16 Contoh Pertanyaan Untuk Survei Kepuasan Karyawan

Survei kepuasan karyawan memungkinkan manajer mengumpulkan umpan balik dari karyawan tentang kepuasan mereka terhadap tim manajemen, rekan kerja, peran dan perusahaan. Ada banyak pertanyaan yang dapat diajukan manajer untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kepuasan karyawan bekerja di perusahaan.

Menjelajahi beberapa pertanyaan umum dapat membantu Anda membuat survei untuk menentukan apakah anggota tim merasa puas dengan peran mereka.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan mengapa pertanyaan survei kepuasan karyawan penting dan membagikan 16 pertanyaan yang perlu dipertimbangkan untuk ditanyakan dalam survei karyawan.

Mengapa Pertanyaan yang Tepat dalam Survei Kepuasan Karyawan itu Penting?

Pertanyaan survei kepuasan karyawan penting karena membantu perusahaan menentukan apakah karyawan merasa bahagia dalam pekerjaan mereka.

Karyawan dengan pengalaman kerja yang positif mungkin lebih cenderung bertahan di perusahaan daripada mereka yang merasa tidak puas dalam peran mereka. Kepuasan kerja juga dapat meningkatkan produktivitas dan komitmen terhadap tujuan perusahaan, yang dapat mengarah pada kemajuan karier karyawan dan menguntungkan perusahaan.

Menanyakan perasaan karyawan dapat membantu manajer terhubung dengan tim mereka, mempelajari kekuatan mereka dan bagaimana mereka dapat meningkatkan diri untuk memberi manfaat bagi tim mereka dan perusahaan.

Baca juga: Wawancara Berbasis Kompetensi: Pengertian, Contoh Pertanyaan, dan Tipsnya

survei kepuasan karyawan 2

16 Pertanyaan Survei Kepuasan Karyawan

Pertanyaan yang mungkin Anda ajukan kepada anggota tim Anda tergantung pada jenis umpan balik yang ingin Anda kumpulkan.

Berikut ini 16 pertanyaan yang perlu dipertimbangkan untuk ditanyakan pada survei kepuasan karyawan dan mengapa Anda mungkin menanyakannya:

1. Apakah budaya perusahaan selaras dengan nilai-nilai Anda?

Budaya perusahaan memengaruhi perasaan karyawan tentang pekerjaan mereka dan tujuan pekerjaan mereka. Budaya perusahaan juga dapat berperan dalam produksi, karena karyawan yang merasa senang dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan, mungkin merasa lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.

Menanyakan kepada karyawan apa yang mereka pikirkan tentang budaya perusahaan dapat membantu Anda menentukan bagaimana perasaan mereka secara individual dan apakah mereka menyetujui nilai-nilai perusahaan sebagai sebuah kelompok.

Hal ini dapat membantu Anda menentukan apakah perusahaan mungkin mendapat manfaat dari perbaikan.

2. Apakah Anda merasa memiliki hubungan profesional yang positif dengan kolega Anda?

Hubungan karyawan dengan anggota tim dapat memengaruhi kepuasan kerja mereka, terutama jika mereka bekerja sama dengan rekan kerja.

Karyawan dapat memiliki interaksi negatif dengan rekan kerja karena berbagai alasan, banyak di antaranya yang dapat dicegah, dikurangi atau diselesaikan oleh manajemen jika mereka tahu interaksi itu terjadi.

Menanyakan kepada karyawan bagaimana perasaan mereka tentang hubungan kerja mereka dan mengizinkan mereka untuk merespons secara anonim dapat membantu perusahaan menentukan apakah mereka dapat melakukan intervensi untuk membantu tim mereka.

Baca juga: Contoh 10 Karier Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

3. Apakah Anda merasa tim manajemen Anda menghargai feedback dari Anda?

Karyawan yang merasa kontribusinya bagi perusahaan sangat berarti, mungkin akan lebih produktif dan lebih mungkin bertahan di perusahaan dalam jangka panjang.

Banyak perusahaan telah bergeser dari pendekatan manajemen tradisional dari atas ke bawah, di mana posisi manajemen memiliki semua otoritas, ke struktur yang lebih cair yang menerima umpan balik karyawan.

Karyawan yang merasa manajer peduli dengan masalah mereka mungkin merasa lebih termotivasi untuk berhasil.

4. Apakah Anda berencana untuk tetap bersama organisasi ini di masa mendatang?

Karyawan meninggalkan pekerjaan mereka karena berbagai alasan, dan beberapa di antaranya positif. Penting bagi perusahaan untuk menentukan apakah karyawan berencana untuk tetap tinggal, dan jika tidak, alasan mereka mungkin mempertimbangkan untuk keluar.

Pengunduran diri karena keadaan seperti relokasi tidak dapat dihindari sampai batas tertentu. Manajemen dapat membantu meminimalkan perputaran karyawan yang diakibatkan oleh masalah-masalah seperti kejenuhan dan ketidakpuasan karyawan dengan mengidentifikasi contoh-contoh ini dan melakukan perbaikan yang dapat meningkatkan kepuasan kerja.

5. Apakah peran Anda memungkinkan Anda mencapai sasaran profesional Anda?

Sebagian besar profesional ingin maju sepanjang karier mereka dan sering mengejar posisi yang dapat mengarah pada pertumbuhan.

Penting bagi karyawan untuk merasa bahwa pekerjaan yang mereka lakukan membantu mereka mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dengan menanyakan apakah karyawan merasa peran mereka dapat membantu mereka mencapai sasaran karier mereka, Anda dapat menentukan seberapa banyak tim Anda yang mungkin akan tetap bersama perusahaan dan bagaimana Anda dapat memberi mereka peluang pengembangan profesional.’

Baca juga: Evaluasi Kinerja: Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Tahapannya

6. Apakah Anda merasa memiliki work life balance yang memuaskan?

Work life balance atau keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan memiliki peran penting dalam kepuasan kerja. Sebagian besar karyawan ingin merasa bahwa mereka adalah anggota tim yang dihargai, tetapi mereka juga ingin atasan mereka mengakui bahwa kehidupan pribadi mereka penting.

Menemukan keseimbangan yang tepat antara bekerja dan meluangkan waktu di luar pekerjaan untuk fokus pada aktivitas lain dapat membantu karyawan melakukan pekerjaan mereka dengan pikiran jernih dan kesiapan untuk melakukan peran mereka.

Pertanyaan ini dapat membantu Anda menentukan apakah akan membuat perubahan penjadwalan yang dapat menguntungkan tim Anda.

7. Apakah Anda merasa nyaman dengan tingkat transparansi perusahaan?

Individu mungkin memiliki rasa hormat dan komitmen yang lebih besar terhadap tim manajemen mereka jika mereka merasa manajer mereka transparan dengan mereka tentang masalah perusahaan.

Meskipun karyawan mungkin tidak memiliki peran langsung dalam keputusan besar perusahaan, namun mendapat informasi tentang apa yang terjadi di dalam perusahaan menumbuhkan rasa persahabatan yang membuat mereka merasa dihargai.

Pertanyaan ini dapat membantu Anda memutuskan apakah akan lebih transparan dengan tim Anda.

8. Apakah Anda akan merekomendasikan pekerjaan di perusahaan ini kepada teman dan keluarga Anda?

Karyawan bertahan di pekerjaan mereka karena banyak alasan. Kadang-kadang karena mereka menikmati peran mereka atau mereka mungkin tinggal karena pendapatan atau tunjangan.

Anda dapat menentukan apakah anggota tim merasa nyaman dengan pekerjaan mereka dan perusahaan dengan menanyakan apakah mereka akan merekomendasikan pekerjaan di sana kepada teman dan keluarga mereka.

Jika mereka mengatakan tidak, ini mungkin berarti mereka tidak puas dengan pekerjaan mereka. Anda bisa menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang ketidakpuasan mereka dan bagaimana Anda bisa mengatasinya.

Baca juga: Performance Improvement Plan: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

9. Apakah Anda menikmati pekerjaan Anda?

Kedengarannya seperti pertanyaan sederhana, tetapi penting untuk mengetahui apakah anggota tim menikmati pekerjaan mereka.

Hampir semua pekerjaan memiliki tantangan, tetapi para profesional sering memandangnya sebagai peluang untuk belajar dan sukses.

Anda bisa bertanya kepada karyawan apakah mereka menikmati pekerjaan mereka untuk mempelajari bagaimana perasaan mereka dalam peran mereka. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan, seperti apa yang mereka sukai atau tidak sukai.

Jawaban mereka bisa memberi tahu Anda tentang perubahan yang mungkin Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja mereka.

10. Apakah Anda memiliki sumber daya untuk bekerja dengan baik dalam posisi Anda?

Para profesional menggunakan sumber daya fisik dan digital, seperti program perangkat lunak dan perlengkapan kantor, untuk menyelesaikan tugas pekerjaan mereka secara efektif.

Tanpa sumber daya yang sesuai, mereka mungkin tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas mereka atau mungkin menghadapi tantangan produktivitas yang dapat menyebabkan kelelahan.

Menanyakan apakah mereka memiliki sumber daya untuk menyelesaikan tugas mereka, bisa membantu Anda menentukan apakah menawarkan alat bantu tambahan bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk bekerja.

Misalnya, jika anggota tim HR Anda tidak memiliki tools yang memadai dalam proses pengelolaan tugas HR, maka besar kemungkinan mereka merasa kesulitan dan membuang banyak waktu untuk tugas yang sifatnya repetitif.

Untuk memudahkan tim HR dan seluruh karyawan melakukan pekerjaannya dengan baik, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan absensi karyawan modern seperti Gajihub.

Dengan Gajihub, Anda akan mendapatkan solusi payroll yang terintegrasi dengan sistem pencatatan kehadiran karyawan dan memudahkan seluruh karyawan untuk melakukan absensi, pengajuan cuti, sampai mendapatkan slip gaji hanya melalui smartphone.

Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

gajihub 1

Baca juga: 12 Hak Dasar Karyawan Sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan

11. Apakah Anda puas dengan tunjangan dan fasilitas yang ditawarkan perusahaan ini?

Tunjangan perusahaan, seperti asuransi, cuti, dan bonus, sering kali memengaruhi apakah seorang kandidat menerima tawaran pekerjaan. Anggota tim Anda mungkin mengandalkan tunjangan untuk merawat diri mereka sendiri dan keluarga mereka dan menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang optimal.

Menanyakan kepada karyawan apakah mereka senang dengan tunjangan dan fasilitas yang mereka terima akan memberi tahu Anda apakah penawaran Anda saat ini sesuai dengan kebutuhan mereka atau apakah Anda mungkin mempertimbangkan untuk memberikan opsi yang berbeda.

12. Seberapa sering Anda menerima pengakuan dari tim manajemen Anda?

Menerima pujian dari manajer dapat secara signifikan memengaruhi perasaan karyawan tentang pekerjaan mereka dan pekerjaan yang mereka lakukan untuk perusahaan.

Karyawan yang merasa tim manajemen mereka menghargai upaya mereka mungkin merasa lebih termotivasi untuk berhasil dalam peran mereka dan bekerja menuju sasaran perusahaan.

Anda mungkin bertanya kepada karyawan seberapa sering mereka menerima pengakuan setelah menyelesaikan proyek besar, karena manajemen mungkin lebih cenderung mengakui upaya karyawan selama periode kerja puncak.

13. Bagaimana perasaan Anda tentang pendekatan tim manajemen Anda terhadap penyelesaian konflik?

Tim manajemen memiliki tanggung jawab untuk membantu menyelesaikan konflik antara rekan kerja dan konflik individu yang dialami karyawan.

Karyawan mungkin merasa putus asa ketika mereka menghadapi tantangan dan merasa tidak memiliki dukungan untuk mengatasinya.

Dengan menanyakan bagaimana perasaan karyawan tentang pendekatan penyelesaian konflik manajer mereka, Anda dapat menentukan apakah karyawan merasa mereka mendapat dukungan yang memadai dari manajemen.

Jika tidak, Anda dapat melakukan intervensi untuk membantu menyelesaikan masalah.

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Skill Karyawan Paling Mudah

14. Jika Anda berkesempatan untuk mengambil tugas baru, apakah tugas itu?

Sebagian besar karyawan ingin maju dalam peran mereka, dan mereka yang ingin naik jabatan dalam perusahaan tempat mereka bekerja sering melakukannya dengan menawarkan untuk mengambil lebih banyak tugas.

Menanyakan tentang tugas-tugas yang ingin diambil oleh karyawan dapat memberi tahu Anda lebih banyak tentang sasaran karier mereka.

Hal ini juga dapat membantu tim manajemen menentukan siapa yang tertarik untuk pindah ke posisi kepemimpinan dan bagaimana mereka dapat memberikan peluang pertumbuhan kepada karyawan.

15. Apa yang paling Anda sukai dari bekerja di perusahaan ini?

Mempelajari tentang apa yang dinikmati anggota tim tentang pekerjaan mereka dapat membantu perusahaan melacak apa yang mereka lakukan dengan baik.

Penting untuk mempertimbangkan tanggapan individu, tetapi Anda juga dapat membandingkan tanggapan untuk melihat apakah Anda dapat mengidentifikasi tren atau pola.

Misalnya, jika banyak karyawan berbagi kepuasan mereka dengan paket tunjangan perusahaan, Anda dapat mempertimbangkan kekuatan yang dapat Anda soroti saat merekrut anggota tim baru.

16. Menurut Anda, dengan cara apa perusahaan ini bisa meningkatkan pengalaman Anda sebagai karyawan?

Sama pentingnya untuk mengetahui apa yang Anda lakukan dengan baik untuk anggota tim Anda, sangat penting untuk memahami cara-cara yang dapat Anda tingkatkan.

Anda mungkin bisa membuat kesimpulan sendiri berdasarkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan lain, tetapi meminta karyawan untuk berbagi rincian tentang masalah spesifik yang mereka miliki dapat membantu Anda mengatasinya pada tingkat individu.

Hal ini juga bisa membantu tim manajemen mengembangkan strategi untuk mempromosikan kepuasan kerja di antara tim.

Baca juga: Download Surat Skorsing Karyawan Beserta Pengertian dan Komponennya

Kesimpulan

Memastikan karyawan Anda puas saat bekerja di perusahaan adalah hal terpenting supaya menumbuhkan loyalitas dan meningkatkan produktivitas bisnis secara keseluruhan. Dan dengan mengetahui beberapa pertanyaan survei kepuasan karyawan, Anda bisa dengan mudah mengetahui hal apa saja yang bisa diperbaiki dari perusahaan Anda berdasarkan umpan balik dari karyawan.

Pastikan juga Anda menggunakan tools yang dapat membuat proses kerja karyawan menjadi lebih mudah, salah satunya dengan menggunakan software payroll dan absensi dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, karyawan Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan kehadiran sampai pengajuan cuti hanya melalui smartphone, kapanpun dimanapun. Proses ini juga terintegrasi dengan modul payroll dan tunjangan sehingga memberikan tim HR kemudahan untuk memproses upah karyawan tanpa kesalahan.

Tertarik menggunakan Gajihub? Anda bisa mencoba Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *