Leadership: Pengertian, Jenis, Gaya, dan Cara Mengasahnya

leadership adalah 1

Kemampuan leadership adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang eksekutif, manajer, dan orang lain dalam posisi otoritas dan sering mengandalkan model atau kerangka kerja untuk memandu proses pengambilan keputusan mereka.

Memiliki sifat leadership yang baik tidak hanya akan membantu Anda dalam proses pengembangan bisnis namun juga untuk menjadi yang lebih baik untuk orang sekitar Anda.

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu leadership, mengapa leadership adalah hal penting, jenisnya, dan cara mengasah kemampuan leadership untuk kesuksesan karir Anda.

Apa itu Leadership?

Leadership atau kepemimpinan adalah keterampilan yang melibatkan seseorang membimbing orang lain untuk mencapai tujuan sasaran dan mendorong orang-orang dalam tim untuk bertindak sebagai kelompok yang bersatu dalam upaya mereka.

Ide leadership adalah bahwa memiliki satu orang yang mengoordinasikan kegiatan orang lain dalam suatu kelompok akan memungkinkan kelompok itu menjadi lebih sukses dan berdaya.

Tentu saja, tidak semua proses kepemimpinan berdampak sama, sehingga beberapa konsep kepemimpinan dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada yang lain.

Kepemimpinan yang baik melibatkan tidak hanya memiliki pemimpin yang ditunjuk tetapi memastikan bahwa pemimpin dapat beradaptasi dengan kebutuhan tim mereka dan memberikan bentuk motivasi yang benar untuk setiap situasi.

Sama seperti pemimpin yang baik dapat menggalang tim untuk melampaui tujuan pencapaian, pemimpin yang buruk dapat menggagalkan kelompok yang sudah sukses dan menyebabkan perselisihan dalam suatu organisasi.

Baca juga: Pahami Prinsip dan Keuntungan Menerapkan Servant Leadership di Tempat Kerja

Faktor-faktor yang Dapat Mempengaruhi Leadership

Salah satu konsep leadership yang paling penting adalah bahwa ia harus beradaptasi dengan lingkungannya agar efektif.

Kebutuhan setiap orang dalam kelompok, jenis tujuan yang ingin mereka capai dan sumber daya yang mereka miliki semuanya dapat mempengaruhi jenis kepemimpinan yang ideal untuk skenario mereka.

Ada empat faktor utama yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan bagaimana alat dan karakteristik kepemimpinan yang berbeda akan berdampak pada suatu situasi.

Leader

Orang yang memimpin kelompok memiliki pengaruh langsung atas hasil kepemimpinan dalam sebuah tim. Ketika seseorang ditunjuk untuk menjadi pemimpin, kemampuan mereka untuk berhubungan dengan kelompok, memberikan arahan dan membuat keputusan, semuanya dapat mempengaruhi efektivitas upaya kepemimpinan mereka.

Beberapa kelompok tidak memiliki pemimpin yang ditunjuk dan bergantung pada seseorang yang melangkah untuk mengklaim peran tersebut dengan mengambil inisiatif untuk membimbing rekan-rekan mereka. Nilai, kepribadian, dan metode pemimpin untuk mencapai tujuan semuanya dapat memengaruhi kepemimpinan secara keseluruhan dalam kelompok itu.

Para pengikut

Sama seperti karakteristik unik seorang pemimpin kelompok yang dapat menentukan hasil dari kepemimpinan tim, demikian juga kualitas setiap anggota tim secara individu.

Tidak hanya faktor pengikut individu menjadi kepemimpinan tim, tetapi cara mereka berinteraksi satu sama lain juga dapat memengaruhi jenis teknik dan konsep kepemimpinan apa yang paling berhasil.

Setiap orang mungkin menanggapi teknik kepemimpinan yang berbeda, jadi penting bagi pemimpin dan pengikut untuk mengenal satu sama lain untuk menentukan tindakan terbaik untuk kepemimpinan yang kuat.

Baca juga: 7 Tahap dalam Membuat Leadership Development Plan

Situasi

Lingkungan, timeline, dan tujuan yang terkait dengan tim juga memengaruhi kepemimpinan. Mencoba menunjukkan kepemimpinan dalam situasi yang sangat mendesak berbeda dengan menunjukkan kepemimpinan dalam lingkungan yang santai dengan banyak ruang untuk mengoreksi kesalahan.

Berikut adalah beberapa faktor situasional yang dapat mempengaruhi sifat leadership:

  • Anggaran
  • Keterampilan yang tersedia
  • Level stres
  • Waktu
  • Struktur perusahaan

Saluran komunikasi

Cara seorang pemimpin berkomunikasi dengan para pengikut dan cara para pengikut berkomunikasi satu sama lain adalah bagian penting lain dari leadership.

Setiap tim memiliki konvensi sendiri untuk komunikasi, termasuk isyarat non-verbal, check-in satu lawan satu, dan pertemuan kelompok.

Komunikasi melibatkan pemodelan perilaku yang sukses, menghargai keunggulan, melacak kemajuan dan mendorong kolaborasi antar tim.

Baca Juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Prinsip Leadership

Beberapa prinsip leadership yang sukses berlaku terlepas dari berbagai faktor yang berperan. Prinsip-prinsip leadership adalah perilaku dasar yang harus diikuti oleh orang-orang dalam peran kepemimpinan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tim mereka.

Praktik terbaik ini merupakan bagian penting dalam membangun hubungan yang sukses antara pemimpin dan pengikut, memungkinkan pemimpin untuk mengembangkan lingkungan mereka:

  • Introspeksi diri untuk memahami kekuatan Anda sendiri yang dapat Anda bawa ke sebuah proyek.
  • Carilah peluang untuk pertumbuhan pribadi dan profesional untuk memodelkan ambisi tim Anda.
  • Pahami aspek teknis pekerjaan tim Anda untuk memberikan keahlian materi pelajaran.
  • Terima pertanggungjawaban atas tindakan Anda dan hasil tim Anda.
  • Pertimbangkan dengan cermat semua kemungkinan hasil sebelum membuat keputusan dan tindak lanjuti dengan pilihan Anda.
  • Model perilaku ideal untuk memimpin tim Anda dengan memberi contoh dan menjunjung tinggi standar kesuksesan.
  • Luangkan waktu untuk mengenal tim Anda sehingga Anda dapat memahami fungsi dari setiap peran dan bagaimana memotivasi setiap individu.
  • Advokasi kebutuhan anggota tim Anda untuk memastikan mereka memiliki sumber daya yang diperlukan untuk berkembang.
  • Tetapkan saluran komunikasi yang jelas dan periksa secara teratur dengan grup Anda.
  • Investasikan dalam pengembangan tim Anda dan berdayakan mereka untuk menumbuhkan tanggung jawab mereka dan mengendalikan pekerjaan mereka.
  • Saat memberikan instruksi, gunakan check and balance untuk pemahaman untuk memastikan tim Anda tahu apa yang harus mereka lakukan.
  • Pantau kualitas hasil tim Anda dan berikan pengawasan yang lebih ketat untuk tugas-tugas yang menantang.

gajihub 2

Baca juga: Kemampuan Leadership: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

Jenis Gaya atau Model Kepemimpinan

Banyak model kepemimpinan berteori tentang cara terbaik untuk memimpin orang lain. Setiap model kepemimpinan memiliki idenya sendiri tentang apa yang membuat seorang pemimpin paling efektif dalam berbagai situasi.

Model kepemimpinan dapat spesifik untuk jenis tempat kerja, industri, atau tujuan tim tertentu. Berikut adalah beberapa kategori model kepemimpinan atau leadership paling umum yang digunakan orang untuk memandu keputusan kepemimpinan mereka:

Otoriter

Model kepemimpinan otoriter melibatkan pemimpin yang memiliki kendali dan kekuasaan mutlak atas timnya. Pemimpin otoriter atau otokratis menggunakan instruksi langsung dan pengawasan konstan untuk membantu tim mereka mencapai tujuan.

Kepemimpinan otoriter didasarkan pada gagasan bahwa satu orang yang memenuhi syarat dapat mendelegasikan tugas-tugas khusus untuk mencapai tujuan dengan cara yang sepenuhnya konsisten.

Sebagian besar kelompok dengan pemimpin otoriter memiliki kesempatan terbatas untuk mendapatkan umpan balik dari pengikut.

Organisasi dan tim yang menggunakan model kepemimpinan otoriter seringkali harus memiliki hasil yang spesifik dan teliti.

Memiliki satu orang yang membuat semua penilaian secara teoritis memungkinkan konsistensi yang sempurna, rantai komando yang jelas, dan kemampuan untuk mengimplementasikan perubahan dengan cepat dan efektif.

Kepemimpinan otoriter memiliki kelemahan karena sifatnya yang sepihak. Dapat menjadi tantangan untuk mendukung moral tim ketika para pengikut tidak memiliki kesempatan untuk menyumbangkan ide-ide mereka sendiri, dan para pemimpin mungkin kehilangan wawasan dari orang-orang yang melakukan setiap pekerjaan individu.

Baca juga: Kepemimpinan Instruksional: Pengertian dan Tips Mengembangkannya

Laissez-faire

Model kepemimpinan laissez-faire didasarkan pada gagasan bahwa mendelegasikan tugas kepada individu dan memungkinkan mereka untuk menggunakan metode mereka sendiri adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan.

Kepemimpinan Laissez-faire berada di ujung spektrum yang berlawanan dari kepemimpinan otoritatif. Pemimpin Laissez-faire lepas tangan dan sebagian besar bekerja untuk memastikan kualitas bagian individu, kemudian mengubahnya menjadi proyek yang kohesif.

Pemimpin Laissez-faire bertanggung jawab atas tindakan setiap anggota tim tanpa terlibat langsung dalam pekerjaan mereka.

Kepemimpinan Laissez-faire sangat ideal dalam situasi di mana karyawan sangat terampil, termotivasi dan berdedikasi untuk pekerjaan mereka.

Setiap pengikut memiliki otonomi mereka sendiri di tempat kerja dan menggunakan pengalaman mereka untuk membuat keputusan terbaik untuk tugas mereka.

Banyak pemimpin menggunakan gaya laissez-faire untuk tim dengan peran yang jelas dan interaksi terbatas antara setiap anggota tim.

Jika karyawan individu tidak termotivasi secara internal atau tidak memiliki keterampilan untuk melakukan pekerjaan mereka sendiri, kepemimpinan laissez-faire dapat menyebabkan kelalaian atau kesalahan yang serius.

Beberapa kelompok menjadi terputus-putus dan tidak terkoordinasi di bawah gaya laissez-faire karena kurangnya interaksi kelompok dan dukungan dari manajemen.

Demokratis

Kepemimpinan demokratis, juga dikenal sebagai “kepemimpinan partisipatif,” terjadi ketika pemimpin mencari masukan dari tim mereka saat menentukan alur kerja dan membuat keputusan.

Salah satu ciri utama model kepemimpinan demokratis adalah jalur komunikasi yang benar-benar terbuka di mana para pengikut merasa nyaman berbicara tentang pengalaman mereka dan berbagi ide tentang cara terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

Kepemimpinan demokratis melibatkan diskusi yang jujur ​​dan kontribusi yang setara dari semua orang. Pemimpin kelompok masih memiliki otoritas terakhir dan dapat memberikan umpan balik dan bimbingan untuk membantu pengikut individu unggul.

Model kepemimpinan demokratis sangat ideal untuk tim individu berkualitas yang berkembang dengan kombinasi kebebasan dan pembinaan.

Tempat kerja yang menggunakan kepemimpinan demokratis sering menekankan produktivitas, kreativitas, dan pertumbuhan.

Kepemimpinan demokratis dapat memiliki beberapa aspek negatif, seperti komunikasi yang lebih lambat yang mengakibatkan penundaan dalam alur kerja.

Karena banyak orang mendiskusikan sebagian besar keputusan, hal ini dapat menyebabkan perselisihan atau ketegangan ketika pemimpin memilih ide seseorang daripada ide orang lain.

Baca Juga: 9 Tipe Kepemimpinan yang Perlu Anda Ketahui

Instruksional

Kepemimpinan instruksional atau kepemiminan belajar adalah gaya kepemimpinan yang umumnya dimiliki oleh pemimpin di bidang pendidikan. Fokus utamanya adalah menginspirasi dan menciptakan lingkungan positif.

Sebagai pemimpin instruksional, mereka berfungsi sebagai contoh positif dengan bertindak secara adil dan jujur. Mereka mendukung anggota timnya dan memberikan semangat untuk mencapai tujuan bersama.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi yang baik, keterbukaan terhadap masukan, dan kemampuan membuat keputusan yang matang adalah ciri khas pemimpin instruksional.

Mereka memiliki tanggung jawab dalam mengelola aspek-aspek seperti pelajaran, anggaran, dan jadwal sekolah, serta memastikan keberhasilan siswa di institusi pendidikan yang mereka pimpin.

Transaksional

Kepemimpinan transaksional adalah cara memimpin yang lebih fokus pada aturan, struktur, dan rencana untuk mencapai tujuan. Seorang pemimpin transaksional biasanya menginformasikan timnya secara langsung apa yang harus dilakukan.

Dengan kata lain, gaya kepemimpinan ini lebih suka menjaga keadaan yang sudah ada dibandingkan mencoba mengubahnya.

Dalam kepemimpinan ini, pemimpin sering menggunakan imbalan sebagai cara untuk meningkatkan motivasi karyawan. Mereka mendorong anggota tim untuk bekerja dengan baik dengan menjanjikan hadiah atau insentif.

Jadi, ketika karyawan bekerja dengan baik, mereka mendapatkan hadiah. Sebaliknya, jika kinerja mereka buruk, mereka mungkin mendapat hukuman tertentu. Oleh karena itu, aturan, prosedur, dan standar sangat penting dalam kepemimpinan transaksional.

Tetapi, dibandingkan membantu organisasi berkembang dan berubah, pemimpin transaksional lebih fokus pada menjaga situasi tetap sama dan memastikan aturan serta harapan yang sudah ada terpenuhi.

Pemimpin jenis ini umumnya sangat baik dalam menetapkan harapan dan standar yang membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas organisasi.

Mereka memberikan umpan balik yang konstruktif tentang kinerja karyawan, sehingga mereka dapat memperbaiki hasil kerja mereka untuk mendapatkan umpan balik yang lebih baik.

Transformasional

Kepemimpinan transformasional adalah cara seorang pemimpin menginspirasi dan memotivasi timnya untuk membuat perubahan positif dalam organisasi atau perusahaan.

Dengan gaya kepemimpinan ini, karyawan merasa lebih termotivasi, inovasi didorong, konflik diselesaikan, dan tingkat pergantian karyawan berkurang. Ini juga menciptakan rasa kepemilikan dan kerjasama di antara anggota tim.

Pemimpin transformasional mendorong proses di mana mereka dan timnya saling mendorong untuk mencapai motivasi yang lebih tinggi. Beberapa tindakan yang biasanya dilakukan oleh pemimpin transformasional termasuk memberikan dorongan, menetapkan tujuan yang jelas, memberikan pengakuan dan dukungan, menunjukkan contoh keadilan dan integritas, serta menginspirasi orang untuk mencapai tujuan mereka.

Penting untuk dicatat bahwa “transformasional” di sini mengacu pada menciptakan makna bagi perusahaan. Melalui kepemimpinan ini, pemimpin dan anggota tim dapat mengembangkan keterampilan dan kualitas mereka. Gaya ini juga memberikan kebebasan kepada karyawan untuk mengambil keputusan dan mencari cara baru untuk menyelesaikan masalah.

Meskipun pemimpin transformasional mendapat penghargaan dari karyawan, fokus utamanya bukanlah mencari pujian atau pengakuan. Mereka lebih berorientasi pada melakukan yang terbaik untuk perusahaan.

Baca juga: Ketahui Arti dan Karakteristik Kepemimpinan Transaksional

leadership adalah 2

Cara Mengasah Skill Leadership

Pemimpin harus bekerja untuk membangun kualitas kunci ini dalam tim mereka, lingkungan kerja mereka dan diri mereka sendiri untuk menghasilkan dampak terbesar dan hasil yang diinginkan:

  • Kepercayaan: Pengikut harus dapat mempercayai pemimpin mereka untuk membuat keputusan yang baik dan sebaliknya. Sebuah tim yang terdiri dari orang-orang yang saling percaya dapat dengan sukses fokus pada tugas mereka sendiri atau meminta bantuan sesuai kebutuhan.
  • Inklusi: Pemimpin tim memupuk lingkungan yang inklusif untuk memastikan semua orang merasa seperti bagian yang berharga dari kelompok, memberdayakan mereka untuk mendedikasikan diri pada pekerjaan mereka.
  • Transparansi: Pemimpin harus transparan tentang fungsi tim, jadwal, tujuan dan masalah untuk memfasilitasi komunikasi yang lebih baik di tim mereka.
  • Delegasi: Pemimpin yang baik harus dapat mendelegasikan tugas kepada orang-orang di tim mereka, menetapkan tujuan secara strategis kepada anggota tim berdasarkan kekuatan mereka.Fokus: Kemampuan untuk fokus pada tujuan bersama adalah salah satu karakteristik utama tim yang sukses. Pemimpin harus dapat membantu pengikut mereka mengasah tujuan utama.
  • Inovasi: Pemimpin yang sukses mendukung kreativitas dan ide-ide baru di antara pengikut mereka. Mereka menyarankan cara-cara inovatif untuk memecahkan masalah dan mendorong tim mereka untuk berbagi ide.
  • Konsistensi: Anggota tim mungkin lebih mungkin berkembang ketika mereka memiliki lingkungan yang konsisten di mana pemimpin menjunjung tinggi kebijakan dan alur kerja yang dapat diandalkan.
  • Agile: Pemimpin hebat dapat beradaptasi dengan perubahan dalam tim mereka dan menggunakan pola pikir yang gesit untuk menetapkan kembali tugas atau memperkuat tim mereka.

Baca juga: 10 Karakteristik Kepemimpinan Transformasional

Kesalahan dalam Meningkatkan Leadership

Dalam meningkatkan leadership, ada beberapa hal yang perlu Ada hindari, yaitu:

1. Tidak Mengenali Diri Sendiri

Kesalahan besar saat meningkatkan keterampilan leadership adalah tidak mengenali diri senidi dengan baik. Hal ini disebabkan karena kelebihan, kekurangan, nilai-nilai, motivasi, dan sifat diri mempengaruhi gaya kepemimpinan.

Apabila Anda tidak memahami berbagai hal tersebut, maka Anda akan sulit berkomunikasi, bekerja sama, dan beradaptasi.

Untuk itu, hindari kesalahan tersebut dengan lebih mengenali diri lewat feedback, penilaian, atau pembinaan.

2. Meniru Orang Lain

Kesalahan umum lain adalah meniru pemimpinan lain tanpa memikirkan konteks dan tujuan sendiri. Anda boleh belajar dari pemimpin yang sukses, tetapi jangan hanya sekadar meniru.

Sebab, gaya kepemimpinan harus otentik dan sesuai dengan tujuan serta nilai Anda. Hindari kehilangan kredibilitas dan identitas sebagai pemimpin dengan mengembangkan filosofi kepemimpinan sendiri.

3. Terlalu Kaku

Kesalahan lain adalah bersikap kaku dan tidak fleksibel dalam kepemimpinan. Padahal, setiap situasi dan orang membutuhkan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, jangan terpaku pada satu gaya saja agar untuk tetap fleksibel dan bisa beradaptasi. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba model kepemimpinan situasional atau gaya kepemimpinan Daniel Goleman untuk membantu menyesuaikan gaya dengan kebutuhan Anda.

4. Mengabaikan Feedback

Kesaalahan lain adalah mengabaikan feedback dari orang lain, sebab feedback sangat penting untuk perkembangan kepemimpinan.

Oleh karena itu, bantu identifikasi kekuatan dan kelemahan serta pandangan orang lain tentang gaya kepemimpinan. Jangan abaikan feedback, cari dari berbagai sumber, dan terapkan perubahan sesuai saran.

5. Tidak Mau Belajar dari Kesalahan

Kesaalahan lain adalah tidak belajar dari pengalaman dan kesalahan, sebab kepemimpinan memerlukan pembelajaran terus-menerus.

Untuk itu, jangan berhenti belajar agar tidak stagnan atau tertinggal dari perubahan dunia. Hindari kesalahan ini dengan selalu ingin tahu, terbuka, dan rendah hati. Tetapkan tujuan, eksperimen dengan ide baru, refleksikan tindakan, dan kembangnkan pengetahuan serta keterampilan baru.

Baca Juga: Kepemimpinan Demokratis: Arti, Ciri-Ciri, dan Tips Penerapannya

Karakteristik Pemimpin yang Hebat

Tidak semua pemimpin memiliki karakteristik yang sama, tetapi beberapa kualitas menunjukkan potensi kepemimpinan yang kuat.

Para pemimpin yang sukses dengan sengaja mengembangkan aspek-aspek kepribadian mereka dan menerapkannya pada situasi profesional:

Pandangan positif

Memiliki pandangan positif sangat penting untuk memotivasi tim dan meyakinkan mereka untuk mencoba yang terbaik untuk bekerja melalui situasi yang menantang.

Pemimpin menggunakan sikap positif sebagai alat untuk mendorong orang lain dan tetap termotivasi secara pribadi selama proyek.

Memiliki empati yang tinggi

Pemimpin yang baik menggunakan empati untuk memahami perspektif anggota tim mereka. Mereka harus berbelas kasih terhadap tantangan yang dialami anggota tim mereka dan bekerja untuk memperbaiki kondisi mereka atau membantu mereka mengatasi masalah.

Jujur

Pemimpin yang kuat adalah orang-orang yang otentik dan asli yang jujur ​​dan terbuka dengan tim mereka tentang tindakan yang diperlukan. Mereka berkomunikasi langsung dengan pengikut mereka untuk meningkatkan transparansi dan menunjukkan rasa hormat antarpribadi.

Strategis

Pemimpin strategis dan analitis yang mempertimbangkan dampak dari keputusan mereka dapat membimbing tim mereka sambil menyeimbangkan berbagai peran. Orang yang berpikir secara strategis dapat membangun sistem logis untuk menyelesaikan pekerjaan, membantu menentukan cara menetapkan peran.

Gigih

Orang-orang yang gigih dan ulet berpotensi menjadi pemimpin yang berdampak karena mereka terus mengejar kesuksesan. Mereka mendedikasikan diri untuk pekerjaan mereka dan berpikir kreatif untuk menyelesaikan masalah dan belajar dari kesalahan mereka.

Baca juga: Orientasi Karyawan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Melakukannya

Kesimpulan

Itu adalah pembahasan lengkap mengenai leadership dan juga cara meningkatkan skill leadership yang akan membantu Anda membawa bisnis Anda menjadi lebih baik.

Seaorang pemimpin yang baik juga harus memiliki kepekaan terhadap kebutuhan organisasi, salah satu proses pengelolaan operasional yang lebih baik.

Hentikan proses manual yang memakan waktu dan akan membawa bias informasi dalam operasional bisnis. Sebagai solusi, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Gajihub yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Leadership: Pengertian, Jenis, Gaya, dan Cara Mengasahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *