HRBP Adalah: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Sertifikasinya

HRBP adalah 1

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk memahami beragam peran dalam HR yang dapat membantu perusahaan Anda berkembang. Salah satu cara untuk mendiversifikasi departemen SDM Anda adalah dengan mempekerjakan HRBP yang dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan bisnis Anda di berbagai bidang.

Baca artikel ini lebih lanjut untuk mempelajari lebih lanjut tentang HRBP adalah apa dan peran utama, tanggung jawab serta kualifikasi mereka, juga manfaat mempekerjakan HRBP untuk bisnis Anda, dan sertifikasinya

Pengertian HRBP Adalah?

HRBP atau kependekan dari human resource business partner adalah seorang profesional SDM yang menggunakan pengalaman mereka untuk membantu perusahaan dan tim kepemimpinan mereka menciptakan atau mengembangkan departemen SDM mereka.

Tujuan dari peran strategis ini adalah untuk menghubungkan sisi SDM yang berfokus pada manusia dengan sisi bisnis dalam menjalankan perusahaan untuk membantu Anda mencapai tujuan dan sasaran Anda.

HRBP sering kali sangat terlibat dalam proses pengambilan keputusan dan bekerja sama dengan para manajer untuk mendukung semua aktivitas SDM.

Mereka mungkin melatih dan membimbing banyak karyawan dalam organisasi Anda, tetapi mereka tidak secara langsung mengawasi anggota staf.

Baca juga: Proses Rekrutmen: Pengertian, Tahapan, dan Tips Melakukannya

Peran, Tanggung Jawab dan Tugas Utama HRBP

HRBP memiliki peran strategis dalam perusahaan Anda, berfokus pada gambaran besar dan peran SDM yang luas daripada detailnya.

Orang ini melihat keseluruhan tujuan organisasi dan kepemimpinannya untuk membentuk kebijakan dan prosedur SDM guna membantu mencapai hasil yang diinginkan.

Mereka dapat mengambil berbagai peran dan tanggung jawab untuk membantu perusahaan Anda mencapai tujuan SDM dan bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa contoh peran dan tanggung jawab HRBP:

  • Bekerja dengan manajemen puncak perusahaan untuk menentukan kebutuhan SDM mereka saat ini.
  • Bekerja sama dengan tim SDM dan rekrutmen untuk membantu mengimplementasikan tujuan yang ditetapkan oleh manajemen puncak.
  • Menciptakan cara-cara strategis untuk meningkatkan hubungan antara pimpinan perusahaan dan karyawannya.
  • Memantau anggaran untuk departemen SDM dan mengalokasikan dana bila diperlukan.
    Mengevaluasi departemen dan peran perusahaan saat ini sebelum membandingkannya dengan tujuan dan sasaran perusahaan.
  • Bekerja sama dengan para profesional rekrutmen untuk mengidentifikasi peran yang diperlukan untuk pertumbuhan dalam perusahaan.
  • Membantu mengawasi dan membuat deskripsi pekerjaan untuk menarik kandidat.
  • Berpartisipasi dalam proses penyaringan kandidat dan wawancara kerja untuk memastikan karyawan baru selaras dengan tujuan manajemen puncak.
  • Menyusun kebijakan SDM baru sesuai dengan tujuan organisasi, tren industri, dan undang-undang atau peraturan ketenagakerjaan.
  • Tetap mengikuti tren SDM untuk mengembangkan solusi menggunakan praktik terbaik saat ini di lapangan.
  • Memastikan pemahaman yang kuat tentang hukum dan peraturan untuk membantu perusahaan tetap patuh.

Baca juga: Urutan Jabatan dalam Perusahaan Beserta Fungsinya

HRBP adalah 2

Pentingnya Mempekerjakan HRBP dalam Bisnis

HRBP dapat memberikan beberapa manfaat bagi bisnis Anda, termasuk yang berikut ini:

Menghidupkan kembali atau mereformasi tim perekrutan

HRBP dapat membantu mengubah praktik tim akuisisi talenta dan tujuan keseluruhan Anda. Mereka dapat memberikan keahlian pendidikan tentang cara menarik talenta tingkat atas ke bisnis Anda dan menawarkan wawasan strategis tentang cara mempersempit kelompok pelamar.

Memberikan edukasi untuk departemen SDM

Dengan pengalaman sebelumnya di departemen tersebut, HRBP biasanya memiliki pengetahuan yang luas untuk ditawarkan kepada karyawan SDM Anda.

Mereka bisa membantu tim Anda menemukan cara-cara baru untuk melibatkan tenaga kerja yang ada dan menegakkan tujuan perusahaan dengan cara yang memotivasi karyawan.

Memastikan karyawan baru selaras dengan tujuan bisnis

HRBP adalah mereka yang memiliki peran dalam proses perekrutan dan dapat menggunakan pengetahuan mereka tentang tujuan bisnis Anda untuk membantu mengingatkan tim perekrutan tentang jenis kandidat yang harus mereka cari.

Baca juga: Absensi Mobile: Alasan Menggunakannya dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

Menggantikan peran yang tidak ada dalam SDM dan rekrutmen

Jika Anda mengoperasikan bisnis kecil atau menengah, Anda mungkin tidak memiliki semua posisi kunci dalam HR. Seorang HRBP dapat mengambil satu atau lebih peran dalam sumber daya manusia, akuisisi talenta atau rekrutmen.

Membuat perencanaan yang terorganisir

HRBP dapat menciptakan kerangka kerja terstruktur untuk departemen SDM Anda, yang dapat membuat Anda lebih teratur dalam menjalankan berbagai hal dan membuat keputusan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi dan konsistensi secara keseluruhan.

Memperkenalkan perspektif baru

Seorang ahli SDM dapat memberikan perspektif yang berbeda pada industri SDM secara keseluruhan kepada perusahaan Anda.

Mereka dapat menawarkan wawasan tentang tren terbaru dan praktik terbaik, yang dapat memodernisasi operasi Anda. Hal ini bisa memberi Anda keunggulan dibandingkan pesaing Anda.

Apa Perbedaan Antara HR Manager dan HRBP?

Perbedaan antara HR manager dan HRBP terletak pada ruang lingkup tanggung jawab pekerjaan mereka dan hubungan mereka dengan perusahaan.

Seorang HRBP biasanya merupakan posisi eksternal dan perusahaan serta manajemen puncaknya adalah klien mereka.

Mereka biasanya membantu mengawasi implementasi departemen SDM atau inisiatif spesifik dalam suatu organisasi.

Sebaliknya, seorang HR manager adalah posisi internal di perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengawasi departemen SDM dan karyawannya.

Baca juga: Mengenal Klasifikasi Data dan Pentingnya Bagi Proses HR

Apa yang Dimaksud dengan Sertifikasi HRBP?

Sertifikasi HRBP adalah kredensial yang membuat Anda memenuhi syarat untuk mengelola strategi SDM organisasi. Sertifikasi ini tersedia melalui berbagai badan akreditasi yang menyelenggarakan ujian untuk menguji keterampilan seperti manajemen proyek, pengembangan profesional, dan kesadaran budaya.

Meskipun HRBP bersertifikat memiliki berbagai tanggung jawab, tujuan utama mereka adalah berkolaborasi dengan eksekutif untuk mengembangkan rencana SDM yang selaras dengan tujuan perusahaan.

gajihub 2

5 Sertifikasi HRBP

Berikut adalah lima sertifikasi HRBP yang perlu dipertimbangkan untuk dikejar:

1. Strategic HRBP melalui Human Capital Institute

Program dari Human Capital Institute ini memungkinkan Anda untuk menjadi HRBP Strategis secara virtual atau secara langsung.

Kursus tatap muka menyampaikan materi dalam format ringkas selama tiga hari. Meskipun intensif, program ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan sertifikasi lebih cepat.

Jika Anda lebih suka meluangkan waktu Anda dengan materi, program virtual mungkin lebih tepat karena memberikan sesi setengah hari selama enam minggu.

Setelah menghadiri semua sesi dan menyelesaikan kursus, Anda bisa mendapatkan sertifikasi dengan lulus ujian pilihan ganda dengan nilai 80% atau lebih.

Menyelesaikan 60 kredit pendidikan berkelanjutan setiap tiga tahun memungkinkan sertifikasi Anda tetap dalam performa yang baik.

2. HRBP 2.0 melalui Academy to Innovate HR

Academy to Innovate HR menawarkan sertifikasi terkemuka melalui program HR Business Partner 2.0. Melalui format 100% online, Anda dapat menyelesaikan 19 modul dan proyek capstone.

Program ini hanya memerlukan komitmen sekitar 42 jam, tetapi peserta memiliki waktu hingga satu tahun untuk mempelajari materi dan mendapatkan sertifikasi mereka.

Dengan bantuan Academy to Innovate HR yang unik, Anda dapat terhubung dengan para profesional SDM di seluruh dunia dan mengerjakan proyek-proyek kehidupan nyata.

Program ini juga memberi Anda akses ke pelatih pribadi yang menyesuaikan jalur pembelajaran Anda, menjawab pertanyaan dan mempromosikan pengembangan karier Anda.

Baca juga: HR Audit: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukannya

3. Program Sertifikasi HR Business Partner Online Certification melalui Institute of Organization Development

Institute of Organization Development menawarkan Program Sertifikasi Online HRBP untuk berbagai profesional.

Kredensial ini berguna untuk memasuki bidang ini atau transisi ke manajemen talenta atau peran pembelajaran dan pengembangan.

Prasyaratnya termasuk gelar di bidang terkait SDM dan setidaknya satu tahun pengalaman kerja. Sesi online langsung selama tiga jam diadakan sebulan sekali, dan kandidat harus menghadiri kedelapan sesi tersebut.

Penyelesaian semua tugas, rencana pengembangan diri, dan ujian akhir menghasilkan sertifikat yang dapat dicetak dan lencana digital yang menunjukkan keterampilan Anda.

4. SHRM Senior Certified Professional

Society of Human Resource Management (SHRM) memungkinkan karyawan SDM untuk menjadi Senior Certified Professionals.

Sertifikasi ini tersedia bagi mereka yang memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman melakukan tugas SDM strategis atau mereka yang telah menjadi SHRM Certified Professional selama setidaknya tiga tahun.

Tidak diperlukan gelar, tetapi kandidat harus lulus ujian dengan 55 pertanyaan pengetahuan dan 55 pertanyaan penilaian situasi.

Para profesional memperbarui sertifikasi SHRM mereka setiap tiga tahun dengan mendapatkan 60 kredit pengembangan profesional atau mengikuti kembali ujian.

5. Certified HR Business Partner Ready melalui AHLC

Aon HR Learning Center (AHLC) menyelenggarakan program Certified HR Business Partner Ready selama 15 minggu.

Kandidat hanya perlu berkomitmen dua hingga tiga jam per minggu dan melalui 10 modul yang mencakup segala sesuatu mulai dari siklus hidup karyawan hingga akuisisi bakat.

Anda mendapatkan akses ke banyak sumber daya pembelajaran, termasuk studi kasus dengan tanya jawab terperinci dan sesi e-learning interaktif.

Peserta juga menghargai kuis modular yang membantu mereka menilai pemahaman mereka dan meninjau materi tambahan jika perlu.

Baca juga: Job Description: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Kesimpulan

Itu adalah pembahasan lengkap mengenai HRBP pada bisnis dan juga sertifikasi yang diperlukan jika Anda tertarik membangun karir sebagai seorang HRBP yang profesional.

Selain sertifikasi dan keahlian HR yang mumpuni, seorang HRBP juga diharuskan menguasai atau mengetahui tools HR modern yang akan mempermudah proses pengelolaan operasional HR dalam bisnis dan salah satunya adalah Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau.

Dengan menggunakan Gajihub Anda akan mendapatkan kemudahan pengelolaan payroll yang terintegrasi dengan sistem absensi, penghitungan pajak penghasilan, BPJS Ketenagakerjaan, memudahkan karyawan melakukan pengajuan dan manajemen cuti, absensi mobile, dan masih banyak lagi fitur Gajihub yang akan memudahakn proses HR Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

 

2 thoughts on “HRBP Adalah: Pengertian, Tugas, Manfaat, dan Sertifikasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *