Team Work: Pengertian, Manfaat, dan Juga Cara Membangunnya

team work 1

Hirarki tempat kerja tradisional sedang berkembang. Upaya individu di jalur pabrik atau di bilik kantor menjadi kurang umum, karena kerja tim atau team work meningkat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi abad ke-21.

Para pemimpin dari semua sektor sedang membangun struktur team work untuk meningkatkan proses, memenuhi tuntutan baru, dan membangun organisasi yang lebih sehat.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu team work, membahas mengapa itu penting, membuat daftar beberapa manfaatnya, dan juga tips untuk membangaun team work  yang baik dalam sebuah organisasi.

Apa itu Team Work?

Team work atau kerja tim adalah ketika sekelompok orang bekerja sama menuju tujuan atau tujuan bersama. Jika setiap orang dengan rela dan sengaja menjadikan kepentingan dan tujuan tim sebagai prioritas utama mereka, pekerjaan mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi—dan hasilnya dapat memberikan dampak yang besar.

Membangun tim melibatkan menyatukan orang-orang, sementara kerja tim memungkinkan orang-orang itu menggunakan kemampuan, nilai, dan keyakinan mereka yang berbeda untuk mencapai sesuatu yang mungkin tidak dapat mereka lakukan sendiri.

Persatuan adalah dasar untuk kerja tim yang efektif, yang mengarah pada kreativitas dan produktivitas yang lebih besar di tempat kerja serta tim yang lebih bahagia dan lebih sehat.

Mengapa Team Work Penting dalam Sebuah Bisnis?

Team work penting karena mempromosikan lingkungan tempat kerja yang positif di mana lebih banyak peluang dapat dicapai dan lebih banyak hambatan dapat diatasi.

Bisnis dan organisasi paling membutuhkan kerja tim ketika sebuah proyek sensitif terhadap waktu dan beragam keterampilan dan pengalaman diperlukan.

Yang terbaik, kerja tim menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan kecepatan lebih tinggi, mencapai tolok ukur baru, memperluas keahlian profesional, dan mengubah jalannya sejarah. Dengan menggabungkan kerja tim, perubahan dinamis dan berkelanjutan dapat terjadi.

Baca juga: Surat Lamaran Kerja: Pengertian, Komponen, Cara Buat dan Contohnya

team work 2

11 Manfaat Team Work  dalam Bisnis

Jika Anda mempertimbangkan untuk memasukkan lebih banyak kerja tim ke dalam organisasi Anda, berikut adalah 11 cara yang dapat dimanfaatkan tim Anda:

1. Membuat suasana kerja lebih menyenangkan

Sementara pekerjaan individu sangat monotom, seringkali lebih menyenangkan untuk bekerja bersama orang lain.

Kerja tim memungkinkan untuk percakapan dan istirahat singkat yang dapat meningkatkan kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Bagi seseorang yang bekerja sendiri, mungkin sulit untuk memecah hari kerja alih-alih menyelesaikan tugas secepat mungkin.

Maklum, banyak orang yang ingin segera menyelesaikan pekerjaan agar bisa melakukan sesuatu yang lebih menyenangkan, seperti menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Kerja tim juga memperkenalkan lebih banyak kesempatan untuk merayakan dan didorong tentang pekerjaan yang sedang diselesaikan.

Anggota tim mungkin memiliki tugas dan pencapaian yang berbeda untuk dicapai, tetapi kemajuan apa pun yang dicapai secara bersama-sama dapat menjadi alasan untuk sebuah perayaan.

Kemenangan bersama ini sering kali semakin menyatukan tim dan mendorong mereka maju. Merayakan kemenangan tim Anda adalah cara yang menyenangkan untuk mengakui upaya mereka dan meningkatkan motivasi.

2. Mengurangi stres

Lingkungan kerja tim yang sehat menumbuhkan kepercayaan, yang dapat membantu hubungan rekan kerja berkembang menjadi persahabatan yang setia.

Persahabatan ini dapat berfungsi sebagai jaringan pendukung yang memerangi stres dan meningkatkan moral, menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Jika Anda memimpin tim baru, Anda mungkin ingin meluangkan waktu untuk membiarkan anggota tim saling mengenal satu sama lain melalui aktivitas atau tamasya membangun tim.

Bahkan memfasilitasi percakapan seputar minat, ide, atau pengalaman bersama dapat membantu menghubungkan tim dan menumbuhkan dasar persahabatan.

Tim yang kuat memiliki rasa tanggung jawab bersama yang membantu mengurangi tekanan yang mungkin dirasakan seseorang yang bekerja sendiri.

Sementara harapan dan tenggat waktu masih harus dipenuhi, ada kenyamanan mengetahui bahwa tim dapat membantu jika diperlukan.

3. Lebih banyak komunikasi

Rekan tim yang saling percaya dapat merasa aman berkomunikasi secara terbuka dan efektif, yang dapat mengarah pada kolaborasi yang lebih besar.

Kerja tim kolaboratif terjadi ketika setiap orang berkontribusi sama untuk memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu yang baru dengan menawarkan keahlian atau keahlian unik mereka.

Untuk melakukan ini secara efektif, anggota tim harus diizinkan untuk berkomunikasi dengan cara yang paling alami bagi mereka.

Misalnya, pengembang software dapat memberikan pembaruan atau hasil produk kepada tim melalui platform komunikasi seperti Slack atau WhatsApp, daripada memimpin presentasi PowerPoint di ruang rapat.

Tim kolaboratif adalah tim yang diberdayakan, di mana setiap anggota merasakan rasa memiliki dalam pekerjaan yang mereka lakukan.

Anda dapat mencoba memperkenalkan kolaborasi di tempat kerja dengan meminta anggota tim bergiliran memimpin rapat dan inisiatif atau melaporkan perubahan arah dan hasil positif.

Atau Anda mungkin meminta setiap anggota tim untuk menawarkan solusi selama sesi brainstorming dengan pemahaman bahwa semua ide memiliki nilai yang sama.

Baca juga: Manajemen Data Karyawan: Pengertian dan Tips Mengelolanya

4. Mengurangi kebingungan

Ketika sebuah tim bekerja sama secara efektif, setiap anggota menyetujui tujuan atau misi, memahami peran mereka dalam rencana dan merasa percaya diri untuk mengajukan pertanyaan kapan pun diperlukan.

Pendekatan kerja yang jelas dan kohesif ini mengurangi kemungkinan kebingungan dan penundaan dan dapat menyebabkan tim bekerja lebih efisien.

Anda mungkin ingin menyertakan detail dan tugas utama di papan visi di mana semua anggota tim dapat mengaksesnya dengan mudah. Selain itu, mungkin berguna untuk memiliki papan korespondensi tempat anggota tim memposting catatan, pertanyaan, atau pujian untuk dibaca orang lain.

5. Lebih banyak kreativitas

Salah satu manfaat kerja tim adalah Anda sekarang memiliki lebih banyak keterampilan, pengalaman, dan ide dalam kotak peralatan kolektif perusahaan Anda.

Dengan mendorong anggota tim Anda untuk sering berkomunikasi dan terbuka, Anda menumbuhkan rasa percaya dan persahabatan di mana ide dapat dibagikan tanpa pengawasan, yang dapat menghasilkan kreativitas yang lebih besar.

Anda mungkin ingin mempertimbangkan pengaturan kantor terbuka, jika tim Anda bekerja sama secara langsung.

Open office biasanya menghilangkan penghalang tempat kerja, seperti bilik, yang membuat rekan satu tim untuk saling bertemu dan berinteraksi dengan santai. Ruang terbuka ini dapat membantu tim Anda bertukar ide dengan mudah dan mendorong sesi kerja yang spontan dan kreatif.

6. Mengurangi rasa takut

Penemuan inovatif tidak datang dari pikiran tunggal. Thomas Edison dikenal sebagai penemu bola lampu, tetapi ia pertama kali menciptakan tempat kerja bagi sekelompok orang untuk berbagi ide dan mengujinya tanpa takut gagal.

Dia meninggalkan buku catatan di seluruh ruangan, di mana dia membutuhkan pembagian catatan dan penugasan kembali peran atau tugas kapan pun diperlukan. Dalam lingkungan ini, ide-ide yang mengubah dunia dikandung.

Tim yang diperkuat oleh rasa saling percaya dan didorong oleh kemenangan bersama mungkin akan lebih mudah mengambil risiko yang diperhitungkan terhadap usaha baru.

Dengan cara ini, kerja tim dapat membantu bisnis Anda mengalami kreativitas yang lebih besar dan keberanian yang dibutuhkan untuk mengejar peluang inovatif.

Ini sangat berguna jika perusahaan Anda mengalami beberapa jenis perubahan skala luas, seperti kepemimpinan eksekutif baru atau merger perusahaan.

Baca juga: Struktur Perusahaan: Pengertian, Jenis, Tips Implementasi, dan Tingkatan Manajerial

7. Lebih banyak pertumbuhan pribadi

Meskipun team work melibatkan upaya kelompok menuju satu tujuan, sebagian besar tujuan memerlukan kontribusi individu untuk dicapai.

Dalam lingkungan kerja tim, anggota tim Anda dapat mengubah strategi kerja mereka dan memperluas keahlian mereka sebagai hasil dari berinteraksi dengan rekan-rekan mereka lebih sering.

Kesempatan belajar peer-to-peer ini terkadang dapat berfungsi sebagai pengembangan profesional dan pribadi.

Bahkan ketika anggota tim tidak saling melatih satu sama lain melalui berbagi keterampilan atau mendemonstrasikan, mereka setidaknya meningkatkan keterampilan lunak yang memfasilitasi kerja tim, seperti mendengarkan dan komunikasi aktif, empati, dan kemampuan beradaptasi.

8. Lebih sedikit burnout

Burnout adalah hasil dari stres berkepanjangan, yang mungkin disebabkan oleh tanggung jawab yang berlebihan atau ketidakmampuan untuk memenuhi tuntutan.

Kelelahan mental, emosional dan fisik yang khas dari burnout dapat mencegah seseorang untuk melanjutkan karir mereka.

Team work sangat membantu dalam mencegah kejenuhan, karena tanggung jawab tersebar di antara kelompok dan anggota tim saling mendukung dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jika seorang anggota tim mengenali tanda-tanda kelelahan pada orang lain, mereka mungkin dapat membantu dengan mengambil tugas atau meminta rekan satu timnya untuk istirahat.

Kemampuan untuk mengelola tekanan di tempat kerja Anda dapat meningkatkan kinerja dan retensi karyawan. Anda dapat mempertimbangkan untuk meninjau tanda dan gejala sebelum memulai usaha baru, sehingga semua anggota tim memahami dampak negatifnya dan cara mencegahnya.

9. Lebih banyak motivasi

Team work dapat membuat proyek terus maju begitu disiplin individu mulai berkurang. Mungkin saja anggota tim Anda kurang peduli dengan pekerjaan dan lebih memikirkan apa yang akan dipikirkan rekan-rekan mereka jika mereka memilih untuk berhenti.

Mereka mungkin terinspirasi untuk bekerja lebih lama atau melakukan lebih banyak tugas karena keputusan mereka untuk tidak mengecewakan tim.

Mendorong jenis motivasi ini di tempat kerja Anda dapat meningkatkan produktivitas, bahkan melalui praktik sederhana pengenalan rekan-ke-rekan.

Bergantung pada ruang kerja Anda, secara langsung atau jarak jauh, Anda dapat memposting papan sesumbar atau menyimpan saluran digital bersama di mana rekan tim dapat saling melengkapi pekerjaan satu sama lain.

Anda juga dapat dengan sengaja mencontohkan perilaku ini kepada tim Anda dengan secara lisan mengakui pekerjaan individu.

10. Lebih banyak keragaman

Struktur kerja tim yang efektif mencakup dan mempromosikan keragaman dalam pemikiran, pengalaman, pendidikan, etnis dan keahlian.

Dalam lingkungan kerja tim, individu didorong untuk memimpin dengan kekuatan unik mereka, yang mungkin berbeda secara drastis dari rekan-rekan mereka.

Jika Anda mendorong kerja tim di tempat kerja Anda, Anda mungkin perlu mengharapkan dan membiarkan ketegangan konstruktif terjadi di antara anggota tim untuk mencapai pekerjaan terbaik tim Anda.

Dengan merangkul perspektif yang berbeda, tim Anda mungkin dapat menghindari pemikiran kelompok, yang sering terjadi ketika orang menghargai kesesuaian dan membuat pilihan untuk menghindari konflik.

Alih-alih, cobalah menciptakan budaya yang menghargai masukan dan umpan balik dan bahkan debat yang berfokus pada proyek kapan pun dibutuhkan.

11. Lebih tahan banting

Perusahaan Anda mungkin menjadi lebih tangguh sebagai hasil kerja tim. Daripada menghadapi proyek yang menantang dan tenggat waktu yang mustahil sendirian, tim yang bersatu menghadapinya bersama dan bertahan melalui kekuatan kolektif mereka.

Saat mengejar tujuan jangka panjang, rekan tim dapat bersandar satu sama lain untuk dorongan dan merasa nyaman mengetahui bahwa mereka tidak sendirian dalam perjalanan.

Ketika tim Anda mengalami kemunduran atau kegagalan, mereka mungkin dapat fokus pada hal positif dalam situasi tersebut dan mendapatkan kembali perspektif.

Jika perusahaan Anda membuat perubahan mendadak dalam arah atau kebijakan, tim dapat beradaptasi lebih cepat dan terus bekerja dengan percaya diri karena kepercayaan yang mereka miliki satu sama lain.

gajihub 3

Baca juga: Performance Management: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengukurnya

Elemen dari Team Work yang Sukses

Kerja tim yang sukses biasanya terdiri dari elemen-elemen berikut:

  • Komunikasi: Komunikasi terbuka membantu tim Anda saling memahami dan mencapai keputusan yang lebih baik. Ini juga dapat membantu Anda menemukan resolusi konflik yang lebih baik dan menciptakan tempat kerja yang lebih harmonis.
  • Dukungan: Elemen penting dari kerja tim adalah kesediaan setiap orang untuk mendukung dan memelihara satu sama lain. Mendorong anggota tim Anda untuk mengambil tantangan dan merayakan kesuksesan mereka menunjukkan bahwa Anda ingin mereka melakukannya dengan baik.
  • Bantuan: Tim yang kuat terdiri dari rekan kerja yang ingin saling membantu. Ini bisa berupa mengajari rekan kerja Anda keterampilan baru atau menjelaskan tugas baru kepada mereka.
  • Kepercayaan: Saat Anda semakin mengenal anggota tim Anda, Anda semua dapat belajar untuk saling percaya. Ini berarti menepati janji Anda dan memberikan hasil.
  • Empati: Memahami apa yang dialami anggota tim Anda dapat membantu Anda menjadi lebih berempati. Menunjukkan bahwa Anda peduli dengan tantangan pribadi mereka dapat membantu Anda terhubung.
  • Inklusif: Tim yang sukses mencakup karyawan dengan keahlian dan latar belakang yang berbeda. Dengan merangkul perbedaan, Anda dapat belajar banyak dari satu sama lain.
  • Kepemimpinan: Kepemimpinan yang efektif adalah bagian penting dalam menciptakan tim yang kuat. Ketika Anda memiliki seorang manajer atau pemimpin tim yang dapat mendorong dan menginspirasi orang lain, seluruh tim dapat memperoleh manfaat.

team work 3

Tips untuk Membangun Team Work yang Lebih Baik di Tempat Kerja

Kiat-kiat ini dapat membantu Anda membangun team work yang lebih baik di tempat kerja Anda:

Delegasikan tugas secara efektif

Jika Anda memiliki kesempatan untuk mendelegasikan tugas, perhatikan pekerjaan yang Anda berikan kepada orang lain.

Meskipun Anda ingin memberikan tugas kepada orang-orang yang mereka kuasai, Anda juga ingin memberi mereka beberapa tantangan untuk membantu mereka berkembang.

Anda bahkan dapat memberi rekan kerja Anda tugas yang dapat mereka kerjakan bersama, yang dapat mendorong kolaborasi. Proyek kelompok memberi orang kesempatan untuk bekerja sama secara erat sambil mengembangkan keterampilan dan pengalaman mereka.

Rayakan kesuksesan satu sama lain

Merayakan kesuksesan rekan kerja Anda dapat membantu Anda menciptakan lingkungan kerja yang lebih menggembirakan.

Pertimbangkan untuk menerapkan perayaan mingguan pencapaian terbesar setiap orang selama seminggu. Selain memberi setiap orang kesempatan untuk berbagi kemajuan mereka, tradisi ini dapat menginspirasi orang untuk bekerja menuju tujuan yang lebih ambisius.

Gunakan icebreakers

Di awal setiap pertemuan, ajukan pertanyaan ice breaking kepada tim Anda. Ini dapat membantu semua orang masuk ke rapat dan memberi Anda semua kesempatan untuk berbagi sesuatu yang menarik. Pilih pertanyaan ringan yang mudah dijawab.

Berikut adalah beberapa ide:

  • Kemana tujuan wisata impian Anda?
  • Keterampilan apa yang ingin Anda pelajari?
  • Apa makanan favoritmu?
  • Buku apa yang sedang kamu baca?
  • Apa pekerjaan pertama Anda?
  • Apa yang kamu lakukan minggu ini?

Membangun komunikasi terbuka

Setiap kali pertanyaan atau kekhawatiran muncul, dorong anggota tim Anda untuk berbicara tentang mereka. Ini dapat membantu tim Anda menemukan solusi yang lebih baik dan mengatasi konflik.

Setiap kali Anda berbicara tentang rekan kerja lain, pastikan Anda melakukannya dengan cara yang hormat dan profesional.

Hal yang sama berlaku jika Anda berbicara dengan rekan kerja dan tidak setuju dengan ide mereka. Beri mereka kesempatan untuk menjelaskan diri mereka sendiri, dan kemudian Anda dapat membagikan perspektif Anda sendiri.

Mendorong tim untuk berbagi ide

Lain kali Anda mengadakan rapat tim, dorong anggota tim Anda untuk datang ke rapat dengan beberapa ide. Ini dapat membantu setiap orang merasa termotivasi untuk proyek baru dan memberi mereka kesempatan untuk membantu.

Selama pertemuan Anda, beri semua orang kesempatan yang sama untuk berbicara dan berbagi ide mereka. Biarkan semua orang berbicara tanpa gangguan sehingga karyawan yang lebih pendiam memiliki kesempatan untuk berbagi.

Buat tujuan SMART

Memiliki saling pengertian tentang tujuan perusahaan Anda dapat membantu Anda semua bekerja menuju tujuan yang sama. Saat membuat tujuan baru sebagai tim, gunakan metode SMART.

Ini berarti bahwa tujuan Anda harus Specific, Measurable, Achievable, Relevant danTime-based atau  spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu.

Dengan mempertimbangkan masing-masing elemen ini, Anda dapat membuat tujuan yang ambisius namun realistis untuk tim Anda.

Rencanakan kegiatan non-kerja

Merencanakan kegiatan opsional setelah bekerja atau makan siang tim memberi Anda dan rekan kerja Anda kesempatan untuk mengenal satu sama lain pada tingkat yang lebih pribadi.

Memiliki kesempatan untuk bertemu untuk membahas hal-hal selain pekerjaan dapat membantu Anda semua menciptakan hubungan dan belajar lebih banyak tentang latar belakang masing-masing.

Ini pada akhirnya dapat membuat Anda mempelajari kekuatan dan gaya kerja satu sama lain dengan lebih baik, memungkinkan kerja tim yang lebih sukses.

Baca juga: Mengenal Struktur Organisasi Perusahaan Untuk Efektivitas Bisnis Anda

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai team work dalam bisnis dan juga tips menghadirkan team work yang baik pada bisnis Anda untuk meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan.

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, membangun rasa kebersamaan dan saling percaya adalah kunci dalam membangun tim, baik itu dilakukan atas inisiatif sendiri maupun diadakan oleh HR perusahaan.

Agar lebih memahami karakter dan kepribadian yang mungkin berbeda satu sama lain, menjadwalkan kegiatan di luar kantor sesekali menjadi hal yang penting dilakukan.

Kegiatan ini akan memberikan tim kerja cara berbeda untuk berinteraksi, menciptakan suasana santai dan membangun lebih banyak chemistry antar rekan satu tim secara pribadi di luar pekerjaan. Tentu hal tersebut akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Kegiatan yang dapat dilakukan di luar kantor seperti family gathering ke tempat-tempat wisata, mengadakan makan di restoran bersama, dan lain sebagainya. Dan HR bisa memiliki peranan kunci disini.

Hal ini karena HR memiliki peranan dalam pengelolaan absensi pegawai. Banyak perusahaan yang kini mulai menggunakan aplikasi presensi online dalam pengelolaan data presensi secara online.

Selain tim kerja yang solid, produktivitas perusahaan juga dapat ditingkatkan dengan menyederhanakan proses administrasi SDM. Dan Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk mendukung proses tersebut.

Dengan Gajihub, Anda bisa melakukan proses penggajian, pemotongan pajak, tunjangan, pengajuan cuti, lembur, employee self service, hingga pengelolaan absensi online secara cepat, tepat, dan mudah

Jadi tunggu apalagi? Anda juga bisa mencoba GajiHub secara gratis untuk memudahkan Anda dalam membangun team work yang lebih baik dalam bisnis Anda melalui tautan pada gambar di bawah ini:

65 Contoh Keahlian dalam CV, Cara, Hingga Tips Menulisnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *