Tips Saat Melakukan HR Interview Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawaban

hr interview 1

HR interview adalah segmen penting dari proses rekrutmen yang berusaha memahami kepribadian dan karakteristik individu Anda.

Pemberi kerja melakukan HR interview karena mereka ingin menentukan seberapa cocok Anda dengan peran dan budaya perusahaan.

Mempelajari cara mempersiapkan diri untuk wawancara dengan HRD dapat membantu meningkatkan peluang Anda untuk terpilih dalam posisi tersebut.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu HR interview, mengeksplorasi pertanyaan HR interview standar dengan contoh jawaban dan mengulas beberapa tips bermanfaat untuk HR interview.

Apa itu HR Interview?

HR interview berfungsi sebagai metode penyaringan bagi manajer dan administrator SDM untuk mengidentifikasi keterampilan komunikasi, kerja sama tim, dan manajemen Anda.

Mereka juga ingin menilai seberapa percaya diri Anda dalam kemampuan Anda untuk memenuhi posisi tersebut dengan baik.

Ini berbeda dari wawancara tradisional yang terutama berkaitan dengan evaluasi keterampilan dan kemampuan teknis Anda.

Selain dari jawaban yang Anda berikan, perwakilan SDM juga memeriksa kehadiran Anda dalam wawancara untuk mengetahui ciri-ciri karakter yang dapat segera diidentifikasi, seperti cara Anda berbicara, berpakaian dan membawa diri.

Baca juga: 5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

Tips Penting dalam Proses HR Interview

Berikut ini empat tips HR interview yang bermanfaat:

Biasakan diri Anda dengan posisi yang Anda lamar

Anda bisa membiasakan diri dengan posisi yang Anda lamar dengan melakukan riset. Tinjaulah lowongan pekerjaan lain yang menggunakan jabatan yang sama dan periksa deskripsi pekerjaan untuk mempersiapkan diri Anda dengan lebih baik untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan tugas-tugas tersebut.

Cobalah untuk menemukan tugas-tugas yang paling sering disertakan dalam lowongan pekerjaan, karena mungkin tugas-tugas inilah yang paling ditekankan oleh pemberi kerja dalam wawancara.

Berlatih cara berbicara dan menjawab pertanyaan

Anda bisa melatih keterampilan komunikasi Anda dengan menggunakan tutorial online, berbicara kepada diri sendiri di cermin atau meminta bantuan seorang teman untuk mengajukan pertanyaan HR interview yang umum.

Latihan yang berkelanjutan dapat membantu Anda berbicara dengan lebih percaya diri, yang membuat pemberi kerja merasa lebih yakin bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa itu Burnout Syndrome, Tandanya, dan Cara Mengatasinya

Berpakaian dengan pantas

Cara Anda berpakaian tergantung pada jenis perusahaan yang Anda lamar, jadi pertimbangkan faktor-faktor seperti budaya perusahaan dan lingkungan kerja mereka.

Anda juga bisa bertanya kepada manajer perekrutan atau perekrut, pakaian seperti apa yang mereka harapkan, seperti bisnis kasual atau formal.

Kesan pertama bisa menentukan keberhasilan wawancara. Jika Anda tidak yakin, pakaian business casual adalah cara berpakaian yang umum dan umumnya dapat diterima untuk wawancara HRD.

Pertimbangkan untuk menggunakan metode wawancara STAR

Metode wawancara STAR mengacu pada teknik wawancara yang membantu Anda memberikan tanggapan yang lebih kuat terhadap pertanyaan-pertanyaan terkait kompetensi dan pengalaman.

Pertanyaan-pertanyaan ini bisa dimulai dengan frasa seperti, “Jelaskan suatu waktu” atau “Ceritakan kepada saya.”

STAR adalah akronim yang merupakan singkatan dari:

  • Situasi: Jelaskan situasi atau peristiwa.
  • Tugas: Jelaskan tugas yang perlu Anda selesaikan.
  • Action: Jelaskan tindakan apa yang Anda ambil untuk menyelesaikan tugas.
  • Result: Jelaskan hasil dari tindakan Anda.

hr interview 2

Pertanyaan Umum saat HR Interview dan Contoh Jawabannya

Ada banyak cara untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, jadi Anda mungkin harus meluangkan waktu untuk memikirkan jawaban yang sesuai dengan keadaan khusus Anda.

Untuk membantu Anda memulai, gunakan pertanyaan-pertanyaan umum ini untuk mempersiapkan HR interview, termasuk contoh jawaban yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan spesifik Anda:

Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan ini adalah pertanyaan standar yang digunakan manajer perekrutan untuk memulai wawancara.

Perekrut mengajukan pertanyaan ini karena mereka ingin mengevaluasi seberapa efektif Anda bisa menjelaskan pengalaman, minat, dan informasi latar belakang terkait lainnya.

Jawablah pertanyaan ini dengan jujur dan soroti aspek-aspek yang relevan dari karakter dan riwayat kerja Anda.

Contoh:

Saya bekerja sebagai psikolog klinis selama tiga tahun terakhir karena saya selalu tertarik untuk membantu orang lain.

Saya mendapat gelar psikologi dan memulai karir saya sebagai pekerja sosial setelah lulus. Saya orang yang sangat ingin tahu dan menikmati pekerjaan yang menarik dan menantang.

Fleksibilitas adalah elemen yang biasa saya lakukan, jadi saya bisa bekerja dalam kondisi atau keadaan apa pun juga.

Baca juga: Tips Interview: Daftar Pertanyaan Interview dan Tips Menjawabnya

Mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?

Tim rekrutmrn menanyakan pertanyaan ini untuk memahami apa yang mendorong Anda untuk melamar posisi tersebut.

Anda bisa menggunakan pertanyaan ini untuk menekankan kekuatan Anda yang relevan dan menjelaskan passion Anda untuk posisi atau perusahaan tersebut.

Jawaban untuk pertanyaan ini mungkin akan lebih efektif jika Anda mempersonalisasi jawaban Anda untuk peran spesifik dan persyaratan pekerjaan.

Contoh

Karena saya memiliki pengalaman lima tahun, saya beruntung telah memperoleh banyak pengetahuan kerja dan mengembangkan apresiasi dan semangat yang mendalam untuk bidang ini.

Sebagai analis hukum di perusahaan Anda, saya yakin saya dapat menerapkan pengalaman praktis dan keterampilan saya untuk berkontribusi pada tujuan dan sasaran misi perusahaan Anda.

gajihub 3

Apa kekuatan dan kelemahan Anda?

Ini adalah pertanyaan reflektif diri yang ditanyakan oleh para profesional SDM kepada pelamar untuk menilai seberapa baik mereka dapat mengartikulasikan atribut tentang diri mereka sendiri.

Pemberi kerja mencari jawaban yang percaya diri dan jujur yang menggambarkan seseorang yang mampu tetapi juga rendah hati.

Untuk menjawab pertanyaan ini, sebutkan kekuatan yang bisa Anda tunjukkan buktinya jika Anda diterima dan pilih kelemahan yang tidak terlalu negatif.

Contoh

Saya akan mengatakan bahwa saya punya beberapa kekuatan. Saya sangat terorganisir dan metodis tentang bagaimana saya menyelesaikan pekerjaan saya.

Saya selalu menyelesaikan pekerjaan saya secara akurat dan tepat waktu. Pekerjaan saya sebelumnya telah membantu saya menjadi seseorang yang berorientasi pada tujuan dan ingin berjuang untuk mencapai yang terbaik dalam segala hal yang saya lakukan.

Kelemahan saya adalah bahwa saya sedikit perfeksionis dan terkadang suka melakukan sesuatu dengan cara tertentu. Saya sedang berupaya menjadi seseorang yang lebih fleksibel.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

Apa tugas tersulit yang pernah Anda selesaikan?

Ketika perekrut HR menanyakan pertanyaan ini, mereka ingin mengukur proses berpikir Anda untuk menyelesaikan tanggung jawab dan tugas yang menantang.

Pertanyaan ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengartikulasikan bagaimana Anda bekerja sebagai pemecah masalah dan pemikir kritis.

Coba tuliskan beberapa momen ini dan tentukan mana yang paling relevan untuk dibicarakan selama wawancara.

Contoh

Tugas tersulit yang saya selesaikan terjadi selama saya menjadi manajer proyek, ketika saya mengoordinasikan tiga proyek sekaligus dan harus menyelesaikannya pada tenggat waktu yang sama.

Syukurlah, saya berhasil menyelesaikan semua proyek tepat waktu, tetapi saya memiliki tim yang sangat berbakat yang kooperatif dan menerima rencana strategis dan manajemen saya.

Jelaskan saat Anda harus bekerja dengan pelanggan atau kolega yang sulit.

Tujuan utama dari pertanyaan ini adalah untuk menilai keterampilan pemecahan masalah dan interpersonal Anda.

Mereka ingin melihat bagaimana Anda berkomunikasi dengan orang lain dan menyelesaikan masalah sosial. Ketika menjawab pertanyaan ini, cobalah untuk berbicara dengan sopan tentang orang yang Anda bantu dan lebih fokus pada bagaimana Anda menyelesaikan situasi tersebut.

Contoh

Di pekerjaan saya sebelumnya, di mana saya bekerja sebagai teknisi help desk, ada seorang pelanggan yang datang ke kantor kami dengan perasaan kesal karena seseorang di tim kami telah mengajukan informasi mereka secara tidak benar, dan itu menyebabkan kesalahan dalam akun mereka.

Saya menilai situasinya dan berbicara dengan pelanggan dengan tenang, bahkan ketika mereka berteriak. Akhirnya saya menenangkan mereka sehingga saya bisa segera menyelesaikan masalah mereka.

Baca juga: Contoh Pertanyaan Tes EQ dalam Proses Interview Karyawan

Bagaimana Anda menanggapi perubahan lingkungan kerja?

Ini adalah pertanyaan reflektif diri lainnya yang terkadang ditanyakan oleh pemberi kerja untuk membantu mereka menilai kemampuan Anda beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga, masalah dan kondisi kerja yang menantang.

Untuk menguraikan lebih jauh tentang pertanyaan ini, Anda dapat menggambarkan contoh spesifik di mana Anda harus beradaptasi dengan perubahan mendadak di tempat kerja dan bagaimana Anda berhasil melakukan perubahan tersebut.

Contoh

Karena saya suka berkreasi, saya tidak keberatan dengan lingkungan kerja yang berubah-ubah. Saya menganggapnya sebagai kesempatan untuk tumbuh dan mencari cara kreatif untuk memecahkan masalah.

Sejujurnya, perubahan yang konstan terkadang bisa menjadi tantangan, tetapi menurut saya yang paling penting adalah saya bisa belajar dari pengalaman itu dan mengembangkan keterampilan saya lebih jauh lagi.

Jelaskan saat ketika Anda memberi dampak positif kepada seseorang.

Pertanyaan ini memberi Anda kesempatan untuk berbicara tentang momen yang menggembirakan dalam karier Anda ketika Anda membantu seseorang dengan cara yang positif dan signifikan.

Anda mungkin hanya memiliki kesempatan untuk menjelaskan satu contoh ketika hal ini terjadi, jadi cobalah untuk membuat daftar waktu yang relevan ketika hal ini terjadi dan kemudian pilih salah satu yang mungkin paling sesuai dengan pemberi kerja.

Contoh

Pada pekerjaan terakhir saya, kami setiap tahun bermitra dengan layanan sukarela untuk mengajar anak-anak kecil cara membaca.

Saya suka membaca, jadi saya pikir ini akan menjadi kesempatan yang bagus untuk mengajarkan anak-anak sesuatu yang sangat mendasar.

Mengajarkan anak-anak itu tentang sastra dan membantu mereka meningkatkan keterampilan membaca dan pemahaman mereka adalah pengalaman yang benar-benar memuaskan dan memuaskan.

Baca juga: Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Cara Menjadi K3 Spesialis

Ceritakan tentang saat-saat ketika Anda harus membuat keputusan yang sulit.

Pertanyaan ini membantu pemberi kerja mengukur keterampilan pengambilan keputusan Anda.

Jika Anda mampu menggambarkan seberapa baik Anda membuat keputusan yang sulit, maka hal ini dapat menunjukkan kemampuan Anda sebagai pemimpin yang cakap dan seseorang yang proaktif dan bertanggung jawab atas pilihan mereka.

Ini juga merupakan pertanyaan yang dapat membantu jika Anda membuat daftar beberapa situasi di mana Anda harus membuat keputusan sulit dan kemudian memutuskan kesempatan mana yang paling relevan.

Contoh

Keputusan terberat yang harus saya buat terjadi beberapa tahun yang lalu. Saya bekerja di sebuah perusahaan yang sedang melakukan perampingan, sehingga kami harus memberhentikan beberapa karyawan.

Karena peran saya, saya harus memutuskan siapa yang harus dipertahankan dan siapa yang harus dilepas. Ini adalah beberapa keputusan tersulit yang pernah saya buat dalam karier saya, terutama karena semua orang di tim kami sangat berbakat.

Tentu saja saya melakukan pekerjaan saya, karena terkadang kita harus membuat keputusan sulit tersebut, bahkan ketika kita lebih suka sebaliknya.

Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?

Pertanyaan ini lebih merupakan tes untuk mengukur apakah Anda telah melakukan penelitian tentang perusahaan sebelum wawancara.

Ini adalah langkah penting karena perusahaan ingin melihat bahwa Anda memiliki cukup minat untuk mendapatkan pengetahuan tentang perusahaan dan apa tujuannya.

Bahkan hanya sedikit informasi tentang perusahaan bisa membantu. Jawabannya berbeda berdasarkan perusahaan.

Contoh

Ibu saya adalah mantan karyawan di perusahaan Anda dan selalu mengungkapkan betapa dia sangat menyukai produk Anda, jadi saya selalu sangat akrab dengan merek Anda.

Perusahaan Anda memiliki hak paten atas banyak suplemen organik dan bersumber secara lokal. Saya membaca sebuah penelitian belum lama ini yang menunjukkan bahwa Spring Ridge Organics adalah salah satu perusahaan yang paling cepat berkembang di bidang ini.

Ini benar-benar mengesankan dan membuat saya semakin bersemangat untuk bergabung dengan organisasi yang inovatif.

Apakah Anda memiliki pertanyaan?

Penting untuk mengajukan pertanyaan kepada pemberi kerja, karena hal ini menunjukkan bahwa Anda tertarik dan antusias dengan posisi tersebut.

Coba ajukan pertanyaan strategis yang dapat melibatkan perekrut dan memberi Anda informasi yang berguna. Sebelum wawancara, cari tahu beberapa pertanyaan yang berguna untuk ditanyakan kepada HR.

Berikut adalah beberapa pertanyaan standar yang mungkin Anda tanyakan:

  • Apa tugas pekerjaan sehari-hari yang bisa diharapkan seseorang dalam peran ini?
  • Apa tim yang bisa diajak bekerja sama oleh kandidat dalam posisi ini?
  • Apa saja peluang untuk pertumbuhan karier dalam peran ini?

Baca juga: Mengenal Beberapa Jabatan Perusahaan di Indonesia

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai HR interview dan juga beberapa contoh pertanyaan dan jawaban yang mungkin bisa Anda gunakan saat melakukan wawancara kerja.

Jika Anda pemilik bisnis atau seseorang yang mengelola HR, untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses payroll dan tunjangan karyawan, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR modern seperti software payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software HR dan payroll berbasis cloud yang sangat mudah digunakan bagi Anda profesional HR dan memiliki fitur terlengkap dengan harga yang terjangkau.

Bahkan, dengan menggunakan Gajihub Anda akan mendapatkan solusi akuntansi terintegrasi dengan software akuntansi terbaik di Indonesia, Kledo.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *