Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Cara Menjadi K3 Spesialis

kesehatan dan keselamatan kerja 1

Jika Anda tertarik untuk mempromosikan kesehatan dan keselamatan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi spesialis kesehatan dan keselamatan kerja.

Tujuan utama seorang spesialis adalah untuk menganalisis, menilai, dan memperbaiki tantangan kebersihan dan keselamatan di tempat kerja untuk membantu pengusaha mengikuti peraturan.

Sebagai seorang spesialis, Anda dapat menggunakan pendidikan dan pelatihan Anda untuk menginstruksikan pengusaha tentang prosedur keselamatan, memimpin lokakarya kebersihan industri, dan membantu membuat tempat kerja lebih aman dan lebih sehat bagi semua karyawan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu kesehatan dan keselamatan kerja dan mengeksplorasi apa yang dilakukan oleh spesialis kesehatan dan keselamatan kerja, langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menjadi spesialis kesehatan dan keselamatan kerja.

Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Pengertian K3 Menurut Keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

Pengertian K3 Menurut OHSAS 18001:2007 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

Baca juga: Metode Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Saat Rekrutmen Karyawan

Apa yang Dimaksud dengan Spesialis  K3?

Spesialis kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah inspektur tempat kerja yang mengumpulkan data, menyelidiki prosedur, dan mendesain ulang lingkungan profesional untuk memaksimalkan keselamatan dan kebersihan.

Spesialis ini sering kali merupakan pekerja pemerintah yang fokus pada ruang industri dan publik, termasuk fasilitas manufaktur, lokasi konstruksi, rumah sakit, dan sekolah umum. Mereka juga dikenal sebagai:

  • Inspektur kesehatan dan keselamatan kerja
  • Spesialis keselamatan
  • Ahli kebersihan industri
  • Petugas perlindungan lingkungan
  • Ahli ergonomi

Baca juga: Apa itu Payroll Service? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Apa yang Dilakukan Oleh Spesialis K3?

Alih-alih bekerja di kantor, spesialis kesehatan dan keselamatan kerja sering kali melakukan investigasi mereka di lokasi. Selama inspeksi, spesialis kesehatan dan keselamatan kerja dapat:

  • Mengumpulkan data kesehatan dan keselamatan dan menggunakannya untuk menulis laporan
  • Menganalisis prosedur kerja untuk menentukan apakah prosedur tersebut mengikuti peraturan pemerintah dan standar keselamatan perusahaan
  • Memeriksa bangunan untuk mengetahui kepatuhan terhadap peraturan keselamatan, lingkungan dan kesehatan
  • Menguji dan meninjau lampu, peralatan, bahan bangunan, dan ventilasi untuk memastikan lingkungan kerja sehat, aman, dan nyaman bagi karyawan

Mereka juga sering mengajarkan pengusaha dan karyawan bagaimana meningkatkan kondisi kesehatan dan keselamatan, yang dapat mendukung pencegahan dan mendorong kepatuhan hukum. Pelatihan ini bisa meliputi:

  • Meninjau kecelakaan sebelumnya untuk menentukan penyebabnya dan mengembangkan praktik-praktik baru perusahaan untuk pencegahan
  • Melatih karyawan cara menggunakan perlengkapan keselamatan dengan benar
  • Melatih pengusaha untuk merancang prosedur yang efektif, seperti rencana tentang apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat
  • Membimbing para pemimpin perusahaan untuk mengembangkan praktik terbaik yang memprioritaskan kesehatan karyawan

Baca juga: Mengenal Beberapa Jabatan Perusahaan di Indonesia

kesehatan dan keselamatan kerja 2

Dimana Spesialis K3 Bekerja?

Untuk memberikan dukungan langsung kepada perusahaan dan karyawannya, spesialis kesehatan dan keselamatan kerja biasanya melakukan perjalanan ke lokasi yang mereka selidiki.

Mereka sering menggunakan sarung tangan, respirator, helm, dan alat pelindung diri (APD) untuk memastikan keselamatan mereka di tempat kerja dan mencontohkan penggunaan peralatan yang benar kepada pengusaha dan karyawan.

Berikut ini beberapa contoh tempat yang mungkin dikunjungi oleh spesialis kesehatan dan keselamatan kerja saat bekerja di lapangan:

  • Jalur perakitan pabrik untuk mendesain ulang protokol keselamatan perusahaan
  • Sebuah sekolah umum untuk mendidik para guru dan administrator tentang praktik kesehatan terbaik selama musim flu
  • Rumah sakit untuk meninjau prosedur pembuangan limbah biologis
  • Penyedia energi, seperti fasilitas tenaga nuklir, untuk memastikan perusahaan mengikuti kode keselamatan bangunan
  • Sebuah kantor selama renovasi untuk memastikan pembangun telah memilih bahan yang mempromosikan kesehatan karyawan dan menghindari bahan berbahaya seperti asbes

Baca juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajiban

Keterampilan yang Dibutuhkan untuk Spesialis K3

Melalui pendidikan, pelatihan dan sertifikasi mereka, spesialis kesehatan dan keselamatan kerja mengembangkan keterampilan yang tepat yang membantu mereka mendukung kepatuhan hukum dan memberdayakan organisasi untuk menciptakan lingkungan kerja yang higienis dan aman bagi semua karyawan.

Keterampilan ini sering kali mencakup:

Komunikasi

Spesialis harus mendiskusikan kesehatan dan keselamatan dengan pengusaha dan menjelaskan cara memecahkan tantangan yang kompleks di tempat kerja.

Keterampilan komunikasi yang mapan dapat membantu mereka memastikan orang-orang memahami peraturan dengan jelas dan memiliki alat dan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengikutinya.

Perhatian terhadap detail

Selama investigasi, para spesialis dengan cermat mencari detail tentang keadaan kebersihan dan keselamatan di tempat kerja.

Data ini dapat membantu mereka membuat prosedur baru, mengedukasi pengusaha dan menulis laporan yang komprehensif.

Berpikir kritis

Para spesialis sering menerapkan keterampilan berpikir kritis mereka terhadap tantangan kesehatan dan keselamatan, yang mereka analisis, teliti dan uji untuk kemungkinan penjelasannya. Kemudian, mereka dapat menentukan solusi terbaik untuk tempat kerja yang sedang diselidiki.

Baca juga: Contoh Kompensasi dan Jenisnya yang Wajib HR Ketahui

Stamina tinggi

Sebagai bagian dari tugas sehari-hari mereka, para spesialis biasanya pulang pergi untuk memeriksa tempat kerja.

Mereka berdiri dan bergerak saat bekerja dan terkadang melakukan inspeksi di lingkungan kerja seperti terowongan atau tambang, membuat daya tahan tubuh menjadi keterampilan penting untuk posisi ini.

Melek teknologi

Spesialis sering menggunakan teknologi untuk melakukan dan mencatat inspeksi, mulai dari pengolah kata hingga peralatan berteknologi tinggi seperti spektrometer.

Pengalaman menggunakan teknologi kesehatan dan keselamatan dapat mempersiapkan calon spesialis untuk sukses dalam pekerjaan.

Menulis

Para spesialis sering menerapkan pelatihan menulis mereka ketika merekam data dari inspeksi, yang mereka gunakan untuk menulis laporan dan merancang prosedur baru.

Dengan mengembangkan keterampilan menulis, para spesialis dapat memastikan inisiatif kesehatan dan keselamatan mereka mudah dipahami, diterapkan dan dipelihara.

gajihub 3

Baca juga: Kode Etik Profesi: Pengertian, Pentingnya, Contoh, dan Cara Membuatnya

8 Sertifikasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sertifikasi adalah validasi resmi atas keterampilan dan kemampuan Anda dan mengkomunikasikan kepada pemberi kerja kualifikasi yang Anda miliki.

Sertifikasi dapat meningkatkan kredensial Anda dan menyempurnakan materi aplikasi Anda. Berikut ini adalah delapan sertifikasi keselamatan kerja yang bisa Anda kejar:

1. Associate Safety Professional

Sertifikasi ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki gelar sarjana dan setidaknya satu tahun pengalaman di bidang terkait. Untuk mendapatkannya, Anda harus lulus ujian Associate Safety Professional.

Ujian ini mencakup informasi yang berkaitan dengan proteksi kebakaran, manajemen material, pencatatan, dan tanggap darurat. Untuk mempertahankan sertifikasi ini, Anda memenuhi persyaratan sertifikasi ulang dan membayar biaya perpanjangan tahunan.

2. Certified Hazardous Materials Manager (CHMM)

Certified Hazardous Materials Manager dari Institute of Hazardous Materials Management mengakui pengetahuan dan keahlian Anda dalam manajemen bahan.

Sertifikasi ini berfokus pada keselamatan dan kesehatan publik dan bagaimana operasi perusahaan dapat berdampak pada lingkungan dan masyarakat. Untuk menyelesaikan sertifikasi ini, Anda mendaftar, mendaftar, lulus ujian, dan membayar biaya pemeliharaan tahunan.

3. Certified Instructional Trainer

Sertifikasi ini berguna  untuk para profesional yang berpengalaman dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan pelatihan keselamatan dan kesehatan.

Anda memerlukan setidaknya 135 jam pengalaman di bidang terkait untuk mendaftar ujian, yang harus Anda lewati untuk menerima sertifikasi. Anda mungkin juga perlu terus memenuhi persyaratan sertifikasi ulang dan membayar biaya perpanjangan tahunan.

4. Certified Safety Director (CSD)

Sertifikasi ini berfokus pada aplikasi strategi dan pemecahan masalah untuk manajemen keselamatan. Sertifikasi ini menilai pengetahuan Anda tentang pengetahuan keselamatan teknis dan konseptual.

Anda dapat belajar lebih banyak tentang pemikiran kritis, analisis bukti, dan metode pelatihan yang efektif. Untuk mendapatkan sertifikasi ini, Anda membayar biaya aplikasi satu kali, biaya ujian satu kali dan biaya sertifikasi ulang setiap tiga tahun.

Baca juga: HR Management: Pengertian, Fungsi, dan Skill yang Dibutuhkan

5. Certified Safety and Health Manager (CSHM)

Certified Safety and Health Manager (CSHM) dari The Institute of Hazardous Materials Management berfokus pada topik-topik seperti prinsip-prinsip keuangan, audit keselamatan, keselamatan produk, dan hubungan kerja.

Ini untuk para profesional yang bekerja dengan bisnis dan mengembangkan strategi kesehatan dan keselamatan. Untuk mendapatkan kredensial ini, Anda memerlukan setidaknya gelar sarjana, dua tahun pengalaman yang memenuhi syarat, dan membayar biaya aplikasi dan ujian.

6. Global Safety Management Certificate

Sertifikasi ini diperuntukkan bagi para profesional yang bekerja dalam kapasitas keselamatan global dan menempati peran manajemen dalam organisasi mereka.

Kursus dalam program ini memberikan informasi global tentang cara membangun tempat kerja yang aman, terlepas dari lokasi Anda di dunia.

Program ini mengakui kemampuan Anda untuk mengidentifikasi masalah keselamatan, menerapkan sistem manajemen keselamatan, dan mematuhi standar dan peraturan.

Untuk menyelesaikan sertifikasi ini, Anda mendaftar dalam program, mengikuti ujian dan membayar biaya yang diperlukan. Tergantung pada situasi Anda, diperlukan waktu selama dua tahun untuk menyelesaikan kursus dan sertifikasi.

7. Teknisi Kebersihan dan Keselamatan Kerja

Sertifikasi ini diperuntukkan bagi mereka yang bekerja paruh waktu atau penuh waktu dan melakukan tugas kebersihan kerja.

Sertifikasi ini berfokus pada identifikasi bahaya, menggunakan langkah-langkah pengendalian, menyelidiki kecelakaan, mengevaluasi risiko, dan menerapkan strategi tanggap darurat.

Untuk mendapatkan kredensial ini, Anda harus memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman dan lulus ujian OHST.

8. Sertifikat Manajemen Keselamatan

Sertifikasi ini diperuntukkan bagi para profesional dengan pengalaman kurang dari tiga tahun dalam posisi terkait keselamatan dan kesehatan.

Selama program ini, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang anggaran keselamatan, kompensasi pekerja, dan program kesehatan.

Kursus ini berfokus pada informasi manajemen keselamatan dasar dan bagaimana keselamatan terintegrasi dengan tujuan bisnis. Untuk mendapatkan sertifikat, Anda mendaftar, membayar biaya, menyelesaikan kursus dan lulus ujian.

Baca juga: Pengertian HSE, Manfaat, dan Sertifikasi yang Dibutuhkan untuk Profesional HSE

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai kesehatan dan keselamatan kerja atau K3 dan skill juga sertifikasi yang bisa Anda dapatkan untuk memaksimalkan karir Anda sebagai spesialis K3.

Proses pengelolaan K3 yang baik dalam bisnis tidak hanya akan menunjang keselamatan dan meningkatkan produktivitas dalam bisnis Anda, namun juga dapat meningkatkan reputasi bisnis Anda di mata investor dan mengurangi kerugian akibat kecelakaan kerja.

Pastikan juga proses pengelolaan HR dalam bisnis Anda berjalan optimal dengan menggunakan sistem yang lebih modern untuk menunjang produktivitas yang maksimal.

Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

Dengan menggunakan Gajihub, karyawan Anda dapat melakukan pencatatan kehadiran dimana saja melalui smartphone, pencatatan payroll yang terintegrasi dengan sistem absensi dan penghitungan pajak penghasilan, manajemen cuti, dan masih banyak lagi.

Tertarik mencoba menggunakan Gajihub? Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Cara Menjadi K3 Spesialis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *