Contoh Ucapan Perpisahan Kerja dan Tips Membuatnya

ucapan perpisahan kerja 1

Menyampaikan ucapan perpisahan kerja yang bijaksana saat Anda pensiun atau meninggalkan pekerjaan Anda untuk mengejar peluang karier lainnya, dapat meninggalkan kesan yang abadi bagi rekan kerja Anda.

Ucapan perpisahan Anda bisa menjadi kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada kolega Anda dan mengungkapkan rasa terima kasih atas bantuan dan persahabatan mereka selama Anda bekerja di perusahaan.

Dalam artikel ini, kami membahas apa yang membuat ucapan perpisahan kerja yang baik dan bagaimana Anda dapat menulis dan menyampaikan ucapan yang akan diingat oleh rekan kerja Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Ucapan Perpisahan di Tempat Kerja?

Ucapan perpisahan adalah isyarat profesional yang mungkin Anda sampaikan kepada kolega Anda jika dan ketika Anda meninggalkan tempat kerja.

Anda mungkin memberikan ucapan perpisahan ketika Anda pensiun, meninggalkan organisasi Anda untuk mengejar peluang lain atau meninggalkan departemen atau cabang Anda untuk bekerja di lokasi lain dalam perusahaan yang sama.

Individu terkadang memberikan ucapan perpisahan di kantor mereka pada hari terakhir mereka bersama perusahaan atau pada pesta atau upacara resmi untuk meninggalkan perusahaan.

Memberikan ucapan perpisahan belum tentu sesuai dalam semua situasi dan suasana, jadi pertimbangkan waktu Anda bersama perusahaan, bagaimana orang-orang sebelumnya dengan peran yang sama keluar, dan tradisi perpisahan perusahaan.

Ucapan ini biasanya diperuntukkan bagi individu yang memberikan dampak penting pada organisasi, telah berada di sana selama bertahun-tahun atau sedang merayakan pensiun.

Baca juga: Pengertian Insentif Karyawan, Contoh, Tips, dan Bedanya dengan Tunjangan

Cara Menulis Ucapan Perpisahan Kerja

Ucapan perpisahan yang ditulis dengan baik dapat meninggalkan kesan abadi yang baik pada kolega Anda. Menuliskan apa yang ingin Anda katakan dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan percaya diri ketika tiba saatnya untuk memberikan ucapan atau pidato Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menulis ucapan perpisahan kerja yang efektif:

1. Buatlah garis besar

Mulailah dengan membuat daftar poin-poin yang menyoroti pengalaman Anda di perusahaan untuk memberi Anda kerangka kerja yang terorganisir untuk membangun ucapan, pidato, atau email Anda.

Catatlah kenangan dan pengalaman yang akan beresonansi dengan kolega Anda dan meninggalkan kesan positif tentang waktu Anda di perusahaan.

2. Sertakan rincian yang relevan

Rincian berikut ini adalah komponen umum dari ucapan perpisahan di tempat kerja:

  • Keterlibatan Anda di perusahaan, termasuk berapa lama Anda telah bekerja di sana dan dalam peran apa
  • Aspek favorit Anda selama bekerja di perusahaan
  • Rekan kerja yang memberikan kesan terbaik pada Anda dan apa yang Anda sukai dari mereka
  • Perasaan Anda tentang meninggalkan perusahaan
  • Bagian-bagian dari pekerjaan yang Anda syukuri, seperti persahabatan yang Anda jalin dan kesempatan belajar yang Anda miliki
  • Kenangan khusus tentang perusahaan dan rekan kerja Anda, termasuk anekdot yang menyenangkan
  • Mengapa Anda meninggalkan perusahaan dan rencana masa depan Anda
  • Harapan yang baik dari Anda untuk rekan kerja Anda

Baca juga: 7 Tips Sebelum Resign yang Wajib Anda Lakukan, Apa Saja?

3. Tulislah sebuah pengantar

Tulislah pendahuluan yang menyapa dan berterima kasih kepada audiens Anda untuk mendengarkan. Anda juga bisa langsung menyampaikan tujuan ucapan perpisahan Anda.

Satu atau dua kalimat sudah cukup untuk bagian ini. Saat menyusun draf, mungkin akan sangat membantu untuk menulis pendahuluan Anda setelah mengatur ide-ide ucapan kerja. Strategi ini memungkinkan Anda untuk fokus secara efisien pada sebagian besar pidato Anda dan melakukan brainstorming ide untuk pembukaan yang kuat.

4. Perluas ide-ide Anda dengan nada yang tepat

Bangun ucapan perpisahan di sekitar poin-poin Anda dengan memperluas ide-ide dalam nada percakapan, jujur dan hormat.

Pertimbangkan untuk menulis ucapan Anda seolah-olah Anda sedang menulis surat perpisahan kepada seorang teman untuk membantu menjaga nada bicara Anda tetap santai.

5. Tambahkan humor jika sesuai

Anda dapat menyertakan anekdot lucu dan beberapa lelucon untuk membuat ucapan perpisahan kerja Anda lebih menarik.Pertimbangkan lingkungan kerja Anda saat memutuskan humor yang sesuai.

Ucapan perpisahan Anda harus mengekspresikan perasaan Anda tentang orang-orang dan peristiwa yang membuat posisi Anda berkesan, jadi fokuslah pada aspek positif dari rekan kerja dan peran Anda dalam menyoroti pengalaman perusahaan yang istimewa.

Baca juga: Tips Perkenalan Diri Saat Interview dan Contohnya

6. Edit ucapan perpisahan Anda

Bacalah ucapan perpisahan Anda dengan keras untuk membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, seperti di mana ide-ide Anda bisa mengalir lebih baik atau pilihan kata Anda bisa terdengar lebih alami.

Pertimbangkan juga untuk mencari bagian yang perlu dirampingkan sehingga ucapan Anda ringkas dan singkat untuk meningkatkan keterlibatan. Ucapan yang paling efektif berlangsung antara tiga sampai lima menit. Teruslah mengedit ucapan Anda sampai berada dalam kerangka waktu ini.

7. Mintalah pendapat kolega yang terpercaya

Bacalah ucapan perpisahan Anda untuk seorang kolega sebelum Anda mempresentasikannya. Tanyakan kepada mereka apakah ada poin-poin penting lainnya yang bisa Anda tambahkan, atau jika ada area yang bisa menggunakan perbaikan lebih lanjut.

Pastikan untuk mengukur kapan dan di mana mereka bereaksi terhadap kata-kata Anda untuk melihat apakah Anda telah mengoptimalkan dampaknya.

ucapan perpisahan kerja 2

Cara Memulai dan Mengakhiri Ucapan Perpisahan Kerja

Dua elemen pidato Anda yang paling berkesan adalah awal dan akhir pidato Anda. Berikut ini beberapa tips yang perlu diingat untuk bagian penting dari pidato perpisahan Anda:

Di awal ucapan perpisahan Anda

Pastikan Anda menyapa semua teman dengan mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah hadir. Ini harus berada di bagian atas pidato perpisahan Anda untuk mengatur nada untuk sisa pidato Anda.

Jika Anda berbicara dengan sekelompok besar orang yang mungkin termasuk orang-orang yang tidak mengenal Anda, mungkin juga tepat untuk memperkenalkan diri Anda dan berapa lama Anda telah bergabung dengan perusahaan.

Di akhir ucapan perpisahan Anda

Akhiri pidato Anda dengan nada positif dengan mendoakan semua orang dengan baik dan memperkuat sikap positif tentang perusahaan dan pencapaiannya serta kesuksesan yang berkelanjutan.

Nada pidato Anda harus konsisten di sepanjang pidato, jadi, jika Anda memulai dengan nada santai, lanjutkan itu di sini sampai akhir.

Baca juga: 20 Jenis Jadwal Kerja yang Bisa Perusahaan Terapkan

Tips untuk Menyampaikan Ucapan Perpisahan Kerja yang Berkesan

Ikuti tips  ini untuk menyampaikan pidato perpisahan kerja terbaik yang Anda bisa:

  • Bicaralah dengan nada santai. Nada bicara yang santai akan melibatkan audiens Anda dan berbicara dari catatan, bukan dari naskah, dapat membantu pidato perpisahan Anda terasa lebih komunikatif dan menyentuh hati.
  • Bicaralah dengan jelas dan terdengar. Tips ini sangat penting jika Anda berbicara tanpa menggunakan mikrofon di depan kelompok yang lebih besar. Hal ini juga memastikan semua orang mendengar dan memahami pidato, sehingga meningkatkan keterlibatan.
  • Tetap tenang. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali, atau fokuslah pada seorang teman di ruangan untuk berbicara dengan tenang dan percaya diri. Tidak masalah untuk menjadi sedikit emosional saat mengucapkan selamat tinggal. Teknik-teknik menenangkan ini dapat memastikan Anda tetap menyampaikan ucapan perpisahan Anda dengan jelas.
  • Gunakan gerakan alami. Gerakan tubuh dapat membantu membuat pidato Anda terasa lebih tulus dan jujur. Tersenyum dan tertawa bersama audiens juga dapat meningkatkan keterlibatan.
  • Tetap positif. Kecuali jika Anda hanya mengatakan hal-hal yang baik dan positif tentang waktu Anda bersama organisasi, sebaiknya jangan memberikan pidato perpisahan. Pastikan untuk menunjukkan rasa terima kasih dan mendoakan perusahaan dengan baik di masa depan.

gajihub 1

Baca juga: 12 Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Contoh Ucapan Perpisahan di Tempat Kerja

Gunakan contoh pidato perpisahan ini untuk membantu Anda menulis pidato Anda sendiri.

Pidato perpisahan untuk pensiun

Halo, semuanya, dan terima kasih telah datang ke acara kumpul-kumpul kecil ini untuk menandai hari terakhir saya bersama TypeCo. Saya telah bekerja selama 24 tahun yang luar biasa di perusahaan ini, dan saya selamanya bersyukur atas karier pemasaran saya.

Kepada tim pemasaran, grafis, dan periklanan saya yang luar biasa, saya menghargai kerja keras Anda dalam menyelesaikan beberapa kampanye klien kami yang paling bermanfaat, termasuk proyek ABC City Park awal tahun lalu.

Kepada Andi, pengganti saya sebagai direktur pemasaran, saya merasa terhormat telah menyaksikan perkembangan Anda selama 10 tahun terakhir sebagai seorang profesional pemasaran yang tajam dan intuitif. Saya tidak sabar untuk melihat bagaimana visi Anda membawa TypeCo ke tingkat berikutnya. Saya yakin Anda dapat memimpin departemen ini dalam mendapatkan klien baru yang menantang dan membawa energi kreatif dari setiap anggota tim.

Saya sangat senang akan pensiun, tetapi saya akan merindukan spontanitas pekerjaan dan kemurahan hati rekan-rekan kerja yang begitu brilian. Sekali lagi terima kasih. Dan semoga sukses!

Ucapan perpisahan untuk kesempatan baru

Selamat malam, semuanya, dan terima kasih atas jamuan makan malam perpisahan yang indah. Sungguh menakjubkan, saya telah bekerja di Delaney’s Family Restaurant selama 10 tahun, termasuk tiga tahun terakhir sebagai sous chef Anda. Saya telah mempelajari pelajaran yang tak ternilai tentang menyiapkan makanan dengan standar yang ketat selama saya bekerja di sini. Pergeseran proses kerja dari Jumat dan Sabtu malam yang serba cepat itu menguji saya, tetapi saya menjadi koki yang jauh lebih baik.

Kepada para kolega saya, saya menghargai persahabatan Anda dan semua dukungan yang telah Anda berikan kepada saya selama bertahun-tahun. Kerja keras Anda setiap malam telah membantu saya lebih dari yang bisa saya katakan. Anda selalu terorganisir dan antusias. Bahkan ketika kita melayani acara-acara besar, seperti pesta industri rekaman ACME, Anda selalu siap sedia.

Terima kasih kepada keluarga Delaney yang telah menjadikan saya bagian dari keluarga Anda. Anda mengambil kesempatan pada saya yang baru lulus dari sekolah kuliner.

Saya pikir saya tahu banyak setelah lulus, tetapi dapur Anda adalah ruang kelas saya yang sebenarnya. Terima kasih telah melihat potensi saya dan selalu memberi saya tantangan baru dan kesempatan belajar.

Anda telah memberi saya kepercayaan diri yang saya butuhkan untuk mengambil langkah berikutnya dalam karier saya.

Seperti yang Anda ketahui, saya telah memutuskan untuk memulai bisnis truk makanan saya sendiri yang menyajikan berbagai jenis makanan nusantara. Ketika saya mengambil pekerjaan ini, saya tidak tahu apa-apa tentang membuat makanan nusantara, tetapi makanan nusantara telah menjadi salah satu hidangan favorit saya untuk disiapkan.

Saya berharap menjalankan truk makanan ini akan membantu saya menciptakan warisan bagi keluarga saya, seperti yang telah diciptakan Delaney’s untuk keluarga mereka.

Saya memiliki emosi yang campur aduk tentang meninggalkan Delaney’s. Saya sangat bersemangat menghadapi tantangan ke depan, tetapi saya sedih meninggalkan Anda semua.

Saya sangat bangga dengan apa yang telah kita bangun bersama, dan saya menikmati bekerja dengan Anda semua. Silakan kunjungi saya di truk makanan baru saya!

Baca juga: 16 Contoh Pertanyaan Untuk Survei Kepuasan Karyawan

Keimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai tips membuat ucapan atau pidato ucapan perpisahan kerja yang baik saat Anda memasuki masa pensiun atau resign dari tempat kerja Anda beserta dengan contohnya.

Membuat pidato perpisahan kerja yang baik akan membuat kesan mendalam kepada kolega Anda dan hal ini akan membantu Anda merasa lebih tenang dan percaya diri ketika tiba saatnya untuk memberikan ucapan atau pidato Anda.

Untuk kemudahan pencatatan karyawan yang melakukan resign atau memasuki usia pensiun, tim HR atau pemilik bisnis juga bisa mencoba menggunakan solusi HR modern seperti menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah platform HRIS terlengkap yang memiliki fitur terintegrasi seperti pencatatan pengelolaan payroll, absensi mobile, penghitungan pajak penghasilan, manajemen data karyawan, dan banyak lagi.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub untuk pengelolaan HR yang lebih mudah secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Contoh Ucapan Perpisahan Kerja dan Tips Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *