10 Pekerjaan untuk Ekstrovert Paling Tepat untuk Anda

Memilih pekerjaan yang sesuai dengan jenis kepribadian adalah suatu hal yang penting. Selain pekerjaan untuk introvert, bagi Anda yang memiliki kepribadian ekstrovert pastinya ingin mendapatkan pekerjaan untuk ekstrovert.

Ketika Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan tipe kepribadian Anda, ini pastinya akan memberikan dampak positif untuk kehidupan Anda. Misalnya adalah Anda bisa lebih semangat bekerja dan performa pekerjaan Anda akan berjalan dengan baik.

Lalu apa saja nih pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert? Buat Anda yang penasaran, Anda bisa menyimak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Ekstrovert

Ekstrovert menjadi salah satu jenis kepribadian yang menarik untuk dibahas. Kepribadian satu ini identik dengan orang-orang yang memiliki jiwa sosial tinggi. Ekstrovert adalah kepribadian yang mendapatkan energi dengan cara bertemu dengan orang banyak.

Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert ketika bertemu dengan orang banyak ia akan merasa bersemangat dan mendapatkan energi yang berlimpah. Ini adalah kebalikan dari kepribadian introvert yang telah dijelaskan sebelumnya.

Jika introvert mendapatkan energi ketika menyendiri di dalam rumah, ekstrover kebalikannya. Seseorang dengan kepribadian ekstrovert justru akan kehilangan banyak energi ketika menyendiri di dalam rumah.

Karena kepribadiannya yang ini tidak heran jika seorang ekstrovert dianggap menyenangkan dan pandai bergaul. Dibandingkan introvert, kepribadian ekstrovert akan lebih mudah bergaul dan berbaur ketika berada di lingkungan baru atau berada di antara banyak orang.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Manfaatnya

Karakteristik Ekstrovert

pekerjaan untuk ekstrovert

Kepribadian ekstrovert memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

1. Menyukai Keramaian

Seseorang yang memiliki kepribadian ekstrovert adalah seseorang yang menyukai keramaian. Saat berada di keramaian, seorang ekstrovert merasa sangat bersemangat dan energi yang dimilikinya dapat bertambah.

Seorang ekstrovert selalu antusias ketika bertemu dengan orang-orang yang baru ditemuinya atau ketika diminta untuk bicara di depan banyak orang. Ekstrovert juga bisa mencari bahan obrolan ketika bertemu orang lain, karakteristik ini pastinya berbanding terbalik dengan kepribadian introvert.

2. Punya Banyak Teman

Salah satu karakteristik yang identik dengan ekstrovert adalah esktrovert memiliki banyak teman. Ekstrovert berteman berdasarkan kuantitas atau jumlah yang dimiliki. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah kepawaian ekstrovert dalam memulai pembicaraan membuatnya mudah mendapatkan teman baru.

3. Suka Berbicara

Jika Anda sedang mencari seseorang untuk diminta berbicara di depan orang banyak, maka menunjuk ekstrovert adalah pilihan terbaik. Esktrovert biasanya memiliki kemampuan bicara di depan orang banyak.

Tidak hanya itu, kepribadian ekstrovert juga bisa membangun suasana dengan humor. Jadi, berbicara dengan ekstrovert akan terasa menyenangkan dan bisa mengundang tawa.

4. Ramah kepada Semua Orang

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh ekstrovert adalah ramah kepada semua orang. Ekstrovert memiliki pikiran terbuka sehingga bisa dengan mudah ramah terhadap semua orang.

Ini tentunya berbeda dengan introvert yang banyak berpikir sebelum menyapa orang lain. Ekstrovert tidak terlalu mempedulikan respon orang lain, yang penting apa yang ia lakukan terhadap orang tersebut.

5. Selalu Optimis

Ektrovert juga memiliki karakteristik yang selalu optimis. Pemikiran dan pembicaraan ekstrovert selalu optimis, khususnya ketika membicarakan apa yang ia yakini.

6. Suka Mengikuti Banyak Kegiatan

Esktrovert aktif mengikuti banyak kegiatan. Misalnya ketika kuliah, seorang ektrovert akan mengisi waktu dengan mengikuti berbagai kegiatan UKM. Bahkan banyak yang menganggap ekstrovert tidak bisa diam karena teralalu mengikuti banyak kegiatan.

7. Cepat dalam Mengambil Keputusan

Karakteristik selanjutnya yang dimiliki oleh ekstrovert adalah esktrovert cepat mengambil keputusan. Berbeda dengan introvert yang berpikir panjang sebelum mengambil keputusan, ekstrovert lebih spontan ketika mengambil keputusan dan tidak takut terhadap risiko yang ada di depannya.

8. Memiliki Rasa Percaya Diri yang Tinggi

Karena sering berkumpul dengan banyak orang, ektrovert memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ia berani ketika ditunjuk tampil di depan banyak orang. Dengan rasa percaya diri yang tinggi ini juga, ekstrovert bisa memiliki koneksi dengan orang baru sehingga bisa membuka kolaborasi baru.

Karena rasa percaya diri yang tinggi ini, ekstrovert memiliki kemampuan leadership yang tinggi. Ini akan membantunya dalam memimpi orang lain.

gajihub 5

Kelebihan Ekstrovert

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kepribadian ekstrovert:

1. Memiliki Pikiran yang Terbuka

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh ekstrovert adalah ekstrovert memiliki pikiran yang terbuka atau open minded. Ketika menghadapi orang yang berbeda dengan dirinya, ekstrovert tidak hanya memandang dari sudut pandanganya.

Ia memiliki sudut pandang yang lebih luas. Makanya tidak heran jika orang dengan kepribadian ekstrovert tidak mudah menghakimi orang lain.

2. Memandang Orang Lain sebagai Sumber Inspirasi

Kelebihan kedua yang dimiliki oleh ekstrovert adalah ekstrovert bisa memandang orang lain sebagai sumber inspirasi. Ini dikarenakan saat mengobrol dengan ekstrovert rasanya sangat menyenangkan. Bersama orang lain ekstrovert bisa berbagi banyak hal sampai menjadikan obrolan tersebut sebagai sumber inspirasi.

3. Memiliki Kemampuan Menghibur Orang Lain

Karena memiliki selera humor yang tinggi, membuat ekstrovert memiliki kemampuan untuk menghibur orang lain. Kepawaiannya dalam berbicara bisa menghadirkan lelucon-lelucon yang membuat orang lain tertawa.

Makanya tidak heran jika pekerjaan cocok untuk ekstrovert salah satunya adalah menjadi pelawak.

4. Memiliki Pertemanan yang Luas

Sesuai dengan karakteristik ekstrovert yang mudah bergaul dan memiliki banyak teman, kelebihan kepribadian satu ini adalah ia memiliki pertemanan yang luas. Ia sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan bisa mengenal semua yang ada di lingkungan tersebut.

Baca Juga: Toxic Leadership: Tanda dan Cara Menyikapinya

Kelemahan Ekstrovert

Berikut beberapa kelemahan yang dimiliki oleh ekstrovert, apa saja?

1. Ceplas-Ceplos

Kelemahan pertama ekstrovert adalah ekstrovert cenderung ceplas-ceplos. Ketika ekstrovert bicara, ia tidak memikirkan bagaimana dampak perkataannya untuk orang lain. Yang terpenting ngomong aja dulu.

Karena itu banyak orang yang tidak nyaman dengan apa yang dilakukan oleh ekstrovert dan memilih menjauhi ekstrovert daripada dibuat sakit hati olehnya.

2. Sering Ingin Dipuji

Meskipun tidak semua ekstrovert ingin dipuji, namun kelemahan satu ini identik dengan ekstrovert. Bahkan ada yang bilang ekstrovert haus akan pujian. Tidak heran jika ada orang-orang yang rela berbohong dengan memuji ekstrovert dan membuatnya senang.

3. Cepat Merasa Bosan

Ekstrovert suka dengan kegiatan baru dan berani mencoba tantangan baru namun di sisi lain ia bisa cepat merasa bosan. Karena cepat merasa bosan inilah yang akhirnya membuat ekstrovert tidak bisa fokus terhadap satu bidang.

Dibandingkan menjadi ekspert di satu bidang, esktrovert biasanya memiliki banyak kemampuan sampai bingung mana yang harus ia prioritaskan.

4. Merasa Suka dengan Masalah Baru

Ekstrovert selalu merasa tertantang ketika menemui masalah baru. Makanya tidak heran jika orang dengan kepribadian ini merasa suka ketika menemukan masalah baru. Dampak buruknya adalah ia bisa membuat orang-orang di masalahnya terseret masalah yang sebenarnya hanya dibesar-besarkan oleh ekstrovert ini.

Baca Juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Pekerjaan untuk Ekstrovert

Setelah membaca karakteristik, kelebihan, dan juga kelemahan yang dimiliki esktrovert, ini saatnya Anda mengetahui apa saja pekerjaan yang cocok untuk ekstrovert. Berikut beberapa pekerjaan untuk ekstrovert yang bisa Anda pilih:

1. Event Organizer

Event organizer merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan mengatur sebuah event atau acara. Ketika melakukan pekerjaan ini, event organizer akan bertemu dengan banyak orang dan juga mengkoordinir banyak orang. Makanya tidak heran jika pekerjaan satu ini cocok untuk ekstrovert.

2. Guru

Menjadi guru dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik. Guru bertanggung jawab mengajarkan ilmu yang dimiliki kepada peserta didik. Buat Anda yang memiliki kepribadian ekstrovert, memilih pekerjaan guru bisa jadi pilihan terbaik.

Saat mengajar Anda akan bertemu banyak murid dengan berbagai karakter dan kepribadian. Di sinilah Anda bisa merasa tertantang dan kelebihan Anda sebagai ekstrovert akan sangat dibutuhkan.

3. HR Recruiter

HR Recruiter adalah seseorang yang memiliki tugas mencari dan menyeleksi calon karyawan untuk mengisi kekosongan posisi yang ada di perusahaan. Pada saat menyeleksi calon karyawan, HR Recruiter akan bertemu dengan banyak orang dengan berbagai karakter dan kepribadian. Di sinilah alasan mengapa pekerjaan ini cocok untuk ekstrovert.

4. Customer Service

Customer service adalah pekerjaan yang bertugas memberikan pelayanan kepada pelanggan. CS ini akan berhadapan langsung dengan pelanggan, mulai dari menerima komplain, memberikan saran, hingga menghadapi pelanggan yang kurang puas.

Karena pekerjaannya ini, CS membutuhkan seseorang dengan kepribadian ekstrovert.

5. Public Relation

Memiliki peran sebagai jembatan antara klien/pelanggan dengan atasan, public relation menjadi pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk ekstrovert. Sebagai PR, Anda akan bertemu klien yang berbeda-beda. Tentunya ini akan jadi tantangan tersendiri dan menyenangkan mengingat ekstrovert memang suka bertemu banyak orang.

6. Jurnalis

Pekerjaan untuk ekstrovert selanjutnya adalah jurnalis. Jurnalis memiliki tugas mencari berita dan di sini dibutuhkan kemampuas sosial untuk bisa mendapatkan berita dari narasumber.

Orang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan lebih mudah ketika melakukan wawancara kepada narasumber. Pendekatan yang dilakukan oleh ekstrovert juga bisa membuat narasumber lebih terbuka untuk menjawab pertanyaan dari jurnalis.

7. Penyiar Radio

Pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk ekstrovert adalah penyiar radio. Ekstrovert yang suka bicara akan sangat cocok untuk pekerjaan satu ini.

8. Pemandu Wisata

Menjadi pemandu bisa jadi salah satu opsi pekerjaan untuk ekstrovert. Pekerjaan satu ini akan membuat seseorang bertemu banyak orang dan dari berbagai latar belakang. Jika Anda seorang ekstrovert dan suka traveling, Anda bisa memilih pemandu wisata sebagai pilihan karir Anda.

Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti menjelaskan tempat wisata yang dikunjungi dan di sini Anda juga bisa bertemu dengan banyak orang.

9. Pelawak

Seperti penjelasan yang ada di atas, ekstrovert biasanya memiliki selera humor yang tinggi. Ini pastinya sangat cocok buat Anda yang ingin menjadi pelawak atau stand up comedy.

Anda bisa menggunakan kemampuan humor Anda untuk membuat orang lain tertawa.  Ini pastinya akan jadi pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda.

10. Sales

Pekerjaan untuk ekstrovert selanjutnya adalah sales. Sales adalah divisi dalam perusahaan yang bertugas mempromosikan produk kepada calon konsumen hingga akhirnya produk tersebut laku dijual. Di sini dibutuhkan kemampuan berbicara dan mempengaruhi calon konsumen.

Ekstrovert yang terkenal dengan kemampuan berbicara di depan orang banyak pastikan bisa mendukung pekerjaan sebagai sales ini.

gajihub 2

Baca Juga: Contoh Pertanyaan yang Bisa Anda Tanyakan ke HRD Saat Wawancara

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pekerjaan untuk ekstrovert yang bisa menjadi pilihan Anda dalam mengambil langkah karir. Memilih pekerjaan sesuai dengan kepribadian adalah langkah yang bagus.

Pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda akan membuat Anda lebih nyaman dalam bekerja dan bisa mengurangi risiko burnout syndrom. Mewujudkan work life balance juga bukan hal yang sulit jika memang Anda menyukai pekerjaan Anda.

Bagi perusahaan, kenyamanan bekerja bagi karyawan bukan hanya tanggung jawab karyawan yang bersangkutan. Perusahaan juga wajib melakukan pengelolaan karyawan yang baik agar karyawan semakin nyaman ketika bekerja.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda. GajiHub merupakan software payroll dan aplikasi absensi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

Yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan karyawan di perusahaan Anda.

2 thoughts on “10 Pekerjaan untuk Ekstrovert Paling Tepat untuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *