CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

cv menarik

Membuat CV menarik menjadi salah satu cara yang digunakan untuk menarik perhatian HRD. HDR pasti lebih memperhatikan CV yang menarik daripada CV yang biasa saja.

Meski demikian, CV yang menarik ini tentunya memiliki pengertian yang berbeda-beda. Anda tidak bisa semabarangan membuat CV yang penuh warna demi mendapatkan kesan menarik ini.

Lalu seperti apa CV yang menarik ini? Bagaimana pula pengaruh CV terhadap penilaian HRD? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini:

Apa Itu CV

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai CV menarik, apakah Anda sudah mengetahui CV ini? CV atau Curriculum Vitae merupakan daftar riwayat hidup seseorang yang dibuat dengan tujuan tertentu seperti untuk melamar pekerjaan.

Curriculum Vitae ini nantinya akan membantu HRD atau rekruter mengetahui seperti apa riwayat hidup pelamar kerja dengan melihat CV. Makanya penting bagi Anda untuk membuat CV seringkas dan sedetail mungkin, karena ini akan lebih memudahkan HRD dalam menilai kualitas Anda ketika melamar kerja.

CV ini biasanya menjadi salah satu dokumen yang dimasukan ketika melamar kerja selain surat lamaran kerja, fotokopi ijazah terakhir, pas foto, dan lainnya.

Baca Juga: Proses Rekrutmen: Pengertian, Tahapan, dan Tips Melakukannya

Manfaat dari CV

cv menarik

CV dibutuhkan saat Anda melamar pekerjaan. Dengan adanya curriculum vitae ini Anda bisa menjelaskan keterangan diri, informasi diri, data diri, dan lainnya.

Dari CV ini, seseorang dapat mengetahui informasi mengenai diri Anda seperti informasi data diri (nama, tempat tanggal lahir, hingga riwayat pendidikan) hingga informasi pengalaman pekerjaan. Dengan adanya CV ini Anda juga tidak perlu lagi menjelaskan diri Anda secara panjang lebar kepada rekruter.

Baca Juga: Job Spesification: Pengertian, Elemen dan Bedanya dengan Job Description

Cara Membuat CV yang Menarik

Agar Anda bisa menarik perhatian HRD dan diterima bekerja, Anda wajib membuat CV yang menarik. Lalu bagaimana cara membuat CV yang menarik ini? Simak infonya di bawah ini ya!

1. Jelaskan Tentang Diri Anda dengan Singkat dan Jelas

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan Anda menjelaskan tentang diri Anda dengan singkat dan jelas. Ini dikarenakan saat ini HRD sudah tidak tertarik dengan CV yang panjang dan bertele-tele sudah tidak menarik.

Anda bisa menceritakan siapa diri Anda, informasi mengenai Anda, riwayat pendidikan Anda, kelebihan dan kekurangan Anda, hingga pengalaman organisasi dan pengalaman kerja Anda. Jangan lupa juga untuk membuat satu paragraf yang akan membuat perusahaan tertarik untuk merekrut Anda.

2. Pilih Desain yang Sederhana dan Menarik

Desain sangat berpengaruh terhadap peluang Anda diterima di perusahaan. Lalu bagaimana cara memilih desain yang tepat untuk CV Anda?

Ada berbagai jenis desain CV yang bisa Anda pilih, mulai dari yang penuh warna hingga yang paling sederhana. Anda bisa memilih desain yang sederhana namun bisa menjelaskan semua informasi mengenai Anda.

Terlebih jika pekerjaan yang Anda lamar tidak berhubungan dengan desain. Memilih desain yang sederhana akan memudahkan HRD dalam memeriksa CV Anda.

HRD biasanya bisa menilai kualitas atau karakter Anda dari CV yang Anda berikan. Jika Anda ingin memberikan kesan sederhana, maka pilihlah desain yang sederhana juga.

3. Pastikan Informasi sesuai Bagian yang Anda Lamar

Beberapa pelamar kerja memasukan banyak informasi mengenai dirinya, mulai dari riwayat pendidikan dari SD, pelatihan-pelatihan yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar, hingga kemampuan yang tidak mendukung pekerjaan yang dilamar.

Jika Anda berniat memasukan informasi di atas ke dalam CV Anda, sebaiknya Anda urungkan. Pilihlah informasi yang sesuai dengan bidang yang Anda lamar dan juga mendukung pekerjaan Anda nantinya.

Misalnya Anda melamar bagian desain grafis, pilihlah informasi yang dibutuhkan untuk bagian desain grafis, misalnya seperti pelatihan desain, pengalaman kerja di bagian desain, dan juga pendidikan yang berkaitan dengan desain grafis.

Anda tidak perlu memasukan pelatihan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Anda nantinya, misalnya pelatihan barista atau lainnya. Hanya memasukan pendidikan terakhir juga akan membuat informasi di CV Anda lebih singkat dan padat, jadi ini wajib untuk dipertimbangkan.

4. Sertakan Soft Skill yang Anda Miliki

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyertakan soft skill yang Anda miliki. Contoh soft skill yang bisa Anda masukan antara lain kemampuan leadership, kecerdasan emosi, kemampuan berpikir kritis, hingga kemampuan berkomunikasi.

5. Jangan Lupa Tambahkan Kontak dan Info Portofolio Anda

Cara kelima sekaligus terakhir adalah jangan lupa tambahkan kontak dan info terkait portofolio Anda di dalam CV. Tuliskan kontak yang dapat dihubungi, mulai dari nomor pribadi, media sosial, dan blog (jika ada).

Sertakan juga info portofolio Anda, terlebih jika Anda melamar bagian yang membutuhkan portofolio seperti desainer grafis, penulis artikel, SEO spesialist, web development, dan lainnya.

Perlu diketahui bahwa media sosial juga bisa menjadi media untuk HRD mengukur bagaimana karakter Anda. Jadi, pastikan Anda meninggalkan kesan yang baik di media sosial Anda. Lakukan personal branding yang baik di media sosial agar menjadi pertimbangan HRD dalam memilih Anda.

Baca Juga: Supervisor Adalah: Pengertian, Tugas, Gaji, dan Bedanya dengan Manajer

Jenis-Jenis CV

Ada beberapa jenis CV yang bisa menjadi pilihan Anda ketika akan membuatnya. Berikut informasi lebih lengkapnya mengenai jenis-jenis CV ini:

1. Berdasarkan Tujuannya

Jenis CV yang pertama adalah CV berdasarkan tujuannya. CV berdasarkan tujuannya adalah CV yang dibuat khusus untuk perusahaan yang dituju. Jadi segala hal yang tidak berhubungan dengan perusahaan tersebut tidak akan dimasukan ke dalam CV.

Pastikan juga Anda menulis tujuan Anda secara jelas, termasuk informasi-informasi yang akan mendukung tujaun Anda tersebut.

2. Berdasarkan Ketentuannya

Jenis yang kedua adalah CV berdasarkan ketentuannya. CV jenis ini memiliki ketentuan yang dibuat oleh perusahaan, lembaga, instansi, ataupun badan yang melakukan perekrutan karyawan.

Biasanya CV ini sudah dibuat oleh lembaga tersebut, jadi pelamar kerja hanya perlu mengisi data pada CV yang sudah disiapkan.

3. Berdasarkan Urutan Kronologisnya

CV berdasarkan urutan kronologisnya adalah CV yang dibuat dengan cara mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja. CV ini dibuat untuk pelamar kerja yang memiliki tipe pekerjaan yang sama sepanjang masa karirnya.

Dengan CV berdasarkan urutan kronologisnya ini, HRD atau rekruter bisa langsung fokus ke pengalaman kerja dan pendidikan pelamar. Tidak mengherankan jika CV ini menjadi jenis CV yang disukai oleh perusahaan.

4. Berdasarkan Keterampilan

Jenis CV yang terakhir adalah CV berdasarkan keterampilan. CV ini lebih mengedepankan keterampilan yang dimiliki oleh pelamar dibandingkan hal lainnya.

CV jenis ini sangat cocok bagi Anda yang berstatus sebagai fresh graduate ataupun bagi Anda yang ingin melamar kerja di bidang yang berbeda dari pekerjaan Anda sebelumnya.

Baca Juga: Tugas HRD dan Kualifikasi HRD yang Wajib Anda Ketahui

Platform dan Software untuk Membuat CV

cv menarik

Di tengah zaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, sudah banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV. Berikut platform dan software untuk membuat CV tersebut:

1. Canva

Platform online pertama yang bisa menjadi tempat Anda untuk membuat CV. Canva dapat Anda akses secara gratis baik itu melalui website ataupun melalui aplikasi.

Anda bisa membuat berbagai desain dengan aplikasi Canva ini, mulai dari desain untuk banner Instagram, banner blog, hingga membuat CV. Ada berbagai template CV yang bisa Anda pilih, mulai yang penuh warna hingga yang paling sederhana.

2. Visual CV

Visual CV adalah platform selanjutnya yang bisa Anda pilih untuk membuat CV. Visual CV ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat CV ke perusahaan internasional.

Di platform ini Anda akan menemukan template CV dengan latar belakang berwarna putih. Anda juga bisa menggunakan tatanan teks profesionasl berbahasa Inggris. Lebih canggihnya, Visual CV bisa memasukan data secara otomatis dari Linkedin, mudah banget kan?

3. Resume.io

Anda ingin membuat CV dengan desain minimalis dan bergaya profesional? Resume.io bisa menjadi salah satu pilihan. Untuk membuat CV dengan Resume.io Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit dan CV siap dikirim kepada rekruter.

Tidak hanya itu, platform satu ini juga memungkinkan untuk memperbaiki tata bahasa dalam penulis CV dan Anda bisa menggunakannya secara gratis.

4. Kinzaa

Anda ingin membuat CV dengan gaya yang berbeda daripada lainnya? Kinzaa bisa nih menjadi pilihan Anda.

Kinzaa memungkinkan bagi Anda untuk memasang foto profil layaknya di media sosial. Selain itu, platform satu ini juga memungkinkan untuk mengunduh video tentang Anda.

5. Photoshop

Photoshop adalah software yang sudah sangat terkenal di bidang desain grafis. Anda juga bisa menggunakan Photoshop untuk membuat CV.

Di sini Anda bisa mendesain CV sesuai yang Anda inginkan dan Anda tidak membutuhkan koneksi internet untuk membuat CV. Meski demikian, Anda harus memiliki kemampuan menggunakan Photoshop untuk bisa menggunakan software ini.

gajihub 1

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai CV menarik dan cara membuat CV menarik yang bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin membuat CV. Selain itu, mengetahui pentingnya CV juga wajib dilakukan oleh HRD atau rekruter.

HRD harus mengetahui apa saja yang harus dinilai ketika melihat CV pelamar kerja. Selain itu, HRD juga memiliki tugas-tugas lainnya dan software payroll dan aplikasi HRIS dapat membantu mempermudah tugas HRD ini.

GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS terbaik yang akan membantu Anda mempermudah pengelolaan karyawan, mulai dari penggajian, absensi, akuntansi, hingga pengelolaan cuti dan izin. Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “CV Menarik: Ini Cara Membuat CV yang Wajib Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *