Pengertian Interview User dan Bedanya dengan Interview HRD

interview user 2

Ada banyak tahapan yang harus dilalui saat interview sebelum kandidat berstatus menjadi karyawan, salah satunya adalah interview user dan HRD. Namun mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui perbedaan antara interview user dan HRD.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap apa itu interview user dan perbedaannya dengan inteview HRD dalam proses wawancara kerja.

Apa itu Interview User?

Interview user adalah proses yang biasanya terjadi saat kandidat atau calon karyawan sudah lolos dalam tahapan interview HRD dan akan diwawancarai langsung dengan user yang merupakan calon atasan.

User dapat mengetahui kesesuaian seorang kandidat secara teknis. Dengan kata lain seorang user akan mampu mengetahui kemampuan dan kecocokan pengetahuan teknisi dengan kebutuhan perusahaan dalam suatu posisi.

Setiap kandidat yang yang melamar suatu posisi diharuskan mengetahui pengetahuan teknis. Semakin mendalam pengetahuan teknis maka akan semakin menarik perhatian para user untuk memilih Anda mendapati posisi yang terbuka.

Bagian interview user akan banyak mempertanyakan tentang kemampuan teknis seorang calon karyawan. inilah salah satu pertanyaan yang menunjukkan bedanya interview user dan HRD.

Seringkali pada tahapan ini akan membuat para pelamar berpikir keras dalam menghadapi suatu situasi yang memerlukan pengetahuan teknis. Anda perlu mempertimbangkan banyak faktor ketika menjawab pertanyaan tersebut.

Penting sekali untuk mempersiapkan mental sehingga bisa menjawab pertanyaan para user dengan baik. Lolos atau tidaknya Anda sangat tergantung pada keputusan user terhadap posisi yang dilamar.

Baca juga: Pengertian Pengembangan Organisasi, Manfaat, Tahapan, dan Hubungannya dengan HR

Contoh Pertanyaan Interview User

Seperti yang sudah kami bahas diatas, proses interview user biasanya akan jauh lebih mendalam dan teknis. Perlu diingat, atasan Anda kemungkinan akan menjadi individu yang akan melatih Anda dan bekerja untuk mempercepat Anda, oleh karena itu, sangat penting bagi mereka untuk menganggap Anda sebagai orang yang cocok secara teknis dan budaya tim nantinya.

Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh calon manajer selama interview adalah:

Pertanyaan tentang budaya tim

Pertanyaan tentang budaya tim berkisar seputar lingkungan kerja, ekspektasi, dan gaya komunikasi. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang bagaimana manajer ini membayangkan tim mereka beroperasi dengan sebaik-baiknya dan bagaimana mereka saat ini beroperasi.

Dari sana, Anda bisa memutuskan apakah visi itu selaras dengan kondisi kerja yang Anda sukai.

Contohnya termasuk:

  • Bagaimana Anda mengukur keberhasilan?
  • Dalam kondisi apa tim ini beroperasi paling baik?
  • Apakah tim ini cenderung lebih fokus pada pekerjaan individu atau kolaboratif?
  • Bagaimana Anda menggambarkan gaya manajemen Anda?

Apa yang tujuan user mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini kepada Anda? Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menunjukkan keinginan Anda untuk menjadi pemain tim dan membantu bergerak menuju tujuan kolektif dengan cara yang paling alami untuk proses yang telah ditetapkan.

Pertanyaan tentang keterampilan dan pengetahuan

Anda sudah tahu bahwa Anda memenuhi kriteria untuk peran ini. Namun, pertanyaan tentang keterampilan dan pengetahuan- proses, pelatihan, dan alat bantu – memungkinkan Anda untuk masuk lebih dalam ke dalam operasional sehari-hari yang dapat Anda harapkan.

Jika Anda memiliki pengalaman langsung dengan beberapa bidang yang disebutkan, Anda bisa menyoroti hal itu, atau Anda bisa mengungkapkan minat khusus dalam mempelajari keterampilan teknis baru yang akan Anda kembangkan.

Contohnya termasuk:

  • Alat bantu atau program apa yang biasanya Anda gunakan?
  • Apa cara pembelajaran yang khas dan biasa Anda gunakan
  • Bagaimana caranya agar saya percaya bahawa Anda adalah kandidat ideal untuk mengisi peran ini?

Apa yang tujuan user mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini kepada Anda? Manajer dapat menginterpretasikan minat Anda dalam aspek teknis peran ini sebagai keinginan untuk mempersiapkan diri Anda untuk sukses. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini bisa menunjukkan bahwa Anda peduli untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan bahwa Anda siap untuk mempelajari apa yang perlu Anda ketahui untuk mewujudkannya.

Baca juga: 25+ Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Cara Menjawabnya

Pertanyaan tentang pertumbuhan

Pertanyaan tentang pertumbuhan cenderung menjadi pertanyaan besar, berfokus pada cara orang belajar dan tumbuh dalam tim dan perusahaan ini.

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda mengetahui apakah Anda akan menemukan peluang untuk bergerak lebih dekat ke sasaran karier Anda dalam peran ini.

Contohnya termasuk:

  • Apa yang Anda bayangkan sebagai jalur pertumbuhan untuk peran ini?
  • Apa prioritas jangka pendek dan jangka panjang Anda untuk jabatan ini?
  • Bagaimana cara Anda menuju posisi yang Anda impika?

Apa yang tujuan user mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini kepada Anda? Pertanyaan-pertanyaan ini bisa mengindikasikan bahwa Anda memiliki sasaran dan siap untuk mewujudkannya dengan niat. Pertanyaan-pertanyaan ini juga bisa menandakan bahwa Anda mencari peran dengan umur panjang, dan begitu Anda bergabung dengan tim, Anda berharap untuk tetap berada di sana.

Beberapa contoh pertanyaan lain yang biasa ditanyakan saat interview user

Apa satu keterampilan yang ingin Anda tingkatkan?

Selalu ada ruang untuk perbaikan, dan pertanyaan ini adalah cara lain untuk mengungkapkan apakah keterampilan dan metode kandidat cocok dengan tim dan budaya keja perusahaan.

Pertanyaan ini juga membantu user untuk melihat bagaimana kandidat mewujudkan informasi yang mereka tulis di resume mereka.

Ini adalah pertanyaan yang sering untuk diajukan untuk mengetahui seberapa baik kandidat memahami tanggung jawabnya saat mereka bekerja.

Jika Anda diterima, apa yang akan Anda lakukan dalam 30-90 hari pertama?

Kandidat yang berhasil akan menjelaskan apa yang mereka butuhkan untuk memulai dan bagian apa dari perusahaan yang perlu mereka kenali.

Mereka bahkan mungkin memberikan contoh spesifik di mana mereka akan memulai (misalnya, pembenahan dan pelacakan email marketing perusahaan).

Pada akhirnya, sang pewawancara, mungkin akan melakukan berbagai hal secara berbeda – dan kandidat, jika diterima, mungkin juga – tetapi dengan siap menjawab pertanyaan ini, akan menunjukkan bahwa Anda sebagai seorang kandidat mengetahui bisnis mereka, mengetahui pekerjaan Anda, dapat mulai bekerja pada hari pertama, dan bersemangat untuk memulai.

Baca juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Menurut Anda, mengapa Anda akan melakukan pekerjaan ini dengan baik?

Jawaban atas pertanyaan ini memberi calon manajer wawasan tentang apa yang ditawarkan Anda sebagai kandidat dan sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat.

Menanyakan mengapa Anda berpikir bahwa Anda akan bekerja dengan baik sebagai manajer dalam bisnis, akan membantu Anda memahami kekuatan, keterampilan, dan tingkat pengalaman mereka yang unik.

Berbekal pengetahuan tersebut, manajer bisa memilih kandidat terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan unik perusahaan.

interview user 1

Perbedaan Interview User dan HRD

Dilansir dari seputarkarir.com, berikut adalah perbedaan antara interview user dan interview HRD:

Pihak yang melakukan

Interview HR dilakukan oleh HRD di perusahaan, sedangkan interview user dilakukan oleh atasan karyawan yang nantinya akan berkomunikasi sehari-hari.

Tujuan interview

Berdasarkan tujuannya, interview user bertujuan untuk mendapatkan chemistry antara user dengan pelamar.

Jika pelamar diterima, user akan banyak melakukan pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelamar, sehingga chemistry satu sama lain sangat diperlukan.

Selain itu, interview user juga bertujuan untuk melihat potensi pada karyawan agar perusahaan mendapatkan SDM sesuai kebutuhan.

Interview HR bertujuan untuk mengambil keputusan serta mendapatkan hasil sesuai harapan yang berbeda dengan user. HR menitikberatkan kriteria penerimaan berdasarkan sisi psikologis pelamar, sisi kesehatan, sisi kepribadian, serta sisi kedisiplinan.

Melalui kriteria yang sudah ditetapkan oleh HR, jika ada seleksi lanjutan yang dilakukan oleh user, pelamar sudah mengalami penyaringan awal dan bisa lebih berkualitas.

Baca juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

Cara memandang potensi karyawan

Interview user memiliki cara tersendiri untuk merekrut karyawan. Pertanyaan interview diarahkan untuk menggali potensi karyawan sesuai deskripsi pekerjaan yang diperlukan. User memiliki tanggung jawab untuk melihat kemampuan serta kriteria calon karyawan dilihat dari segi teknis.

Interview HR memandang potensi karyawan dari sisi psikologis. HR memiliki kemampuan untuk melihat kemampuan pelamar dari sisi psikologis.

Sudah banyak kasus karyawan pintar namun kemampuan emosionalnya tidak stabil. Di sinilah peran HR mencari tahu karakter serta sifat calon karyawan.

Dengan mengetahui karakter psikologis pelamar, jika suatu hari terdapat konflik atau masalah pada perusahaan, rekan kerja, atau atasan, HR dapat memberikan masukan.

Selain itu, emosi dan sikap pelamar kerja adalah hal yang paling penting untuk diketahui sejak awal.

Baca juga: Tips Saat Melakukan HR Interview Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawaban

Prioritas kemampuan yang dicari

Interview user memiliki prioritas kemampuan akademis bagi calon karyawan. Hal ini berkaitan erat dengan beban kerja yang akan dipercayakan pada pelamar.

Apabila pelamar sudah diterima sebagai karyawan, harapannya karyawan dapat bekerja secara cepat, efektif, dan efisien demi mencapai tujuan.

Interview user juga mencari tahu kemampuan analitik calon karyawan ketika di perusahaan terdapat masalah teknis. Karyawan pun dapat bekerja secara maksimal dalam menyelesaikan masalah di perusahaan.

Interview HR dalam bidang ketaatan dan kedisiplinan bertujuan untuk mendapatkan karyawan dengan kemampuan tersebut. Karyawan yang disiplin dan mematuhi aturan perusahaan akan berpengaruh pada performa perusahaan tersebut.

Dengan melakukan interview, HR dapat menilai karakter karyawan, sehingga ketika sudah diterima karyawan tersebut akan memiliki peluang kecil dalam melakukan pelanggaran.

Hubungan dengan pekerjaan

Interview user lebih banyak difokuskan pada pertanyaan terkait bidang kerja secara spesifik. Jika dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan pada bidang tersebut, pelamar tidak akan diterima.

Bukan tidak mungkin pelamar akan diberi pertanyaan terkait masalah di bidang tersebut beserta contoh kasusnya. Dari jawaban pelamar, interviewer bisa menentukan apakah orang tersebut tepat atau tidak tepat untuk posisi yang dibuka.

Interview HR disisi lain, banyak mencari tahu sisi kepribadian pelamar melalui pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Dari pertanyaan tersebut HR bisa menentukan apakah pelamar adalah orang yang jujur, percaya diri, bersemangat, atau justru sebaliknya. Orang biasa belum tentu bisa mengetahui karakteristik seseorang hanya dengan percakapan singkat.

Apabila pelamar memang diterima bekerja, kepribadian karyawan akan sama seperti visi dan misi perusahaan.

Baca juga: Tips Interview: Daftar Pertanyaan Interview dan Tips Menjawabnya

gajihub 3

Cara Agar Lolos Interview User dan Interview HR

Diundang untuk wawancara berarti tim perekrut telah meninjau resume Anda dan mengenali potensi Anda, tetapi mereka ingin tahu lebih banyak tentang Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menampilkan sifat dan kualifikasi terbaik Anda dalam wawancara dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan:

1. Lakukan penelitian menyeluruh

Teliti perusahaan dan temukan misi dan nilai-nilainya serta pekerjaan yang dilakukan di departemen tempat Anda diwawancarai.

Tunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda memiliki pemahaman tentang bisnis, pengetahuan tentang industri, atau wawasan tentang arah yang mungkin dituju perusahaan.

Kemudian tunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda akan bermanfaat bagi mereka dalam mencapai tujuan mereka.

Jika Anda mengetahui nama-nama pewawancara, Anda bisa meneliti mereka di halaman staf perusahaan atau platform jaringan profesional untuk lebih memahami latar belakang mereka dan bagaimana hal itu bisa memengaruhi keputusan perekrutan mereka.

Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa pewawancara Anda memulai di posisi yang sama dengan yang Anda wawancarai.

Anda bisa menggunakan informasi ini untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka tentang pengalaman mereka dalam peran tersebut dan kualifikasi tambahan apa yang mereka yakini dibutuhkan oleh peran tersebut.

2. Berpakaian sesuai pekerjaan yang Anda inginkan

Apa yang Anda kenakan untuk wawancara membantu pewawancara atau panel menentukan profesionalisme dan kesesuaian Anda untuk tempat kerja mereka. Pilihlah pakaian yang profesional dan nyaman untuk membantu Anda merasa percaya diri selama wawancara.

Sebaiknya kenakan pakaian yang memenuhi atau melebihi standar pakaian organisasi. Saat Anda meneliti perusahaan, Anda juga dapat mencari gambar karyawan mereka secara online untuk menentukan kode berpakaian mereka.

Misalnya, jika tempat kerja lebih menyukai pakaian kasual bisnis, pakaian wawancara Anda bisa menjadi profesional bisnis.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Tes EQ dalam Proses Interview Karyawan

3. Luangkan waktu Anda

Anda mungkin memiliki banyak kualifikasi yang ingin Anda diskusikan selama wawancara, tetapi pertimbangkan untuk menarik napas dalam-dalam sebelum memberikan jawaban Anda.

Meluangkan waktu ini untuk bersantai dan mengatur pikiran Anda dapat menunjukkan perhatian selama wawancara Anda.

Pastikan juga untuk mendengarkan setiap pertanyaan dan perintah dengan cermat. Cobalah untuk membahas hanya kualifikasi yang paling relevan untuk setiap pertanyaan untuk memastikan jawaban Anda ringkas.

Sertakan dengan jelas dan perlahan-lahan satu atau dua keterampilan dan pengalaman pada satu waktu untuk memastikan pewawancara memahami setiap kualifikasi.

Jika Anda tidak memahami sebuah pertanyaan, Anda bisa meminta klarifikasi lebih lanjut sebelum menjawab. Anda juga bisa bertanya apakah Anda sudah menjawab pertanyaan secara lengkap untuk memeriksa apakah jawaban Anda sudah cukup detail.

Hal ini juga dapat mendorong pewawancara untuk mengajukan pertanyaan lanjutan tentang pengalaman yang baru saja Anda jelaskan.

4. Bawa buku catatan dan pulpen

Pertimbangkan untuk membawa buku catatan dan pulpen untuk membuat catatan dalam wawancara, termasuk nama pewawancara dan apa pun yang penting yang muncul selama percakapan berlangsung.

Langkah ini bisa menunjukkan bahwa Anda berorientasi pada detail dan terorganisir, serta menyediakan catatan untuk Anda rujuk kembali nanti dan membantu Anda menulis catatan terima kasih pasca-wawancara. Sementara Anda membuat catatan, pastikan untuk tetap terlibat dengan pewawancara.

Baca juga: Interview Plan: Pengertian dan Tips Membuat Proses Interview yang Efektif

5. Gunakan fakta dan angka untuk menunjukkan prestasi Anda

Ketika Anda menjawab pertanyaan tentang apa yang telah Anda capai dalam peran sebelumnya, gunakan data untuk mendukung pernyataan Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki pengalaman di bidang penjualan, jelaskan bahwa Anda bertanggung jawab untuk meningkatkan penjualan sebesar 20% dalam peran tersebut.

Jika Anda pernah mengalami kesuksesan dengan pelanggan sebelumnya, berikan rincian umpan balik positif dan bagaimana peringkat kepuasan pelanggan Anda secara konsisten lebih tinggi dari rata-rata.

6. Siapkan pertanyaan Anda sendiri

Banyak pewawancara yang menanyakan apakah Anda memiliki pertanyaan menjelang akhir wawancara, dan akan selalu membantu jika Anda memiliki beberapa pertanyaan yang relevan untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang peran dan perusahaan. Langkah ini menunjukkan bahwa Anda sudah siap dan telah mempertimbangkan peran tersebut dengan cermat.

Berikut ini beberapa contoh yang bisa Anda sesuaikan dengan industri Anda:

  • Apa yang diperlukan untuk berhasil dalam peran ini?
  • Apa tantangan terbesar yang dihadapi departemen Anda saat ini?
  • Dengan siapa saya akan bekerja?
  • Apa saja peluang untuk pengembangan profesional dalam peran ini?
  • Bagaimana Anda mengevaluasi kinerja untuk peran ini?
  • Dapatkah Anda memberikan beberapa contoh jenis proyek yang akan saya kerjakan?
  • Anggaran seperti apa yang akan saya kerjakan?

Selain dapat mengajukan pertanyaan di akhir, Anda mungkin menemukan bahwa percakapan tersebut mengarah ke satu atau beberapa pertanyaan Anda selama wawancara.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi HR Consultant?

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai interview user dan bedanya dengan interview HRD beserta tips agar Anda sukses melakukan interview user dan HRD.

Jika Anda pemilik bisnis atau seseorang yang mengelola HR, untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses payroll dan tunjangan karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR modern seperti software payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll berbasis cloud yang sangat mudah digunakan bagi Anda profesional HR dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Bahkan, dengan menggunakan Gajihub Anda akan mendapatkan solusi akuntansi terintegrasi dengan software akuntansi terbaik di Indonesia, Kledo.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Interview User dan Bedanya dengan Interview HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *