Company Value: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

company value 1

Memiliki company value yang jelas membantu Anda memastikan bahwa semua karyawan Anda bekerja untuk mencapai tujuan yang sama. Nilai-nilai inti Anda mendukung visi perusahaan dan membentuk budayanya. Itulah sebabnya setiap keputusan bisnis harus selaras dengan nilai-nilai ini.

Bisnis tanpa nilai-nilai inti bukanlah sebuah bisnis. Bagaimana Anda bisa membangun tim yang hebat, memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, dan mendorong inovasi jika Anda belum mendefinisikan dan membagikan company value Anda dengan karyawan Anda?

Memiliki company value yang jelas membantu Anda memastikan bahwa semua karyawan Anda bekerja untuk mencapai tujuan yang sama.

Nilai-nilai inti Anda mendukung visi perusahaan dan membentuk budayanya. Itulah sebabnya setiap keputusan bisnis harus selaras dengan nilai-nilai ini

Tidak mengherankan, company value Anda juga memainkan peran penting dalam menarik talenta: 46% pencari kerja menyatakan bahwa budaya perusahaan sangat penting ketika memilih untuk melamar ke suatu perusahaan.

Anda mungkin sudah akrab dengan konsep perekrutan untuk kesesuaian budaya. Tetapi untuk merekrut “talenta yang tepat”, Anda perlu mendefinisikan company value yang Anda perjuangkan dan memastikan bahwa kandidat yang akan Anda pekerjakan memiliki nilai yang sama.

Dengan kata lain, membangun bisnis yang kuat dimulai dengan membangun budaya perusahaan yang mencerminkan nilai-nilai inti Anda.

Company Value: Pengertian dan Prinsipnya

Pada intinya, company value Anda adalah keyakinan, filosofi, dan prinsip-prinsip yang mendorong bisnis. Nilai-nilai tersebut memengaruhi pengalaman karyawan yang Anda berikan serta hubungan yang Anda kembangkan dengan pelanggan, mitra, dan pemegang saham Anda.

Company value Anda adalah DNA perusahaan  dan membantu Anda membedakan bisnis dari pesaing. Itulah sebabnya Anda tidak dapat membuat keputusan bisnis yang penting tanpa mengingatnya

Namun, memiliki company value tidak berarti memiliki rencana komunikasi yang dipoles seputar nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang baik.

Anda harus benar-benar menghormati company value Anda dalam segala hal yang Anda lakukan dan memberikan contoh yang tepat bagi karyawan Anda.

Ini adalah satu-satunya cara Anda dapat membangun kepercayaan di tempat kerja. Jangan meminta karyawan Anda untuk mengikuti company value yang telah Anda tetapkan untuk bisnis jika Anda tidak mengikuti dan mengintegrasikannya ke dalam pekerjaan sehari-hari Anda sejak awal.

Baca juga: Cara Menjadi Karyawan Tetap Paling Cepat dan Mudah

Company value adalah detak jantung bisnis Anda

Karena company value Anda mencerminkan apa yang Anda dan karyawan Anda perjuangkan, maka nilai-nilai tersebut memberi mereka rasa tanggung jawab.

Memang, setiap keputusan yang dibuat karyawan Anda harus selaras dengan company value yang telah Anda komunikasikan dengan mereka.

Setiap karyawan Anda – mulai dari pimpinan puncak hingga level pemula – bertanggung jawab atas keputusan tersebut dengan mengajukan pertanyaan sederhana: apakah keputusan ini mencerminkan nilai-nilai kita?

Namun yang paling penting, nilai-nilai inti perusahaan Anda mendorong bisnis Anda dan membantu setiap orang dalam organisasi mencapai sasaran yang telah Anda tetapkan untuk perusahaan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, company value Anda adalah DNA perusahaan Anda dan nilai-nilai tersebut membantu Anda membedakan bisnis Anda dari pesaing.

Intinya adalah bahwa nilai-nilai inti Anda memengaruhi semua aspek bisnis Anda, mulai dari produk yang dikembangkan tim Anda hingga strategi penjualan dan pemasaran atau layanan pelanggan yang diberikan karyawan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Lingkungan Kerja yang Kondusif?

company value 2

7 Cara Company value Mendorong Keberhasilan Bisnis

Seperti disebutkan di atas, company value Anda memainkan peran penting dalam bisnis Anda.

Tanpa company value, hampir tidak mungkin untuk menyelaraskan karyawan Anda dengan tujuan strategis Anda, meningkatkan kolaborasi tim, atau memberdayakan karyawan Anda. Dan inilah alasannya

1. Company value Anda membantu karyawan Anda membuat keputusan yang tepat

Memiliki seperangkat nilai yang jelas membantu karyawan Anda memahami apa yang Anda perjuangkan. Company value Anda juga memberi mereka panduan untuk pekerjaan mereka dan rasa aman.

Hasilnya, karyawan Anda cenderung membuat keputusan yang tepat – keputusan yang membantu mereka mencapai visi dan sasaran perusahaan.

Dan itu karena mereka memahami pernyataan misi perusahaan, berbagi nilai-nilai yang Anda perjuangkan, dan percaya pada merek Anda.

Terlebih lagi, memiliki seperangkat nilai perusahaan yang terdefinisi dengan baik memberikan arahan moral untuk memandu karyawan di masa-masa sulit.

Dalam lingkungan yang tidak menentu dengan perubahan teknologi, lingkungan, dan masyarakat yang cepat, hal ini merupakan hal konstan yang sangat dibutuhkan.

Tetapi untuk membantu karyawan Anda membuat keputusan yang tepat, Anda perlu menetapkan company value yang tepat, yang mencerminkan apa yang Anda perjuangkan.

Itulah sebabnya Simon Sinek menjelaskan dalam bukunya “Start With Why” bahwa Anda perlu mengomunikasikan dengan karyawan Anda, mengapa perusahaan Anda ada, apa pernyataan misi Anda, dan keyakinan apa yang Anda perjuangkan.

Baca juga: Human Experience Management: Pengertian, Manfaat, dan Komponennya

2. Company value membantu Anda meningkatkan komunikasi karyawan Anda

Komunikasi karyawan memainkan peran yang sangat penting dalam membangun budaya perusahaan yang lebih baik, meningkatkan kepuasan karyawan, dan meningkatkan keterlibatan karyawan.

Masalahnya adalah, ketika perusahaan tidak memiliki company value yang jelas, komunikasi mereka dengan karyawan biasanya tidak konsisten dan tidak jelas. Hal ini sering menyebabkan kebingungan di tempat kerja.

Dengan company value yang jelas, Anda dapat secara signifikan meningkatkan komunikasi karyawan di tempat kerja Anda, dan membantu karyawan Anda menghayati nilai-nilai tersebut.

3. Nilai-nilai tersebut berdampak langsung pada motivasi dan keterlibatan karyawan

Ketika komunikasi karyawan Anda dibangun di sekitar nilai-nilai inti perusahaan Anda, hal ini membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan.

Memang, jika Anda menjelaskan nilai-nilai inti Anda kepada karyawan dan alasan mengapa Anda mendukung nilai-nilai spesifik ini, mereka akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai sasaran perusahaan dan akan bekerja lebih keras untuk mencapainya.

Karyawan yang terlibat adalah karyawan yang memiliki panduan yang jelas untuk mencapai sasaran pribadi mereka serta sasaran perusahaan. Mereka memiliki pemahaman yang baik tentang apa yang diharapkan dari mereka dan bagaimana mencapai tujuan bisnis.

Namun yang paling penting, karyawan yang terlibat adalah karyawan yang berbagi company value Anda dan sangat percaya pada nilai-nilai tersebut.

Jika Anda ingin karyawan Anda merasa lebih terlibat, Anda perlu mendefinisikan company value Anda dan mengkomunikasikannya dengan benar.

Baca juga: 16 Teknik Pengambilan Keputusan yang Bisa Digunakan Pemimpin

4. Company value membantu klien Anda memahami apa yang diperjuangkan perusahaan Anda

Selain membantu karyawan Anda untuk hidup sesuai dengan company value Anda, sangat penting untuk memastikan bahwa klien Anda memahami apa nilai-nilai inti Anda.

Memang, company value Anda membantu Anda memperjelas identitas merek dan mendidik klien Anda tentang apa yang diperjuangkan perusahaan.

Memiliki seperangkat core value atau nilai inti yang spesifik dan unik dapat menjadi keunggulan yang sangat kompetitif.

Pikirkan tentang hal ini: jika Anda berhasil membangun hubungan dengan klien Anda berdasarkan nilai-nilai yang Anda bagikan, kemungkinan besar Anda akan memperkuat hubungan ini karena dibangun di atas keyakinan dan prinsip yang sama.

5. Nilai ini membantu Anda menarik dan mempertahankan talenta terbaik

Company value sangat penting dalam hal daya tarik dan retensi talenta.

Pikirkan tentang hal ini: sebagian besar kandidat melakukan riset ekstensif sebelum melamar ke posisi yang terbuka.

Mereka memeriksa situs web perusahaan, forum, diskusi yang terjadi di media sosial tentang perusahaan yang mereka minati, dan mereka memberikan perhatian khusus pada ulasan perusahaan.

Itu karena mereka tidak ingin memilih perusahaan yang “salah” dan hal yang sama berlaku untuk Anda sebagai pemberi kerja – Anda ingin mempekerjakan talenta yang “benar”.

Selain mewawancarai kandidat tentang keterampilan dan pengalaman mereka, Anda juga akan mengajukan pertanyaan tentang nilai-nilai yang mereka anut untuk memastikan bahwa mereka sesuai dengan budaya perusahaan Anda.

Jika Anda tidak memeriksa apakah kandidat cocok dengan budaya perusahaan selama proses wawancara, Anda mungkin akan melihat tingkat pergantian karyawan Anda meningkat drastis dalam beberapa bulan ke depan!

Baca juga: 11 Tips Meminimalisir Kecelakaan Kerja

6. Company value membantu Anda menarik pelanggan yang memiliki nilai yang sama

Selain pelanggan Anda, calon klien baru juga peduli dengan apa yang diperjuangkan perusahaan Anda.

Ketika sebuah perusahaan mengetahui bahwa nilai-nilai Anda mirip dengan nilai-nilai mereka, Anda bisa memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk dipilih daripada orang lain.

Misalnya, jika salah satu nilai utama perusahaan Anda adalah akuntabilitas, Anda bisa menarik pelanggan baru yang menghargai akuntabilitas dan transparansi dari vendor mereka. Karena alasan itu, penting untuk memahami siapa prospek Anda dan apa nilai-nilai mereka.

7. Company value membuat tim pemasaran yang solid dan komunikasi internal Anda lebih mudah

Untuk menyelaraskan pesan mereka, tim pemasaran dan komunikasi internal Anda perlu memiliki pemahaman yang baik tentang company value Anda.

Agar kredibel, komunikasi internal dan eksternal Anda harus konsisten. Perusahaan yang belum menetapkan company value yang jelas biasanya kesulitan dengan strategi komunikasi mereka.

Selain itu, tim pemasaran yang mengetahui apa yang diperjuangkan perusahaan jauh lebih berhasil dalam menarik prospek baru yang berkualitas yang berkonversi.

Memang, Anda perlu memastikan bahwa Anda berbagi pesan yang tepat dengan audiens yang tepat. Jika pesan Anda menyertakan nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai audiens target Anda, kemungkinan besar Anda akan menarik perhatian mereka. Ini semua tentang menyampaikan pesan otentik dan membangun kepercayaan dengan prospek Anda.

gajihub 3

Baca juga: 10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

15 Statistik Company value yang Tidak Bisa Anda Abaikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, company value Anda berdampak langsung pada keuntungan bisnis Anda.

Mari kita lihat 15 statistik mengejutkan yang menunjukkan bagaimana company value Anda dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk menarik talenta terbaik, pengalaman karyawan yang Anda berikan, serta motivasi karyawan Anda:

  • Lebih dari 50% CEO dan CFO mengatakan bahwa budaya perusahaan memengaruhi produktivitas, kreativitas, profitabilitas, nilai perusahaan dan tingkat pertumbuhan (Forbes)
  • 80% pemimpin SDM mengatakan bahwa organisasi mereka saat ini memiliki program pengakuan karyawan (Businesswire)
  • 88% karyawan percaya bahwa budaya perusahaan yang kuat adalah kunci keberhasilan bisnis (Bultin)
  • 47% pencari kerja aktif mengutip budaya perusahaan sebagai alasan pendorong mereka untuk mencari pekerjaan (Pivotal Advisors)
  • 76% karyawan percaya bahwa tujuan bisnis yang terdefinisi dengan baik membantu menumbuhkan budaya kerja yang positif (Bultin)
  • 15% pencari kerja menolak tawaran pekerjaan karena budaya perusahaan (Jobvite)
  • Hanya 23% karyawan AS yang sangat setuju bahwa mereka dapat menerapkan nilai-nilai organisasi mereka ke dalam pekerjaan mereka setiap hari (Gallup)
  • Karyawan yang memandang positif keseimbangan kehidupan kerja mereka 10% lebih mungkin untuk bertahan dalam peran mereka saat ini (Bultin)
  • 35% pekerja AS mengatakan bahwa mereka akan melewatkan pekerjaan yang sempurna jika mereka merasa budaya perusahaan tidak cocok (Robert Half)
  • Karyawan yang tidak menyukai budaya perusahaan mereka 24% lebih mungkin untuk berhenti dari pekerjaan mereka (TINYpulse)
  • 38% karyawan AS menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion mereka (Bultin)
  • 93% karyawan akan bertahan lebih lama di sebuah perusahaan jika perusahaan tersebut berinvestasi dalam karier mereka (LinkedIn)
  • 37% karyawan menganggap pengakuan sebagai hal terpenting yang dapat dilakukan manajer atau perusahaan untuk membantu mereka menjadi lebih sukses dalam pekerjaan mereka (Haiilo)
  • 89% pemimpin SDM percaya bahwa umpan balik rekan kerja dan check-in rutin meningkatkan budaya organisasi mereka (Businesswire)
  • Karyawan yang tidak terlibat secara aktif menyebabkan perusahaan AS kehilangan produktivitas antara $450 – $550 miliar per tahun (Zippia)

Baca juga: Work Life Balance: Definisi dan Tips Mencapainya

Contoh Company Value

Anda tidak akan menemukan beberapa perusahaan dengan serangkaian nilai yang sama persis. Namun, ada beberapa nilai perusahaan yang lebih sering kita lihat daripada yang lain. Nilai-nilai ini berpusat pada karyawan dan pelanggan, dan mencakup:

  • Integritas
  • Keberanian
  • Kejujuran
  • Keadilan
  • Dapat dipercaya
  • Akuntabilitas
  • Pembelajaran
  • Pengalaman Pelanggan
  • Semangat
  • Keseimbangan
  • Menyenangkan
  • Disiplin
  • Kerendahan hati
  • Kepemilikan
  • Berorientasi pada hasil
  • Peningkatan yang konstan
  • Kepemimpinan
  • Kerja keras
  • Keberagaman
  • Pengembangan Karyawan
  • Inovasi
  • Kualitas
  • Kerja Tim
  • Kesederhanaan
  • Kolaborasi dan Kemitraan
  • Idealisme
  • Keberanian
  • Tidak mementingkan diri sendiri
  • Disiplin Diri
  • Menghargai Diri Sendiri

Baca juga: Tips dan Cara Mengurangi Downtime dalam Proses Produksi

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai company value dan fungsinya dalam bisnis Anda. Perusahaan yang memiliki value yang baik di mata karyawan atau pencari kerja memiliki kemungkinan untuk mendapatkan talenta terbaik dan loyalitas karyawan yang lebih tinggi.

Hal ini karena perusahaan dengan jelas menerapkan dan menggunakan core value dalam setiap operasi bisnis dan juga menghadirkan budaya perusahaan yang lebih baik untuk para anggota karyawannya.

Sebagai pemilik bisnis atau tim HR, salah satu cara untuk memastikan core value perusahaan dikelola dengan baik, Anda bisa menggunakan sistem HR yang lebih modern untuk menunjang kemudahan seluruh proses pengelolaan SDM.

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub yang memiliki fitur HR terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

2 thoughts on “Company Value: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *