Pengertian Insentif Karyawan, Contoh, Tips, dan Bedanya dengan Tunjangan

insentif karyawan 1

Tunjangan dan insentif karyawan adalah hal penting yang harus dipertimbangkan oleh semua pemberi kerja. Jika Anda ingin merekrut staf baru, Anda hampir pasti perlu melihat skema insentif atau tunjangan karyawan yang tersedia sebagai cara untuk meningkatkan penawaran gaji Anda.

Hal ini terutama terjadi jika Anda bersaing dengan perusahaan lain dalam hal perekrutan; sering kali, calon karyawan akan melihat paket tunjangan dan insentif yang ditawarkan dan menghitung efeknya terhadap gaji mereka.

Insentif dan tunjangan adalah cara penting bagi perusahaan untuk mendorong staf baru untuk bergabung dengan bisnis mereka dan, demikian pula, dapat mengurangi pergantian staf jika cukup menarik bagi staf yang sudah ada.

Namun, sering kali skema tunjangan disalahartikan sebagai insentif. Kenyataannya, keduanya adalah dua konsep yang sangat berbeda dan masing-masing memiliki kegunaan yang spesifik.

Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu insentif karyawan beserta contohnya dan juga membahas secara lengkap perbedaannya dengan tunjangan karyawan.

Apa itu Insentif Karyawan?

Insentif karyawan adalah program atau imbalan apa pun yang diperkenalkan di tempat kerja untuk mendorong kinerja karyawan dan merangsang produktivitas.

Meskipun insentif bisa berupa benda fisik yang bernilai atau barang material, namun banyak juga contoh di mana insentif yang ditawarkan adalah tindakan atau imbalan yang tidak berwujud.

Baca juga: 7 Tips Sebelum Resign yang Wajib Anda Lakukan, Apa Saja?

Mengapa Penting Menggunakan Program Insentif Terhadap Karyawan?

Pengusaha paling sering menerapkan program insentif untuk:

  • Mengakui kinerja di atas rata-rata. Ketika seorang karyawan mencapai tonggak pencapaian tertentu atau berkinerja luar biasa baik, banyak pengusaha akan menghargai pencapaian mereka dengan insentif.
  • Meningkatkan produktivitas. Janji insentif-mulai dari imbalan tak berwujud seperti pengakuan hingga imbalan berwujud seperti tiket nonton film-dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan menggunakan waktu mereka di tempat kerja secara produktif.
  • Menginspirasi kolaborasi. Pengusaha dapat memotivasi karyawan untuk lebih banyak berkolaborasi di tempat kerja pada proyek-proyek tertentu dan di seluruh departemen dengan mempromosikan program insentif yang mendorong kerja tim.
  • Meningkatkan semangat kerja. Mengakui karyawan atas kerja keras mereka dapat menimbulkan rasa kebersamaan dan rasa hormat yang lebih kuat di tempat kerja, yang pada akhirnya menumbuhkan budaya yang lebih bahagia dan lebih positif bagi perusahaan atau bisnis.
  • Menarik dan mempertahankan talenta berbakat. Dalam pasar yang kompetitif, tempat kerja yang memberi penghargaan kepada karyawan dengan manfaat komprehensif lebih mampu menarik talenta terbaik dan memastikan mereka tetap tinggal.

Program insentif memberi sinyal kepada karyawan bahwa mereka mengakui dan menghargai pekerjaan yang mereka lakukan sekaligus mendorong karyawan untuk terus mendorong hasil yang dicari perusahaan.

Misalnya, sebuah biro iklan mungkin memberi penghargaan kepada departemen penjualan mereka karena memenuhi kuota tertentu pada akhir kuartal.

Hal ini mendorong departemen penjualan untuk terus mencapai kuota mereka dan menginspirasi mereka untuk terus melakukannya.

Baca juga: Administrasi Kepegawaian: Pengertian dan Lingkupnya dalam Bisnis

Beberapa Contoh Insentif Karyawan

Program insentif biasanya masuk ke dalam salah satu dari tiga kategori ini: kompensasi, aktivitas, atau fasilitas. Tergantung pada tempat kerja Anda dan perilaku spesifik yang ingin Anda dorong, ada berbagai pilihan, termasuk:

Kompensasi

Insentif berbasis kompensasi adalah insentif yang berbentuk pembayaran tambahan, imbalan atau manfaat yang sudah disediakan oleh perusahaan. Berikut ini beberapa contoh insentif berbasis kompensasi:

Bonus

Pembayaran bonus adalah upah tambahan, dan pemberi kerja biasanya memberikannya sebagai hadiah atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik atau sebagai hadiah untuk jika karyawan bersangkutan mencapai target yang ditentukan.

Cuti ekstra

Tempat kerja biasanya memberikan karyawan penuh waktu mereka sejumlah cuti berbayar sepanjang ta

hun untuk digunakan sebagai waktu liburan atau dalam keadaan darurat.

Karena cuti adalah aspek yang berharga dan dilindungi dari tunjangan karyawan, menawarkan waktu libur ekstra sebagai insentif bisa sangat memotivasi.

Dalam banyak kasus, memberikan cuti adalah salah satu jenis insentif untuk menghemat anggaran organisasi Anda.

Retret tim

Retret tim adalah kesempatan bagi anggota kelompok di tempat kerja untuk bersosialisasi dan saling mengenal satu sama lain di luar kantor.

Pengusaha sering menggunakan retret sebagai insentif untuk menghargai kolaborasi mereka sebagai sebuah kelompok serta hasil yang telah mereka capai bersama.

Entah itu retret sehari di hotel lokal atau perjalanan selama seminggu jauh dari kota, insentif ini memberikan kesempatan bagi tim Anda untuk menjalin ikatan, berkomunikasi, dan terus belajar dari satu sama lain.

Baca juga: Metode STAR dalam Interview, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Aktifitas

Insentif aktivitas biasanya berupa acara atau pengalaman yang dapat terjadi di dalam atau di luar tempat kerja. Berikut ini beberapa contoh umum insentif aktivitas:

Kesempatan pengembangan profesional

Biasanya, karyawan fokus pada kegiatan sehari-hari saat mereka bekerja tanpa banyak kesempatan untuk fokus pada pertumbuhan mereka.

Menawarkan peluang pengembangan profesional sebagai insentif dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras sekaligus memupuk keterampilan mereka di tempat kerja.

Misalnya, seorang karyawan dapat memperoleh kesempatan untuk pergi ke konferensi di mana mereka dapat membangun jaringan dan belajar dari para pemimpin di bidangnya sebagai imbalan atas kinerja mereka yang baik.

Kelas kebugaran pribadi

Membayar program kebugaran pribadi adalah insentif yang bagus untuk mendorong karyawan agar tetap sehat dan menunjukkan bahwa perusahaan peduli dengan kesejahteraan mereka.

Program kebugaran karyawan juga dapat berfungsi sebagai cara bagi karyawan untuk merasa lebih terhubung dengan tempat kerja mereka. Organisasi Anda mungkin mensponsori kelas tertentu atau mengirim karyawan ke gym tertentu untuk hari itu.

Baca juga: Tunjangan Karyawan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

Fasilitas

Fasilitas sama seperti insentif kompensasi yang biasanya berbentuk uang atau hadiah fisik, tetapi insentif fasilitas ini biasanya terpisah dari perusahaan atau bisnis. Berikut ini beberapa contoh tunjangan yang bisa digunakan untuk memberi insentif kepada karyawan:

Gift card

Anda bisa memberikan gift cards dari hampir semua retailer atau restoran untuk berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan yang dilakukan dengan baik atau untuk memberi selamat atas pencapaia di tempat kerja.

Menghadiahi karyawan dengan gift cards memungkinkan lebih banyak fleksibilitas serta sentuhan pribadi tambahan jika Anda dapat memberikan kartu hadiah kepada karyawan tertentu untuk merek atau fasilitas tertentu yang sudah mereka nikmati.

Langganan

Layanan berlangganan sangat populer dan banyak digunakan, baik itu layanan streaming online atau layanan makanan bulanan yang menyediakan bahan-bahan yang tepat untuk makanan berkualitas tinggi.

Setiap langganan memiliki tujuan yang berbeda, tetapi banyak di antaranya dapat berfungsi sebagai hadiah untuk pekerjaan karyawan Anda yang sangat baik.

Menawarkan ini sebagai insentif dapat memotivasi karyawan dan berfungsi sebagai cara unik untuk mengakui prestasi mereka.

Hiburan

Entah itu tiket ke bioskop, acara olahraga atau museum, fasilitas hiburan adalah insentif yang memperkaya kehidupan karyawan Anda di luar kantor atas nama Anda, yang pada gilirannya dapat membuat mereka lebih termotivasi dan bersemangat untuk kembali bekerja.

Baca juga: Tunjangan Tetap dan Tidak Tetap: Pengertian, Perbedaan, dan Contohnya

gajihub 2

Apa Perbedaan Insentif Karyawan dengan Tunjangan?

nsentif dan tunjangan adalah dua hal yang berbeda yang diberikan kepada karyawan. Insentif adalah tambahan imbalan yang diberikan kepada karyawan atas prestasi kerja yang baik dan memenuhi atau melebihi target yang telah ditetapkan. Insentif dapat berupa uang, barang, atau jasa yang berguna bagi karyawan.

Sedangkan tunjangan adalah tambahan gaji yang diberikan kepada karyawan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, atau tunjangan keluarga. Tunjangan diberikan kepada semua karyawan yang memenuhi syarat, tidak tergantung pada prestasi kerja atau target yang telah ditetapkan.

Jadi, perbedaan utama antara insentif dan tunjangan adalah bahwa insentif diberikan berdasarkan prestasi kerja, sedangkan tunjangan diberikan kepada semua karyawan yang memenuhi syarat, tanpa mempertimbangkan prestasi kerja.

Baca juga: Apa itu Tunjangan Jabatan? Ini Pengertian, Jenis, dan Nilainya

insentif karyawan 2

5 Praktik Terbaik untuk Membuat Program Insentif Karyawan

Setelah Anda memilih program insentif karyawan yang tepat untuk perusahaan Anda, Anda perlu mempraktikkannya. Berikut ini beberapa praktik terbaik yang dapat membantu Anda menerapkan program insentif yang berdampak.

1. Buatlah program Anda inklusif

Pastikan semua anggota tim memiliki akses ke program insentif Anda dengan menerapkan berbagai program yang sesuai dengan setiap area bisnis Anda.

Anda juga harus mengenali setiap pemangku kepentingan yang membantu memimpin program insentif Anda, serta semua orang yang berpartisipasi di dalamnya.

Dan pastikan program insentif Anda dilengkapi dengan platform yang menarik dan ramah pengguna, di mana anggota tim dapat dengan mudah berpartisipasi dan mendapatkan manfaatnya.

Semua praktik ini dapat membantu karyawan merasa terlibat dan menjadi bagian dari lingkungan kerja yang inklusif.

2. Promosikan program insentif Anda

Pastikan semua orang tahu tentang program insentif Anda untuk menumbuhkan kesadaran dan mendorong partisipasi di seluruh perusahaan.

Untuk mencapai hal ini, HR harus membuat rencana promosi dan komunikasi untuk membuat setiap karyawan mengetahui program insentif yang tersedia.

Mereka dapat menindaklanjuti hal ini dengan bekerja sama dengan para pemimpin untuk menjalankan kampanye berkelanjutan yang melibatkan karyawan dan membuat mereka tetap berpartisipasi.

Kampanye ini bisa mencakup taktik pemasaran seperti poster, pesan yang menyenangkan dengan menggunakan email perusahaan atau intranet, atau permainan yang terkait dengan insentif.

Selain itu, berikan informasi tentang program insentif Anda dalam daftar periksa orientasi karyawan Anda, sehingga setiap karyawan baru dididik pada hari pertama.

3. Minta para manajer menjadi contoh

Para pemimpin atau manajer harus menjadi teladan dengan berpartisipasi aktif dan mendukung program insentif.

Bagaimanapun juga, keberhasilan program insentif karyawan bergantung pada para pemimpin yang mempromosikan dan membangun kesadaran akan program insentif dalam tim mereka. Tim SDM Anda harus melatih para pemimpin tentang cara kerja program insentif karyawan Anda dan nilai penggunaannya sebagai alat bantu keterlibatan.

Hal ini bisa berupa materi referensi, sesi pelatihan atau webinar, dan bahkan kursus pembelajaran online. Dengan demikian, mereka bisa secara efektif mendorong anggota tim mereka untuk mengadopsi program insentif perusahaan Anda.

4. Jika bisa, personalisasikan insentif Anda

Mempersonalisasi pengalaman insentif karyawan Anda adalah suatu keharusan. Anggota tim tidak akan bekerja keras untuk mencapai tujuan jika mereka tidak diberi kompensasi dengan cara yang bermakna bagi mereka.

Meskipun 56% karyawan berpendapat bahwa atasan mereka harus memahami mereka sebagaimana mereka diharapkan memahami pelanggan, hanya 39% yang merasa tempat kerja mereka memenuhi harapan ini.

5. Meminta umpan balik

Mendengarkan karyawan Anda adalah satu-satunya cara untuk mengumpulkan umpan balik yang akurat tentang program insentif Anda.

Luangkan waktu untuk melihat seberapa baik insentif Anda saat ini diterima dan memahami apa yang benar-benar diinginkan karyawan Anda.

Untuk mulai mendengarkan, gunakan platform umpan balik karyawan yang memungkinkan Anda melakukan survei karyawan.

Hal ini dapat memberi Anda wawasan yang tak ternilai: karyawan dapat memberikan ide-ide yang tidak akan terpikirkan oleh Anda, dan mereka adalah sumber terbaik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang jenis program insentif karyawan yang akan memberikan dampak terbesar.

Pertimbangkan saluran umpan balik yang selalu aktif, yang dapat menjaga pintu tetap terbuka bagi karyawan sehingga mereka dapat berbagi masukan kapan pun dan di mana pun.

Sesuaikan program insentif Anda berdasarkan umpan balik karyawan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dan telah mempertimbangkan pendapat mereka.

Kemudian, teruslah memeriksa survei keterlibatan karyawan untuk memastikan penyesuaian Anda berjalan dengan baik.

Dan sering kali bermanfaat bagi para pemimpin untuk mengatur pertemuan dengan tim mereka untuk meninjau temuan survei dan membangun rencana tindakan kolaboratif bersama.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai insentif karyawan dan juga perbedaannya dengan tunjangan yang akan berguna bagi Anda pemilik bisnis atau tim HR dalam menyusun skema penggajian atau tunjangan dari seluruh karyawan Anda.

Mengurus proses payroll dengan baik dan sesuai undang-undang yang berlaku memang merupakan tugas utama bagi tim HR. Dengan kemajuan teknologi saat ini, proses pengelolaan urusan HR dan payroll menjadi lebih mudah dan praktis dengan adanya software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Gajihub.

Gajihub adalah software payroll, HR, dan absensi mobile buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh banyak pemilik bisnis dari berbagai jenis dan skala usaha mereka.

Dengan menggunakan Gajihub tim HR bisa dengan mudah melakukan penghitungan payroll dan tunjangan dimana saja, melakukan pengecekan data kehadiran karyawan secara praktis, menghitung pajak penghasilan lebih cepat, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau paket gratis selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “Pengertian Insentif Karyawan, Contoh, Tips, dan Bedanya dengan Tunjangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *