Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

apa kekurangan anda

Wawancara kerja jadi bagian yang harus Anda lalui ketika Anda melamar kerja di perusahaan. Salah satu pertanyaan yang sering muncul saat wawancara kerja adalah apa kekurangan Anda.

Meski terdengar sederhana, namun ternyata masih banyak kandidat yang kesulitan menjawab pertanyaan satu ini. Lalu bagaimana sebaiknya menjawab pertanyaan apa kekurangan Anda ini ketika wawancara kerja?

Buat Anda yang ingin mengetahu jawaban terbaik atas pertanyaan tersebut, yuk baca artikel ini hingga selesai!

Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja

apa kekurangan anda

Sebelum membahas mengenai pertanyaan apa kekurangan Anda, ada baiknya Anda mengetahui apa saja pertanyaan yang sering diajukan recruter ketika wawancara kerja. Berikut daftar pertanyaan wawancara yang wajib Anda ketahui:

1. Ceritakan Tentang Diri Anda

Pertanyaan pertama yang sering ditanyakan oleh HRD ketika wawancara kerja adalah ceritakan tentang diri Anda. HRD meminta Anda menceritakan tentang diri Anda. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan singkat dimulai dengan mengucapkan salam, perkenalan nama, dan bisa ditambah pengalaman kerja Anda selama ini.

Tujuan HRD menanyakan pertanyaan ini adalah untuk mengetahui kepribadian, karakter, hingga pola pikir kandidat. Jadi, pastikan Anda menjawabnya dengan baik dan tegas, ya!

2. Apa Saja yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan?

Pertanyaan kedua yang sering ditanyakan HRD kepada pelamar kerja adalah apa saja yang Anda ketahui tentang perusahaan. Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak pelamar kerja mengetahui informasi terkait perusahaan.

Oleh karenanya penting bagi Anda untuk membaca informasi-informasi terkait perusahaan yang Anda lamar. Jadi, ketika Anda mendapatkan pertanyaan ini Anda bisa menjawabnya dengan lancar.

3. Apa Kelebihan Anda?

Apa kelebihan Anda menjadi pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan oleh HRD ketika wawancara kerja. Ketika mendapatkan pertanyaan ini pastikan Anda menjawab kelebihan yang menjadi kekuatan Anda.

Berikan jawaban yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Contohnya adalah kelebihan dalam leadership. Dengan jawaban yang relevan, Anda bisa meyakinkan HRD dan diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga: Tips Saat Melakukan HR Interview Beserta Contoh Pertanyaan dan Jawaban

4. Apa Kekurangan Anda?

Setelah pertanyaan apa kelebihan Anda, pertanyaan selanjutnya adalah apa kekurangan Anda. Tujuan dari pertanyaan ini adalah HRD ingin mengetahui seberapa dalam Anda mengenali diri sendiri.

5. Apa Alasan Anda Melamar Kerja?

Apa alasan Anda melamar kerja jadi pertanyaan yang akan menjelaskan motivasi Anda melamar kerja di perusahaan tersebut. Berikan jawaban sebaik mungkin seperti tertarik dengan visi-misi perusahaan, kecocokan dengan jenis bisnis, hingga pengalaman kerja yang sesuai.

6. Mengapa Anda Tertarik Posisi Ini?

Setelah pertanyaan motivasi melamar kerja, selanjutnya adalah pertanyaan mengapa Anda tertarik posisi ini. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui motivasi pelamar kerja terhadap posisi yang dilamarnya. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan kesesuaian pengalaman kerja Anda dan jika Anda memiliki pengalaman kerja yang berbeda atau lulusan baru, Anda bisa lakukan riset dan sesuaikan dengan latar pendidikan Anda.

Baca Juga: Tips Interview: Daftar Pertanyaan Interview dan Tips Menjawabnya

7. Apa yang Bisa Anda Berikan ke Perusahaan?

Pertanyaan apa yang bisa Anda berikan ke perusahaan bertujuan mengetahui kemampuan Anda yang bisa mendukung kemajuan perusahaan. Anda bisa menjabarkan kemampuan Anda dan prestasi Anda selama bekerja.

Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menjelaskan pengalaman Anda dalam berorganisasi atau prestasi Anda selama kuliah.

8. Jelaskan Rencana Anda 5 Tahun ke Depan

Pertanyaan selanjutnya yang sering ditanyakan HRD ketika wawancara kerja adalah terkait rencana 5 tahuh ke depan. Anda hanya perlu menjawab rencana Anda secara jujur. Jika memang Anda berencana menikah dalam kurun waktu tersebut, Anda bisa mengatakannya di depan HRD.

9. Apa Alasan Anda Resign dari Pekerjaan Sebelumnya?

Ketika Anda mendapatkan pertanyaan apa alasan Anda resign dari pekerjaan sebelumnya, pastikan Anda hindari jawaban yang menjelek-jelekan perusahaan sebelumnya. Berikan jawaban yang logis, misalnya adalah Anda ingin mengembangkan kemampuan Anda.

Baca Juga: HR Recruiter: Pengertian dan Tanggung Jawabnya

10. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Pertanyaan terkait gaji juga jadi bagian yang sering ditanyakan oleh HRD. Jangan bingung! Anda bisa menemukan jawaban terbaik dari pertanyaan ini dengan riset terlebih dahulu.

Anda bisa riset gaji untuk posisi yang sedang Anda lamar. Jika Anda memiliki kemampuan yang menjadi  nilai tambah, jangan ragu untuk menyebutkan gaji yang menurut Anda layak untuk Anda dapatkan.

Baca Juga: Screening Karyawan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Jawaban Terbaik untuk Pertanyaan Apa Kekurangan Anda

apa kekurangan anda

Nah, agar Anda tidak bingung ketika mendapatkan pertanyaan apa kekurangan Anda, berikut beberapa jawaban yang bisa Anda berikan ketika wawancara kerja:

1. Pengalaman yang Belum Memadai

Ketika Anda ditanya apa kekurangan Anda, Anda bisa memberikan jawaban pengalaman yang belum memadai. Jawaban seperti ini bisa menjadi bukti bahwa Anda adalah orang yang rendah hati.

Namun pastikan Anda memberikan solusi untuk menghadapi pengalaman yang belum memadai ini. Misalnya adalah dengan kemauan untuk terus belajar, seperti mengikuti kursus-kursus atau pelatihan yang akan mendukung karir serta pekerjaan Anda.

Anda wajib menunjukan ketertarikan Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar dan ini bisa menjadi alasan HRD menerima Anda karena Anda dianggap memiliki kemauan untuk terus berkembang.

2. Kurang Menguasai Bidang Tertentu

Selain pengalaman yang belum memadai, Anda juga bisa memberikan jawaban kurang menguasai bidang tertentu ketika mendapatkan pertanyaan apa kekurangan Anda. Untuk bekerja di suatu perusahaan dengan posisi tertentu, Anda memang tidak harus menguasai berbagai bidang.

Jangan lupa untuk menambahkan bahwa Anda sedang berusaha untuk mengatasi kelemahan Anda tersebut. Dengan jawaban ini Anda bisa mendapatkan kesan positif dari HRD dan kemungkinan diterima akan semakin besar.

3. Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri juga bisa menjadi pilihan untuk menjawab pertanyaan apa kekurangan Anda. Buat Anda yang seorang introvert, kurang percaya diri adalah hal yang wajar terjadi. Tapi pastikan Anda menjawab bahwa Anda sedang berusaha mengatasi kekurangan Anda tersebut.

4. Perfeksionis

Jika Anda seorang perfeksionis, Anda bisa memberikan jawaban perfeksionis ketika menghadapi pertanyaan apa kekurangan Anda. Perfeksionis memiliki sisi positif dan negatif.

Seorang perfeksionis akan berusaha menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin dan sisi negatifnya perfeksionis sulit untuk mengerjakan suatu pekerjaan dengan cepat. Dengan memberikan jawaban ini, nantinya HRD bisa menilai akan mengambil sisi positif atau negatifnya.

5. Kesulitan Menyeimbangkan Work Life Balance

Work life balance jadi bagian yang penting bagi seorang pekerja. Anda yang kesulitan melakukan work life balance bisa menjadikannya sebagai jawaban saat wawancara kerja.

Paparkan kepada rekruter bahwa saat ini Anda sedang berusaha memperbaiki kekurangan Anda tersebut. Jelaskan juga bahwa dengan work life balance Anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik lagi.

6. Mudah Berantakan

Ketika Anda ingin menjadikan mudah berantakan sebagai jawaban untuk pertanyaan apa kekurangan Anda, pastikan jawaban tersebut tidak berhubungan dengan pekerjaan Anda. Misalnya adalah meja yang berantakan atau email masuk yang berantakan.

Tambahkan juga bahwa Anda selalu memberikan waktu untuk membersihkan meja kerja Anda atau menghapus email yang sudah dibaca seminggu sekali.

7. Kurang Sabaran

Jika memang Anda adalah seseorang yang kurang sabaran, Anda bisa menjadikan ini jawaban. Tapi pastikan bahwa pekerjaan yang Anda lamar tidak menuntut kesabaran seperti guru atau CS.

8. Kurang Menguasai Bahasa Asing

Saat ini kemampuan bahasa asing menjadi nilai tambah ketika proses rekrutmen di perusahaan. Namun jika Anda memang kurang menguasai bahasa asing, Anda bisa mengatakannya di depan rekruter.

Sebagai contoh Anda bisa mengatakan bahwa penguasaan Anda terhadap bahasa Jepang masih kurang, namun untuk bahasa Inggris Anda sudah cukup baik.

9. Sulit Percaya dengan Orang Lain

Sulit percata dengan orang lain bisa menjadi salah satu kekurangan Anda. Meskipun begitu, ini juga bisa menjadi kelebihan karena dengan kesulitan percaya dengan orang lain akan membuat Anda lebih hati-hati.

10. Enggan Meminta Bantuan

Jawaban kekurangan terakhir yang bisa menjadi pilihan ketika Anda wawancara kerja adalah enggan meminta bantuan. Menjadi pekerja yang mandiri adalah sesuatu yang baik, namun Anda juga harus tahu kapan Anda harus meminta bantuan.

Dengan memiliki kekurangan ini, Anda telah sadar bahwa meminta bantuan kepada orang lain tidak bisa sembarangan. Dengan jawaban ini Anda dapat menunjukan kepada rekruter bahwa Anda adalah seseorang yang tidak egois dan sadar akan kekurangannya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

gajihub 2

Contoh Menjawab Pertanyaan Apa Kekurangan Anda

Untuk lebih memudahkan Anda dalam menjawab pertanyaan apa kekurangan Anda, berikut beberapa contoh yang bisa Anda jadikan gambaran ketika Anda sedang wawancara kerja:

1. Contoh 1

“Saya merasa kesulitan ketika harus berbicara di depan umum. Meskipun saat ini saya bekerja sebagai content writer yang tidak memerlukan kemampuan public speaking yang baik, namun saya tetap akan berusaha untuk mengasah kemampuan public speaking saya.”

“Salah satu cara yang saya lakukan adalah dengan mengikuti pelatihan public speaking dan berbicara kepada atasan di pekerjaan sebelumnya untuk memberikan kesempatan kepada saya lebih banyak pekerjaan yang bisa membantu mengembangkan kemampuan tersebut.”

2. Contoh 2

“Saya adalah seseorang yang perfeksionis. Saya menginginkan pekerjaan saya berjalan secara maksimal dan berusaha sebisa mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena karakter saya ini, saya selalu memeriksa suatu pekerjaan berkali-kali.

Meski demikian, saya menganggap perfeksionis sering menjadi penyebab saya kehilangan banyak waktu dan saya sedang berusaha mengatasinya dengan cara memberikan batasan atas pekerjaan saya dan mengapresiasi diri saya atas pekerjaan yang telah saya lakukan.”

3. Contoh 3

“Meja kerja saya lebih sering terlihat berantakan dibandingkan rapi. Menjadi seseorang yang rapi adalah sesuatu yang sulit untuk saya lakukan, terlebih ketika banyak pekerjaan yang harus dilakukan.”

“Meskipun begitu, saya selalu berusaha menyediakan satu hari dalam satu minggu untuk merapikan pekerjaan saya dan memulai hari saya dengan keadaan rapi dan bersih.”

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Tes EQ dalam Proses Interview Karyawan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai apa kekurangan Anda dan cara menjawab pertanyaan tersebut ketika wawancara kerja. Mengetahui cara menjawab pertanyaan saat wawancara kerja adalah bagian penting yang harus Anda lakukan.

Bagi perusahaan, wawancara kerja adalah bagian penting untuk mendapatkan karyawan yang kompeten dan bisa mendukung kemajuan perusahaan. Oleh karenanya pengelolaan karyawan adalah hal yang harus dilakukan sejak awal rekrutmen karyawan.

GajiHub menjadi software payroll dan aplikasi HRIS yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan pengelolaan karyawan.

Daftar GajiHub sekarang juga di sini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.