Download Surat Skorsing Karyawan Beserta Pengertian dan Komponennya

surat skorsing karyawan 1

Apakah Anda tau cara membuat surat skorsing karyawan? Terkadang perusahaan harus mengambil pendekatan yang tepat ketika mereka dihadapkan dengan karyawan yang diduga melakukan kesalahan selain memutuskan hubungan kerja, salah satunya adalah melakukan skorsing.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas apa itu skorsing karyawan, memberikan contoh surat skorsing karyawan yang bisa Anda unduh, berserta penjelasan lengkap komponen di dalamanya.

Apa yang Dimaksud dengan Skorsing?

Skorsing adalah ketika seorang karyawan dipulangkan dari tempat kerja, biasanya sambil menerima gaji penuh. Pemberi kerja berhak untuk menskors seorang karyawan sambil menunggu penyelidikan pelanggaran berat atau masalah disiplin serius lainnya.

Hak untuk menangguhkan biasanya akan ditetapkan dalam kontrak kerja karyawan atau buku pegangan staf (jika ada). Meskipun skorsing bukan merupakan tindakan disipliner dengan sendirinya, namun sering kali hal ini mengarah ke proses disipliner.

Alasan seorang karyawan diskors

  • Untuk menilai keseriusan masalah tersebut.
  • Untuk menghentikan karyawan melakukan pelanggaran berat yang dituduhkan.
  • Untuk menghentikan karyawan berinteraksi dengan karyawan lain atau klien/pelanggan pemberi kerja, yang mungkin dapat menyebabkan efek merugikan bagi bisnis.
  • Untuk memungkinkan pemberi kerja menyelidiki masalah disipliner dengan benar tanpa hambatan dari karyawan.

Baca juga: Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Bagaimana Seharusnya Perusahaan Menangani Skorsing?

Perusahaan atau pemberi kerja harus berhati-hati ketika mengambil keputusan untuk menskors seorang karyawan; terutama jika karyawan tersebut adalah seorang profesional, misalnya seorang guru.

Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa skorsing tidak boleh diadopsi sebagai posisi default, atau reaksi ‘spontan’ terhadap potensi masalah disipliner.

Berikut adalah beberapa hal yang harus pemberi kerja perhatikan:

Biarkan karyawan menanggapi

Tuduhan kesalahan harus disampaikan kepada karyawan sebelum pemberi kerja membuat keputusan untuk menskors mereka, sehingga mereka dapat menanggapinya.

Tidak mengizinkan karyawan untuk menanggapi tuduhan kesalahan dapat dianggap sebagai pelanggaran kepercayaan dan keyakinan, sehingga memberikan dasar untuk klaim pemecatan konstruktif.

Pertimbangkan alternatif

Pemberi kerja harus selalu mempertimbangkan alternatif untuk skorsing, misalnya memindahkan karyawan ke departemen lain, meminta mereka bekerja dari rumah, mengubah jam kerja mereka atau menempatkan mereka di bawah pengawasan.

Baca juga: Cara Pengajuan Kenaikan Gaji dan Contoh Suratnya

Dokumentasikan dan tinjau ulang

Pemberi kerja harus mendokumentasikan keputusan untuk menangguhkan sehingga mereka dapat merujuk kembali ke keputusan tersebut di masa mendatang.

Mereka dapat melakukan ini dengan mengirimkan surat skorsing kepada karyawan – surat yang untuk sementara waktu melarang karyawan melakukan pekerjaan sambil menunggu penyelidikan disipliner.

Skorsing juga harus terus ditinjau. Semua informasi pribadi yang dikumpulkan selama prosedur skorsing harus diproses sesuai dengan kebijakan perlindungan Data dan pemberitahuan privasi karyawan Anda – pernyataan yang menjelaskan cara Anda mengumpulkan, menggunakan, menyimpan dan mengungkapkan informasi pribadi.

Membuat surat skorsing karyawan

Karyawan yang diskors harus selalu diberitahu secara langsung (atau melalui telepon), tetapi rinciannya perlu dituliskan. Ada beberapa alasan untuk ini.

Pertama-tama, kepatuhan: jika seorang karyawan mengeluh di kemudian hari, Anda ingin bukti bahwa mereka diperlakukan dengan adil.

Ini juga merupakan kesempatan untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda bersikap adil, dan bahwa kasus mereka akan diperiksa secara menyeluruh dan tanpa bias.

Jelaskan secara rinci apa arti skorsing bagi karyawan-mereka ingin tahu persis mengapa mereka ditangguhkan, kapan mereka dapat kembali (jika ada) dan status gaji mereka selama absen.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja, Komponen, dan Manfaatnya

surat skorsing karyawan 2

Komponen yang Harus Dicantumkan dalam Surat Skorsing Karyawan

Anda mungkin merasa dikecewakan oleh perilaku karyawan-tetapi luangkan waktu dan upaya untuk membuat surat yang menjelaskan mengapa dan bagaimana status mereka saat ini.

Berikut ini adalah komponen yang harus ada dalam surat skorsing karyawan:

Tanggal

Sudah jelas, tetapi hanya menyatakan “Anda diskors” saja tidak cukup. Pastikan Anda menyatakan lama durasu  skorsing yang tepat, dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi proses disipliner apa pun.

Rincian investigasi

Jika karyawan sedang diskors sambil menunggu penyelidikan, berikan rincian bagaimana ini akan berjalan. Jelaskan prosesnya, kemungkinan jadwal dan potensi konsekuensinya.

Dengan atau tanpa gaji

Hal pertama yang ingin diketahui karyawan adalah apakah mereka akan dibayar atau tidak. Skorsing tanpa bayaran lebih efektif sebagai prosedur pendisiplinan, tetapi ini mungkin lebih sulit untuk dibenarkan. Jika skorsing tidak dibayar, jelaskan bagaimana hal ini akan mempengaruhi akrual tunjangan karyawan.

Baca juga: Surat Perjanjian Kerjasama dan Unsur yang Ada di Dalamnya

Proses pengambilan keputusan

Luangkan waktu untuk membenarkan alasan karyawan diskors. Ingat, jika karyawan mengajukan keluhan di kemudian hari, surat ini dapat ditinjau sebagai bukti. Jangan beranggapan bahwa alasan skorsing sudah jelas-jelaskan dengan jelas alasan Anda.

Contoh spesifik

Jika memungkinkan, berikan contoh-contoh terperinci tentang perilaku yang menyebabkan karyawan tersebut diskors. Berikan contoh sedetail mungkin-pastikan karyawan memahami dengan tepat apa kesalahan yang mereka lakukan, dan bagaimana hal itu melanggar aturan kerja mereka.

Hak untuk menanggapi

Beri tahu karyawan bahwa mereka berhak untuk mengajukan keluhan tentang skorsing tersebut. Jelaskan prosedur spesifik yang dapat mereka gunakan untuk melakukan hal ini (yang mungkin tergantung pada apakah mereka berserikat), dan pada tanggal berapa mereka harus mengambil tindakan.

Risiko pemutusan hubungan kerja

Terakhir, pastikan karyawan yang diskors mengetahui keseriusan situasinya. Tergantung pada hasil proses disipliner, atau dalam kasus pelanggaran berulang, pekerjaan mereka akan diputus. Jika hal ini terjadi, penting bagi mereka untuk diberi peringatan yang jelas dan tegas.

gajihub 1

Baca juga: Contoh Surat Cuti dan Cara Membuatnya dengan Mudah

Contoh Surat Skorsing Karyawan dan File yang Bisa Anda Download

Berikut adalah contoh surat skorsing yang mungkin bisa Anda gunakan:

Tanggal:_______

 

Kepada

Bapak / Ibu.____________________

No Karyawan ________________

Divisi__________________

 

Tuduhan terhadap Anda atas pelanggaran berat dan ketidakdisiplinan telah dinilai sebagai ketidaksesuaian dan pelanggaran aturan inti Perusahaan.

Aturan / Standing Order No _________ sesuai lembar peraturan tertanggal __________ dikirimkan kepada Anda.

Oleh karena itu,Anda dengan ini mendapatkan skorsing atau penangguhan kerja perusahaan yang berlaku dari ______ di bawah klausa ___.

Penangguhan Anda telah dianggap perlu untuk menjaga tingkat kedisiplinan yang tepat di Pabrik / Perusahaan dan untuk melakukan penyelidikan yang tepat terhadap Anda.

Anda berhak menerima tunjangan penangguhan sebesar Rp_____________/- Selama periode skorsing.

 

Tanda Tangan

Anda juga bisa mendownload file surat skorsing karyawan dalam format .docs melalui tautan ini.

Baca juga: Surat Peringatan Karyawan: Pembahasan Lengkap dan Contoh yang Bisa Anda Download

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai surat skorsing karyawan dan juga contoh yang bisa Anda download dengan mudah. Pada dasarnya skorsing dilakukan setelah mempertimbangkan berbagai faktor baikn dari sisi perusahaan dan karyawan yang bersangkutan sebelum melakukan keputusan akhir.

Untuk kemudahan dalam melakukan pengelolaan data karyawan dan manajemen SDM perusahaan, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR modern untuk proses yang lebih efisien seperti menggunakan software payroll Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HRIS berbasis cloud yang mudah digunakan, fitur terlengkap, dan memiliki harga yang terjangkau.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah mengelola manajemen data karyawan, manghitung payroll yang terintegrasi dengan sistem kehadiran, melakukan penghitungan tunjangan dan pajak karyawan secara otomatis, memudahkan karyawan dalam melakukan pencatatan kehadiran dan pengajuan cuti, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Download Surat Skorsing Karyawan Beserta Pengertian dan Komponennya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *