10 Trik Hadapi Bos Galak Paling Cerdas, Apa Saja?

trik hadapi bos galak

Memiliki bos galak jadi hal yang membuat kenyamanan saat bekerja berkurang. Jika Anda memiliki bos galak, setidaknya Anda membutuhkan trik hadapi bos galak agar Anda lebih nyaman saat bekerja.

Lalu apa saja nih trik dalam menghadapi bos galak di perusahaan tempat Anda bekerja? Buat Anda yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Trik Hadapi Bos Galak

trik hadapi bos galak

Memiliki bos galak sering membuat karyawan merasa nyaman saat bekerja, bahkan bisa dianggap sebagai mimpi buruk. Buat Anda yang sedang ada di situasi ini, berikut beberapa trik yang bisa Anda lakukan dalam hadapi bos galak di tempat Anda bekerja:

1. Dekati Bos Anda secara Personal

Trik pertama yang bisa Anda lakukan dalam menghadapi bos galak adalah dekati bos Anda secara personal. Pendekatan personal yang dimaksud di sini adalah pendekatan pertemanan. Bukan pendekatan yang penuh penuh tipu muslihat.

Jadikan bos Anda sebagai teman. Bangun hubungan pertemanan dengan atasan Anda dan ini akan menjadi langkah awal Anda dalam menaklukan bos galak.

Baca Juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

2. Pastikan Anda Mengetahui Standar Kerja Bos Anda

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab bos galak adalah Anda tidak memenuhi standar yang telah diberikan? Jadi, untuk menghadapinya Anda wajib mengetahui apa standar kerja bos Anda.

Anda bisa bertanya langsung kepada bos Anda atau Anda juga bisa bertanya kepada senor Anda di kantor. Tanyakan seperti apa gaya kerja bos Anda dan ikuti cara mainnya. Selagi standar kerja yang diberikan masih wajar, Anda tidak punya pilihan selain menaatinya.

3. Cari Alasan Apa yang Membuat Bos Galak

Trik ketiga yang bisa Anda lakukan adalah mencari alasan yang membuat bos Anda menjadi galak. Benarkah bos Anda memang galak atau ada alasan yang membuat bos Anda menjadi galak.

Anda bisa menanyakan alasan ini kepada rekan kerja Anda, misalnya dengan menanyakan apakah mereka pernah dimarah oleh bos atau tidak. Jika memang memungkinkan Anda juga bisa langsung bertanya kepada bos Anda.

Baca Juga: Kemampuan Leadership: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

4. Evaluasi Diri

Setelah mengetahui alasan yang membuat bos Anda galak, jika memang alasannya berasal dari Anda, sebaiknya Anda melakukan evaluasi diri dan perbaiki sikap Anda. Perbaiki sikap Anda di depan bos dan perbaiki cara kerja Anda.

Misalnya adalah sebelumnya Anda sering telat mengirimkan pekerjaan, Anda bisa perbaiki dengan lebih on time mengirim pekerjaan. Jika memang pekerjaan Anda kurang baik, Anda bisa meminta bantuan ke rekan kerja Anda agar pekerjaan Anda bisa lebih baik lagi.

5. Tetap Profesional dalam Bekerja

Meskipun bos Anda galak, pastikan Anda tetap bersikap profesional saat bekerja. Jangan sampai perlakukan bos mempengaruhi kinerja Anda dalam bekerja. Selesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, ini akan menjadi bukti sekalipun bos Anda galak, Anda tetap bisa bekerja dengan baik.

Baca Juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Mudah dan Cepat

6. Buat Catatan

Trik selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat catatan. Catatan ini bisa digunakan bukti ketika bos marah kepada Anda, misalnya ketika pekerjaan Anda melewati tenggat waktu padahal sebenarnya belum lewat.

Catatan juga bisa membantu Anda dalam mengetahui apa saja yang kurang dan nantinya bisa digunakan untuk perbaikan ke depannya.

7. Tunjukan Anda Bisa Bekerja dengan Baik

Beberapa bos galak kepada Anda karena mereka merasa Anda tidak bisa bekerja dengan baik. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk menunjukan kepada bos Anda bahwa Anda bisa bekerja dengan baik.

Lakukan pekerjaan sebaik mungkin dan semaksimal yang Anda bisa. Dari sini nanti bos Anda bisa sadar bahwa Anda tidak pantas mendapatkan perlakuan galak darinya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

8. Identifikasikan Penyebab Bos Galak

Identifikasi penyebab bos galak juga bisa menjadi trik dalam menghadapi bos galak. Cari tahu terlebih dahulu penyebab bos Anda bersikap galak kepada Anda, kemudian lakukan identifikasi.

Setelah melakukan identifikasi ini, Anda bisa belajar menempatkan diri dalam menghadapi bos Anda yang galak ini.

9. Jangan Dijawab Saat Bos Marah

Tahukah Anda ketika bos atau atasan marah mereka tidak membutuhkan alasan dari kesalahan Anda? Oleh karenanya sebaiknya Anda tidak menjawab ketika bos Anda sedang marah, sekalipun Anda merasa apa yang Anda lakukan tidak salah.

Terima saja kemarahan bos Anda dan katakan bahwa Anda akan memperbaiki diri kedepannya. Respon seperti ini akan membuat bos Anda bisa meredam kemarahannya dan memberi kesempatan bagi Anda untuk mempebaiki kesalahan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Burnout Sydrome, Tandanya, dan Cara Mengatasinya

10. Berkonsultasi dengan Senior yang Ada di Kantor

Trik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan senior yang ada di kantor. Ceritakan kepada senior Anda tentang bagaimana bos memperlakukan Anda dan tanyakan apakah senior Anda mengalami hal serupa.

Anda juga bertanya tips dalam menghadapi bos galak ini. Tanyakan apa saja yang harus dilakukan agar tidak menjadi sasaran kemarahan bos Anda.

gajihub 5

Penyebab Bos Menjadi Galak

Ada beberapa penyebab mengapa bos Anda menjadi galak kepada Anda. Apa saja penyebab tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Agar Lebih Dihargai oleh Karyawan

Penyebab pertama bos Anda menjadi galak adalah karena ingin lebih dihargai oleh karyawan. Ada bos yang beranggapan dengan bersikap galak kepada karyawan akan membuat ia disegani oleh karyawan dan karyawan tidak berani melawan bos.

2. Karyawan Bekerja Kurang Baik

Alasan kedua yang membuat bos menjadi galak adalah karena karyawan bekerja kurang baik atau tidak memenuhi standar yang diberikan oleh bos. Ini adalah hal yang wajar terjadi dan sebagai karyawan Anda bisa memperbaiki kekurangan Anda dalam bekerja.

Baca Juga: Leadership Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengasah Leadership

3. Memiliki Masalah Pribadi

Tahukah Anda bahwa bos bisa menjadi galak karena alasan pribadi? Dilansir dari wolipop.detik.com, bos yang masih lajang dianggap kurang memiliki empati kepada anggota tim yang sudah menikah. Ini menjadi salah satu penyebab bos galak.

Apalagi jika bos tersebut adalah seseorang yang pekerja keras alias worksaholic rasa empatinya kepada karyawan lebih kecil. Termasuk bos yang memiliki sifat perfectionist, biasanya ia tidak bisa toleransi ke karyawan yang pekerjaannya kurang baik.

4. Tekanan

Penyebab bos galak selajutnya adalah karena adanya tekanan. Menjadi bos atau atasan tentunya tidak mudah dan memiliki tekanan yang cukup besar. Ini bisa menjadi penyebab bos Anda menjadi galak.

Tekanan bos bisa berasal dari manajemen ataupun berasal dari klien. Karena tidak bisa melampiaskan langsung ke klien atau manajemen, karyawan di bawahnya sering menjadi sasaran pelampiasan kekesalan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu HRD: Pengertian, Manfaat, dan Tips Suksesnya

Kelebihan Bos Galak

Tahukah Anda bahwa memiliki bos galak ternyata ada kelebihannya. Berikut penjelasan lengkap mengenai kelebihan memiliki bos galak:

1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Kelebihan pertama yang bisa Anda dapatkan dari bos galak adalah Anda bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda dari bos Anda yang galak tersebut. Tidak dipungkiri dengan adanya bos galak Anda akan tertantang untuk bekerja lebih dan belajar hal-hal baru.

Dari sinilah wawasan dan pengetahuan Anda akan semakin bertambah. Dengan terus belajar dan memperbaiki setiap kesalahan, Anda akan memiliki kesempatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Baca Juga: Motivasi Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Saat Wawancara

2. Lebih Disiplin dalam Bekerja

Kelebihan yang kedua yang bisa Anda dapatkan dari bos galak adalah Anda bisa menjadi lebih disiplin dalam bekerja. Bos yang galak akan menuntut Anda untuk lebih disiplin, karena jika tidak Anda bisa menjadi sasaran kemarahan bos Anda.

Dengan adanya bos galak ini Anda akan termotivasi untuk lebih disiplin dalam bekerja. Anda yang awalnya disiplin karena bos Anda, namun lama-lama Anda bisa disiplin karena sudah terbiasa.

3. Lebih Bijak dan Dewasa

Dengan memiliki bos yang galak, Anda juga bisa menjadi lebih bijak dan dewasa. Ini dikarenakan lingkungan tempat Anda bekerja memberikan tuntutan menjadi lebih bijak. Meski tidak mudah, namun ini bisa memberikan pengaruh yang baik ke kehidupan Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Mengetahui Apa Saja Tugas Supervisor dalam Bisnis

4. Dunia Kerja Jadi Lebih Seru dan Menantang

Tahukah Anda memiliki bos yang galak justru bisa membuat karyawan menjadi lebih solid? Anda dan tim Anda akan merasa senasib sepenanggungan. Karena kesamaan nasib ini bisa membuat dunia kerja Anda menjadi lebih seru dan menantang.

Anda dan teman-teman kerja Anda bisa bekerja sama dalam hadapi bos galak dan bisa saling berbagi trik agak bisa bertahan di tengah bos yang galak.

5. Mental Lebih Kuat dan Tangguh

Bekerja merupakan hal yang cukup mengasah mental. Mental Anda jauh lebih terasah hingga menjadi kuat dan tangguh ketika memiliki bos galak. Meskipun Anda kadang merasa tersiksa dan tidak nyaman, namun ini bisa memberikan manfaat yang membuat Anda menjadi pribadi yang kuat dan tangguh.

Baca Juga: Karyawan Tetap: Pengertian, Keuntungan, dan Bedanya dengan Karyawan Kontrak

6. Memiliki Kesempatan yang Lebih

Bos yang galak bisa menjadi kesempatan yang lebih ketika Anda berhasil mengambil hati bos Anda. Ketika Anda bisa mengambil hati bos dan akrab dengan bos Anda, ini akan membuka peluang kesempatan-kesempatan lain untuk mengambangkan diri Anda.

gajihub 2

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai trik hadapi bos galak yang dapat Anda lakukan ketika memiliki bos galak di kantor. Menghadapi bos galak pastinya jadi tantangan tersendiri, namun kadangan ini bisa menjadi kelebihan yang akan membuat pengalaman kerja Anda menjadi lebih baik.

Jangan lupa untuk gunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur seperti payroll, kelola PPh 21, BPJS, akuntansi, hingga analisis data. Dengan semua fitur tersebut, pastinya pengelolaan karyawan di perusahaan Anda menjadi lebih mudah.

Jadi tunggu apa lagi, yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *