Pekerja Kerah Putih dan Biru: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

kerah putih 1

Kerah biru dan kerah putih adalah klasifikasi bahasa kasual yang umum untuk menggambarkan berbagai profesi. Karena kedua istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan jenis pekerjaan yang berbeda, akan sangat membantu untuk memahami definisi masing-masing dan perbedaan di antara keduanya.

Dalam artikel ini, kami mengeksplorasi pengertian perbedaan utama antara pekerjaan kerah biru dan pekerjaan kerah putih dan melihat beberapa contoh posisi di setiap pengelompokan.

Apa itu Pekerja Kerah Putih?

Pekerjaan kerah putih atau white collar biasanya dikaitkan dengan tugas pekerjaan profesional yang tidak memerlukan tenaga fisik atau manual. Posisi dalam stereotip ini biasanya membutuhkan setidaknya gelar sarjana, meskipun biasanya pekerjaan ini membutuhkan gelar master atau doktoral.

Pekerjaan kerah putih biasanya diatur di dalam ruangan, lingkungan seperti kantor dan cenderung mengikuti jam kerja standar 9-ke-5.

Pekerja kerah putih biasanya menerima gaji mingguan atau bulanan alih-alih upah per jam yang diperoleh oleh beberapa pekerja lainnya. Mereka juga menerima manfaat seperti asuransi kesehatan, rencana pensiun dan waktu istirahat yang dibayar.

Baca juga: HR Management: Pengertian, Fungsi, dan Skill yang Dibutuhkan

Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Pekerja Kerah Putih

Pekerjaan kerah putih sering kali membutuhkan kredensial akademis dan pelatihan tertentu serta keahlian yang dapat menguntungkan perusahaan secara keseluruhan. Keterampilan umum untuk posisi kerah putih meliputi:

  • Kemampuan interpesonal
  • Komunikasi verbal dan nonverbal
  • Berbicara di depan umum
  • Manajemen waktu
  • Penyelesaian masalah
  • Literasi komputer
  • Organisasi
  • Perhatian terhadap detail

Contoh Pekerjaan Kerah Putih

Berikut adalah 5 contoh posisi yang sering dianggap sebagai pekerjaan kerah putih:

1. Manajer pelayanan pelanggan

Tugas utama: Manajer layanan pelanggan mengawasi departemen layanan pelanggan perusahaan, atau tim yang bertanggung jawab untuk menangani permintaan dan masalah pelanggan.

Mereka dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dalam lingkungan komersial, atau melalui cara jarak jauh seperti melalui telepon, email, atau panggilan video.

Manajer layanan pelanggan adalah karyawan yang diperlukan di semua industri yang menawarkan barang atau jasa kepada konsumen.

2. Peneliti pasar

Tugas utama: Peneliti pasar adalah analis terlatih yang melakukan studi dan mengumpulkan data untuk membuat kesimpulan tentang konsumen, pasar, atau persaingan perusahaan.

Mereka dipekerjakan oleh perusahaan untuk memberikan wawasan tentang apa yang dicari konsumen dalam produk atau layanan dan ahli dalam tren pasar untuk memastikan bahwa usaha kompatibel dengan keadaan pasar saat ini.

Peneliti pasar biasanya bekerja sebagai bagian dari lembaga riset pasar, di mana mereka melakukan studi dengan peserta yang dibayar.

Baca juga: Leadership Adalah? Pengertian, Jenis, dan Cara Mengasah Kemampuan Leadership

3. Copywriter

Tugas utama: Seorang copywriter adalah penulis profesional yang berspesialisasi dalam membuat konten untuk perusahaan atau merek lain.

Mereka biasanya menulis artikel dengan tujuan memberi tahu konsumen tentang produk atau layanan tertentu, seperti buletin merek.

Copywriter memiliki beberapa pilihan dalam hal pekerjaan, karena mereka memiliki pilihan untuk bekerja sebagai karyawan internal untuk agen pemasaran, sebagai penulis internal untuk bisnis atau sebagai pekerja lepas.

4. Akuntan

Tugas utama: Akuntan adalah ahli keuangan yang tugas utamanya adalah memastikan bahwa dokumen keuangan diselesaikan secara akurat dan legal.

Akuntan dapat menemukan pekerjaan di berbagai industri, karena sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk mempekerjakan profesional akuntansi internal.

Mereka juga dapat bekerja untuk entitas pemerintah atau sebagai bagian dari kantor akuntan independen di mana mereka menawarkan jasa mereka kepada publik.

5. Bankir

Tugas utama: Bankir adalah profesional yang memberikan bantuan keuangan dan bimbingan kepada klien. Mereka membantu klien individu dan korporat membuat rekening bank dan membuat anggaran menggunakan keahlian keuangan mereka.

Bankir biasanya bekerja untuk bank skala besar di mana mereka diharapkan berkontribusi pada kesuksesan finansial perusahaan, tetapi juga dapat bekerja untuk serikat kredit yang lebih kecil dari lembaga keuangan seperti perusahaan investasi.

Baca juga: General Affair: Pengertian, Tugas, dan Fungsinya dalam Bisnis

Apa itu Pekerja Kerah Biru?

Stereotip “kerah biru” atau blue collar mengacu pada pekerjaan yang melibatkan tenaga kerja manual seringkali dalam industri yang diatur oleh serikat pekerja untuk secara fisik membangun dan memelihara produk atau peralatan.

Individu yang memegang pekerjaan kerah biru, seperti di konstruksi, pertanian, manufaktur dan pengiriman, sering disebut secara informal sebagai karyawan kerah biru. Pekerjaan ini biasanya menuntut fisik, mengharuskan karyawan untuk bekerja di luar ruangan atau dengan mesin berat.

Karyawan kerah biru biasanya dibayar per jam atau tugas yang diselesaikan, bukan gaji mingguan atau bulanan. Seiring kemajuan teknologi dan karyawan mempelajari keterampilan terkait, upah mereka biasanya meningkat.

Darimana istilah “kerah biru” berasal?

“Kerah biru” pertama kali digunakan di surat kabar tahun 1924 untuk merujuk pada pekerjaan perdagangan. Ini mengacu pada kemeja denim biru atau chambray, jeans, dan boilersuits yang dikenakan oleh banyak karyawan industri dan manual seperti tukang las, pembuat ketel, tukang batu, tukang batu dan penambang batu bara.

Warna gelap, seperti biru, diharapkan dapat membantu menyembunyikan kotoran dan elemen lain pada pakaian kotor akibat pekerjaan fisik.

Baca juga: Surat Pengunduran Diri: Pengertian, Cara Buat, dan Contohnya

Keterampilan yang Dibutuhkan oleh Pekerja Kerah Biru

Pekerjaan kerah biru mungkin juga memerlukan keterampilan yang sangat khusus untuk melakukan tugas-tugas tertentu, termasuk:

Keterampilan mekanik

Orang-orang dalam peran kerah biru dapat menggunakan keterampilan mekanik untuk bekerja dengan mesin, membangun atau menciptakan produk dan melayani pelanggan.

Memiliki keterampilan mekanik sangat penting untuk memahami cara kerja suatu produk. Keterampilan ini mungkin juga memerlukan identifikasi dan pemecahan masalah potensi masalah atau malfungsi dengan peralatan.

Keterampilan memecahkan masalah

Beberapa karyawan kerah biru bekerja di luar dalam segala macam kondisi cuaca. Lainnya bekerja di pabrik di mana mereka mungkin menghadapi tantangan seperti kegagalan listrik pada saat yang sama pesanan harus diselesaikan.

Orang-orang dalam peran ini membutuhkan keterampilan pemecahan masalah untuk secara proaktif mencari solusi alternatif untuk berbagai masalah.

Keterampilan teknis

Beberapa peran kerah biru memerlukan bekerja dengan sistem komputer untuk mempertahankan operasi perusahaan, seperti meningkatkan kualitas produksi dan runtime.

Karyawan juga mungkin perlu mengakses perintah kerja terperinci secara teratur melalui sistem komputerisasi.

Kemampuan fisik

Beberapa pekerjaan kerah biru lebih menuntut secara fisik daripada yang lain, membutuhkan koordinasi tangan-mata yang baik, angkat berat atau jam kerja manual yang diperpanjang.

Anda harus memahami dengan jelas jenis lingkungan tempat Anda bekerja agar dapat melakukan pekerjaan secara efektif. Potensi cedera juga mungkin lebih umum.

gajihub 3

Baca juga: 8 Fungsi Manajemen SDM Bagi Bisnis

Industri dengan Pekerja Kerah Biru

Berikut adalah beberapa bidang atau industri yang mempekerjakan pekerja kerah biru dengan gaji rata-rata nasional. Untuk informasi gaji terbaru dari Indeed, klik tautan gaji.

Trucking

Orang-orang yang bekerja di industri truk mengangkut barang jadi dan bahan mentah dalam jumlah besar melalui darat—biasanya dari pabrik ke pusat ritel atau distribusi.

Perawatan dan perbaikan otomotif

Karyawan di industri ini melakukan perbaikan dan perawatan pada berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor dan mobil penumpang kecil hingga bus dan truk diesel.

Konstruksi

Pekerjaan konstruksi memungkinkan individu untuk bekerja dengan tangan mereka, biasanya di luar dan di banyak lokasi berbeda.

Minyak dan gas alam

Industri minyak dan gas alam membantu membawa produk seperti gas alamdan minyak mentah ke pasar dunia.

Pengolahan makanan

Banyak pekerjaan pengolahan makanan mengumpulkan bahan mentah dan mengubahnya menjadi produk jadi untuk dijual ke toko daging, toko kelontong dan restoran.

Logistik

Orang-orang yang bekerja dalam peran logistik mengelola aliran produk dalam suatu organisasi. Mereka terlibat dalam integrasi keseluruhan pergudangan, transportasi, pengemasan, penanganan material, dan inventaris.

Baca juga: Sistem Informasi SDM: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

kerah putih 2

Perbedaan Pekerja Kerah Putih dan Kerah Biru

Pekerjaan kerah putih biasanya dilakukan di lingkungan kantor dan melibatkan tugas administrasi, teoristis, atau manajerial.

Beberapa contoh industri dengan banyak pekerjaan kerah putih termasuk teknologi, akuntansi, pemasaran, dan konsultasi. Istilah “kerah putih” mengacu pada kemeja putih yang banyak dipakai oleh para profesional ini secara tradisional.

Pekerjaan kerah biru biasanya semacam pekerjaan manual atau yang berhubungan dengan perdagangan. Seperti yang telah kami bahas diatas, beberapa contoh industri dengan banyak pekerjaan kerah biru termasuk ritel, manufaktur, layanan makanan, dan konstruksi.

Istilah ini awalnya diciptakan pada tahun 1920 ketika jenis karyawan ini mengenakan kain tahan lama seperti denim atau chambray, yang sering berwarna biru untuk membantu menyembunyikan kotoran atau minyak karena sifat pekerjaan mereka.

Sementara deskriptor ini berkaitan dengan pakaian mungkin tidak lagi akurat di lingkungan kerja saat ini, karyawan kerah putih dan kerah biru terus beroperasi di lingkungan yang sangat berbeda melakukan dua jenis pekerjaan yang berbeda.

Memahami perbedaan utama antara profesional kerah putih dan kerah biru dapat membantu Anda mengkategorikan posisi tertentu:

Pendidikan

Posisi kerah putih biasanya membutuhkan beberapa bentuk pendidikan tinggi. Para profesional ini mungkin memerlukan minimal ijazah sekolah menengah atas atau gelar sarjana dan seringkali memiliki potensi penghasilan yang lebih tinggi dengan pendidikan tambahan.

Posisi kerah biru biasanya menawarkan pelatihan di tempat kerja melalui magang atau sekolah kejuruan. Beberapa posisi kerah biru yang dibayar lebih tinggi dan lebih terspesialisasi juga memerlukan sertifikasi atau keterampilan teknis tertentu.

Baca juga: Subjek Pajak Penghasilan: Pengertian dan Jenisnya

Pengaturan kerja

Pekerjaan kerah putih biasanya dilakukan di lingkungan kantor dengan meja dan komputer. Mungkin juga banyak dari pekerjaan ini dilakukan dari jarak jauh atau dari rumah.

Pekerjaan kerah biru terjadi di berbagai pengaturan seperti gudang, kantor, rumah, bengkel, area luar ruangan, dan banyak lagi.

Peran dan tanggung jawab

Karyawan kerah putih biasanya melakukan tugas dalam kapasitas klerikal dengan mengembangkan, mengomunikasikan, dan mengimplementasikan ide.

Tanggung jawab kerah biru terkadang membutuhkan kerja fisik dengan mesin, kendaraan atau peralatan. Mereka mungkin juga memerlukan penggunaan perangkat lunak atau alat tertentu. Pekerjaan kerah biru seringkali juga membutuhkan keterampilan dan keahlian yang sangat khusus.

Pembayaran gaji

Sudah umum bagi pekerjaan kerah putih untuk menawarkan gaji tahunan berdasarkan jam kerja 40 jam yang konsisten, misalnya.

Dalam banyak kasus, pekerjaan kerah biru menawarkan upah per jam dan diberikan sejumlah jam atau shift per minggu.

Kedua kategori profesional tersebut memiliki kemampuan untuk memperoleh upah yang tinggi berdasarkan pengalaman, keterampilan dan jabatan.

Baca juga: Part Time Adalah: Ini Pengertian, Jenis, dan Tips Mengelolanya

Kesimpulan

Baik pekerja kerah putih maupun kerah biru memiliki kelebihan masing masing dan dibutukan keterampilan yang sesuai. Kedua jenis pekerja ini juga sangat penting dalam proses pengembangan operasional bisnis.

Jika Anda sedang merintis karir, tidak masalah menjadi golongan pekerja mana, yang terpenting adalah Anda memiliki kemampuan dan passion dari jenis pekerjaan yang Anda pilih.

Jika Anda pemilik bisnis, untuk mengatur manajemen kinerja karyawan yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan sistem HR yang modern seperti software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap dengan harga yang paling terjangkau di Indonesia.

Beberapa fitur Gajihub antara lain, fitur payroll yang terintegrasi dengan manajemen absensi dan penghitungan pajak penghasilan dan BPJS Ketanagakerjaan, manajemen cuti, employement self service, bahkan Anda bisa mengintegrasikan sistem payroll dengan sistem akuntansi menggunakan integrasi Gajihub dengan software akuntansi terbaik dari Kledo.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Pekerja Kerah Putih dan Biru: Pengertian, Contoh dan Perbedaannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *