Tips Sukses di Jabatan Baru Ini Wajib Anda Lakukan

sukses di jabatan baru

Memiliki jabatan baru merupakan impian banyak karyawan, terlebih jika jabatan tersebut lebih tinggi dari jabatan sebelumnya. Meski begitu, mempertahankan kesuksesan di jabatan baru bukanlah hal yang mudah dan dibutuhkan tips sukses di jabatan baru.

Anda yang baru saja mendapatkan jabatan baru mungkin membutuhkan tips agar sukses di jabatan baru Anda ini. Nah, kira-kira apa saja nih tips sukses di jabatan baru yang bisa Anda lakukan?

Buat Anda yang penasaran yuk simak penjelasan lengkapnya yang ada di bawah ini:

Apa Itu Jabatan dalam Pekerjaan? tips sukses di jabatan baru

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips sukses di jabatan baru, apakah Anda sudah mengetahui apa itu jabatan? Jabatan merupakan sebuah kata yang berasal dari kata jabat yang diartikan sebagai pekerjaan atau tugas di dalam pemerintahan, organisasi, atau perusahaan yang berhubungan dengan kedudukan atau pangkat.

Dari sini jabatan juga dapat diartikan sebagai kedudukan yang menunjukan tugas, wewenang, tanggung jawab, dan hak yang dimiliki seorang karyawan yang bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan.

Baca Juga: Urutan Jabatan dalam Perusahaan Beserta Fungsinya

Jenis-Jenis Jabatan di Perusahaan

Jabatan memiliki beberapa jenis yang wajib Anda ketahui. Beberapa jenis jabatan tersebut yaitu jabatan struktural dan jabatan fungsional. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Jabatan Struktural

Jabatan struktural merupakan jabatan yang secara tegas terdapat dalam sebuah struktur organisasi dimana kedudukan di dalamnya bertingkat-tingkat mulai dari yang tertinggi hingga yang paling rendah.

Sebagai contoh jabatan struktural adalah jabatan yang terdiri dari operator hingga direktur.

2. Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional adalah sebuah jabatan yang tidak tercantum dalam sebuah struktur organisasi atau perusahaan. Meski begitu, jabatan fungsional ini memiliki fungsi yang sangat jelas dalam menjalankan tugas-tugas yang ada di sebuah organisasi.

Contoh dari jabatan fungsional ini antara lain guru, auditor, desainer, dan lainnya.

Baca Juga: Analisis Jabatan: Pengertian, Metode dan Manfaatnya

Cara Naik Jabatan dengan Sportif

Siapa sih yang tidak ingin naik jabatan? Setiap pekerja pasti menginginkannya, bukan? Lalu bagaimana cara agar bisa naik jabatan dengan cara yang sportif? Yuk simak penjelasannya hanya di bawah ini:

1. Datang Lebih Awal

Cara naik jabatan yang pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan datang lebih awal ke kantor. Misalnya jika kantor tempat Anda bekerja masuk setiap pukul 08.00, maka Anda bisa datang lebih awal yakni pukul 07.30.

Dengan datang lebih awal Anda bisa menunjukan bahwa Anda bersemangat untuk kerja. Meski demikian, bukan berarti Anda harus gila kerja atau overwork. Anda bisa menujukan bahwa Anda bersemangat kerja dengan datang lebih awal namun tetap tidak boleh berlebihan.

2. Selalu Aktif dalam Memberikan Pendapat

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengaan selalu aktif memberikan pendapat ketika sedang melakukan rapat. Pendapat Anda adalah sesuatu yang penting bagi atasan Anda karena dengan pendapat ini, nantinya perusahaan bisa memiliki masukan sehingga bisa menjadi lebih maju lagi.

Jadi, jangan ragu untuk memberikan pendapat Anda ya! Dengan begitu Anda bisa memiliki nilai lebih di mata atasan Anda dan direkomendasikan untuk naik jabatan.

3. Konsisten Bekerja

Saat bekerja Anda tidak dilarang untuk bersantai, namun buat Anda yang ingin mendapatkan penilaian yang baik di mata atasan Anda, sebaiknya Anda konsisten bekerja.

Cara-cara yang dapat menunjukan Anda konsisten dalam bekerja antara lain tidak menunda-nunda tugas atau pekerjaan yang diberikan dan juga melakukan pekerjaan yang diberikan dengan sebaik mungkin.

gajihub 6

4. Memiliki Team Work yang Baik

Untuk biasa naik jabatan, selain dilihat dari bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan Anda, atasan Anda juga melihat bagaimana kemampuan Anda dalam bekerja sama atau team work Anda. Terlebih ketika Anda naik jabatan kemungkinan Anda akan menjadi leader dalam tim.

Jadi, Anda harus bisa memiliki team work yang baik seperti mudah berbaur dengan karyawan lainnya dan melibatkan karyawan lainnya ketika ada masalah dalam pekerjaan Anda.

5. Berikan Sifat yang Positif

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan sifat yang positif. Sifat yang positif ini antara lain sifat-sifat yang dapat menunjukan bahwa Anda bangga dengan pekerjaan Anda saat ini.

Jangan tunjukan sifat-sifat yang bisa menurunkan simpatik atasan Anda, seperti mudah tertekan ketika ada masalah pekerjaan.

6. Hindari Bergosip

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari bergosip di kantor. Anda harus bisa bersikap dengan adil dan jangan mencanpurkan permasalahan pribadi dengan permasalahan pekerjaan Anda.

Salah satu caranya adalah dengan tidak menyebarkan gosip atau hoax di kantor tempat Anda bekerja.

7. Bisa Menyelesaikan Masalah

Cara ketujuh yang bisa Anda lakukan agar bisa naik jabatan adalah dengan bisa menyelesaikan masalah. Anda harus bisa menjadi problem solver ketika ada masalah dalam pekerjaan Anda.

Kemampuan bisa menyelesaikan masalah merupakan kemampuan yang langka sehingga jika Anda memiliki ini Anda memiliki peluang naik jabatan yang lebih besar.

Baca Juga: Apa itu Tunjangan Jabatan? Ini Pengertian, Jenis, dan Nilainya

Tips Sukses di Jabatan Baru

tips sukses di jabatan baru

Setelah Anda berhasil mendapatkan jabatan baru, pastinya Anda juga ingin sukses di jabatan baru Anda ini bukan? Berikut beberapa tips sukses di jabatan baru yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan pekerjaan Anda:

1. Buat Deadline Setiap Pekerjaan Anda

Tips sukses di jabatan baru pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat deadline untuk setiap pekerjaan Anda. Deadline akan memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu.

Selain bisa membuat Anda lebih tepat waktu, mengerjakan pekerjaan sebelum deadline juga dinilai lebih efektif dan bisa menghasilkan pekerjaan yang memiliki kualitas yang baik.

2. Hadiri Rapat

Seiring dengan kenaikan jabatan Anda, Anda kemungkinan akan diminta untuk menghadiri rapat baik itu rapat internal perusahaan ataupun rapat dengan klien. Ketika ada jadwal rapat, pastikan Anda menghadiri rapat ini dan datang rapat tepat waktu.

Ini akan menunjukan bahwa Anda memiliki semangat di jabatan baru Anda.

3. Hentikan Kebiasaan Multitasking

Tips ketiga yang dapat Anda lakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan multitasking. Multitasking merupakan kebiasaan buruk yang bisa menurunkan kinerja Anda ketika bekerja.

Multitasking memang sering dianggap efektif untuk menyelesaikan banyak pekerjaan, padahal sejatinya justru multitasking bisa menurunkan produktivitas Anda. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai multitasking, Anda bisa membacanya di sini.

4. Jangan Mengejar Kesempurnaan Kerja

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah jangan mengejar kesempurnaan kerja. Mengejar kesempurnaan kerja adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Cara ini bukannya efektif untuk meningkatkan produktivitas Anda, justru akan membuat Anda kehilangan banyak waktu ketika bekerja dan lebih lelah.

5. Jika Anda Leader, Pimpin Tim Anda dengan Baik

Kenaikan jabatan yang Anda dapatkan biasanya akan membuat Anda menjadi leader yang memimpin karyawan di divisi Anda. Pada saat Anda menjadi leader, pimpinlah tim Anda dengan baik.

6. Terapkan Kedisiplinan

Disiplin kerja menjadi bagian yang penting buat Anda yang telah naik jabatan. Agar Anda sukses dengan jabatan baru Anda, Anda bisa menerapkan kedisiplinan ini baik itu untuk diri Anda sendiri ataupun untuk tim yang ada di divisi Anda.

7. Atur Jam Kerja dengan Baik

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan untuk sukses di jabatan baru adalah dengan mengatur jam kerja dengan baik. Mengatur jam kerja dengan baik sama pentingnya dengan menghindari multitasking.

Ketika Anda bisa mengatur jam kerja dengan baik, maka pekerjaan Anda akan lebih efektif dan Anda bisa semakin produktif dalam bekerja.

gajihub 3

Baca Juga: Pengertian Insentif Karyawan, Contoh, Tips, dan Bedanya dengan Tunjangan

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips sukses di jabatan baru yang dapat Anda terapkan di dalam pekerjaan Anda. Memperoleh kenaikan jabatan merupakan idaman setiap karyawan, namun pastinya hal ini bisa didapatkan ketika kinerja Anda di perusahaan berjalan dengan baik.

Bagi perusahaan, kenaikan jabatan karyawan dijadikan sebagai apresiasi atas peran karyawan atas pekerjaan yang dilakukan. Oleh karenanya penting bagi perusahaan untuk mengelola karyawan dengan baik agar bisa mengetahui karyawan mana yang layak mendapatkan kenaikan jabatan.

Untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda, Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS dari GajiHub. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi HRIS yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga di tautan ini dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan langsung dari gadget Anda.

2 thoughts on “Tips Sukses di Jabatan Baru Ini Wajib Anda Lakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *