Kode Etik Profesi: Pengertian, Pentingnya, Contoh, dan Cara Membuatnya

kode etik profesi 1

Kode etik adalah kumpulan harapan, prinsip, dan praktik terbaik untuk individu, profesi, atau bisnis. Orang dapat membuat kode etik untuk menetapkan niat dan mengklarifikasi tujuan mereka, sementara perusahaan dapat menerapkan kode profesional sehingga semua personel dapat lebih mematuhi kebijakan dan standar perusahaan.

Dengan meninjau beberapa contoh interpretasi pribadi dan profesional, Anda dapat mempelajari opsi mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan menentukan strategi untuk membuat dokumen.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu kode etik profesi, manfaatnya, contoh dan juga cara membuat kode etik untuk bisnis Anda.

Apa itu Kode Etik Profesi?

Kode etik profesional adalah seperangkat prinsip yang dirancang untuk membantu bisnis mengatur pengambilan keputusan dan membedakan yang benar dari yang salah.

Sering disebut sebagai etika, prinsip-prinsip ini menguraikan misi dan nilai-nilai organisasi, bagaimana para profesional di dalam organisasi seharusnya mendekati masalah dan standar yang menjadi pegangan karyawan.

Dalam beberapa industri, seperti keuangan atau kesehatan masyarakat, undang-undang khusus menentukan perilaku profesional. Dalam industri lain, kode etik dapat diadopsi secara mandiri.

Misalnya, bisnis yang tidak selalu berfokus pada perubahan iklim mungkin masih merinci komitmennya terhadap keberlanjutan dalam kode etik resminya.

Baca juga: Perencanaan SDM: Pengertian, Fungsi, dan Tahapannya

Mengapa Kode Etik itu Hal Penting?

Penting untuk memiliki kode etik untuk membantu memandu Anda mengenai tindakan yang benar secara moral untuk diambil.

Meninjau dan memperbarui kode etik Anda secara teratur dapat membantu menjaga kode etik tetap ada dalam pikiran Anda saat Anda menghadapi situasi sehari-hari di mana Anda perlu membuat keputusan etis.

Kode etik profesi dapat memastikan Anda melakukan sesuatu secara legal dan aman. Kode etik pribadi juga membantu Anda menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda adalah orang yang beretika dengan nilai-nilai yang penting bagi Anda.

Ini adalah sifat-sifat yang dapat membantu Anda sepanjang karier dan kehidupan Anda, termasuk dalam hubungan dan pengaturan profesional. Dengan menunjukkan perilaku etis, Anda dapat membangun hubungan yang lebih saling percaya dengan orang-orang di sekitar Anda.

Kode etik membantu Anda mendefinisikan nilai-nilai yang penting bagi Anda dalam semua aspek kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Memiliki kode etik pribadi juga dapat membantu Anda mengidentifikasi bisnis atau perusahaan yang nilai-nilainya selaras dengan Anda. Jika Anda memiliki kode etik sendiri, Anda bisa membandingkan apa yang penting bagi Anda dengan apa yang penting bagi calon pemberi kerja.

Baca juga: Karakteristik Kepemimpinan yang Baik dan Tips untuk Menjadi Pemimimpin Hebat

kode etik profesi 2

Bagaimana Cara Membuat Kode Etik Bisnis yang Baik?

Kode etik profesi yang baik memberikan sistem nilai perusahaan dan juga standar moral

Dokumen ini sering kali melibatkan menunjukkan kepada karyawan pedoman etika untuk berperilaku dan perilaku mereka di lingkungan kerja.

Merujuk pada kode etik dapat membantu karyawan membuat keputusan penting, melayani kebutuhan klien dan menyelesaikan konflik di tempat kerja dengan sukses.

Beberapa contoh pedoman ini dapat mengacu pada menunjukkan profesionalisme di tempat kerja, menghormati hak-hak hukum karyawan atau menjaga protokol kerahasiaan.

Berikut ini adalah elemen-elemen kode etik profesional yang patut dicontoh:

Memprioritaskan keterbacaan

Karena banyak orang di perusahaan dapat membaca dokumen ini, penting untuk menggunakan bahasa yang dapat ditindaklanjuti dan kalimat yang ringkas dan jelas untuk meningkatkan keterbacaannya secara keseluruhan.

Memberikan gambaran umum yang terperinci

Setiap bagian dari kode etik profesional dapat memperoleh manfaat dari penjelasan rinci dari setiap prinsip panduan. Misalnya, paragraf tentang kerahasiaan dapat menjelaskan mengapa hal itu penting dan bagaimana seorang karyawan dapat mematuhinya dengan lebih baik.

Baca juga: Cara Menghitung Produktivitas dan Rumus Menghitungnya

Sertakan dukungan kepemimpinan

Sering kali sangat membantu jika dokumen menunjukkan validasi dari chief executive officer (CEO) perusahaan atau pemimpin lain, karena hal ini dapat mendorong orang untuk mengikuti kode etik dengan hati-hati. Mereka dapat menandatangani dokumen atau memberikan surat sebelumnya yang menjelaskan tujuannya.

Tunjukkan informasi dengan cara yang menarik

Pertimbangkan untuk menggunakan format dan struktur yang menarik dan menarik secara estetika. Mengikuti format juga dapat membantu perusahaan menciptakan aliran informasi yang logis, yang dapat membantu orang mengingat kode etik profesional dengan lebih efisien.

Menawarkan opsi aksesibilitas

Sangat penting bahwa semua personel di perusahaan dapat membaca dan meninjau kode etik sesuai kebutuhan. Akibatnya, dokumen berkualitas tinggi tersedia dalam berbagai format, termasuk salinan fisik, file online, dan versi dalam berbagai bahasa.

Tetapkan prioritas Anda

Selanjutnya, saat membuat kode etik sangat penting menentukan nilai-nilai yang penting bagi perusahaan Anda. Menempatkan aturan-aturan ini sejak awal akan membantu perusahaan Anda tumbuh seperti yang Anda inginkan.

Misalnya, ketika organisasi Anda berkembang, Anda akan merekrut karyawan baru, dan Anda ingin mereka memahami nilai-nilai organisasi Anda sebelum Anda membawa mereka ke tempat kerja.

Salah satu cara Anda dapat mengidentifikasi nilai-nilai perusahaan Anda adalah dengan mempertimbangkan apa batasan Anda ketika mencoba memperoleh klien atau memenuhi sasaran pendapatan Anda.

Penting juga untuk memikirkan tentang lingkungan kerja perusahaan Anda serta faktor-faktor yang lebih kecil seperti kehadiran dan cara berpakaian.

Minta masukan dari karyawan

Jika profesi Anda mengharuskan ada karyawan, minta karyawan Anda berpartisipasi dalam menyusun kode etik Anda.

Karyawan perlu memahami mengapa penting untuk menuliskan kode etik dan mengapa kode etik itu berisi prinsip-prinsip yang ada di dalamnya.

Jika Anda meminta masukan dari mereka saat Anda membuat kode etik, mereka akan jauh lebih mungkin mendukung gagasan tersebut, dan kode tersebut mungkin mencakup pilihan prinsip yang lebih menyeluruh.

Baca juga: Tugas HRD dan Kualifikasi HRD yang Wajib Anda Ketahui

Percayakan seseorang sebagai penanggung jawab

Bahkan jika Anda mendapat dukungan dari manajemen senior dan karyawan, seseorang masih perlu diberi tanggung jawab untuk menerapkan kode etik Anda.

Sering dikenal sebagai petugas etika atau kepatuhan, orang ini perlu memiliki komitmen yang kuat terhadap keberhasilan organisasi Anda, dapat diandalkan dan memiliki keterampilan interpersonal yang kuat.

Biasanya, peran ini akan jatuh ke seseorang di departemen SDM Anda yang mungkin juga bertanggung jawab untuk memantau dan melaporkan pelanggaran.

Karyawan yang Anda tempatkan untuk bertanggung jawab menjaga kode etik perusahaan Anda juga harus bertanggung jawab untuk memperbaruinya.

Kode etik harus menjadi bagian dinamis dari bisnis Anda yang berubah seiring pertumbuhan dan perkembangan perusahaan Anda.

Setiap tahun, Anda harus bertanya pada diri sendiri apakah kode etik tersebut terus mewakili bisnis Anda dan siapa yang Anda inginkan.

Untuk memastikan seluruh kode etik dalam profesi dan bisnis Anda berjalan dengan semestinya, Anda tidak hanya membutuhkan orang yang tepat namun juga alat yang tepat seperti sistem HR yang modern, contohnya adalah software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terbaik guna memudahkan proses manajemen SDM dalam bisnis Anda secara terintegrasi dalam satu platform.

Ingin tau bagaimana caranya Gajihub membuat proses pengelolan HR yang lebih baik? Anda bisa mencobanya secara gratis melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 1

Memiliki seseorang untuk dimintai bantuan

Jika Anda adalah bagian dari perusahaan yang lebih kecil di bidang berisiko rendah dan tanggung jawab rendah, Anda biasanya dapat menyusun kode etik sendiri.

Namun, jika Anda memiliki lebih dari 20 karyawan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan spesialis sumber daya manusia atau ahli etika. Akan bermanfaat untuk meminta bantuan untuk memastikan Anda telah mencakup setiap prinsip yang diperlukan dalam kode etik Anda.

Baca juga: Manajemen Mikro (Micromanage): Pengertian, Dampak Buruk, dan Cara Menghindarinya

Contoh Kode Etik Profesi

Berikut ini adalah beberapa contoh kode etik profesional dalam berbagai profesi:

Pengacara

Pengacara terikat pada kode etik profesional yang ada secara independen dari pekerjaan mereka.

Dilansir dari Hukumonline.com, Advokat atau Pengacara tidak dibenarkan memberikan keterangan menyesatkan klien mengenai perkara yang sedang diurusnya. Sedangkan dalam menangani klien berdasarkan Kode etik Advokat Indonesia tanggal 23 Mei 2002 pasal 4 adalah;

  • kesatu, Advokat tidak dibenarkan menjamin kepada kliennya bahwa perkara yang ditanganinya akan menang.
  • Kedua, dalam menentukan besarnya honorarium Advokat wajib mempertimbangkan kemampuan klien.
  • Ketiga, Advokat tidak dibenarkan membebani klien dengan biaya-biaya yang tidak perlu.
  • Keempat, Advokat dalam mengurus perkara cuma-cuma harus memberikan perhatian yang sama seperti terhadap perkara untuk mana ia menerima uang jasa.
  • Kelima, Advokat harus menolak mengurus perkara yang menurut keyakinannya tidak ada dasar hukumnya.
  • Keenam, Advokat wajib memegang rahasia jabatan tentang hal-hal yang diberitahukan oleh klien secara kepercayaan dan wajib tetap menjaga rahasia itu setelah berakhirnya hubungan antara Advokat dan klien itu.
  • Ketujuh, Advokat tidak dibenarkan melepaskan tugas yang dibebankan kepadanya pada saat tidak menguntungkan posisi klien atau pada saat tugas itu akan dapat menimbulkan kerugian yang tidak dapat diperbaiki lagi bagi klien yang bersangkutan, dengan tidak mengurangi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 3 huruf a.
  • Kedelapan, Advokat yang mengurus kepentingan bersama dari dua pihak atau lebih harus mengundurkan diri sepenuhnya dari pengurusan kepentingan-kepentingan tersebut, apabila dikemudian hari timbul pertentangan kepentingan antara pihak-pihak bersangkutan.
  • Kesembilan, Hak retensi Advokat terhadap klien diakui sepanjang tidak akan menimbulkan kerugian kepentingan klien.

Selain itu dalam mengurus perkara, apabila perkara tersebut sebelumnya pernah diurus oleh pengacara lain maka berdasarkan kode etik pengacara pasal 5e, pengacara tersebut harus menerima surat pencabutan kuasa pengacara sebelumnya dari klien.

Dokter

Seperti halnya pengacara, dokter juga terikat pada kode etik universal karena profesi yang mereka pilih. Asosiasi Medis Amerika membahas segala sesuatu mulai dari perawatan pasien hingga hubungan dengan anggota staf lainnya. Sebagai contoh:

  • Seorang dokter harus memberikan perawatan medis yang kompeten, dengan kasih sayang dan menghormati martabat dan hak asasi manusia.
  • Seorang dokter harus menjunjung tinggi standar profesionalisme, jujur dalam semua interaksi profesional, dan berusaha untuk melaporkan dokter yang memiliki karakter atau kompetensi yang kurang baik, atau terlibat dalam penipuan atau kecurangan, kepada entitas yang tepat.
  • Seorang dokter harus menghormati hukum dan mengakui tanggung jawab untuk mengupayakan perubahan dalam persyaratan yang bertentangan dengan kepentingan terbaik pasien.

Baca juga: Pengertian HSE, Manfaat, dan Sertifikasi yang Dibutuhkan untuk Profesional HSE

Penasihat keuangan

Penasihat keuangan secara hukum terikat pada kode etik yang dikenal sebagai tugas fidusia. Kode etik ini mengharuskan mereka untuk bertindak demi kepentingan terbaik klien mereka. Akuntan publik bersertifikat (CPA) diharapkan untuk mengikuti standar etika yang sama yaitu kejujuran, objektivitas dan integritas.

Guru

Pendidik profesional biasanya berpegang pada kode etik universal yang dirancang untuk melindungi hak-hak semua siswa.

Kode etik dapat bervariasi dari satu sekolah ke sekolah lain atau sedikit berbeda di setiap negara, tetapi prinsip-prinsip dasarnya selalu tetap sama: Guru diharuskan untuk menunjukkan ketidakberpihakan, integritas, dan perilaku etis di kelas dan dalam perilaku mereka dengan orang tua dan kolega.

Bisnis

Bisnis sering menetapkan kode etik untuk membantu karyawan memutuskan apakah perilaku tertentu dapat diterima. Beberapa contohnya adalah:

  • Kerahasiaan dan kebijakan privasi: Perusahaan mungkin mengharuskan karyawan untuk menjaga kerahasiaan ketika menangani informasi pribadi klien atau ketika berurusan dengan data milik perusahaan sendiri.
  • Mematuhi hukum: Perusahaan dapat menentukan pedoman yang mengharuskan karyawan untuk mematuhi hukum. Misalnya, mereka mungkin membahas tentang mengambil keuntungan dari-atau memungkinkan orang lain untuk mengambil keuntungan dari-informasi internal mengenai stabilitas keuangan, kinerja atau masalah internal perusahaan.
  • Kebijakan kepedulian dan pertimbangan: Perusahaan dapat menetapkan kebijakan yang mengharuskan karyawan untuk berperilaku dengan cara yang peduli dan penuh pertimbangan. Misalnya, jika Anda menyediakan layanan perawatan kesehatan di rumah bagi warga lanjut usia, memperlakukan pasien dan keluarga mereka dengan perhatian dan pertimbangan bisa berdampak pada kemampuan Anda untuk mendapatkan klien baru. Pemberi kerja juga bisa menyertakan kebijakan ini tentang bagaimana karyawan memperlakukan satu sama lain. Hal ini dapat memastikan semua orang memahami bahwa berperilaku dengan penuh pertimbangan dan kasih sayang adalah harapan dasar dan bahwa perilaku lain tidak akan ditoleransi.

Baca juga: Leader dan Bos: Pengertian Lengkap dan Perbedaan yang Harus Anda Ketahui

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai kode etik profesi dan juga berbagai contohnya dalam profesi yang ada di di Indonesia. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, untuk meningkatkan etika profesi karyawan Anda tidak hanya membutuhkan orang yang tepat namun juga alat yang tepat untuk proses yang lebih praktis.

Gajihub adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Software payroll dan HR dalam bisnis biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Gajihub juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee-self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Gajihub melalui smartphone atau gadget masing-masing.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

2 thoughts on “Kode Etik Profesi: Pengertian, Pentingnya, Contoh, dan Cara Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *