Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

toxic leadership 1

Bekerja di bawah kepemimpinan yang destruktif bukan hanya sulit bagi moral. Hal ini juga dapat memengaruhi kinerja seluruh tim. Karena toxic leadership cenderung fokus pada kepentingan mereka sendiri, perilaku mereka mengorbankan kesejahteraan tim mereka.

Tetapi tidak selalu mudah untuk mengenali pemimpin yang toxic atau destruktif, bahkan jika hal itu tampak jelas di belakang.

Mari kita lihat seperti apa toxic leadership itu dan bagaimana Anda dapat menghadapi toxic leader, dan sifat-sifat toxic mereka, untuk berkembang di tempat kerja Anda.

Apa itu Toxic Leadership?

Toxic leadership adalah jenis kepemimpinan yang merusak anggota tim dan tempat kerja secara keseluruhan. Ini adalah penyalahgunaan kekuasaan yang egois dari pihak pemimpin.

Di bawah toxic leadership, sulit bagi Anda dan rekan-rekan Anda untuk berkembang.

Seorang toxic leader biasanya akan mementingkan kepentingan diri sendiri. Hal ini memengaruhi kinerja, produktivitas, dan moral tim dalam berbagai tingkatan.

Apa Saja Efek dari Toxic Leadership?

Toxic leadership dan kualitas kepemimpinan yang buruk berdampak pada semua orang yang bekerja dengan pemimpin yang menunjukkan sifat-sifat toksik ini.

Sebuah studi dari University of Manchester mensurvei 1.200 orang untuk menemukan efek dari toxic leadership, yang meliputi:

  • Penindasan di tempat kerja
  • Perilaku kerja yang kontraproduktif
  • Ketidakpuasan kerja
  • Tekanan psikologis
  • Depresi dan kelelahan

Dalam kasus penindasan di tempat kerja, hal ini sering kali berkembang sebagai mekanisme mediasi ketika ada pemimpin yang toxic. Karyawan lebih cenderung membalas dan mengalihkan rasa frustrasi mereka pada orang lain di sekitar mereka.

Secara keseluruhan, toxic leadership adalah penghalang bagi budaya tempat kerja yang sehat. Tentu saja, tidak semua toxic leader akan memiliki tingkat pengaruh yang sama terhadap budaya kerja karena tidak semua akan menampilkan sifat-sifat toxic yang sama.

Baca juga: Manajemen Mikro (Micromanage): Pengertian, Dampak Buruk, dan Cara Menghindarinya

toxic leadership 2

Apa Tanda Toxic Leadership?

Penting untuk mengawasi kemungkinan adanya toxic leader di sekitar Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dan berkembang meskipun ada dampaknya. Berikut adalah delapan sifat toxic yang membuat kualitas kepemimpinan menjadi buruk.

1. Sering berbohong atau ekspektasi yang tidak konsisten

Ketidakjujuran di tempat kerja adalah toxic karena sulit untuk memahami tempat kerja Anda ketika Anda tidak memiliki akses ke kebenaran.

Para toxic leader juga cenderung tidak konsisten dan sering mundur dari apa yang mereka katakan.

Hal ini juga dapat menyebabkan gaslighting.

Mari kita lihat sebuah contoh. Katakanlah manajer Anda memberi tahu Anda pada hari Kamis bahwa tugas Anda saat ini jatuh tempo pada hari Jumat, kemudian mencaci maki Anda ketika tugas itu tidak selesai pada akhir hari. Mereka sekarang menyatakan bahwa mereka sebelumnya mengatakan bahwa tugas itu akan selesai hari ini.

Ini adalah contoh gaslighting di tempat kerja. Gaslighting adalah jenis manipulasi psikologis yang melibatkan satu orang yang membuat orang lain mempertanyakan ingatan atau penilaian mereka sendiri.

2. Tidak mendengarkan umpan balik

Setiap orang memiliki ruang untuk belajar, tetapi toxic leader tidak mau mendengar kritik yang membangun.

Kekhawatiran dari anggota tim mereka tidak didengar, yang membuat tim tidak bisa berkembang. Ini juga berarti bahwa toxic leader tetap terjebak dalam cara-cara mereka.

Berikut ini contohnya. Anda berpikir akan lebih efektif bagi seluruh tim untuk menghentikan rapat sore hari. Anda merasa bahwa sebagian besar dari apa yang terjadi bisa didiskusikan melalui email.

Namun, manajer Anda menolak untuk mengalah dalam masalah ini. Rapat ini adalah ide mereka, dan mereka menerima kritik ini secara pribadi.

Baca juga: Karakteristik Kepemimpinan yang Baik dan Tips untuk Menjadi Pemimimpin Hebat

3. Arogansi

Para pemimpin yang toxic percaya bahwa mereka selalu benar, yang merupakan salah satu alasan mengapa mereka sulit mendengarkan umpan balik.

Mereka mengharapkan orang-orang di tim mereka untuk menerima apa yang mereka katakan sebagai kebenaran tanpa pertanyaan dan tidak ingin dikoreksi.

Misalnya, katakanlah Anda sedang rapat, dan manajer Anda menyatakan bahwa klien mengatakan bahwa mereka lebih menyukai sesuatu yang khusus.

Anda tahu ini salah karena klien mengatakannya kepada Anda. Jika Anda mencoba mengoreksi mereka, mereka akan mengabaikan Anda atau mencaci maki Anda karena mencoba mengoreksi mereka.

4. Mementingkan hierarki

Hierarki (pangkat dan peran orang dalam bisnis) adalah apa yang memberi pemimpin toxic kontrol atas tim mereka.

Karena mereka ingin mempertahankan kekuasaan ini, mereka menghargai hierarki ini. Mereka akan memastikan hierarki ini tetap ada.

Misalnya, mereka akan menutup inisiatif yang memungkinkan orang-orang di tim mereka menjadi lebih independen dan membuat keputusan sendiri.

5. Mendiskriminasi karyawan

Pemimpin yang toxic sering kali memiliki bias mereka sendiri terhadap orang-orang di tim mereka, baik positif maupun negatif. Sering kali, mereka tidak mempraktikkan kepemimpinan yang inklusif.

Hal ini bisa muncul dalam bentuk memberikan perlakuan istimewa kepada teman-teman mereka, atau sebagai seksisme, ageisme, rasisme, homofobia, dan banyak lagi. Diskriminasi semacam itu bisa menghasilkan tempat kerja yang sangat toxic.

Berikut ini contohnya: manajer memuji teman mereka, bahkan ketika teman ini telah melakukan pekerjaan yang biasa-biasa saja. Di sisi lain, manajer yang sama tidak pernah senang dengan pekerjaan Anda, bahkan ketika Anda mengungguli ekspektasi.

Baca juga: Kode Etik Profesi: Pengertian, Pentingnya, Contoh, dan Cara Membuatnya

Membongkar Mitos Tentang Toxic Leadership

Mari kita telusuri empat mitos tentang toxic leader

1. Perilaku toxic tidak akan ditoleransi oleh tim Anda

Sangat mudah untuk berpikir bahwa jika seorang pemimpin toxic, hal ini tidak akan menjadi masalah dalam waktu lama karena Anda dan tim Anda tidak akan membiarkan hal ini terus berlanjut.

Tetapi ada tekanan untuk menerima perilaku ini karena Anda ingin mempertahankan pekerjaan dan memajukan karier Anda. Tidak mudah untuk menjadi orang pertama yang melawan toxic leader.

Akibatnya, pemimpin toxic sering kali ditoleransi untuk jangka waktu yang lama.

2. Pemimpin toxic mudah dikenali

Seorang toxic leader masih bisa menjadi pemimpin yang karismatik, yang berarti mereka mampu menyembunyikan toksisitas mereka. Hal ini membuat mereka tidak selalu mudah dikenali.

Meskipun mereka akan menunjukkan beberapa sifat yang disebutkan di atas, mereka tidak selalu melakukannya secara eksplisit atau terang-terangan. Beberapa perilaku toxic bisa lebih halus daripada yang lain.

Bagi seseorang yang tidak bekerja secara langsung dengan seorang toxic leader, mungkin sulit untuk melihat penyamaran mereka.

Baca juga: CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

3. Seseorang tidak dapat menghadapi toxic leader sendirian.

Ini tidak selalu benar. Jika semua orang percaya bahwa mereka tidak dapat menghadapi toxic leader, tidak akan ada yang akan berbicara, dan masalahnya tidak akan terselesaikan.

Ketakutan untuk berdiri sendiri adalah alasan mengapa beberapa orang dalam tim sering kali mentoleransi perilaku toxic.

Namun seringkali, yang diperlukan hanyalah satu orang yang bersedia berbicara. Begitu hal itu terjadi, orang lain akan menemukan keberanian untuk berbicara juga, dan Anda dapat mulai menangani masalah ini bersama-sama.

4. Pemimpin perlu menjadi toxic untuk memajukan karier mereka

Posisi korporat sangat kompetitif, dan banyak orang percaya bahwa mereka perlu mengadopsi sifat-sifat toxic untuk ‘berhasil’.

Tetapi pemimpin toxic memiliki perilaku destruktif yang tidak baik bagi organisasi, terutama dalam jangka panjang.

Adalah mungkin untuk menjadi pemimpin yang luar biasa tanpa menjadi toxic dan tetap dapat memajukan karier Anda.

5. Pemimpin toxic pada dasarnya adalah orang jahat

Dalam beberapa kasus, pemimpin toxic mungkin tidak menyadari apa yang mereka lakukan.

Perilaku mereka bisa menjadi mekanisme pertahanan terhadap keraguan diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa beberapa toxic leader memiliki kemampuan untuk berubah seiring berjalannya waktu.

gajihub 3

Bagaimana Menyikapi Toxic Leadership?

Jika Anda kebetulan bekerja di bawah seorang toxic leader, berikut ini tujuh tips untuk menghadapinya.

1. Berusahalah untuk membantu, bukannya menghakimi

Bantulah orang lain di sekitar Anda untuk mencapai lebih banyak dan mendorong hasil. Anda bisa fokus untuk berkembang bersama sebagai sebuah tim, bukannya menghabiskan waktu untuk drama.

Jika Anda tidak dapat menghindari perilaku toxic, setidaknya Anda tidak perlu fokus pada perilaku tersebut dan memberikan semua perhatian Anda.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja, Komponen, dan Manfaatnya

2. Kendalikan reaksi Anda

Anda tidak dapat mengendalikan bagaimana manajer Anda bertindak, tetapi Anda mengendalikan reaksi Anda terhadap tindakan tersebut.

Ingatlah bahwa perilaku ini bukan tentang Anda. Tetap kendalikan emosi Anda dan jangan berikan perhatian yang mereka inginkan. Jika Anda kesulitan melakukan ini sendiri, pertimbangkan untuk meminta bantuan departemen SDM Anda.

3. Dokumentasikan semuanya

Dokumentasikan ketika toxic leader Anda membuat permintaan yang tidak Anda setujui. Dengan cara ini, jika terjadi kekacauan, Anda akan memiliki bukti bahwa Anda diminta untuk melakukan hal-hal tertentu yang menyebabkan kekacauan ini.

Selalu minta konfirmasi tertulis melalui email sebelum Anda menyelesaikan tugas yang tidak Anda setujui.

4. Tetapkan batasan profesional

Jaga hubungan antara Anda dan pemimpin Anda secara profesional.

Anda tidak berkewajiban untuk berteman dengan pemimpin Anda atau menjawab pertanyaan pribadi. Dengan melakukan hal ini, Anda akan melindungi diri Anda dan kehidupan pribadi Anda dari perilaku toxic.

Anda bisa mencoba menghadapi perilaku tersebut dengan goyangan abu-abu dalam situasi tertentu, tetapi hal ini tidak disarankan untuk jangka panjang.

Baca juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

5. Dekati manajer Anda dengan percakapan yang jujur

Meskipun toxic leader tidak akan selalu terbuka untuk jenis percakapan ini, Anda dapat mencoba untuk melakukannya. Tujuan dari percakapan yang jujur bukanlah untuk menuduh, melainkan untuk menyampaikan perasaan Anda dan bagaimana kinerja Anda terpengaruh.

Lakukan pendekatan dengan pernyataan “Saya” dan jelaskan bagaimana hal ini tidak hanya berdampak pada Anda, tetapi juga pada perusahaan. Ingat, kebahagiaan dan kinerja Anda memengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Baca juga: Kemampuan Leadership: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Mengembangkannya

6. Klarifikasi instruksi

Jangan membuat asumsi tentang apa yang Anda yakini diinginkan oleh toxic leader Anda. Hal ini dapat menyebabkan kesalahpahaman. Mintalah klarifikasi (dalam bentuk tertulis) kapan pun Anda memiliki keraguan sekecil apa pun.

7. Fokus pada pekerjaan Anda dan lupakan ego

Ingatlah untuk tidak menganggap sesuatu secara pribadi. Perilaku toxic leader bukanlah cerminan dari Anda dan kinerja Anda. Anda tidak akan bisa membuktikan bahwa Anda benar dan toxic leader Anda salah, jadi jangan coba-coba melakukannya.

Baca juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

Kesimpulan

Itulan tanda tanda adanya toxic leadership di tempat kerja dan juga cara Anda menyikapinya. Terkadang pemimpin yang toxic memang menjadi masalah bagi budaya kerja perusahaan Anda. Oleh sebab itu, kejujuran, keterbukaan, dan juga komunikasi menjadi hal penting yang harus diperhatikan setiap anggota karyawan dalam bisnis.

Lalu, sebagai pemilik bisnis atau HR manager, Anda bisa menggunakan sistem HR modern untuk memudahkan Anda dalam menyimpan dan mengontrol seluruh data karyawan dalam bisnis. Salah satu software payroll dan HR modern dan canggih yang bisa Anda gunakan adalah Gajihub.

Gajihub adalah software payroll terbaik yang mudah digunakan dan memiliki fitur terlengkap yang bisa Anda coba secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *