Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Pemberi kerja dan perekrut mengumpulkan informasi tentang kandidat pekerjaan melalui wawancara tatap muka, referensi dari posisi sebelumnya, dan jenis alat lainnya. Dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin meminta pelamar untuk mengikuti tes kepribadian atau personality test sebelum memberikan tawaran pekerjaan.

Jika Anda diminta untuk mengikuti tes kepribadian, ada baiknya Anda mengetahui informasi apa yang dicari perusahaan dan bagaimana cara melakukan pendekatan terhadap tes tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan bagaimana mempersiapkan diri dan lulus tes kepribadian, jenisnya, dan mengapa perusahaan menggunakannya dalam proses rekrutmen mereka.

Apa itu Tes Kepribadian?

Tes kepribadian atau personality test adalah kumpulan pertanyaan yang didesain untuk membantu perusahaan memahami dengan lebih baik orang seperti apa Anda dan akan menjadi karyawan seperti apa Anda nantinya. Tes-tes ini terkadang panjang.

Jawaban-jawaban yang Anda berikan memberikan profil bagaimana Anda mungkin bereaksi dan merespons situasi spesifik yang mungkin Anda temui di tempat kerja.

Idenya adalah untuk memberikan penilaian berbasis data tentang bagaimana Anda berkomunikasi, memecahkan masalah, dan memandang orang lain dan dunia di sekitar Anda.

Ada banyak tes kepribadian. Tes-tes tersebut tidak dirancang untuk dibaca sebagai “lulus” atau “gagal”. Sebaliknya, mereka memberikan informasi yang akan membantu organisasi memutuskan pencalonan Anda, berdasarkan semua informasi yang mereka miliki secara total.

Baca juga: Perbedaan PPh 21 dan 23 yang Harus Diketahui HR

Mengenal Beberapa Jenis Tes Kepribadian

Ada berbagai macam asesmen kepribadian yang tersedia yang semuanya memberikan pendekatan dan fokus yang berbeda. Namun, pemberi kerja tampaknya lebih menyukai tes kepribadian berikut ini untuk asesmen kepribadian pra-kerja:

Caliper Profile

Caliper Profile adalah alat asesmen yang terdiri dari berbagai jenis pertanyaan, termasuk pertanyaan benar atau salah, pertanyaan multi-pilihan yang berkisar dari “sangat setuju” hingga “sangat tidak setuju” dan serangkaian pernyataan di mana kandidat memilih jawaban yang paling tepat.

Tes ini telah terbukti membantu menentukan bagaimana ciri-ciri kepribadian seseorang dapat memengaruhi kinerja pekerjaan.

Hogan Personality Inventory (HPI)

Tes kepribadian ini terdiri dari 206 pertanyaan benar atau salah yang harus diselesaikan kandidat dalam waktu 20 menit.

Dirancang pada tahun 1980-an untuk menganalisis perilaku sosial, HPI telah terbukti menjadi alat yang berharga ketika mengukur apakah kepribadian kandidat cocok untuk pekerjaan tertentu.

Baca juga: Contoh Form Lembur , Manfaat, dan Komponen Di Dalamnya

Inventarisasi Perilaku DiSC

Tes kepribadian ini didasarkan pada empat tipe kepribadian: Dominant, Influential, Steady, Compliant atau  Dominan, Berpengaruh, Mantap dan Patuh .

Perusahaan menggunakan DiSC test untuk menentukan kecenderungan perilaku kandidat dan peran apa yang mungkin mereka ambil dalam tim.

Tes ini mudah dilakukan, karena hanya terdiri dari maksimal 30 frasa atau kata sifat yang diputuskan oleh kandidat, apakah berlaku atau tidak berlaku untuk mereka.

Kuesioner Kepribadian Kerja SHL

Tes ini secara khusus ditujukan untuk tempat kerja, karena menunjukkan kepada pemberi kerja, bagaimana sifat perilaku tertentu secara langsung memengaruhi kinerja pekerjaan.

Kandidat menjawab 104 pertanyaan yang mengevaluasi mereka dalam tiga domain, yaitu Hubungan dengan Orang Lain, Gaya Berpikir dan Perasaan dan Emosi.

Setiap pertanyaan memberikan kandidat empat pernyataan, dan mereka harus memilih jawaban yang paling tepat dan paling tidak tepat.

Baca juga: 10 Pekerjaan untuk Ekstrovert Paling Tepat untuk Anda

tes kepribadian 2

Tips Agar Lulus Tes Kepribadian

Jika Anda diminta untuk mengikuti tes kepribadian, Anda pasti ingin memberikan jawaban yang benar. Namun, ingatlah bahwa kepribadian adalah penilaian subjektif tentang siapa diri Anda.

Pertanyaan yang lebih baik mungkin adalah “bagaimana Anda bisa melakukan yang terbaik yang Anda bisa pada tes kepribadian?” Berikut adalah beberapa tips untuk membuatnya lebih mudah:

1. Jawablah dengan jujur

Tes kepribadian sering kali menyertakan pertanyaan-pertanyaan yang meminta jawaban dalam skala. Misalnya, Anda mungkin diminta untuk menilai seberapa kuat Anda setuju dengan pernyataan tertentu, pada skala satu sampai lima, dengan lima berarti “sangat setuju” dan satu berarti “sangat tidak setuju.”

Karena Anda tidak bisa mengubah siapa diri Anda, berikan jawaban yang mencerminkan perasaan Anda yang sebenarnya.

2. Hindari terlalu banyak jawaban yang sama

Jawablah dengan jujur, tetapi tantang diri Anda sendiri untuk memutuskan apa yang benar-benar Anda rasakan tentang pernyataan tertentu.

Anda tidak ingin semua jawaban Anda mengelompok pada satu ekstrem karena pemberi kerja mungkin membacanya sebagai kurangnya pendapat yang beragam.

Sangat setuju dengan setiap pernyataan, misalnya, bisa memberi kesan kepada pemberi kerja bahwa Anda sangat bersemangat tentang semua pendapat Anda.

Baca juga: 10 Pekerjaan untuk Introvert, Bisa Kerja dari Rumah!

3. Pelajari deskripsi pekerjaan

Ide di balik tes kepribadian adalah untuk menilai apakah Anda cocok untuk posisi tertentu. Penting untuk menjaga kualitas yang dicari perusahaan di belakang pikiran Anda saat Anda mengikuti tes kepribadian. Pekerjaan memiliki sifat-sifat spesifik yang merupakan indikator kesuksesan, seperti perhatian terhadap detail.

Dalam banyak pertanyaan yang akan Anda jawab, waspadalah terhadap pertanyaan-pertanyaan yang selaras dengan deskripsi pekerjaan karena itu akan menjadi yang paling penting dalam menentukan apakah Anda “lulus” atau “gagal”.

Misalnya, jika deskripsi pekerjaan menyebutkan “kemampuan untuk bekerja dengan baik dalam tim,” perhatikan pertanyaan tentang kerja sama dan kesediaan Anda untuk bekerja dengan orang lain.

4. Pertimbangkan untuk mengambil tes latihan

Jika Anda tahu sebelumnya bahwa Anda akan mengambil tes kepribadian, Anda mungkin ingin mengambil ujian latihan.

Banyak jenis personality test  yang tersedia secara online. Keuntungan dari tes latihan adalah Anda bisa merasa nyaman dengan jenis pertanyaan yang akan ditanyakan dan bagaimana pertanyaan tersebut diutarakan, sehingga tidak ada kejutan ketika Anda mengikuti ujian yang sebenarnya.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk berlatih jika Anda mudah gugup sebelum mengikuti ujian.

Baca juga: 15 Etika Mengirim Email dan Contoh Email yang Baik

5. Luangkan waktu Anda

Bacalah instruksi secara lengkap dan setiap pertanyaan beberapa kali sebelum Anda memilih jawaban Anda. Pastikan Anda tahu apa yang ditanyakan pertanyaan, karena mungkin berubah saat ujian berlanjut.

Berikan diri Anda cukup waktu untuk memutuskan jawaban Anda, berdasarkan siapa Anda dan apa yang Anda hargai.

6. Harapkan pertanyaan tentang kejujuran dan integritas Anda

Tes kepribadian juga dapat mencakup pertanyaan yang dirancang untuk menilai karakter Anda. Pemberi kerja ingin mengetahui apa yang Anda hargai karena Anda mungkin dihadapkan dengan tantangan etika saat bekerja.

Jangan terkejut ketika pertanyaan-pertanyaan bergeser dari ciri-ciri kepribadian ke karakter.

Apa yang Diukur dari Tes Kepribadian?

Jawaban-jawaban yang Anda berikan dalam psikotes kepribadian memberikan wawasan yang membantu perusahaan mengetahui apakah Anda orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut.

Berikut adalah beberapa contoh karakteristik yang sedang diperiksa:

  • Keterampilan interpersonal: Jawaban-jawaban Anda memberikan gambaran kepada pemberi kerja tentang bagaimana Anda bergaul dengan orang lain, memberikan umpan balik dan dorongan, serta berinteraksi dengan rekan kerja.
  • Motivasi: Pemberi kerja ingin mengetahui apa yang mendorong Anda untuk mencapai kesuksesan dan apakah perusahaan atau budaya mereka menyediakannya. Jawaban Anda pada tes kepribadian memberikan indikasi akan hal ini.
  • Penilaian: Pekerjaan seringkali membutuhkan pemikiran dan pengambilan keputusan yang independen karena supervisor tidak dapat hadir setiap saat. Psikotes kepribadian memberikan indikasi bagaimana Anda akan merespon dalam situasi tertentu, stres atau sebaliknya.

gajihub 2

Baca juga: 10 Trik Hadapi Bos Galak Paling Cerdas, Apa Saja?

Mengapa Perusahaan Melakukan Tes Kepribadian?

Perusahaan menggunakan psikotes kepribadian untuk mendapatkan wawasan dan informasi tambahan mengenai kandidat pekerjaan dan membantu mereka memilih orang terbaik untuk peran pekerjaan.

Mereka melakukan ini untuk melindungi investasi mereka dalam merekrut, mempekerjakan, dan melatih karyawan. Tujuannya bukan untuk membuat penilaian tentang kandidat sebagai pribadi.

Tes kepribadian didesain untuk membantu mengidentifikasi apakah ada kecocokan antara persyaratan pekerjaan dengan temperamen dan perilaku orang tersebut.

Tes kepribadian memberikan informasi yang melengkapi wawancara dan jenis tindakan penyaringan lainnya. Perusahaan juga ingin memahami bagaimana Anda berkomunikasi dan apakah Anda akan berhasil menyesuaikan diri dengan sistem mereka.

Bisakah Anda menolak untuk mengikuti psikotes kepribadian untuk sebuah pekerjaan?

Anda bisa menolak untuk mengikuti psikotes kepribadian, namun Anda mungkin akan mengakhiri pencalonan Anda untuk pekerjaan tersebut.

Ingatlah bahwa perusahaan melihat beberapa kandidat. Jika Anda menolak, pemberi kerja dapat memutuskan untuk mempekerjakan orang lain.

Secara umum, pemberi kerja diperbolehkan untuk melakukan tes kepribadian selama mereka tidak mengevaluasinya untuk alasan diskriminatif.

Baca juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap dan tips yang bisa Anda gunakan dalam melakukan tes kepribadian atau personality test saat melakukan wawancara kerja.

Pastikan Anda melakukan persiapan yang matang dan jawablah semua soal dengan jujur sesuai dengan karakteristik Anda. Adalah hal yang sia-sia jika Anda berupaya terlihat baik dalam test, namun tidak sesuai dengan karakteristik saat Anda bekerja.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis atau bagian tim HR yang membutuhkan pengelolaan SDM yang lebih mudah dan praktis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HRIS berbasis cloud buatan Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan banyak pemilik bisnis di Indonesia. Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan melakukan pengelolaan payroll, manajemen data karyawan, penghitungan pajak dan tunjangan secara otomatis. dan masih banyak lagi.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Tips Lolos Tes Kepribadian Saat Interview Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *