Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

cara menjadi karyawan tetap

Menjadi karyawan tetap adalah dambaan setiap karyawan. Tidak heran jika banyak karyawan yang membutuhkan cara menjadi karyawan tetap.

Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk menjadi karyawan tetap dengan cepat dan mudah. Di sini akan dibahas cara menjadi karyawan tetap paling cepat dan mudah.

Jadi, baca artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan cara dan tips agar diangkat menjadi karyawan tetap.

Apa Saja Syarat Menjadi Karyawan Tetap?

cara menjadi karyawan tetap

Sebelum Anda mengetahui cara untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat Anda bekerja, Anda wajib mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi agar Anda diangkat sebagai karyawan tetap.

Apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi tersebut? Berikut jawabannya:

  1. Telah melalui masa probation atau masa percobaan yakni yang berlangsung maksimal selama 3 (tiga) bulan dan mendapatkan upah minimal sesuai dengan UMR/UMK yang berlaku di kota tempat bekerja. Setelah masa probation atau masa percobaan telah berakhir, baik karyawan atau perusahaan dapat melanjutkan pekerjaan sebagai karyawan tetap, memutuskan hubungan kerja, atau melanjutkan masa percobaan;
  2. Dengan berakhirnya masa probation atau masa percobaan karyawan, perusahaan wajib memperbarui kontrak karyawan sesuai dengan upah, tunjangan, dan juga fasilitas yang telah didiskusikan sebelumnya bersama karyawan;
  3. Jika perusahaan tidak membuat kontrak kerja setelah berakhirnya masa percobaan, maka karyawan tersebut bisa melanjutkan pekerjaan sebagai karyawan tetap dengan perjanjian PKWTT karena hanya PKWTT yang bisa dibuat secara lisan.

Baca Juga: Hak Karyawan Tetap dan Bedanya dengan Karyawan Tidak Tetap

Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Buat Anda yang ingin diangkat menjadi karyawan tetap, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Tetaplah Bekerja Layaknya Karyawan Tetap

Cara pertama yang harus Anda lakukan agar diangkat sebagai karyawan tetap adalah tetaplah bekerja layaknya karyawan tetap, sekalipun saat itu status Anda di perusahaan masih karyawan kontrak.

Dengan bekerja selayaknya karyawan tetap, atasan Anda akan melihat kemampuan dan keseriusan Anda dalam bekerja. Jadi, tidak menutup kemungkinan Anda akan segera diangkat sebagai karyawan tetap. Perusahaan mana sih yang tidak suka dengan karyawan yang bekerja dengan baik?

2. Anda Bisa Menganggapnya sebagai Wawancara Berkelanjutan

Meskipun belum berstatus sebagai karyawan tetap, Anda bisa menganggap status karyawan kontrak Anda sebagai wawancara berkelanjutan. Meskipun masih berstatus sementara, namun tidak menutup kemungkinan Anda akan diangkat sebagai karyawna tetap.

Jadi, tetaplah bekerja keras selayaknya Anda saat pertama kali datang untuk wawancara kerja. Tunjukan kepada atasan Anda bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menjadi karyawan tetap di perusahaan.

Baca Juga: Karyawan Swasta: Pengertian, Masa Kerja, Hak dan Kewajiban

3. Anda Bisa Mengatakan Minat Anda menjadi Karyawan Tetap

Selain dua cara di atas, Anda yang berminat bekerja sebagai karyawan tetap bisa mengutarakan minat Anda ini kepada atasan Anda. Ini adalah langkah awal yang baik karena Anda bisa mengomunikasikan keinginan Anda kepada pihak perusahaan.

Dari sini nantinya atasan Anda akan menilai kinerja Anda, layak atau tidak untuk mendapatkan posisi pegawai tetap. Jika memang layak, mereka pasti tidak akan ragu untuk menjadikan Anda pegawai tetap di perusahaan.

4. Jalin Hubungan yang Baik dengan Karyawan Lain

Menjalin hubungan yang baik dengan karyawan lain adalah hal yang wajib dilakukan ketika bekerja di perusahaan. Dengan adanya jalinan hubungan yang baik, Anda bisa mendapatkan bantuan dari karyawan lain saat membutuhkannya.

Dengan menjalin hubungan baik dengan karyawan juga akan membuat Anda mendapatkan penilaian yang baik di mata atasan. Dengan begitu kesempatan Anda menjadi karyawan tetap akan semakin besar.

Baca Juga: Mengenal Hak Cuti Karyawan Berdasarkan Undang-Undang

5. Taati Seluruh Peraturan Perusahaan

Cara kedua yang akan membantu Anda menjadi karyawan tetap lebih cepat dan mudah adalah dengan menaati seluruh peraturan yang ada di perusahaan. Dengan menaati peraturan yang ada, Anda akan dianggap sebagai karyawan yang baik.

Perusahaan juga biasanya enggan mempertahankan karyawan yang tidak menaati peraturan yang ada. Jadi, pastikan Anda menaati peraturan perusahaan ini agar lebih cepat dianggat menjadi karyawan tetap.

6. Selalu Bersikap Jujur

Bersikap jujur adalah sikap yang wajib dimiliki oleh karyawan, baik berstatus sebagai karyawan tetap ataupun karyawan sementara. Dalam kehidupan pun demikian, kejujuran adalah yang utama dan harus dimiliki oleh manusia.

Pastikan Anda selalu bersikap jujur dalam bekerja. Dengan memiliki sikap jujur ini, Anda bisa mendapatkan kepercayaan dari atasan Anda. Begitu pula sebaliknya, jika tidak jujur Anda akan kehilangan kepercayaan dari orang lain.

Baca Juga: 13 Metrik Kinerja Karyawan yang Harus Anda Pantau

7. Pahami Semua Kebutuhan Perusahaan

Memahami kebutuhan perusahaan adalah hal yang harus dilakukan buat Anda yang ingin diangkat sebagai karyawan tetap. Anda bisa menanyakan kebutuhan perusahaan kepada atasan Anda, kemudian Anda bisa mengusahakan agar semua kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi.

8. Beradaptasi dengan Baik

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung tidak hanya berlaku dalam kehidupan masyarakat, tetapi juga dalam kehidupan kerja di kantor. Ketika Anda bekerja di sebuah perusahaan, Anda dituntut untuk bisa beradaptasi dengan baik.

Adaptasi yang bisa dilakukan antara lain menyesuaikan diri dengan suasana yang ada di kantor, baik itu dalam berpakaian hingga bersikap. Dengan kemampuan beradaptasi yang baik ini, nantinya Anda juga bisa dilirik oleh atas dan menjadi karyawan tetap.

Ini karena Anda dianggap sudah bisa menjadi bagian dari perusahaan.

Baca Juga: 7 Langkah Melakukan Melakukan Perencanaan Pelatihan Karyawan dan Tipsnya

9. Tetaplah Bersikap Profesional

Sikap profesional adalah hal penting yang harus Anda miliki ketika bekerja. Salah satu sikap profesional yang harus diutamakan adalah jangan mencampurkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi.

Jika terdapat masalah di kantor, sebaiknya Anda juga bisa menempatkan diri. Anda harus tetap bekerja sebaik mungkin dan jangan sampai permasalahan yang ada mempengaruhi pekerjaan Anda. Dengan semua sikap profesionalisme ini, Anda bisa menunjukan bahwa Anda seorang pegawai yang baik.

gajihub 6

10. Percaya Diri

Memiliki rasa percaya diri juga bagian penting yang tidak hanya dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam kehidupan bekerja. Anda harus percaya dengan kemampuan yang Anda miliki.

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan mampu memberikan semua yang terbaik dan dari sini Anda bisa berkesempatan menjadi pegawai tetap di perusahaan tempat Anda bekerja.

Baca Juga: Screening Karyawan: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

11. Bangun Mental yang Kuat

Pernahkah Anda membaca lowongan kerja yang memberikan persyaratan mampu bekerja di bawah tekanan? Nah, ini adalah salah satu bentuk pentingnya memiliki mental yang kuat saat bekerja.

Setiap pekerjaan pastinya memiliki tekanan tersendiri dan di sini dibutuhkan mental yang kuat. Terlebih dengan posisi yang lebih tinggi dari sebelumnya, kekuatan mental Anda akan benar-benar dibutuhkan.

Oleh karenanya buat Anda yang ingin menjadi karyawan tetap di perusahaan, bangun mental yang kuat dari awal. Jangan sampai Anda terlihat lemah dalam bekerja karena ini akan membuat atasan Anda ragu untuk menjadikan Anda pegawai tetap.

12. Lakukan Manajemen Diri

Manajemen diri juga jadi bagian penting dalam bekerja. Manajemen yang dimaksud di sini adalah bagaimana Anda mengatur diri sendiri. Anda harus bisa manajemen diri khususnya dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan.

Kerjakan pekerjaan tersebut tepat waktu. Anda juga harus bisa membagi waktu Anda dengan baik, yakni tahu kapan waktunya bekerja, istirahat, dan kapan waktu pulang. Dengan begitu Anda bisa menunjukan bahwa Anda layak menjadi karyawan tetap di perusahaan.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan Anda

13. Pastikan Selalu Tepat Waktu

On time atau tepat waktu adalah bagian penting dalam dunia kerja. Seseorang yang bekerja tepat waktu baik itu ketika masuk kerja atau mengerjakan pekerjaan akan memiliki image yang baik di mata perusahaan.

Jadi, pastikan ini Anda miliki jika Anda ingin menjadi karyawan tetap di perusahaan.

14. Jangan Ragu untuk Memberikan Ide dan Inisiatif

Perusahaan selalu membutuhkan ide dan inisiatif dari karyawan atau pegawai. Ide dan inisiatif ini nantinya akan memberikan perusahaan bantuan untuk mengembangkan perusahaan.

Jangan ragu bagi Anda untuk memberikan ide dan inisiatif Anda. Anda bisa memberikan sumbangsih ide dan inisiatif ke atasan Anda, khususnya ketika ide dan inisiatif ini dibutuhkan.

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Tes EQ dalam Proses Interview Karyawan

15. Berani Menerima Tantangan

Bekerja adalah sebuah tantangan. Ketika Anda bekerja pastinya Anda akan mendapatkan tantangan-tantangan yang harus Anda selesaikan. Untuk bisa diangkat menjadi karyawan tetap, Anda harus berani menerima tantangan, bahkan tantangan yang berbeda dari pekerjaan Anda.

Selain bisa dipertimbangkan menjadi karyawan tetap, dengan menerima tantangan baru Anda juga berkesempatan mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

gajihub 3

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menjadi karyawan tetap paling mudah dan cepat. Bagi perusahaan diperlukan pengelolaan karyawan yang baik agar bisa menyaring karyawan tetap sesuai kinerjanya.

Anda bisa menggunakan software payroll dan aplikasi HRIS GajiHub untuk memudahkan pengelolaan karyawan perusahaan Anda. GajiHub dilengkapi berbagai fitur yang akan membuat pengelolaan karyawan jadi super mudah. Yuk daftar GajiHub sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan di perusahaan Anda.

3 thoughts on “Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *