Manajemen Mikro (Micromanage): Pengertian, Dampak Buruk, dan Cara Menghindarinya

manajemen mikro micromanage 1

Manajer adalah anggota tim penting yang memimpin dengan gaya yang berbeda. Kadang-kadang, ketika mereka menjadi terlalu terlibat dalam pekerjaan anggota tim mereka, mereka melakukan manajemen mikro atau micromanage daripada memberikan bimbingan.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu manajemen mikro atau micromanage dan mengapa orang melakukan micromanage, plus cara meinghindari micromanage di tempat kerja.

Apa itu Manajemen Mikro?

Micromanaging atau manajemen mikro adalah istilah negatif yang mengacu pada gaya manajemen. Menurut laman Gartner: Micromanagement adalah pola perilaku manajer yang ditandai dengan pengawasan dan kontrol yang berlebihan terhadap pekerjaan dan proses karyawan, serta pendelegasian tugas atau keputusan yang terbatas kepada staf.

Micromanagers umumnya menghindari memberikan kekuasaan pengambilan keputusan kepada karyawan mereka dan biasanya terlalu terobsesi dengan pengumpulan informasi.

Mengapa orang melakukan micromanage?

Tidak ada jawaban langsung untuk pertanyaan itu. Orang melakukan micromanage karena berbagai alasan. Alasan-alasan ini dapat mencakup perasaan dan emosi yang berbeda seperti rasa takut gagal, kebutuhan ekstrem untuk kontrol dan dominasi, tidak berpengalaman dalam manajemen, rasa tidak aman, anggota tim yang tidak terampil, ego yang tidak sehat, dll.

Beberapa micromanager mungkin terdorong untuk bertindak begitu obsesif karena masalah yang mereka miliki di rumah dan dalam kehidupan pribadi mereka.

Namun, alasan yang paling jelas dan umum bagi orang untuk mengelola adalah, kurangnya kepercayaan dan rasa hormat pada orang-orang yang bekerja dengan mereka.

Baca juga: Pekerja Kerah Putih dan Biru: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

Tanda-tanda Manajemen Mikro dan Dampak Buruknya

Jika Anda bertanya-tanya apakah Anda sedang di-micromanagement atau jika Anda sendiri adalah seorang micromanager, berikut ini adalah daftar karakteristik paling umum yang membuktikannya:

1. Micromanager menghindari delegasi

Karena micromanager tidak percaya bahwa siapa pun dapat melakukan pekerjaan yang layak, mereka menghindari mendelegasikan tugas dan melakukan semuanya sendiri.

Tentu saja, itu tidak bekerja dengan baik untuk siapa pun, dan micromanager bukanlah superhero, jadi jelas mereka perlu kembali ke Bumi dan menyadari bahwa tugas-tugas harus didelegasikan kepada orang-orang yang memiliki keterampilan khusus yang dibutuhkan dan memenuhi syarat untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

2. Micromanager terlalu terlibat dalam pekerjaan karyawannya

Berdiri di atas bahu seseorang mengawasi setiap gerakan mereka dan memeriksa segala sesuatunya secara konstan tidaklah efektif – dan itu menjengkelkan.

Banyak orang yang merasa tidak nyaman ketika mereka terus-menerus diawasi, yang mengakibatkan stres dan bahkan kesalahan.

3. Micromanager sangat sering meminta pembaruan dan laporan status

Check-in mingguan dan laporan status pada interval waktu yang wajar adalah standar. Tetapi, ketika pembaruan diminta setiap hari, Anda bisa yakin bahwa Anda sedang di-micromanage atau Anda sendiri yang menjadi bos micromanaging.

Obsesi dengan pembaruan yang konstan ini menghasilkan waktu yang terbuang sia-sia yang dihabiskan orang untuk membuat laporan terperinci daripada berfokus pada apa yang sebenarnya mereka kerjakan.

Baca juga: Pengertian HSE, Manfaat, dan Sertifikasi yang Dibutuhkan untuk Profesional HSE

4. Manajer mikro ingin di cc di setiap email

”Dan jangan lupa untuk meng-cc’d saya di email” – apakah itu terdengar familiar? Jika ya, maka ini adalah tanda yang jelas bahwa apakah Anda sedang di-micromanager atau Anda sendiri adalah seorang micromanager.

Kebutuhan untuk memiliki visibilitas dari setiap komunikasi setiap saat ini biasanya menunjukkan bahwa manajer takut ditinggalkan, atau dia berpikir bahwa orang lain mungkin mendiskusikan detail dan membuat keputusan di belakangnya.

5. Micromanager selalu mengeluh dan tidak pernah puas

Micromanager mengeluh tentang segala hal bahkan ketika tidak ada yang perlu dikeluhkan. Tapi masalahnya adalah ketika Anda selalu mencari kesalahan dan kekurangan orang lain, hanya itu yang akan Anda temukan.

Seringkali keluhan ini bisa jadi tentang hal-hal terkecil yang bahkan tidak berhubungan dengan pelaksanaan tugas. Biasanya, para micromanager akan berpikir bahwa mereka hanya mendorong kesempurnaan, tetapi apa yang sebenarnya mereka lakukan adalah menguras motivasi dari karyawan mereka.

6. Micromanager tidak memberikan ruang untuk kreativitas dan inisiatif juga mencegah pengambilan keputusan independen

Karena mereka tidak mempercayai orang lain untuk melakukan pekerjaan mereka, micromanager memberi tahu karyawan apa yang harus dilakukan tanpa menyisakan ruang untuk kreativitas dan inisiatif.

Khususnya jika pekerjaan Anda berada di area kreatif, terus-menerus diberitahu bagaimana tepatnya suatu tugas harus dilakukan bisa sangat membuat frustrasi dan mengecilkan hati.

Memberikan kebebasan pengambilan keputusan independen juga tidak terpikirkan oleh para micromanager. Meskipun kemungkinan besar pekerjaan Anda harus melalui beberapa bentuk proses persetujuan, itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh membuat beberapa keputusan sendiri dalam proses pekerjaan Anda.

Sebenarnya justru sebaliknya – Anda dipekerjakan karena Anda adalah orang yang paling memenuhi syarat untuk pekerjaan itu dan karena keputusan yang bisa Anda ambil berdasarkan keahlian Anda bisa mendorong pertumbuhan bisnis.

Steve Jobs mengatakan:

“Tidak masuk akal untuk mempekerjakan orang pintar dan memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan; kita mempekerjakan orang pintar sehingga mereka bisa memberi tahu kita apa yang harus dilakukan.

Baca juga: Leader dan Bos: Pengertian Lengkap dan Perbedaan yang Harus Anda Ketahui

7. Micromanagers tidak meneruskan keterampilan dan pengetahuan mereka

Manajer dapat bertindak sebagai panutan bagi karyawan yang baru memulai perjalanan mereka. Tetapi jika manajer tersebut tidak tertarik untuk mengajari juniornya, hal itu tidak hanya mengecewakan, tetapi juga sangat mengecilkan hati dan menakutkan.

Biasanya, setelah pengalaman mengerikan seperti itu, di mana para junior tidak belajar apa-apa, tetapi sementara itu menerima banyak keluhan, yang dapat membuat mereka menyerah atau yang terburuk mengubah mereka menjadi seorang micromanager di masa depan.

manajemen mikro micromanage 2

Cara Menghadapi Atasan yang Melakukan Manajemen Mikro

Tidak ada seorang pun yang ingin menjadi micromanaging, pergi bekerja dengan putus asa, stres sepanjang hari, dan diteriaki.

Langkah pertama dalam menghadapi micromanaging adalah memahami alasan di balik perilaku micromanager. Inilah hal lain yang harus dilakukan:

1. Pahami alasan di balik perilaku micromanager

Seperti yang telah kami sebutkan, orang melakukan manajemen mikro karena sejumlah alasan. Untuk mengetahui cara melangkah lebih jauh dan menghadapi atasan Anda yang melakukan micromanaging, pertama-tama Anda perlu memahami apa yang memicu perilakunya.

Mungkin manajer Anda juga sedang mengalami banyak tekanan, mungkin dia memiliki masalah kepercayaan dengan karyawan sebelumnya, atau mungkin itu hanya kepribadiannya.

Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, Anda perlu mencari tahu, sehingga Anda bisa membangun kepercayaan dan bahkan membantunya mengatasi apa pun yang membuatnya bertindak seperti itu terhadap Anda dan rekan tim Anda.

2. Bangun kepercayaan

Kepercayaan adalah kunci untuk setiap hubungan yang sehat baik itu cinta, teman, atau hubungan kerja, tanpa kepercayaan itu hanya membuang-buang waktu.

Jika Anda ingin atasan Anda berhenti melakukan micromanaging terhadap Anda, Anda perlu memenangkan kepercayaannya dan menunjukkan kepadanya bahwa ia dapat dengan tenang mendelegasikan tugas-tugas Anda dan memberi Anda kebebasan untuk mengambil keputusan.

Ya, kami tahu bahwa ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tetapi biasanya itulah yang terjadi dengan kepercayaan – sulit untuk dibangun, mudah hilang.

Anda bisa mencoba menunjukkan kepada atasan Anda bahwa dia bisa mempercayai Anda dengan memberikan hasil kerja yang luar biasa (pastikan untuk mengecek dua atau bahkan tiga kali lipat semuanya sebelum Anda menyerahkannya) dan secara teratur mengkomunikasikan kemajuan Anda (jangan menunggu dia untuk bertanya, bertanggung jawablah).

Terkadang membangun hubungan pribadi juga dapat berkontribusi untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan di ruang kerja.

Baca juga: Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

3. Bagikan perasaan Anda dan mulailah diskusi

Gagasan ini mungkin menakutkan pada awalnya, tetapi salah satu pendekatan yang paling langsung untuk berurusan dengan atasan yang suka melakukan micromanaging adalah dengan hanya berbagi perasaan Anda dan memulai diskusi tentang situasinya.

Jelaskan bagaimana perilaku micromanaging-nya berdampak negatif terhadap kinerja dan alur kerja Anda secara keseluruhan dengan cara yang jujur, sopan, dan tenang.

Jangan biarkan kemarahan menguasai Anda dan jangan mencoba bersikap defensif karena hal ini tidak akan membantu Anda memperbaiki situasi.

4. Tetapkan batasan yang sehat dan harapan yang realistis

Sebagai bagian dari percakapan di atas, akan sangat baik untuk mendiskusikan dan menetapkan batasan yang sehat dan harapan yang realistis.

Tetapkan kejelasan tentang peran dan tanggung jawab serta harapan Anda dan manajer Anda sehingga tidak ada kesalahpahaman dalam proses kerja.

Pastikan juga untuk menetapkan batasan-batasan dan biarkan atasan Anda tahu ketika dia melewatinya. Hal ini mungkin juga menakutkan pada awalnya, tetapi begitu semua hal tersebut dikomunikasikan dan pelajaran dipelajari, hal-hal ajaib di ruang kerja bisa terjadi.

5. Tetap jaga komunikasi dan feedback dua arah

Setelah  Anda telah memahami alasan di balik perilaku manajer Anda, Anda berbagi perasaan Anda, mendiskusikan situasi dan bekerja untuk membangun kepercayaan.

Tetapi ini bukan akhir dari segalanya. Ini adalah proses yang berkelanjutan; Anda tidak bisa mengubah sesuatu dalam semalam. Anda harus terus menjaga komunikasi dan umpan balik dua arah, sehingga segala sesuatunya tidak kembali seperti semula.

Teruslah bersikap proaktif dan bicarakan dengan manajer Anda untuk memastikan bahwa mereka senang dengan hasil kerja Anda.

gajihub 1

Jika Anda Pemimpin, Berikut Adalah Cara Menghindari Manajemen Mikro

Jika Anda membaca artikel ini karena Anda telah berpikir bahwa kemungkinan Anda sendiri mungkin adalah seorang atasan yang melakukan micromanaging, maka sekarang Anda seharusnya sudah tahu jawabannya.

Jika Anda telah menyimpulkan bahwa Anda adalah atasan yang micromanaging, jangan berkecil hati; micromanagement mungkin merupakan kebiasaan yang sulit dihilangkan, tetapi dengan panduan yang tepat, Anda bisa melakukannya.

Ikuti tips kami, bekerja keras dan hasil yang diinginkan tidak akan terlambat.

1. Lepaskan perfeksionisme

Saatnya menghadapi kebenaran: kesempurnaan itu tidak ada.

Ketika Anda menyadari hal itu, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk berhenti melakukan micromanaging terhadap tim Anda.

Ada berbagai metode yang berbeda untuk melakukan tugas atau proyek tertentu, jadi alih-alih memberi tahu tim Anda bagaimana melakukan segala sesuatu yang Anda anggap sempurna, berdayakan mereka untuk menguji pendekatan baru dan bereksperimen dengan ide-ide baru – Anda tidak akan pernah tahu bagaimana mereka bisa mengejutkan Anda.

Baca juga: Orientasi Karyawan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Melakukannya

2. Praktekkan delegasi

Sebagai seorang manajer atau pemimpin, Anda harus mengetahui kekuatan anggota tim Anda sehingga Anda bisa mendelegasikan tugas yang sesuai.

Jika Anda tidak dapat mendelegasikan tugas secara efektif, maka ini adalah alasan lain bagi Anda untuk menghindari melakukannya dan melakukan micromanage terhadap segala sesuatu yang dilakukan tim Anda.

Pada awalnya, Anda mungkin akan membuat kesalahan, tetapi ingatlah bahwa latihan adalah bagian yang sulit dari pembelajaran, tetapi juga inti dari pengetahuan.

3. Maklumi kegagalan

Sesulit apa pun kelihatannya, dunia tidak akan berhenti berputar jika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana.

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda dan bisa menjadi guru terbaik. Jangan takut akan hal itu, sambutlah dan alih-alih menyalahkan dan meneriaki tim Anda untuk itu, ajarkan mereka untuk merangkul kegagalan juga.

4. Fokus pada peran dan tanggung jawab Anda

Pekerjaan Anda sebagai manajer memiliki tanggung jawabnya sendiri. Daripada melakukan manajemen mikro pada setiap langkah alur kerja karyawan Anda karena Anda berpikir bahwa satu-satunya yang dapat menyelesaikan tugas tertentu dengan sukses adalah Anda, berikan mereka kesempatan untuk membuktikan keterampilan mereka dan fokus pada aktivitas yang hanya dapat Anda lakukan sebagai manajer.

Tugas Anda adalah menetapkan tujuan dan tolok ukur yang jelas serta mengukur kinerja, dan itulah yang harus Anda lakukan.

Baca juga: Manajemen Proyek: Pengertian, Tahapan, dan Skill yang Dibutuhkan

5. Cari umpan balik dan bicaralah dengan tim Anda

Jika Anda ingin memiliki hubungan yang kuat dengan tim Anda, jangan takut untuk mengangkat topik gaya manajemen Anda.

Tanyakan umpan balik kepada setiap individu di tim Anda dan tanyakan kepada mereka bagaimana mereka ingin dikelola – mungkin beberapa orang akan lebih suka gaya manajemen mikro Anda saat ini, sementara yang lain menginginkan lebih banyak kebebasan.

Pahami keinginan tim Anda dan sesuaikan dengan kebutuhan ini.

Baca juga: Job Specification: Pengertian, Elemen, dan Bedanya dengan Job Description

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai manajemen mikro atau micromanage, tandanya, dan juga cara menghindari micromanage pada bisnis Anda. Pada awalnya, micromanager biasanya memiliki niat yang baik terhadap karyawan mereka dan pekerjaan secara umum.

Masalahnya, perilaku mereka bisa berdampak pada kinerja tim, produktivitas, dan bahkan merusak mental karyawan. Itulah mengapa hal-hal dalam lingkungan manajemen mikro harus berubah.

Salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk meminimalisir micromanage pada bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR yang modern untuk memudahkan Anda melakukan delegasi dan memantau performa karyawan Anda.

Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memudahkan Anda dalam mengelola proses HR dan dirancang untuk membantu tim dan organisasi menghasilkan produktivitas yang luar biasa dengan meningkatkan efisiensi alur kerja dengan serangkaian fitur terintegrasi yang kaya dan mudah digunakan.

Jadi tunggu apalagi? Kurangi manajemen mikro dalam organisasi Anda dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

4 thoughts on “Manajemen Mikro (Micromanage): Pengertian, Dampak Buruk, dan Cara Menghindarinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *