Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu

Perbedaan HRD dan Personalia 1

Ketika kita harus menemukan perbedaan tanggung jawab dasar HRD dan departemen personalia, mungkin tidak sedikit dari kita akan bingung, Hal ini dikarekan human resource development atau HRD biasanya disebut sebagai versi modern dari manajemen personalia.

Tugas utama yang dimiliki oleh kedua kelompok manajemen ini adalah: mempekerjakan, mengelola karyawan, orientasi karyawan, dan menangani kompensasi dan tunjangan.

Perbedaan yang menentukan antara HRD dan manajemen personalia terletak pada cara mereka mengelola karyawan dan situasi apa pun yang mungkin timbul terkait dengan mereka.

Setiap departemen melakukan pendekatan employee engagement dengan metodologi yang memiliki kekuatan dan kelemahan yang berbeda-beda.

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dan perbedaan lengkap dari HRD dan juga manajemen personalia, jadi baca terus artikel ini sampai selesai.

Pengertian Manajemen Personalia

Manajemen personalia adalah bagian dari manajemen yang berhubungan dengan perekrutan, perekrutan, penempatan staf, pengembangan, dan kompensasi tenaga kerja dan hubungannya dengan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Fungsi utama dari manajemen personalia dibagi menjadi dua kategori:

  • Fungsi Operatif: Kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan, pengembangan, kompensasi, evaluasi pekerjaan, kesejahteraan karyawan, pemanfaatan, pemeliharaan dan perundingan bersama.
  • Fungsi Manajerial: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Motivasi, Kontrol, dan Koordinasi adalah kegiatan manajerial dasar yang dilakukan oleh Manajemen Personalia.

Sejak dua dekade terakhir, seiring perkembangan teknologi dan manusia digantikan oleh mesin. Demikian pula, cabang manajemen ini juga telah digantikan oleh HR management

Baca juga: Team Work: Pengertian, Manfaat, dan Juga Cara Membangunnya

Perbedaan HRD dan Personalia 2

3 jenis manajemen personalia

Berikut adalah tiga jenis manajemen personalia yang digunakan organisasi untuk mengembangkan dan memelihara prosedur kepegawaian:

1. Manajemen personalia strategis

Manajemen personalia strategis berfokus pada kebutuhan staf organisasi saat ini dan masa depan.

Dalam pendekatan ini, seorang manajer personalia menyelaraskan sumber daya yang tersedia dengan tujuan organisasi untuk membuat rencana perekrutan dan pelatihan staf untuk membantu karyawan dan organisasi mencapai tujuan mereka.

Mereka biasanya mendasarkan strategi mereka pada operasi bisnis yang sedang berlangsung dan kebutuhan pekerjaan yang diprediksi.

2. Manajemen personalia taktis

Manajemen personalia taktis melibatkan pengembangan sumber daya SDM dan menggunakannya untuk merencanakan proses kepegawaian.

Tidak seperti manajemen personalia strategis, manajemen personalia taktis berfokus terutama pada perekrutan dan pemeliharaan karyawan. Manajer SDM dapat menggunakan pendekatan ini untuk:

  • Kelola jadwal karyawan berdasarkan permintaan, ketersediaan, dan kebutuhan organisasi
  • Buat pekerjaan jangka panjang dan rencana perekrutan untuk mempertahankan tingkat kepegawaian yang ideal
  • Atur sumber daya staf, seperti alat SDM dan penilaian pekerjaan, dan sediakan untuk karyawan dan manajer mereka

3. Manajemen personalia operasional

Manajemen personalia operasional berfokus pada pemeliharaan fungsi pendukung HR. Profesional HR management menggunakan pendekatan ini untuk membantu manajer menerapkan keputusan strategis.

Misalnya, setelah manajer HR mempekerjakan karyawan baru, tim personalia dapat menyelesaikan orientasi, menangani catatan pekerjaan, dan mengeluarkan sumber daya seperti kunci kantor dan kartu parkir.

Tugas-tugas pendukung ini merupakan unsur-unsur manajemen operasional, yang juga mencakup kegiatan pengembangan profesional, seperti pendidikan berkelanjutan dan nasihat karir.

Definisi HR Management

HR management atau biasa dikenal manajemen sumber daya manusia (SDM adalah cabang manajemen yang terspesialisasi dan terorganisir yang berkaitan dengan perolehan, pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan dan koordinasi orang-orang di tempat kerja, sedemikian rupa sehingga mereka akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Ini mengacu pada fungsi sistematis perencanaan untuk kebutuhan dan tuntutan sumber daya manusia, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan penilaian kinerja, untuk memenuhi persyaratan tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah proses berkelanjutan untuk memastikan ketersediaan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan bersedia, yaitu menempatkan orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat.

Singkatnya, ini adalah seni memanfaatkan sumber daya manusia dari suatu organisasi, dengan cara yang paling efisien dan efektif. HRM mencakup spektrum kegiatan yang luas yang meliputi:

  • Pekerjaan
  • Rekrutmen dan Seleksi
  • Pelatihan dan pengembangan
  • Layanan Karyawan
  • Gaji dan Upah
  • Hubungan Industri
  • Kesehatan dan keselamatan
  • Pendidikan
  • Kondisi kerja
  • Penilaian dan Penilaian

Baca juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

gajihub 2

Persamaan Antara Manajemen Personalia dan HR Managament

Sebelum membahas perbedaan antara  HRD management dengan manajemen personalia, kita akan membahas terlebih dahulu manfaat dari kedua hal ini

Hiring

Baik tim HR hanajemen maupun tim manajemen personalia bertanggung jawab untuk merekrut karyawan baru baik dari dalam perusahaan, atau dari luar.

Jika merekrut secara eksternal, kedua tim manajemen akan melalui langkah-langkah meninjau CV, dengan memperhatikan keterampilan teknis pelamar dan etos kerja, berkolaborasi dengan departemen lain jika diperlukan. Saat merekrut secara internal, tim manajemen dapat mengambil berbagai pendekatan.

Tergantung pada departemen, ini mungkin termasuk memposting lowongan pekerjaan untuk dilihat semua karyawan, meminta manajer untuk menominasikan individu berkinerja tinggi, memilih individu dari database pengetahuan, keterampilan dan kemampuan, atau memanfaatkan perencanaan suksesi, di mana karyawan dipersiapkan untuk peran promosi

Orientasi karyawan

Setelah seorang karyawan dipekerjakan, baik tim manajemen sumber daya manusia maupun tim manajemen personalia diharapkan untuk memperkenalkan karyawan tersebut kepada perusahaan.

Ini biasanya melibatkan pendaftaran gaji mereka ke kantor pajak, kantor jaminan sosial, dan perusahaan asuransi yang berlaku

Mengelola karyawan

Tim manajemen manusia dan tim manajemen personalia bertanggung jawab untuk menangani situasi konflik apa pun yang mungkin timbul di kantor

Kedua tim manajemen bertanggung jawab untuk membagikan informasi apa pun yang berkaitan dengan keselamatan karyawan atau operasi bisnis secara keseluruhan, seperti merger atau akuisisi .

Kompensasi dan benefit

Menciptakan manfaat yang tepat bagi karyawan adalah langkah penting dalam memastikan kepuasan mereka di perusahaan.

Manajemen sumber daya manusia dan manajemen personalia memastikan bahwa karyawan ditetapkan dengan kompensasi dan tunjangan yang tepat.

Kedua tim manajemen sering bertanggung jawab untuk mengelola dan menjalankan penggajian, serta menghitung dan membayar bonus yang berlaku. Skema tunjangan, biasanya dalam bentuk asuransi kesehatan swasta dan pensiun, dikelola oleh sumber daya manusia dan tim manajemen personalia.

Baca juga: Cara Buat Absen Online Gratis Menggunakan Excel Dengan Mudah

Perbedaan HRD dan Personalia 3

Perbedaan HRD dan Personalia

Berikut ini adalah perbedaan utama antara HRD dan manajemen personalia:

  • Bagian dari manajemen yang berhubungan dengan tenaga kerja dalam perusahaan dikenal sebagai Manajemen personalia. Cabang manajemen, yang berfokus pada penggunaan terbaik dari tenaga kerja perusahaan dikenal sebagai HR development.
  • Manajemen Personalia memperlakukan pekerja sebagai alat atau mesin sedangkan HR development memperlakukannya sebagai aset penting organisasi.
  • HR management adalah versi lanjutan dari manajemen personalia.
  • Pengambilan keputusan lambat dalam manajemen personalia, tetapi hal yang sama relatif cepat dalam proses HR management
  • Dalam manajemen personalia kurang menggunakan distribusi inisiatif. Namun, distribusi inisiatif yang terintegrasi ada dalam HR development.
  • Dalam manajemen personalia, dasar dari desain pekerjaan adalah pembagian kerja, sedangkan dalam hal HR development dan management, karyawan dibagi menjadi beberapa kelompok atau tim untuk melakukan tugas apa pun.
  • Di manajemen personalia, negosiasi didasarkan pada perundingan bersama dengan pemimpin serikat pekerja. Sebaliknya, di HRD, tidak ada kebutuhan untuk perundingan bersama karena ada kontrak individu dengan setiap karyawan.
  • Di manajemen personalia, pembayaran didasarkan pada evaluasi pekerjaan. Berbeda dengan HR management, dimana dasar pembayarannya adalah evaluasi kinerja.
  • Manajemen personalia terutama berfokus pada aktivitas biasa, seperti perekrutan karyawan, remunerasi, pelatihan, dan keharmonisan. Sebaliknya, HRD dan management berfokus pada memperlakukan karyawan sebagai aset berharga, yang harus dihargai, digunakan, dan dilestarikan.

Baca juga: Employee Self Service (ESS): Pengertian, Fitur, Manfaat, dan Perannya dalam HR

Kesimpulan

Itulah perbedaan dan pengertian lengkap dari HRD dan juga manajemen personalia. HRD telah datang dengan sebagai perpanjangan manajemen personalia yang menyempurnakan proses manajemen personil yang lebih baik.

Hal ini sangat penting di era persaingan yang ketat di mana setiap organisasi harus mendahulukan tenaga dan kebutuhannya.

Saat ini, sangat sulit untuk mempertahankan dan mempertahankan karyawan yang baik untuk waktu yang lama karena mereka sepenuhnya menyadari hak-hak mereka dan organisasi mana pun tidak dapat memperlakukan mereka seperti mesin. Jadi, HRD telah berevolusi untuk menyatukan organisasi dengan karyawan mereka untuk mencapai tujuan bersama.

Teknologi telah membawa perubahan dan kemudahan dalam pengelolaan bisnis, termasuk juga dalam proses pengelolaan HR management.

Jika Anda sedang mencari solusi untuk proses HRIS, payroll, pencatatan absensi, dan semua hal yang Anda butuhkan untuk manajemen SDM yang lebih baik, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS seperti GajiHub yang memililiki fitur terlengkap dan mudah digunakan.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengelolaan human capital dengan fitur yang ada di dalamnya seperti: penghitungan payrollmengelola absensi dan HRIS, penghitungan pajak PPh 21 dan BPJSpengelolaan akuntansi, reimbursementemployee self service (ESS)mengelola aset, mengelola izin dan cuti karyawan Anda, dan juga melakukan analisa data dari manajemen SDM Anda.

Jadi tunggu apalagi? Buat proses pengelolaan HRD dan manajemen personalia Anda menjadi lebih mudah dengan menggunakan GajiHub secara gratis selama melalui tautan ini.

1 thought on “Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *