Apa itu Penawaran Kerja Bersyarat?

penawaran kerja bersyarat 1

Beberapa perusahaan mungkin membuat penawaran kerja bersyarat kepada kandidat jika mereka memiliki proses perekrutan tertentu seperti ujian kualifikasi atau pemeriksaan latar belakang.

Jenis penawaran ini sering kali berarti pekerjaan itu menjadi milik Anda jika Anda memenuhi permintaan tambahan yang mereka ajukan kepada Anda.

Mempelajari arti penawaran ini bisa membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda harus menanganinya.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu penawaran kerja bersyarat, elemen-elemen dari jenis tawaran kerja ini dan mengapa digunakan, serta pertanyaan lain yang sering diajukan.

Apa yang Dimaksud dengan Penawaran Kerja Bersyarat?

Anda mungkin pernah mendengar tentang tawaran pekerjaan biasa, tetapi bertanya-tanya, ‘apa itu penawaran kerja bersyarat?

Penawaran kerja bersyarat adalah tawaran pekerjaan yang dapat Anda terima dari pemberi kerja yang mengharuskan Anda memenuhi kriteria atau persyaratan tertentu sebelum secara resmi memberi Anda pekerjaan, proses ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang beroperasi di luar Negara Indonesia.

Ketika pemberi kerja mengirimkan penawaran jenis ini kepada Anda, ini biasanya menandakan bahwa mereka ingin mempekerjakan Anda, tetapi hanya ingin menerima informasi tambahan tentang Anda untuk memastikan Anda cocok.

Informasi tambahan ini dapat mencakup:

  • Referensi tambahan
  • Pemeriksaan latar belakang dan catatan kriminal
  • Bukti resmi pengalaman dan kualifikasi
  • Pemeriksaan medis
  • Bukti bahwa Anda memenuhi syarat untuk bekerja di negara tersebut

Baca juga: 18 Tips Menyelesaikan Deadline Terbaik untuk Anda

Apa saja Elemen dari Penawaran Kerja Bersyarat?

Surat penawaran kerja bersyarat sering kali mencakup elemen-elemen berikut ini:

Ketentuan

Tawaran kerja bersyarat mencakup persyaratan khusus yang diharapkan pemberi kerja untuk Anda penuhi untuk mendapatkan tawaran pekerjaan tersebut.

Beberapa persyaratan, seperti pemeriksaan kredit, mungkin memerlukan persetujuan tertulis dari Anda.

Lainnya, seperti memberikan kelayakan kerja, mengikuti ujian, atau ikut serta dalam pelatihan, dapat bergantung pada tindakan Anda secara langsung, dan penawaran kerja bersyarat adalah cara terbaik untuk memberi tahu Anda tentang langkah selanjutnya.

Batas waktu

Beberapa penawaran kerja bersyarat memiliki batasan waktu kapan Anda dapat memenuhi persyaratannya. Misalnya, tawaran pekerjaan bersyarat bisa mengatakan bahwa tawaran pekerjaan kandidat bergantung pada penyelesaian kelas pelatihan dalam waktu satu bulan.

Selama Anda menyelesaikan pelatihan, tawaran pekerjaan masih berlaku. Batas waktu ini dapat membantu pemberi kerja mengisi posisi terbuka mereka dengan cepat dengan mendorong urgensi.

Namun, dengan beberapa kondisi, seperti pemeriksaan latar belakang, waktu yang dibutuhkan tidak tergantung pada kandidat, dan batas waktu mungkin tidak diperlukan.

Deskripsi pekerjaan

Pemberi kerja juga bisa menggunakan tawaran pekerjaan untuk menegaskan kembali pekerjaan apa yang mereka tawarkan kepada kandidat.

Sebagian besar tawaran pekerjaan, termasuk tawaran kerja bersyarat, memiliki deskripsi singkat tentang pekerjaan dan tugas-tugas umum. Memberikan informasi ini bisa mempersiapkan kandidat untuk hari pertama kerja.

Deskripsi ini juga dapat membantu kandidat memahami mengapa pelatihan khusus atau pemeriksaan latar belakang mungkin diperlukan.

Misalnya, seorang kandidat untuk posisi sebagai petugas kepatuhan peraturan keselamatan dapat menerima tawaran kerja bersyarat, dengan syarat mereka harus menyelesaikan pelatihan tentang peraturan keselamatan.

Gaji dan tunjangan

Penawaran kerja bersyarat dapat mencakup informasi yang sama seperti tawaran kerja tanpa syarat, termasuk gaji dan tunjangan posisi.

Kandidat dapat memutuskan untuk memenuhi persyaratan dan menerima tawaran berdasarkan manfaatnya. Jika karyawan ingin terus mencari pekerjaan dengan gaji dan tunjangan yang berbeda, mereka dapat menolak tawaran pekerjaan sebelum mencoba memenuhi persyaratan.

Mengetahui apakah kandidat tertarik sebelum menjalani pemeriksaan latar belakang atau pelatihan lebih lanjut dapat menghemat waktu bagi kandidat dan pemberi kerja.

Baca juga: Individual Development Plan: Pengertian dan Cara Membuatnya

Bisakah Memperpanjang Penawaran Kerja Bersyarat?

Pemberi kerja dapat memperpanjang penawaran kerja bersyarat untuk:

Memberi diri mereka lebih banyak waktu

Memperpanjang penawaran kerja sebelum pemberi kerja menyelesaikan pemeriksaan mereka bisa membantu mereka mencadangkan kandidat sebelum mereka menerima tawaran dari perusahaan lain.

Pemeriksaan latar belakang, pemeriksaan kredit, atau pemeriksaan referensi bisa memakan waktu, yang dapat mendorong kandidat yang memenuhi syarat untuk menerima tawaran dari pemberi kerja lain.

Tawaran kerja bersyarat memberikan kesempatan kepada pemberi kerja untuk mengonfirmasi pekerjaan dengan kandidat, tetapi berhak untuk mencabut tawaran jika mereka mau.

Meminta informasi

Pemberi kerja mungkin memerlukan informasi lebih lanjut dari kandidat sebelum mereka dapat menyelesaikan aspek administratif perekrutan.

Mengirimkan penawaran kerja bersyarat dapat membantu pemberi kerja menerima informasi ini dari kandidat mereka.

Jika kandidat tidak dapat memberikan informasi, mereka dapat membatalkan penawaran karena pemberi kerja tidak dapat menyelesaikan tugas administratif yang mereka perlukan untuk memasukkan kandidat ke dalam daftar gaji mereka.

Contoh-contohnya adalah kelayakan kerja atau bukti sertifikasi yang diwajibkan secara hukum.

Memenuhi persyaratan untuk meminta izin

Beberapa negara bagian mungkin mengharuskan pemberi kerja untuk memberi tahu kandidat tentang pemeriksaan latar belakang atau pemeriksaan riwayat kriminal sebelum memberikannya kepada pemberi kerja.

Dalam kasus ini, pemberi kerja bisa mengirimkan penawaran kerja bersyarat untuk mendorong kandidat agar menyetujui pemeriksaan tersebut.

Kadang-kadang, pemberi kerja dapat mengirimkan penawaran kerja bersyarat sebelum menghubungi referensi kandidat sebagai bentuk penghormatan kepada kandidat yang mungkin ragu-ragu untuk memberi tahu pemberi kerja saat ini tentang potensi perubahan pekerjaan mereka tanpa petunjuk yang kuat tentang posisi baru.

Baca juga: Manfaat Pemantauan Produktivitas Karyawan dan Caranya

Mengapa Pemberi Kerja Membatalkan Tawaran Bersyarat?

Berikut ini beberapa alasan pemberi kerja dapat menarik tawaran bersyarat:

Jika kandidat tidak memenuhi persyaratan

Pemberi kerja dapat menarik penawaran bersyarat jika calon karyawan tidak memenuhi persyaratan yang diuraikan dalam penawaran.

Pemberi kerja dapat memperpanjang batas waktu yang mereka tetapkan, tetapi mereka mungkin ingin beralih ke kandidat lain.

Misalnya, jika pemberi kerja meminta bukti sertifikasi dalam waktu dua minggu, dan kandidat tidak memberikannya tepat waktu, maka pemberi kerja dapat menawarkan pekerjaan kepada kandidat lain yang memberikan sertifikasi mereka.

Namun demikian, jika seorang karyawan memenuhi persyaratan dalam batas waktu tersebut, mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk mempertahankan tawaran tersebut.

Jika pemberi kerja tidak puas dengan hasilnya

Jika pemberi kerja tidak puas dengan hasil pemeriksaan latar belakang atau pemeriksaan referensi, mereka bisa membatalkan penawaran yang mereka berikan kepada kandidat.

Misalnya, jika pemberi kerja tidak bisa menghubungi referensi, mereka mungkin merasa tidak bisa menyelesaikan proses peninjauan dan mempekerjakan kandidat.

Kandidat dapat menghindari tawaran mereka dibatalkan dengan bersikap terbuka kepada calon pemberi kerja tentang segala kesulitan untuk menyelesaikan pemeriksaan latar belakang atau menghubungi referensi.

Hal ini bisa membuat proses peninjauan jauh lebih mudah, karena pemberi kerja tahu apa yang diharapkan.

Baca juga: Aspirasi Karir Karyawan: Pengertian dan Contoh Jawabannya

penawaran kerja bersyarat 2

Apa Keuntungan dari Penawaran Kerja Bersyarat?

Keuntungan menggunakan penawaran bersyarat antara lain, dapat menandakan:

Mengetahui dengan jelas kandidat yang memenuhi syarat

Pemberi kerja telah menawarkan pekerjaan, yang berarti mereka ingin bekerja dengan kandidat, yang merupakan hal positif bagi kandidat.

Tawaran pekerjaan juga menggembirakan bagi pemberi kerja karena pencarian mereka untuk karyawan baru mungkin akan berakhir.

Proses perekrutan yang terstandardisasi

Jika pemberi kerja menawarkan pekerjaan bersyarat, ini bisa menandakan bahwa mereka memiliki proses perekrutan standar yang dilalui setiap karyawan.

Mereka cenderung memiliki proses yang cepat dan menunjukkan bahwa permintaan mereka untuk informasi tambahan tidak spesifik untuk kandidat.

Kebijakan pemberitahuan di awal

Mengirimkan penawaran kerja bersyarat akan memberi tahu kandidat bahwa pemberi kerja ingin melihat pekerjaan atau latar belakang mereka sebelumnya. Hal ini bisa memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berbagi detail penting apa pun dengan pemberi kerja.

Baca juga: Tips Sukses di Jabatan Baru Ini Wajib Anda Lakukan

Apa saja Kerugian dari Penawaran Kerja Bersyarat?

Kerugian potensial dari penggunaan penawaran bersyarat adalah:

Ini berarti tidak ada jaminan kerja untuk kandidat

Pemberi kerja tidak bisa menjamin pekerjaan karena posisi tersebut tergantung pada penyelesaian materi atau proses lamaran tambahan. Namun, kandidat mengetahui ketentuannya, sehingga mereka dapat mengontrol hasil dari tawaran pekerjaan tersebut.

Bisa memakan waktu

Kandidat dan pemberi kerja mungkin membutuhkan banyak waktu untuk mengejar persyaratan tambahan, hanya untuk menemukan bahwa mereka tidak cocok.

Persyaratan ini bisa memperpanjang waktu antara mencari pekerjaan dan bekerja, tetapi menemukan posisi yang tepat mungkin sepadan.

Baca juga: Melakukan Konfirmasi Kehadiran Interview Beserta Tipsnya

Bedanya Penawaran Kerja Bersyarat dan Perekrutan

Perekrutan berbeda dengan penawaran kerja bersyarat, karena dengan perekrutan, kandidat sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan pemberi kerja sebelum memberikan penawaran.

Ini berarti karyawan bisa memulai proses orientasi lebih awal. Kandidat yang menerima tawaran kerja langsung dari pemberi kerja, bukan tawaran kerja bersyarat, masih berada di bawah perjanjian kerja sesuai keinginan, sehingga pemberi kerja dapat mengakhiri pekerjaan mereka kapan pun mereka anggap pantas.

Seorang karyawan yang dipekerjakan versus ditawari pekerjaan bersyarat mungkin tidak tahu alasan spesifik pemberi kerja mereka melepaskan mereka.

gajihub 2

Cara Menyusun Penawaran Kerja Bersyarat

Tawaran kerja bersyarat biasanya menyertakan elemen-elemen tawaran kerja standar dan menginformasikan kepada kandidat bahwa perusahaan mengharuskan mereka memberikan informasi pekerjaan tambahan sebelum melanjutkan pekerjaan mereka.

Jika Anda bertanggung jawab untuk mengirimkan penawaran kerja bersyarat atas nama perusahaan Anda, berikut ini cara melakukannya:

1. Sertakan heading standar

Heading surat penawaran kerja standar biasanya menyertakan informasi kontak perusahaan, tanggal, dan detail kontak penerima.

Mengetahui cara menyampaikan surat penawaran kerja secara efektif adalah keterampilan dasar yang menunjukkan profesionalisme dan memungkinkan Anda untuk menjaga reputasi baik pemberi kerja. Berikut ini adalah tampilan bagian atas surat Anda:

Red Water Compan.
Jln Jendral Sudirman 123
Jakarta Selatan
12362

10 Oktober 2021

Anita Hara
Jalan Garuda 43C
Bekasi Timur
12332
Anitahara@email.com
+62 8211112223

2. Pilih salam dan subjek

Membuka surat dengan salam formal merupakan tanda hormat dan memungkinkan Anda untuk menyapa kandidat dengan tepat.

Secara tradisional, akan lebih tepat untuk menggunakan salam seperti ‘Mr./Ms./Mrs.’ diikuti dengan nama keluarga mereka.

Jika Anda tidak yakin tentang kata ganti yang disukai kandidat, biasanya aman untuk membuka surat dengan ‘Dear’ yang sederhana diikuti dengan nama depan dan belakang mereka.

Meskipun tidak wajib, menyertakan subjek akan memudahkan penerima surat untuk mengidentifikasi surat dengan cepat.

Anda bisa menempatkannya di bawah salam pembuka dan menuliskannya dalam huruf kapital atau bahkan dicetak tebal. Subjek yang baik untuk jenis surat ini bisa berupa ‘Tawaran pekerjaan bersyarat’.

3. Informasikan kepada penerima tentang keputusan dan daftar kriteria tambahan

Dalam beberapa baris pertama, ucapkan selamat kepada kandidat dan informasikan bahwa perusahaan ingin mempekerjakan mereka.

Sebutkan jabatan pekerjaan dan pastikan untuk menyoroti lagi bahwa tawaran pekerjaan bergantung pada penyelesaian pemeriksaan latar belakang, referensi tambahan atau pemeriksaan medis.

Jika ada lebih dari satu persyaratan, Anda bisa mencantumkannya sebagai poin-poin untuk kejelasan. Penting juga untuk menginformasikan kepada mereka berapa lama waktu yang mereka punya untuk menyelesaikannya.

Ini bisa berupa apa saja, mulai dari seminggu hingga beberapa bulan, tergantung pada apa yang dibutuhkan oleh pemberi kerja.

4. Sampaikan informasi yang tersisa tentang peran tersebut

Setelah menyebutkan kriteria tambahan yang diharapkan oleh pemberi kerja untuk dipenuhi oleh kandidat, sebutkan semua informasi yang tersisa tentang peran tersebut.

Hal ini sering kali mencakup jenis pekerjaan, jabatan, gaji tahunan yang disepakati, tanggal mulai bekerja dan tunjangan karyawan. Anda juga bisa menyebutkan orang yang akan menjadi bawahan kandidat jika mereka mendapatkan pekerjaan tersebut dan melampirkan buku panduan karyawan ke email.

Dengan cara ini, kandidat akan lebih memahami budaya perusahaan dan bagaimana minggu-minggu pertama mereka di perusahaan jika mereka memenuhi persyaratan tambahan dari penawaran bersyarat.

5. Sertakan penutup formal

Dalam paragraf terakhir, berikan kesimpulan singkat dari surat tersebut dan ingatkan penerima surat tentang langkah selanjutnya bagi mereka, misalnya, memberikan bukti kualifikasi dalam waktu 30 hari sejak menerima surat tersebut.

Anda juga bisa menunjukkan kegembiraan menyambut mereka di perusahaan dengan mengatakan bahwa Anda menantikan untuk melanjutkannya ketika mereka memenuhi kriteria tambahan pemberi kerja.

Tutup surat dengan kalimat penutup  formal, misalnya, ‘Hormat kami’ atau ‘Salam’.

Baca juga: Tips Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai penawaran kerja bersyarat yang biasa digunakan oleh banyak perusahaan di luar negeri untuk memastikan kandidat memiliki pengalaman dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan sertfikasi, pemeriksaan, atau bukti yang relevan.

Mencari kandidat sesuai kebutuhan usaha memang bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu pemilik bisnis dan juga tim HR harus memastikan dengan jelas kebutuhan organisasi dan skill yang diperlukan kandidat agar cocok dalam posisi tersebut.

Pastikan juga tim HR Anda menggunakan proses yang modern untuk menyimpan data karyawan dan mengelola proses HR dengan efisien, dan salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan software HR, absensi, dan payroll dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan juga harga yang terjangkau.

Dengan Gajihub, Anda bisa dengan mudah menyimpan dan mengelola seluruh data karyawan, baik itu data kehadiran, cuti, gaji, pajak penghasilan, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Apa itu Penawaran Kerja Bersyarat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *