9 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

pertanyaan jebakan 1

Pada saat interview kerja terkadang rekruiter memberikan pertanyaan yang terdengar seperti pertanyaan jebakan yang membuat Anda gugup untuk memberikan jawaban yang baik, dan ini mungkin adalah salah satu perasaan terburuk yang dapat Anda miliki dalam sebuah wawancara.

Jadi untuk mencoba dan membantu kalian dan menghindari hal ini, Gajihub telah menyusun daftar 9 pertanyaan jebakan saat melakukan interview, bersama dengan jawaban yang dapat Anda berikan dengan percaya diri untuk mencoba dan mengurangi beberapa perasaan menegangkan itu.

Jadi, baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui 9 pertanyaan jebakan selama wawancara kerja dan cara menjawabnya.

Contoh Pertanyaan Interview yang Terkesan Jebakan

Jadi, mari kita mulai dengan membahas beberapa pertanyaan jebakan yang suka ditanyakan oleh pemberi kerja tentang pengalaman masa lalu Anda.

Sekarang, untuk konteksnya, pemberi kerja bertanya tentang pengalaman masa lalu Anda karena mereka ingin memahami tentang penawaran profesional Anda, seberapa baik Anda tahu cara menjual diri Anda sendiri, dan bagaimana kemampuan dan keterampilan sesuai dengan persyaratan untuk peran yang ada.

Pertanyaan jebakan #1: Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan terakhir Anda?

Ini adalah tes profesionalisme yang cukup jelas di tingkat permukaan. Kami pikir banyak orang tahu jika Anda mengatakan beberapa hal yang negatif tentang mantan atasan Anda dalam wawancara dengan calon atasan baru, mungkin akan membuat Anda langsung tidak terpilih.

Namun, ada motivasi sekunder yang mungkin dimiliki pemberi kerja untuk mengajukan pertanyaan ini, yaitu untuk menentukan seberapa besar komitmen Anda terhadap peluang baru ini.

Mempekerjakan orang itu mahal dan mereka ingin memastikan bahwa Anda adalah investasi jangka panjang. Jika Anda pergi dengan baik-baik, bagus.

Bicaralah secara ringkas dan otentik tentang alasan profesional yang membawa Anda untuk mencari peluang baru, tetapi tentu saja bicaralah dengan baik tentang hubungan kerja positif yang Anda miliki.

Namun, jika cerita lengkapnya bukanlah sesuatu yang bisa Anda bicarakan secara positif, lakukan yang terbaik untuk mengatakan hal-hal positif yang bisa Anda katakan, meskipun mungkin hanya sedikit, tetapi benar-benar menekankan bahwa itu bukan kecocokan profesional.

Jadi, salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menggambarkan situasi tersebut adalah, “Itu bukan kecocokan profesional, tetapi saya sangat bersemangat untuk mewawancarai sesuatu yang sudah saya ketahui.”

Jawaban seperti itu mencapai dua hal. Pertama, Anda lulus tes profesionalisme dengan baik. Dan kedua, Anda benar-benar mampu menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk menjadi karyawan jangka panjang yang berkomitmen.

Baca juga: Perbedaan JKP dan JHT dalam BPJS Ketenagakerjaan

Pertanyaan jebakan #2: Mengapa Anda sering berganti pekerjaan?

Seperti yang kami katakan, perusahaan menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk pelatihan dan perekrutan, jadi mereka menginginkan karyawan yang menurut mereka akan bertahan.

Jadi trik untuk menjawab pertanyaan ini adalah, terkadang kita merasa perlu memberikan alasan untuk setiap perpindahan yang kita lakukan secara profesional, tetapi sebenarnya tidak demikian.

Anda mungkin memiliki alasan yang sangat bagus mengapa Anda meninggalkan setiap pekerjaan, tetapi semakin banyak Anda membicarakannya, semakin banyak ruang dan waktu yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan tentang sering berganti pekerjaan ini.

Cobalah dan berikan respons satu atau dua kalimat yang secara umum menjelaskan mengapa Anda sedikit berpindah-pindah pekerjaan, tetapi kembalikan percakapan ke kesempatan yang ada dan mengapa Anda melihatnya sebagai kecocokan jangka panjang.

Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Saat ini saya sedang dalam proses mencari tujuan profesional jangka panjang. Untuk sementara waktu dalam karier saya, saya mengambil beberapa pekerjaan yang saya tahu akan berjangka waktu lebih pendek di awal, dan ada satu peluang lain yang saya miliki, yang sayangnya saya kehilangannya karena PHK yang dialami perusahaan. Namun demikian, saya benar-benar melihat peran ini sebagai investasi jangka panjang bagi saya.”

Baca juga: 18 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Pertanyaan jebakan #3: Ceritakan kepada saya tentang saat-saat ketika Anda membuat kesalahan di tempat kerja?

Jelas ini adalah pertanyaan yang tidak terlalu menyenangkan untuk ditanyakan karena kita tidak ingin memberikan kesalahan yang membuat pemberi kerja takut, jadi tingkat kesalahan apa yang dapat diterima untuk diungkapkan?

Trik untuk menjawab pertanyaan ini adalah bahwa manajer hanya ingin melihat bahwa Anda telah membuat kesalahan, Anda dapat memilikinya dan bahwa Anda telah belajar dan menerapkan taktik untuk mencegah kesalahan itu terjadi lagi.

Jadi untuk menjawab pertanyaan ini, ceritakan secara ringkas kisah ketika Anda membuat semacam kesalahan atau kesalahan, apa yang Anda pelajari darinya dan bagaimana Anda sekarang dapat mendekati situasi yang sama secara berbeda.

Ini bisa berupa kesalahan besar, bisa juga kesalahan kecil, tetapi yang penting adalah Anda menanggungnya di pundak Anda sendiri, benar-benar menunjukkan akuntabilitas itu.

Misalnya, Anda bisa mengatakan, “Dalam pekerjaan pertama saya, saya membuat kesalahan dengan tidak mengoreksi sepotong wording untuk postingan media sosial yag saya publish dan dilihat oleh atasan saya melalui media sosialnya. Tentu saja, saya segera memperbaiki kesalahan itu dan sejak saat itu, saya belajar pentingnya menciptakan sistem untuk diri saya sendiri, yaitu melakukan proofreading minimal 2 kali, sehingga saya tidak membuat kesalahan itu lagi.”

Tipsnya: Setiap kali Anda mendengar pertanyaan yang dimulai dengan “Ceritakan kepada saya tentang suatu waktu” atau “Dapatkah Anda memberi saya contoh tentang …”, ini adalah pertanyaan wawancara berbasis perilaku.

Kategori berikutnya adalah pertanyaan-pertanyaan tentang kesadaran diri. Dan sebagai catatan umum sebelum kita membahas pertanyaan-pertanyaan spesifik, penting untuk dipahami bahwa pemberi kerja peduli dengan jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan ini, karena jika Anda sadar diri, Anda dapat menjadi coachable, mudah beradaptasi, dan mengurangi respons emosional Anda.

Semua ini adalah hal yang sangat penting dalam hal beroperasi dengan lancar di tempat kerja profesional.

Baca juga: Apa itu Penawaran Kerja Bersyarat?

pertanyaan jebakan 2

Pertanyaan jebakan #4: Apa kelemahan terbesar Anda?

Pertanyaan ini, seperti pertanyaan tentang kesalahan terbesar Anda, sering kali bisa membuat kepala kita sakit karena kita ingin mengedepankan yang terbaik dalam wawancara dan di sini kita diminta mengungkapkan sesuatu yang negatif tentang diri kita sendiri.

Kita semua pernah mendengar jawaban, saya seorang perfeksionis. Meskipun itu mungkin benar, umumnya, jika Anda menjawab sesuatu dengan sedikit lebih jujur dan menunjukkan beberapa strategi mitigasi, itu akan lebih beresonansi dengan pemberi kerja.

Taktik terbaik di sini adalah berbagi cerita tentang saat-saat ketika sifat pribadi membuat Anda membuat kesalahan yang tidak akan Anda ulangi.

Rumus terbaik di sini adalah kelemahan, ditambah contoh, ditambah langkah-langkah perbaikan. Benar-benar fokus pada langkah perbaikan itu.

Contohnya adalah jika Anda cenderung menunda-nunda pekerjaan, ceritakan bagaimana Anda menyadarinya. Dan tambahkan, “Dan sekarang saya menetapkan tenggat waktu saya sendiri sebelum tenggat waktu yang sebenarnya sehingga saya memiliki cukup waktu dan saya tidak berakhir dengan berebut di akhir.”

Jangan kembali ke kelemahan yang dibumbui gula-gula seperti, “Saya seorang perfeksionis” atau “Saya seorang workaholic”. Ini tidak benar-benar menunjukkan kesadaran diri dan keterbukaan Anda untuk perbaikan.

Baca juga: Apa Kekurangan Anda dan Jawaban Terbaik Menurut HRD

Pertanyaan jebakan #5: Apa yang mungkin dikatakan atasan Anda saat ini tentang Anda?

Sangat mudah untuk terlalu membesar-besarkan apa yang mungkin dikatakan atasan Anda. Sebenarnya, ini benar-benar tentang memahami diri sendiri dan memahami kemampuan Anda untuk berempati dengan orang lain di tempat kerja.

Mereka ingin melihat bahwa Anda bisa menempatkan diri Anda pada posisi atasan Anda, seperti berpikir seperti manajer itu.

Jujurlah tentang kualitas terbaik Anda di tempat kerja, bahkan jika atasan Anda tidak secara khusus mengomentarinya.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Atasan saya akan berbicara tentang akuntabilitas saya dan betapa seriusnya saya tidak melimpahkan tanggung jawab kepada anggota tim lain dan menciptakan lebih banyak pekerjaan untuk orang lain.”

Pertanyaan jebakan #6: Ceritakan tentang diri Anda?

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa ini adalah semacam icebreaker dan memang mengambil peran itu ketika memulai wawancara, orang sering memulainya dari sini.

Namun, ini pasti terasa seperti pertanyaan yang rumit bagi kebanyakan orang karena pertanyaan ini begitu terbuka dan luas. Apa yang relevan untuk dibagikan, bagaimana saya menonjol dan membuat kesan yang baik pada pewawancara?

Kesalahan di sini adalah tampil bertele-tele dan tidak siap. Sangat penting untuk memberikan elevator pitch yang jelas dan ringkas.

Saran kami, jangan hanya meringkas resume atau tanggung jawab harian Anda. Sebaliknya, benar-benar terhubung dengan pewawancara pada tingkat emosional dan kemudian jelaskan dampak besar Anda.

Salah satu strategi untuk membuat hubungan emosional tersebut adalah dengan menggambarkan “cerita asal” Anda, dan buatlah hubungan yang cepat dengan tujuan karier.

Katakanlah Anda memulai karier di bidang jurnalisme cetak, tetapi Anda telah memperluas pencarian karier Anda, Anda mencoba untuk melakukan transisi.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Saya telah mengabdikan diri saya untuk mendongeng sejak saya masih kecil, saya suka membaca dongeng. Dan di perguruan tinggi, saya terobsesi dengan novel roman dan saya menyukai waktu saya di penerbitan cetak. Saya telah mengulas beberapa jumlah buku dan membuat banyak dampak di sana. Tetapi saya benar-benar tertarik untuk memperluas jangkauan saya sehingga saya bisa membawa hasrat saya untuk mendongeng di banyak platform yang berbeda.”

Baca juga: Tips Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

gajihub 2

Pertanyaan jebakan #7: Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Ketika Anda ditanyai pertanyaan ini, tekanan ada pada Anda. Kita tahu bahwa kita seharusnya menjual diri kita sendiri.

Dan saya pikir kesalahan yang banyak orang lakukan di sini, adalah hanya berfokus pada pencapaian besar mereka tanpa benar-benar memikirkan apa yang relevan dengan pemberi kerja.

Hal yang penting bukan hanya mengatakan, “Saya memiliki begitu banyak kesuksesan dan rekam jejak yang bagus untuk menjadi sukses.” Yang penting sebenarnya adalah untuk mengasah, inilah cara saya dapat membantu Anda menyelesaikan kebutuhan bisnis Anda.

Jadi, triknya adalah masuk ke dalam deskripsi pekerjaan itu. Cari tahu masalah apa yang sedang dipecahkan oleh pemberi kerja dengan mempekerjakan seseorang untuk peran ini, dan lihatlah di mana pengalaman masa lalu dan kualifikasi Anda dapat tumpang tindih dan memecahkan masalah itu untuk mereka.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Dari apa yang saya pahami, pekerjaan ini benar-benar menuntut seseorang yang memiliki ketajaman bisnis yang kuat dan perhatian besar terhadap detail. Saya memiliki rekam jejak kesuksesan dan sifat alamiah melakukan kedua tugas tersebut dengan sangat baik.”

Pertanyaan jebakan #8: Berapa gaji yang Anda harapkan?

Ini adalah pertanyaan yang menegangkan karena kita tidak ingin meminta terlalu sedikit, tetapi kita juga tidak ingin meminta terlalu banyak.

Hal yang penting di sini adalah menghormati pertanyaan itu. Kita selalu ingin bersikap sopan, profesional, dan patuh dalam wawancara, tetapi kembalikan lagi kepada pemberi kerja.

Pada akhirnya, mereka berada pada posisi yang diuntungkan ketika mereka mengajukan pertanyaan ini, karena meskipun mereka dilatih untuk menekan kandidat untuk merespons dan mengungkapkan angkanya terlebih dahulu.

Pada akhirnya, mereka tahu gaji, data historis yang mereka tawarkan kepada orang-orang di masa lalu, dan mereka mungkin tahu berapa anggaran yang tepat untuk peran Anda.

Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, “Kompensasi total mencakup lebih dari sekadar gaji untuk saya. Saya masih belajar tentang peran dan tanggung jawab, jadi sulit untuk mengatakan dengan tepat apa harapan saya saat ini. Tetapi saya ingin tahu, berapa yang telah Anda anggarkan untuk peran ini?”

Baca juga: Tips Menjawab Berapa Gaji yang Diharapkan saat Interview

Sekarang kita keluar dari rangkaian pertanyaan terakhir. Ini adalah semacam pertanyaan di luar lapangan atau pertanyaan yang benar-benar menantang yang tidak dapat Anda antisipasi, dan intinya di sini adalah untuk melihat bagaimana Anda tampil di bawah tekanan dan apakah Anda dapat menangani situasi sulit atau menantang dengan profesionalisme.

Jadi mari kita masuk ke pertanyaan pertama.

Pertanyaan jebakan #9: Jelaskan bagaimana Anda akan bereaksi dalam skenario tertentu dalam peran ini?

Jadi, atasan mengajukan pertanyaan ini karena mereka tidak dapat melihat Anda beraksi. Jadi memaksa Anda ke dalam skenario mental ini di mana mereka menguji bagaimana Anda akan berperilaku, adalah yang paling dekat yang bisa mereka dapatkan.

Ini adalah skenario yang mungkin terdengar mudah, karena jelas Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman dan pengetahuan di pekerjaan sebelumnya. Tetapi hal yang penting di sini adalah untuk benar-benar mendarah daging dan memahami prioritas pekerjaan yang sebenarnya.

Malam sebelum wawancara, yang direkomendasikan adalah untuk benar-benar memvisualisasikan hari-hari yang Anda perkirakan akan menjadi pekerjaan ini dan pikirkan tentang apa metrik utama itu.

Apa prioritas keseluruhannya? Ketika Anda menciptakan kerangka pikiran ini dengan jelas dipandu oleh apa tujuan utamanya, Anda dapat menangani pertanyaan semacam ini dengan tenang dengan mengingatnya.

Misalnya, jika Anda ditanya bagaimana Anda akan mendorong penjualan di perusahaan baru, dan Anda tahu bahwa memberikan presentasi adalah bagian besar dari peran tersebut dan Anda sudah terbiasa dengan hal itu dari pekerjaan Anda sebelumnya, lanjutkan dan katakan sesuatu yang sejalan dengan hal itu, “Di perusahaan saya saat ini, saya memberikan presentasi pengembangan bisnis setidaknya sebulan sekali, dan saya sangat yakin bahwa begitu mereka memahami fitur-fitur produk ini, saya dapat membuat dan menyampaikan presentasi yang menarik dengan sangat cepat untuk memaksimalkan pendapatan kita secara keseluruhan.”

Pertanyaan jebakan terakhir adalah, hanya itu. Pertanyaan jebakan bisa berupa trivia yang menantang atau skenario hipotetis yang membuat Anda lengah. Sesuatu yang kemungkinan besar tidak ada seorang pun di dunia ini yang memiliki jawaban yang meyakinkan saat itu juga.

Misalnya, “Berapa banyak lift yang ada di Indonesia?” atau “Apa yang akan Anda bawa ke pulau terpencil jika Anda hanya bisa memilih tiga hal?”. Semua pertanyaan ini pasti akan ketinggalan zaman. Pertanyaan-pertanyaan ini masih sering muncul pada interview lulusan baru atau orang yang belum banyak pengalaman.

Jika Anda ditanyai pertanyaan ini atau pertanyaan rumit lainnya, jangan panik. Anda tidak diharapkan dapat memperkirakan jumlah elevator di Indonesia secara akurat, atau Anda memiliki perlengkapan bertahan hidup yang sempurna untuk bertahan hidup di pulau terpencil.

Ini benar-benar tentang menjelaskan pemikiran Anda, dan menunjukkan bahwa Anda dapat memecahkan masalah dengan baik dan mengkomunikasikannya.

Misalnya, “Saya tidak tahu persis berapa banyak lift yang ada di Indonesia, tetapi untuk memecahkan masalah itu, saya akan mulai dengan pencarian online, menghubungi teman atau kolega yang mungkin tahu lebih banyak tentang topik tersebut daripada saya, dan kemudian mensintesis penelitian itu.

Dan apa yang telah saya pelajari, dan tergantung pada seberapa penting untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat, saya bisa melangkah lebih jauh dari itu dan melakukan penelitian langsung sendiri. Kemudian saya akan membawa ide-ide saya kepada atasan saya untuk mendapatkan solusi terbaik.”

Baca juga: Pengertian Open Interview dan Tips Sukses Melakukannya

Kesimpulan

Mengetahui beberapa pertanyaan jebakan dan cara menjawabnya tidak hanya akan membuat Anda siap untuk menjawab semua pertanyaan di ajukan, namun juga membuat Anda lebih menonjol dibandingkan kandidat lainnya

Namun jika ada pertanyaan yang mungkin tidak bisa Anda jawab, tidak apa. Kita sering merasa terbatas untuk berbicara tentang pengalaman yang kita alami secara langsung, tetapi jika Anda dapat menjelaskan bagaimana Anda akan menyelesaikan masalah, itu bagus dan sangat berguna bagi pemberi kerja.

Disisi lain jika Anda pemilik bisnis atau bagian dari tim HR, untuk mendapatkan kemudahan dalam melakukan pengelolaan sistem HR dan payroll yang lebih baik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software payroll terbaik dan mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR online buatan Indonesia yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau yang sangat cocok untuk semua jenis dan skala bisnis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

1 thought on “9 Pertanyaan Jebakan Saat Interview dan Cara Menjawabnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *