Kemampuan Leadership: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

kemampuan leadership 1

Kemampuan leadership yang efektif penting bagi industri atau organisasi apa pun. Agar bisnis dapat mencapai tujuannya dan mempertahankan lingkungan kerja yang sehat bagi karyawannya, dibutuhkan pemimpin yang baik yang membimbing anggota tim mereka menuju kesuksesan.

Untuk mengembangkan karakteristik kemampuan leadership yang efektif, penting untuk mengetahui keterampilan apa yang dibutuhkan oleh para pemimpin.

Dalam artikel ini, kami kemampuan leadership, menguraikan 25 keterampilan kepemimpinan, dan memberikan tips untuk membantu Anda menjadi pemimpin yang lebih baik.

Apa itu Leadership?

Leadership atau kepemimpinan mungkin merupakan topik yang kompleks yang telah menerima banyak perhatian dari para akademisi dan peneliti, tetapi leadership memiliki definisi yang dapat disepakati.

Kebanyakan orang mendefinisikan kepemimpinan sebagai suatu jenis tindakan, atau sekelompok tindakan, yang memimpin individu atau tim lain menuju kesuksesan.

Apa yang dimaksud dengan kesuksesan itu mungkin berbeda, tergantung pada tujuan kelompok secara keseluruhan.

Kepemimpinan mungkin diperlukan untuk mencapai target penjualan, mencapai tujuan lain tepat waktu atau banyak kemungkinan lainnya.

Ketika dilakukan dengan baik, kepemimpinan menyatukan individu atau kelompok yang berbeda dalam mencapai tujuan bersama, dan memberikan arahan dan kepastian kepada orang-orang yang dipimpin.

Baca juga: Company Value: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Mengapa Kemampuan Leadersip Penting di Tempat Kerja?

Jawaban yang paling jelas untuk pertanyaan ini adalah bahwa kemampuan leadership memastikan bahwa tim tetap berada di jalur yang benar, memenuhi tujuan dan menjaga agar bisnis tetap menguntungkan.

Tetapi dari perspektif individu, keterampilan ini sangat penting bagi orang yang ingin mendapatkan promosi ke dalam peran manajemen atau supervisor.

Pekerjaan-pekerjaan ini membutuhkan kemampuan leadership yang baik, apa pun industri tempat Anda bekerja atau tujuan yang akan dicapai oleh tim. Apakah Anda mencoba memandu tim dalam kampanye pemasaran baru atau untuk menciptakan produk baru, keterampilan kepemimpinan yang disebutkan sebelumnya tetap sama.

Ketika bertransisi ke dalam peran kepemimpinan, Anda perlu membangun kepercayaan diri untuk membuat dan mengkomunikasikan keputusan sehari-hari.

Anda juga perlu menemukan cara-cara bijaksana untuk beralih dari rekan kerja menjadi pemimpin, sambil tetap mempertahankan teman dan sekutu Anda saat ini. Semua kemampuan ini didasarkan pada keterampilan kepemimpinan.

Baca juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

kemampuan leadership 2

25 Keterampilan Leadership

Meskipun karakteristik kepemimpinan yang efektif dapat bervariasi menurut industri atau bahkan menurut proyek, banyak keterampilan dan kualitas yang dapat menguntungkan para pemimpin di setiap tempat kerja.

Berikut adalah 25 keterampilan, sifat dan ide yang dapat membantu membuat seseorang menjadi pemimpin yang lebih sukses:

1. Profesionalisme

Profesionalisme berarti menunjukkan penilaian yang baik, kompetensi dan rasa hormat di tempat kerja.

Pemimpin menunjukkan profesionalisme dengan memprioritaskan rasa hormat terhadap rekan kerja dan anggota tim mereka, memiliki pengetahuan tentang spesialisasi mereka, dan membuat keputusan yang bermanfaat bagi tim mereka dan mendorong hasil.

2. Pelayanan

Pemimpin dapat mengambil perspektif berorientasi layanan pada posisi mereka untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang efektif.

Tugas mereka adalah melayani tim, klien, proyek, dan organisasi mereka. Dengan mengembangkan sikap berorientasi layanan, para pemimpin memprioritaskan tujuan mereka dan orang-orang yang mereka pimpin.

3. Keberanian

Seorang pemimpin mungkin perlu mengambil risiko untuk mencapai tujuan, dan mereka mungkin perlu berani ketika menghadapi tantangan baru.

Ketika para pemimpin mengambil tindakan untuk mengatasi tantangan dan hambatan, hal ini dapat membantu menunjukkan komitmen terhadap peran mereka.

4. Kemurahan hati

Salah satu cara seorang pemimpin bisa mendapatkan rasa hormat melalui kemurahan hati mereka. Bertindak dengan kemurahan hati dapat mencakup berbagi waktu, pengetahuan, dan pengalaman Anda dengan rekan kerja Anda.

Berusaha menjawab pertanyaan, membantu mengatasi tantangan, dan membimbing anggota tim yang kurang berpengalaman adalah cara-cara di mana para pemimpin dapat menunjukkan kemurahan hati mereka.

Baca juga: Contoh Pertanyaan yang Bisa Anda Tanyakan ke HRD Saat Wawancara

5. Integritas

Para pemimpin mungkin perlu menjaga diri mereka pada standar integritas yang tinggi sehingga karyawan lain meniru perilaku mereka. Integritas mencakup kejujuran dan keandalan.

Seorang pemimpin yang bertindak dengan integritas dapat memotivasi tim mereka untuk mematuhi moral yang sama, yang dapat membantu meningkatkan reputasi organisasi.

6. Membangun hubungan

Mengembangkan hubungan yang kuat dengan tim Anda dapat membantu Anda membangun kepercayaan dengan orang lain dan membantu anggota tim Anda tumbuh secara profesional.

Memahami motivasi dan preferensi anggota tim Anda dapat membantu Anda memanfaatkan keterampilan mereka sebaik-baiknya, karena Anda dapat menetapkan tugas dan proyek berdasarkan kekuatan orang yang berbeda.

7. Disiplin diri

Disiplin diri adalah praktik mengatur keinginan Anda untuk memprioritaskan kebutuhan Anda. Misalnya, seorang pemimpin sering memprioritaskan kebutuhan organisasi dan tim mereka di atas kepentingan atau tujuan mereka sendiri. Disiplin diri ini dapat membantu mereka tetap fokus pada tujuan bisnis yang lebih luas.

8. Komunikasi

Pemimpin yang efektif berkomunikasi dengan jelas dan sering dengan tim mereka. Komunikasi membantu para pemimpin mendefinisikan harapan mereka, memberikan umpan balik tentang kemajuan menuju sasaran dan meminta wawasan dari orang lain untuk meningkatkan pekerjaan mereka.

Baca juga: Detail Oriented: Pengertian dan Cara Mengasah Kemampuan Ini

9. Motivasi

Pemimpin membutuhkan motivasi untuk bekerja mencapai tujuan mereka sendiri. Mereka juga memiliki keterampilan untuk memotivasi orang lain untuk mencapai hasil.

Memahami kebutuhan, minat, dan tujuan organisasi dan tim mereka dapat membantu para pemimpin mendorong karyawan mereka untuk bekerja mencapai tujuan proyek.

10. Delegasi

Bagian dari pekerjaan seorang pemimpin adalah memberikan tugas kepada anggota tim mereka. Untuk mendelegasikan tugas secara efektif, pemimpin perlu mengetahui keterampilan dan kemampuan anggota tim mereka dan memilih anggota yang tepat untuk tugas yang tepat.

11. Kepositifan

Memiliki sikap positif dapat berkontribusi pada kepemimpinan yang efektif, karena hal ini membantu menjaga lingkungan kerja yang menyenangkan.

Bahkan dalam keadaan yang menantang, mempertahankan sikap positif dapat meningkatkan kepercayaan diri dan ketahanan Anda.

Selain itu, mendekati tugas-tugas yang rumit dengan sikap positif dapat membantu Anda mengelola rintangan dan menginspirasi tim Anda untuk bekerja melalui tantangan.

12. Inovasi

Seorang pemimpin mungkin perlu menjadi kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah yang kompleks. Melalui pemikiran kreatif, pemimpin dapat menemukan perspektif baru yang membantu mereka menghasilkan ide-ide baru.

Baca juga: Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

13. Umpan balik

Menyampaikan dan menerima umpan balik adalah aspek penting dari kepemimpinan, karena hal ini membantu perkembangan pribadi pemimpin dan perkembangan karyawan mereka.

Pemimpin mungkin perlu menilai kinerja tim mereka dan mengkomunikasikan umpan balik tentang kemajuan mereka. Selain itu, pemimpin yang efektif sering mencari umpan balik tentang kinerja mereka sendiri untuk meningkatkan pekerjaan mereka.

14. Tanggung jawab

Pemimpin menerima kesalahan dan mencari solusi untuk masalah yang muncul saat memimpin tim, yang menunjukkan tanggung jawab.

Meskipun proyek sering kali merupakan upaya kelompok, para pemimpinlah yang meminta pertanggungjawaban diri mereka sendiri untuk mencapai tujuan dan menghasilkan hasil.

15. Komitmen

Seorang pemimpin dapat menunjukkan komitmen dan ketergantungan dengan menindaklanjuti janji-janji, memberikan contoh yang baik bagi orang lain, dan mematuhi harapan.

Komitmen sangat berharga di tempat kerja karena dapat membantu para pemimpin mengembangkan kepercayaan dengan tim mereka.

16. Fleksibilitas

Penting bagi para pemimpin untuk memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan situasi baru, karena tempat kerja dan departemen sering menghadapi beberapa jenis perubahan.

Situasi baru dapat mencakup penerapan proses baru atau mengembangkan posisi pekerjaan baru saat tim berkembang.

Baca juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

17. Pertumbuhan

Pemimpin dapat mencari peluang untuk mengembangkan keterampilan mereka dan keterampilan tim mereka. Memiliki pola pikir pertumbuhan dapat membantu para pemimpin menemukan cara alternatif untuk mengembangkan kemampuan kinerja mereka dan tim mereka.

18. Inspirasi

Pemimpin yang kuat sering kali menginspirasi tim mereka dengan berhubungan dengan mereka secara pribadi dan mendorong mereka untuk sukses.

Beberapa cara untuk menginspirasi karyawan termasuk mengakui pencapaian, mendukung mereka melalui tantangan, dan mencontohkan harapan.

19. Orisinalitas

Memiliki orisinalitas dapat membantu para pemimpin membedakan diri mereka dari orang lain. Secara aktif mencari solusi baru atau menantang diri Anda untuk berinovasi di luar ekspektasi standar dapat menunjukkan orisinalitas Anda.

20. Passion

Pemimpin sering berhasil ketika mereka merasa bergairah tentang pekerjaan mereka. Mengidentifikasi bagian mana dari pekerjaan yang membuat Anda paling antusias dapat membantu Anda mengomunikasikan passion ini kepada orang lain. Selain itu, memahami nilai pekerjaan Anda dapat membantu memotivasi upaya Anda.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

21. Rasa Hormat

Pemimpin dapat menunjukkan rasa hormat kepada tim mereka dengan mengakui kemampuan dan pencapaian mereka sambil memahami kebutuhan mereka dan bekerja untuk memenuhinya.

Juga sangat membantu untuk berlatih mendekati hubungan profesional lainnya dengan rasa hormat, seperti dengan klien dan manajer lainnya.

22. Kolaborasi

Pemimpin sering kali perlu bekerja secara efektif dengan orang lain untuk mencapai tujuan. Kolaborasi dapat mencakup bekerja dengan anggota tim, pemimpin lain, klien, dan supervisor.

Pemimpin juga dapat mencontohkan praktik kerja tim yang baik dengan secara langsung mengambil bagian dalam kegiatan kelompok.

23. Kepercayaan

Sementara banyak pemimpin bekerja untuk mendapatkan kepercayaan dari tim mereka, sama pentingnya bagi mereka untuk menunjukkan bahwa mereka mempercayai tim mereka dengan mengizinkan anggota tim untuk membuat keputusan berdasarkan keahlian mereka.

Tim mungkin menjadi tidak termotivasi jika mereka merasa pemimpin mereka tidak mempercayai kemampuan mereka.

24. Harapan

Menetapkan harapan yang jelas membantu para pemimpin mengkomunikasikan visi mereka kepada tim mereka.

Pemimpin mungkin juga perlu merefleksikan harapan pribadi mereka untuk diri mereka sendiri untuk memastikan bahwa harapan tersebut realistis dan dapat dicapai.

Menetapkan tujuan dan mengidentifikasi perilaku, tindakan, dan sikap yang menguntungkan tim dan proyek dapat membantu para pemimpin menentukan harapan mereka.

25. Perspektif

Para pemimpin sering mengumpulkan berbagai perspektif tentang suatu tugas atau situasi untuk menentukan tindakan terbaik.

Dengan mempertimbangkan beberapa perspektif, para pemimpin mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang situasi, yang dapat membantu mereka membuat keputusan yang lebih efektif.

gajihub 2

Baca juga: Mengenal Apa itu Burnout Syndrome, Tandanya, dan Cara Mengatasinya

Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership

Jika Anda ingin mengembangkan kemampuan leadership Anda, ada lebih dari satu cara untuk melakukannya. Di bawah ini Anda akan menemukan beberapa metode terbaik yang harus Anda pertimbangkan.

1. Lakukan sesuatu yang Anda sukai

Salah satu bagian paling penting tentang menjadi seorang pemimpin adalah kemampuan untuk memotivasi orang lain agar ingin sukses.

Menanamkan hasrat dan dorongan yang membara dalam diri pekerja lain bisa menjadi pengalaman yang memuaskan, tetapi itu sama sekali bukan hal yang mudah.

Kenyataannya adalah, orang bisa tahu ketika Anda berada di sini untuk mendapatkan bayaran dan bukan karena proyek tersebut adalah sesuatu yang benar-benar Anda pedulikan.

Hanya dengan bekerja di bidang yang Anda sukai, Anda akan menjadi salah satu pemimpin terbaik. Pada akhirnya, Anda perlu menunjukkan hasrat Anda sendiri yang membara untuk pekerjaan itu agar orang lain juga ingin sukses.

2. Ikuti kursus manajemen dan kepemimpinan

Sebagian besar kemampuan leadership adalah jenis soft skill daripada hard skill. Untuk memahami perbedaannya, cara utama untuk menentukan apakah suatu keterampilan itu hard skill atau soft skill adalah menanyakan apakah keterampilan itu bisa diajarkan atau dibedah menjadi tingkat keterampilan yang berbeda.

Misalnya, hard skill seperti coding dapat diajarkan dan beberapa coder memiliki sertifikasi yang lebih tinggi daripada yang lain. Sedangkan soft skill seperti pemecahan masalah tidak sering diajarkan dan tidak ada tingkat keterampilan pemecahan masalah yang diakui.

Namun, penelitian telah menemukan bahwa hal ini tidak selalu terjadi. Beberapa soft skill yang sering dikaitkan dengan kepemimpinan dapat diajarkan melalui pembelajaran terstruktur dan kursus singkat.

Kursus-kursus ini dapat meningkatkan kesadaran individu akan perilaku mereka sendiri dan apa yang dibutuhkan, membuka potensi untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka dari waktu ke waktu.

Selain itu, kursus-kursus ini dapat membantu kita memahami teori di balik gaya kepemimpinan yang berbeda.

3. Anggap setiap hari sebagai peluang

Karena kemampuan leadership sebagian besar didasarkan pada soft skill, setiap hari Anda memiliki kesempatan untuk mengembangkan banyak keterampilan yang sama dengan yang dibutuhkan para pemimpin.

Mulai dari memesan kopi di kafe lokal hingga mendiskusikan proyek dalam rapat tim, Anda dapat mengasah kemampuan mendengarkan, berbicara di depan umum, dan banyak keterampilan lain yang terkait dengan kepemimpinan.

Sering kali, kita melakukan interaksi sosial ini tanpa berpikir dan dengan sedikit usaha. Dengan menjadi lebih sadar akan hal ini dan melihatnya sebagai peluang untuk berkembang, kita bisa proaktif dalam mengembangkan keterampilan sederhana yang sangat bermanfaat bagi para pemimpin terbaik.

Baca juga: Tips Interview: Daftar Pertanyaan Interview dan Tips Menjawabnya

4. Tingkatkan hard skill Anda

Kita baru saja membahas bagaimana sebagian besar keterampilan kepemimpinan adalah soft skill, jadi mengapa kami menyuruh Anda untuk meningkatkan hard skill Anda? Jawabannya cukup sederhana.

Anggota tim akan mencari pemimpin mereka ketika mereka terjebak dalam suatu tugas dan tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Anggota tim ini mengharapkan pemimpin mereka dapat memberikan solusi yang efektif berdasarkan pengetahuan dan keahlian mereka.

Jika mereka tidak bisa, atau sering gagal untuk mengesankan, tim bisa kehilangan kepercayaan pada mereka sebagai pemimpin.

Untuk alasan itu, seorang pemimpin memang perlu memiliki hard skill dan pengetahuan yang sangat baik terkait dengan keseluruhan proyek.

Dilengkapi dengan hard skill yang mumpuni, kepercayaan tim mereka terhadap mereka sebagai pemimpin akan tetap terjaga dan bahkan mereka mungkin akan lebih menghargai atau mengagumi mereka.

Manfaat lainnya  yang tidak boleh diabaikan  adalah bahwa pengetahuan khusus akan meningkatkan kepercayaan diri pemimpin untuk membimbing tim menuju kesuksesan.

5. Refleksi pribadi

Jika Anda telah berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan leadership dan telah mengambil beberapa metode yang tercantum di atas, sangat penting bagi Anda untuk memasukkan beberapa waktu refleksi pribadi ke dalam rutinitas mingguan Anda.

Merefleksikan situasi tertentu dan bagaimana Anda menanganinya, akan memungkinkan Anda mengidentifikasi area untuk perbaikan dan apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik.

Hanya dengan merefleksikan situasi, Anda bisa bersiap-siap ketika situasi yang sama datang lagi. Kunci utamanya adalah bahwa tidak ada yang namanya pemimpin yang sempurna dan setiap orang dalam peran senior harus merefleksikan pekerjaan mereka dan menargetkan cara-cara untuk meningkatkan cara mereka memimpin tim.

6. Temukan seorang mentor

Jika Anda memiliki manajer atau leadership dalam hidup Anda yang ingin Anda pelajari, Anda bisa meminta mereka untuk membimbing Anda.

Jika mereka sudah melakukan hal ini dengan baik, kemungkinan mereka telah meluangkan waktu dan memikirkan untuk merefleksikan apa yang bekerja dengan baik untuk mereka.

Ini adalah cara yang bagus untuk mempelajari kemampuan leadership dan mendapatkan umpan balik tentang kekuatan dan kelemahan Anda dari seseorang yang dapat membantu Anda mengatasinya.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

Kesimpulan

Memiliki kemampuan leadership sebagai seorang pemimpin adalah hal yang sangat penting. Menjadi pemimpin yang baik kemungkinan besar akan membuat Anda lebih dihormati di tempat kerja, dan karena Anda adalah orang yang adil dan berempati, Anda kemungkinan besar akan lebih banyak berteman dengan rekan kerja.

Ini semua berkontribusi pada hubungan kerja yang lebih baik dan kepuasan kerja yang meningkat.

Tetapi, manfaat kemampuan leadership tidak hanya di tempat kerja. Kemampuan ini dapat membantu Anda dalam kehidupan pribadi untuk mengelola hubungan dekat Anda dan mungkin berharga di klub olahraga rekreasi. Intinya adalah, Anda tidak harus bekerja sebagai manajer untuk menjadi pemimpin yang lebih baik.

Sebagai pemilik bisnis atau tim HR, Anda juga bisa mencoba menggunakan alat modern untuk mempermudah pengelolaan SDM di perusahaan Anda. Salah satu alat yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan pengelolaan payroll, penghitungan tunjangan dan BPJS secara otomatis, mengelola data karyawan, terintegrasi dengan software akuntansi, dan masih banyak lagi.

Jadikan proses pengelolaan HR dalam bisnis lebih mudah dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Kemampuan Leadership: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *