Partner Kerja: Pengertian, Pengaruh, dan Cara Menghadapinya

partner kerja

Partner kerja jadi bagian penting yang akan berpengaruh ke kinerja karyawan. Partner kerja yang supportive bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Anda pasti ingin memiliki partner kerja yang menyenangkan, bukan? Meski kenyataannya tidak semua rekan kerja bersikap supportive dan menyenangkan.

Yuk ketahui semua informasi mengenai partner kerja mulai dari pengertian, hingga cara menghadapi rekan kerja yang menyebalkan hanya di artikel ini.

Pengertian Partner Kerja

Partner atau rekan kerja merupakan orang yang bekerja dalam satu perusahaan dan saling bekerja sama di satu bidang pekerjaan. Rekan kerja bisa menjadi salah satu motivasi untuk bekerja jika memang rekan kerja tersebut menyenangkan dan bisa diajak bekerja sama.

Jika rekan kerja sebaliknya yakni bersikap kurang menyenangkan, suasana kantor tempat bekerja bisa membuat yang bekerja tidak nyaman. Makanya ini jadi bagian penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengaruh rekan kerja terhadap kinerja karyawan, Anda bisa membaca penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga: Aturan Pekerja Harian Lepas dan Regulasinya di Indonesia

gajihub 2

Apa Pengaruh Partner Kerja ke Kinerja Karyawan?

Partner kerja memiliki pengaruh ke kinerja yang dihasilkan oleh karyawan. Apa saja pengaruh tersebut? Simak penjelasannya yang ada di bawah ini:

1. Pengaruh Terhadap Kenyamanan Kerja

Pengaruh pertama yang akan diberikan rekan kerja kepada karyawan adalah rekan kerja berpengaruh terhadap kenyamana  kerja. Rekan kerja yang menyenangkan tentu bisa membuat tempat kerja menjadi nyaman dan menyenangkan.

Begitu pula sebaliknya, rekan kerja yang menyebalkan akan mengakibatkan tempat kerja jadi terasa tidak nyaman dan karyawan yang bekerja menjadi tidak betah.

2. Hubungan Kerja Lebih Baik dari Gaji

Tahukah Anda bahwa hubungan yang baik dengan rekan kerja itu lebih berharga dari gaji yang tinggi? Ini terbukti dari sebuah survey yang menghasilkan angka 58% untuk laki-laki dan 74% perempuan lebih memilih hubungan yang baik dengan rekan kerja dibandingkan gaji yang tinggi namun harus berada di tempat kerja yang tidak akur.

Memang, gaji yang tinggi jadi bagian penting dalam bekerja. Tapi jika setiap hari harus berhadapan dengan rekan kerja yang tidak akur dan membuat tidak nyaman, gaji yang besar menjadi tidak berharga.

Anda bisa mengalami stres di tempat kerja dan hasilnya gaji yang dihasilkan habis untuk meredakan stres yang Anda rasakan. Belum lagi Anda yang harus melalui hari-hari berat ketika bekerja, ini pastinya sangat tidak nyaman dan jadi alasan yang wajar seseorang lebih menyukai rekan kerja yang baik dibandingkan yang menyebalkan meski dengan gaji besar.

Baca Juga: Apa Itu MoU: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh MoU yang Baik dan Benar

3. Lebih Terkoneksi dengan Perusahaan

Pengaruh selanjutnya dari rekan kerja adalah rekan kerja yang supportif akan membuat Anda lebih mudah terkoneksi dengan perusahaan. Ketika Anda merasa nyaman di tempat kerja karena rekan kerja yang mendukung, Anda akan merasa telah menemukan pekerjaan yang tepat.

Dengan begitu, Anda bisa bekerja semaksimal yang Anda bisa dan bisa mendedikasikan diri untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

4. Bisa Menjadi Sahabat

Selain untuk mendapatkan gaji, bekerja juga bisa membuat Anda mendapatkan sahabat. Sahabat ini bisa Anda dapat dari rekan kerja Anda.

Hubungan persahabatan dapat terjalin karena rasa senasib-sepenanggungan yang dirasakan sesama rekan kerja di perusahaan.

Baca Juga: 10 Jurusan HRD yang Cocok untuk Anda Beserta Tugasnya

5. Mendapatkan Dukungan dan Motivasi

Selain bisa menjadi sahabat, Anda juga bisa mendapatkan dukungan dan motivasi dari rekan kerja Anda. Dukungan ini bisa didapatkan saat harus menghadapi banyak pekerjaan, revisi dari klien atau atasan, hingga ketika ada masalah di luar pekerjaan.

Baca Juga: Etos Kerja: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

Kriteria Partner Kerja yang Baik

partner kerja

Berikut beberapa kriteria partner kerja yang baik:

1. Dapat Diandalkan

Kriteria pertama dari rekan kerja yang baik adalah mereka dapat diandalkan. Ini jadi kriteria utama yang akan menentukan rekan kerja Anda baik atau tidak.

Rekan kerja yang baik dapat diandalkan dalam mengerjakan pekerjaan, terlebih ketika Anda dan rekan kerja Anda bekerja di satu tim yang sama. Selain itu, rekan kerja yang baik juga harus bisa bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan kesalahan yang dilakukan.

Jika Anda ingin menjadi rekan kerja yang baik, pastikan Anda memiliki karakter ini ya!

2. Inovator

Inovator adalah seseorang yang memiliki ide-ide baru untuk menyelesaikan masalah dan juga ide-ide untuk mengembangkan produk. Seseorang dengan karakter ini adalah seseorang yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Jika Anda memiliki rekan kerja seperti ini, Anda bisa terbantu karena rekan kerja Anda bisa memberikan inovasi sehingga bisa membantu Anda menyelesaikan masalah di kantor. Selain itu, seorang inovator juga bisa memberikan semangat dan auro positif ke rekan kerja lainnya.

Baca Juga: Career Capital: Pengertian dan Cara Mengembangkannya

3. Pionir

Seseorang dengan karakter pionir adalah seseorang yang memiliki kemampuan berpikir yang baik. Ia juga bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Rekan kerja yang memiliki sifat pionir ini bisa membantu Anda menyelesaikan masalah dengan masukan-masukan yang membangun.

4. Berempati

Orang yang memiliki empati atau bisa mudah berempati bisa dengan mudah memahami apa yang dirasakan oleh orang lain. Dengan begitu, mewujudkan suasana kerja yang menyenangkan bisa dengan mudah didapatkan ketika partner kerja bisa memberikan empati.

Baca Juga: Tugas Admin HRD dan Skill yang Dibutuhkan

5. Bisa Menerima Masukan

Ketika bekerja, hubungan antar rekan kerja adalah tim yang harus bisa bekerja sama. Pada saat melakukan pekerjaan bersama, ada beberapa hal yang menimbulkan permasalahan hingga perbedaan pendapat.

Rekan kerja yang baik adalah mereka yang bisa menerima masukan dari rekan kerja lainnya atau dari atasan. Memang untuk bisa menerima kritik dan saran bukan sesuatu yang mudah, namun dengan adanya sifat ini karyawan bisa saling mendukung demi kemajuan perusahaan.

6. Jujur

Jujur adalah salah satu sifat yang penting dimiliki oleh seseorang dan termasuk ke dalam kriteria rekan kerja yang baik. Dengan memiliki sifat jujur ini, Anda bisa menjadi rekan kerja dan karyawan yang bisa dipercaya.

Jujur ini harus diimplementasikan ke dalam banyak hal, termasuk ketika melakukan kesalahan. Anda harus bisa jujur ketika melakukan kesalahan dan bertanggung jawab terhadap kesalahan tersebut.

Baca Juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

7. Pekerja Keras

Seseorang dengan sifat kerja keras memiliki motivasi yang tinggi dalam bekerja. Orang dengan tipe ini biasanya tidak banyak bicara dan lebih fokus dalam bekerja.

Dibandingkan membicarakan rekan kerja lainnya, seseorang yang pekerja keras akan mendorong rekan kerja agar lebih fokus bekerja. Tentu ini bisa memberikan aura positif di tempat kerja.

8. Bisa Diajak Berdiskusi

Kriteria rekan kerja yang baik selanjutnya adalah ia bisa diajak berdiskusi terkait pekerjaan di kantor. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, rekan kerja yang berada dalam satu tim harus bisa bekerja sama, salah satu bentuk kerja sama adalah diskusi.

Ketika berdiskusi, rekan kerja bisa menerima masukan dari rekan kerja lainnya dan juga bisa memberikan opini untuk kemajuan perusahaan.

Baca Juga: 10 Pekerjaan untuk Introvert, Bisa Kerja dari Rumah!

Cara Menghadapi Partner Kerja yang Menyebalkan

Buat Anda yang kebetulan memiliki partner kerja yang menyebalkan di kantor, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang menyebalkan:

1. Menentukan Mana Perilaku yang Mengganggu Anda

Cara pertama dalam menghadapi rekan kerja yang menyebalkan adalah dengan menentukan prilaku mana yang mengganggu Anda. Misalnya adalah perilaku rekan kerja yang suka menyindir.

Dengan mengetahui alasan rekan kerja Anda jasi menyebalkan, Anda bisa mengontrol sikap Anda hingga rekan kerja Anda bisa meminimalisir sindirannya.

2. Jangan Buru-Buru Memberikan Reaksi

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan tidak buru-buru memberikan reaksi. Ada baiknya Anda menanenangkan diri dan bersikap bodoamat dengan perilaku menyebalkan rekan kerja Anda.

Jangan sampai Anda cepat-cepat memberikan reaksi dan justru memperburuk hubungan Anda dengan rekan kerja. Cobalah bersikap lebih tenang.

Baca Juga: 10 Trik Hadapi Bos Galak Paling Cerdas, Apa Saja?

3. Cari Kesamaan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi rekan kerja yang menyebalkan adalah dengan mencari kesamaan Anda dengan rekan kerja Anda tersebut. Misalnya adalah partner Anda sama-sama menyukai drama Korea, Anda bisa mengajak rekan Anda membahas drakor bahkan nonton drakor bareng.

4. Mencoba Menjauh

Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun rekan kerja Anda tetap bersikap menyebalkan, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menjauhi rekan kerja Anda. Anda tidak harus langsung menjauh, namun Anda bisa pelan-pelan menjauh dan sebisa mungkin menghindari interaksi dengan rekan kerja tersebut.

Anda bisa menghindari berinteraksi dengan rekan kerja, terlebih untuk hal-hal di luar pekerjaan. Ingat, tujuan utama Anda adalah bekerja. Itu bisa jadi alasan kuat agar Anda bisa bertahan dan lebih fokus dalam bekerja.

Baca Juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

5. Bersikap dan Berpikir Positif

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan bersikap dan berpikir positif. Saat Anda mendapatkan perilaku menyebalkan dari partner kerja Anda, Anda bisa mengambil sisi positif dari perilaku rekan kerja Anda.

Baca Juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai partner kerja yang wajib untuk Anda pahami. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan saling support tidak hanya tanggung jawab karyawan, namun juga tanggung jawab perusahaan.

Perusahaan memiliki andil dalam menciptakan partner kerja yang bisa saling mendukung. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang akan membantu memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub memiliki berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan karyawan di perusahaan Anda jadi super mudah.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua fitur yang ada di GajiHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *