Surat Perjanjian Kerjasama dan Unsur yang Ada di Dalamnya

perjanjian kerjasama 2

Bila Anda ingin menentukan ketentuan hubungan kerjasama antara dua pihak atau lebih, pertimbangkan untuk menulis surat perjanjian kerjasama.

Surat ini membuat setiap orang bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugasnya dan merupakan dokumen penting bagi pihak mana pun yang menginginkan catatan tertulis tentang layanan dan ketentuan yang telah disepakati.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu surat perjanjian kerjasama, menjelaskan cara menulisnya, dan memberikan template serta contoh untuk membantu Anda memulai membuat surat perjanjian Anda sendiri.

Apa itu Surat Perjanjian Kerjasama?

Surat perjanjian kerjasama adalah jenis dokumen bisnis yang menjelaskan dan menetapkan ketentuan perjanjian kerja antara dua pihak atau lebih.

Surat perjanjian biasanya mencakup rincian seperti informasi kontak pihak-pihak yang terlibat, pembayaran yang disepakati, dan jadwal. Tujuan surat perjanjian adalah untuk melindungi hak-hak Anda dan menyatakan dengan jelas tanggung jawab setiap orang.

Beberapa alasan umum untuk menulis surat perjanjian kerjasama meliputi:

  • Kontrak pelanggan
  • Perjanjian non-bersaing atau Non-compete agreements
  • Sewa
  • Perjanjian kerja

Baca juga: HRBP Adalah: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Sertifikasinya

perjanjian kerjasama 2

Hal yang Harus Ada dalam Perjanjian Kerjasama

Saat menulis surat perjanjian, cobalah untuk menggunakan bahasa yang profesional dan secara objektif menulis semua ketentuan yang disepakati sedetail mungkin.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menulis surat perjanjian kerjasama dan komponen yang ada di dalamnya:

1. Judul dokumen

Tambahkan judul di bagian atas dokumen. Anda bisa menggunakan “Surat Perjanjian” untuk mempermudah. Jika Anda secara teratur menulis banyak surat perjanjian, mungkin berguna untuk menambahkan satu atau dua rincian spesifik, seperti nama pihak yang terlibat atau topik perjanjian umum.

2. Cantumkan informasi pribadi Anda

Tepat di bawah judul dokumen adalah tempat Anda dapat memasukkan informasi pribadi Anda, termasuk:

  • Nama Anda
  • Alamat fisik
  • Kota
  • Provinsi
  • Kode pos

3. Sertakan tanggal

Tempatkan tanggal di bawah informasi pribadi Anda. Tanggal harus mencerminkan tanggal saat ini di mana Anda menulis surat tersebut.

4. Tambahkan informasi pribadi penerima

Di bawah tanggal, tambahkan informasi pribadi penerima. Informasi tersebut harus mencakup yang berikut ini:

  • Nama penerima
  • Jabatan penerima yang berlaku
  • Nama perusahaan penerima
  • Alamat fisik
  • Kota
  • Provinsi
  • Kode pos

Baca juga: Proses Rekrutmen: Pengertian, Tahapan, dan Tips Melakukannya

5. Informasi penerima

Cantumkan salam di bawah informasi pribadi penerima. Biasanya menggunakan “Yth” sebagai salam, diikuti dengan nama penerima. Misalnya, “Yth Bapak Andi,” atau “Yth Ms. Mong,” adalah salam yang tepat.

6. Tulis paragraf pendahuluan

Mulailah paragraf pengantar Anda dengan menjelaskan tujuan surat dan menyapa semua pihak yang terlibat. Anda hanya perlu dua atau tiga kalimat singkat untuk menjelaskan tujuan Anda dalam paragraf ini.

Menjaga agar tetap singkat dapat membantu mendapatkan dan menjaga perhatian pembaca.

7. Tuliskan isi surat Anda

Bagian isi adalah tempat Anda menjelaskan perjanjian secara lebih rinci. Meskipun surat perjanjian biasanya hanya sepanjang satu halaman, Anda dapat membuatnya lebih panjang untuk memasukkan semua detail perjanjian yang diperlukan.

Anda juga dapat menggunakan daftar berpoin untuk mendefinisikan dengan jelas setiap istilah dalam perjanjian. Dalam isi surat, Anda mungkin ingin menyertakan informasi berikut ini:

  • Layanan: Informasi ini menjelaskan tugas-tugas yang telah dijanjikan kedua belah pihak untuk dilakukan sebagai bagian dari perjanjian.
  • Biaya dan biaya tambahan: Ini menjelaskan kompensasi yang terlibat dalam perjanjian. Setiap ketentuan kompensasi tambahan selain dari rencana pembayaran dasar, juga dicantumkan di sini.
  • Garis waktu: Garis waktu merinci tenggat waktu yang ditetapkan oleh para pihak. Anda mungkin juga ingin menyertakan tanggal mulai resmi perjanjian dan tanggal akhir resmi perjanjian.
  • Ketentuan pembayaran: Ketentuan pembayaran menjelaskan cara mendistribusikan pembayaran. Hal ini dapat merinci frekuensi pembayaran atau berapa banyak setiap pembayaran yang akan dilakukan.

Baca juga: Urutan Jabatan dalam Perusahaan Beserta Fungsinya

8. Ketentuan perjanjian

Sertakan paragraf penutup singkat setelah memulai ketentuan perjanjian. Paragraf ini dapat menegaskan kembali isi surat dan menyebutkan detail lain yang belum Anda bahas. Paragraf ini harus sekitar dua hingga tiga kalimat.

9. Penutup

Akhiri surat dengan kalimat penutup yang tulus, tetapi profesional. Anda dapat memilih dari banyak penutup, tetapi beberapa yang paling umum adalah:

  • Salam
  • Hormat kami
  • Dengan hormat

10. Tanda tangani suratnya

Tanda tangani surat dan cetak nama Anda di bawah ini. Cantumkan jumlah baris tanda tangan yang sesuai untuk masing-masing pihak.

Anda juga dapat menambahkan baris untuk menunjukkan tanggal mereka menandatangani surat perjanjian.

gajihub 1

Baca juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

Template Surat Perjanjian Kerjasama

Berikut ini adalah templat yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda memulai surat perjanjian Anda sendiri:

[Judul dokumen]
[Nama Anda]
[Alamat fisik]
[Kota, Provinsi, Kode Pos]

[Tanggal saat ini]

[Nama penerima]
[Jabatan penerima]
[Nama perusahaan penerima]
[Alamat fisik]
[Kota, Provinsi, Kode Pos]

Yth. [Nama penerima],

Surat ini merupakan perjanjian formal kemitraan antara [nama perusahaan penerima] dan [nama perusahaan Anda]. Perjanjian ini mengakui bahwa [nama Anda] akan memberikan keahlian profesional atas nama [nama perusahaan Anda] di seluruh proyek dengan [nama perusahaan Penerima].

Sesuai perjanjian, [nama Anda] akan melakukan tugas-tugas berikut dari awal proyek pada [tanggal mulai] hingga akhir proyek pada [tanggal akhir]:

[Layanan 1]
[Layanan 2]
[Layanan 3]
[Layanan 4]
[Layanan 5]

Sesuai dengan perjanjuan yang telah disepakati, [nama Anda] akan diberi kompensasi oleh [nama perusahaan penerima] sebesar [jumlah uang].

[Nama Anda] akan dibayar penuh melalui setoran langsung untuk penyelesaian layanan yang mereka berikan pada tanggal akhir proyek.

Setiap kompensasi tambahan untuk perpanjangan layanan [nama Anda] akan ditentukan pada saat itu, jika keadaan seperti itu muncul.

Harap tanda tangani dan beri tanggal pada baris di bawah ini untuk menandakan bahwa Anda setuju dengan ketentuan surat ini. Harap kembalikan satu salinan ke alamat di atas dan simpan salinan lainnya untuk catatan Anda.

Hormat kami,
[Tanda tangan Anda]
[Tanggal sekarang]

[Tanda tangan penerima]
[Tanggal saat ini ketika mereka menerima dan menandatangani surat]

Baca juga: 8 Fungsi Manajemen SDM Bagi Bisnis

Contoh Surat Perjanjian Kerjasama

Berikut ini adalah contoh surat perjanjian dengan menggunakan templat di atas:

Surat Perjanjian
Andika Pratama
Graha Merah Putih.
Sudirman, Jakarta ,85256

24 April 2021

Budi Waseso
Manajer Keuangan Blueway National Banking Corporation
Menara gading lt 5
Jalan MH Thamrin, Jakarta 10965

Kepada Budi Waseso yang terhormat,

Surat ini merupakan perjanjian formal kemitraan antara Blueway National Banking Corporation dan First Financial Consulting. Perjanjian ini mengakui bahwa Andika Pratama akan memberikan keahlian keuangan profesional atas nama First Financial Consulting selama proyek dengan Blueway National Banking Corporation.

Sesuai perjanjian, Andika Pratama akan melakukan tugas-tugas berikut dari awal proyek pada 1 Desember 2021, hingga akhir proyek pada 2 Maret 2022.

  • Berkonsultasi dengan pelanggan Blueway National Banking Corporation dan membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan keuangan dan investasi mereka
  • Memberikan saran berpengalaman dari portofolio Blueway Nation Banking Corporation berdasarkan kebutuhan produk pelanggan mereka
  • Menyediakan layanan broker dan pengetahuan ahli untuk klien potensial dan saat ini
  • Menyelesaikan semua dokumen keuangan secara akurat dan tepat waktu untuk memastikan tidak ada pelanggaran kebijakan yang terjadi
  • Melakukan riset dan mengajukan pertanyaan kepada klien untuk menentukan kebutuhan finansial mereka saat ini dan di masa depan
  • Menjaga dan memperkuat hubungan antara klien dan perusahaan Blueway
  • Secara aktif mengejar dan mendapatkan klien baru untuk perusahaan
  • Melayani sebagai mentor bagi anggota staf junior

Sesuai dengan pengaturan yang telah disepakati, Andika Pratama akan diberi kompensasi oleh Blueway National Banking Corporation sebesar Rp90.000.000.

Andika Pratama akan dibayar penuh melalui deposit langsung untuk penyelesaian layanan yang diberikannya pada tanggal akhir proyek. Setiap kompensasi tambahan untuk perpanjangan layanan Andika Pratama akan ditentukan pada saat itu jika keadaan tersebut muncul.

Harap tanda tangani dan beri tanggal pada baris di bawah ini untuk menandakan bahwa Anda setuju dengan ketentuan surat ini. Harap kembalikan satu salinan ke alamat di atas dan simpan salinan lainnya untuk catatan Anda.

Hormat kami,
Andika Pratama
2 November 2021

Budi Waseso
2 November 2021

Baca juga: Manajemen Aset: Pengertian, Jenis, Siklus, dan Tips Mengelolanya

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap mengenai perjanjian kerjasama, unsur yang ada didalamnya, hingga contoh yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda dalam melakukan kerjasama bisnis.

Kerjasama yang baik terjadi karena adanya kebutuhan antara kedua belah pihak dan bertujuan untuk saling menguntungkan.

Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan hubungan kerjasama adalah memastikan pihak yang akan Anda ajak kerjasama memiliki track record yang baik dan juga komitmen untuk menyelesaikan apa yang telah dijanjikan.

Jika Anda pemilik bisnis dan sedang membutuhkan proses pengelolaan HR yang mudah dan praktis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda akan mendapatkan solusi pengelolaan payroll yang saling terintegrasi dengan sistem absensi dan manajemen cuti, juga penghitungan pajak penghasilan dan potongan lainnya dengan lebih mudah.

Jadikan proses HR yang lebih baik untuk kemudahan bisnis dan karyawan Anda menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Surat Perjanjian Kerjasama dan Unsur yang Ada di Dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *