan rekomendasi melalui kontak kerja atau kuliah sebelumnya atau bergabung dengan organisasi profesional yang mungkin menawarkan cara-cara untuk mempublikasikan layanan Anda.

Anda juga dapat mengiklankan bisnis Anda melalui situs web yang berhubungan dengan SDM atau menulis tentang topik yang berhubungan dengan SDM untuk blog atau untuk publikasi perdagangan.

7. Mencari pendidikan berkelanjutan

Melanjutkan pendidikan adalah cara yang baik tidak hanya untuk tetap mendapatkan informasi dan mempertahankan keterampilan Anda, tetapi juga untuk mempelajari keterampilan baru dan mengembangkan bidang keahlian baru.

Semakin baik pendidikan Anda, semakin banyak yang bisa Anda tawarkan kepada klien Anda. Carilah peluang pendidikan berkelanjutan melalui konferensi serta organisasi profesional seperti The Society for Human Resource Management.

gajihub 2

Baca juga: Tips Saat Melakukan HR Interview Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawaban

Tips Pengembangan Karier untuk HR Consultant

Jika Anda baru memulai sebagai HR consultant, atau bahkan jika Anda telah menjadi HR consultant untuk sementara waktu dan merasa terjebak dalam posisi Anda saat ini, berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengembangkan karier Anda:

Buat rencana bisnis

Jika Anda meluncurkan bisnis Anda sendiri, membuat rencana bisnis termasuk membuat nama perusahaan, mencari ruang kantor dan bekerja sama dengan akuntan dan pengacara untuk menentukan apakah Anda perlu bergabung.

Anda masih bisa memiliki rencana bisnis meskipun Anda bekerja untuk orang lain. Rencana ini menetapkan tujuan Anda, baik secara profesional maupun finansial.

Pikirkan tentang pencapaian apa yang ingin Anda capai dalam jangka waktu tertentu, di mana Anda ingin karier Anda berada dalam lima tahun dan berapa banyak yang ingin Anda hasilkan.

Cari seorang mentor

Temukan seorang mentor yang telah mencapai titik dalam karier mereka yang ingin Anda capai dalam waktu dekat.

Mentor ini bisa seseorang dalam manajemen SDM atau seseorang yang memiliki pengalaman dalam bidang tertentu yang menarik bagi Anda.

Mereka dapat membantu memandu karier Anda, memberi saran kepada Anda tentang cara-cara untuk mencapai posisi mereka dan mungkin memperkenalkan Anda kepada orang-orang yang dapat memajukan minat Anda.

Baca juga: Memilih Software Payroll dan HR Untuk Perusahaan Konstruksi

Bersedia untuk mengambil proyek

Carilah peluang dalam situasi kerja Anda saat ini untuk mengembangkan keterampilan Anda dengan mengambil proyek yang menantang.

Proyek-proyek seperti ini tidak hanya dapat membantu Anda tumbuh sebagai seorang profesional SDM, tetapi juga dapat mengarah pada pekerjaan proyek yang lebih menarik dan bahkan mungkin pertimbangan untuk promosi.

Kembangkan keterampilan komunikasi Anda

Komunikasi adalah bagian besar dari pekerjaan Anda sebagai HR consultant.

Apakah Anda memberi saran kepada klien, mengelola konflik atau menegosiasikan kompensasi dengan karyawan baru, keterampilan komunikasi yang baik dapat membuat perbedaan bagi kesuksesan Anda.

Pertimbangkan untuk mengambil kelas secara langsung atau online atau membaca buku untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan komunikasi Anda.

Baca juga: HR Recruiter: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

Kesimpulan

Itulah hal dan tips yang perlu Anda pahami jika Anda berniat untuk memilih karur menjadi seorang HR consultant.

Pendidikan dan pengalaman menjadi hal penting dalam posisi karir ini, oleh sebab itu Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni untuk memastikan kepuasan klien Anda.

Pastikan juga Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan alat yang mempermudah proses pengelolaan HR dan payroll, salah satu yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang sudah digunakan banyak pemilik bisnis dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

3 thoughts on “Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *