10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

Penilaian Kinerja Organisasi 1

Jika Anda ingin meningkatkan bisnis Anda, pertimbangkan untuk melakukan penilaian kinerja organisasi bisnis Anda.

Proses penilaian kinerja organisasi bisnis adalah untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif perusahaan mencapai tujuannya, dan menggunakan kerangka kerja ini dapat membantu Anda memahami kemampuan karyawan, tim, dan bisnis Anda.

Memantau dan mengoptimalkan penilaian kinerja organisasi bisnis perusahaan Anda dapat memastikan Anda menggunakan sumber daya dengan benar dan maju menuju tujuan Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas penilaian kinerja organisasi dan tips untuk mengenalinya dan menerapkannya dalam organisasi Anda.

Apa itu Penilaian Kinerja Organisasi?

Penilaian kinerja organisasi adalah sejauh mana organisasi mencapai tujuannya dan menyelesaikan fungsi hariannya. Penilaian kinerja organisasi membandingkan hasil atau output aktual perusahaan dengan hasil atau output yang dimaksudkan untuk menentukan apakah mereka cocok.

Para profesional yang melakukan manajemen kinerja organisasi – proses mengenali, menerapkan, dan mengoptimalkan kinerja organisasi – biasanya adalah pemilik bisnis, manajer, dan perencana strategis.

Meskipun ada interpretasi yang berbeda tentang kinerja organisasi, dan biasanya didasarkan pada tujuan organisasi, biasanya melibatkan komponen-komponen berikut:

  • Kinerja keuangan: Kinerja keuangan suatu kelompok mencakup keuntungan, likuiditas, arus kas, dan pengembalian aset dan investasi.
  • Kinerja operasional: Kinerja operasional grup mencakup jumlah penjualan, kekuatan pangsa pasar, kualitas produk, efektivitas pemasaran, keunggulan kompetitif, dan kepuasan pelanggan.
  • Kinerja pengembalian pemegang saham: Kinerja pengembalian pemegang saham suatu kelompok mengacu pada total pengembalian pemegang sahamnya, yang merupakan jumlah pertumbuhan investasi atau saham investor di perusahaan.

Manajer menilai kinerja organisasi karena berbagai alasan, termasuk:

  • Menjelaskan penggunaan uang dan sumber daya kepada investor
  • Memahami faktor-faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan
  • Memecahkan masalah bisnis
  • Membandingkan kinerja proyek dan karyawan.

Penilaian kinerja organisasi melibatkan penetapan tujuan, memantau kemajuan dan melakukan perbaikan. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mengintegrasikan komponen-komponennya untuk mencapai hasil yang diinginkan, mempromosikan misinya dan menggunakan sumber daya secara efektif.

Baca juga: Target Kerja Karyawan: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Penilaian Kinerja Organisasi 2

10 Tips untuk Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

Berikut ini sepuluh tips  untuk mengenali dan menerapkan penilaian kinerja organisasi:

1. Lakukan perencanaan

Lakukan perencanaan strategis dengan mengklarifikasi tujuan organisasi Anda dan mengidentifikasi cara untuk mencapainya.

Ini mungkin berarti membentuk struktur untuk mencapai tujuan Anda seperti komite atau tim proyek dan menunjuk pemimpin dan manajer untuk tim-tim tersebut.

Pastikan sasaran kinerja spesifik dalam hal kuantitas, kualitas, biaya dan tenggat waktu, dan tetapkan metrik spesifik yang akan membantu memantau kemajuan.

Anda juga bisa membuat rencana tindakan atau daftar tugas yang merinci siapa yang bertanggung jawab atas setiap tugas dan kapan tugas-tugas tersebut harus diselesaikan.

Untuk membantu membuat keputusan strategis, Anda bisa menilai apakah proyek-proyek tersebut mendukung pernyataan misi organisasi.

2. Lakukan penilaian

Lakukan penilaian atau evaluasi kinerja secara teratur untuk memantau metrik kinerja yang Anda pilih, rencana tindakan, dan operasi secara keseluruhan.

Bertukar feedback atau umpan balik antara supervisor, karyawan, dan pelanggan penting untuk langkah ini, dan mereka dapat mengambil bentuk ulasan kinerja karyawan.

Ini juga membantu manajer untuk memberi penghargaan kepada karyawan yang berprestasi untuk membantu meningkatkan kinerja organisasi, karena pengakuan dapat memperkuat perilaku produktif dan positif.

Baca juga: Mengenal Komponen Gaji di Indonesia Menurut Undang-Undang

3. Lakukan peningkatan

Peningkatan kinerja melibatkan pembuatan perubahan organisasi besar atau kecil untuk memenuhi tujuan strategis.

Manajer dapat memperbarui rencana kinerja untuk mengatasi tantangan apa pun dalam operasi dan memastikan tujuan mereka realistis.

Misalnya, jika perusahaan belum mencapai tujuan karena sumber daya yang tidak mencukupi, manajer dapat menyesuaikan tujuan sehingga lebih selaras dengan kemampuan perusahaan.

4. Ukur lingkungan kerja

Selain mengukur apakah bisnis Anda mencapai sasarannya, Anda juga dapat mengukur lingkungan kerja Anda. Hal ini dapat berupa evaluasi produktivitas dan tingkat pertumbuhan serta tingkat kepuasan dan retensi karyawan Anda.

Jika lebih banyak karyawan yang bertahan di perusahaan Anda untuk jangka waktu yang lama, ini bisa menjadi indikasi bahwa lingkungan kerja Anda berhasil.

Lingkungan kerja yang positif pada akhirnya dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar bagi perusahaan karena karyawan meningkatkan penguasaan peran mereka semakin lama mereka bertahan di dalamnya.

Baca juga: Mengetahui Siklus Manajemen Kinerja Secara Lengkap

5. Pastikan untuk tetap relevan

Salah satu parameter kesuksesan adalah bagaimana perusahaan Anda tetap relevan dengan pasar modern. Ini berarti mengubah perusahaan Anda untuk memenuhi kebutuhan demografi yang muncul dan beradaptasi dengan teknologi canggih.

Jenis kemampuan beradaptasi ini dapat memberdayakan perusahaan untuk mendapatkan kesuksesan organisasi, karena organisasi yang mengantisipasi perubahan sering kali dapat mempertahankan atau meningkatkan proses dan keuntungan mereka saat perubahan terjadi.

6. Mempelajari kinerja tingkat individu

Salah satu cara untuk mengukur kinerja organisasi adalah dengan mempelajari kinerja individu atau karyawan di perusahaan.

Hal ini dapat melibatkan sejauh mana mereka menyelesaikan tugas, kuantitas dan kualitas tugas yang diselesaikan serta keterampilan dan pengetahuan anggota tim.

Manajer juga dapat melacak kemampuan kepemimpinan karyawan sebagai bagian dari proses ini. Berikut ini beberapa jenis pengukuran kinerja tingkat individu lainnya:

  • Kinerja kontekstual: Metrik ini melacak bagaimana karyawan melampaui sasaran mereka dan membentuk hubungan kerja, dan memantau inisiatif, inovasi, antusiasme dan dedikasi mereka.
  • Kinerja adaptif: Ini mengukur bagaimana karyawan menyesuaikan diri dengan perubahan dan keadaan baru. Ini melacak fleksibilitas, keterbukaan pikiran dan kemauan mereka untuk terus belajar dan pertumbuhan pribadi.
  • Perilaku kerja kontraproduktif: Indikator ini menentukan apakah karyawan telah melakukan perilaku yang berdampak negatif terhadap produktivitas seperti ketidakhadiran, keterlambatan, pencurian atau mengabaikan arahan dan peraturan keselamatan.

Baca juga: 5 Metode dalam Mengukur Manajemen Kinerja

7. Mempelajari kinerja tingkat tim

Kinerja tingkat tim melibatkan pelacakan penyelesaian tugas dan kemahiran untuk sekelompok orang, bukan individu. Untuk meningkatkan kinerja tim, manajer bisa memimpin aktivitas yang mendorong kolaborasi. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Pelatihan tim: Melibatkan pembelajaran dan pemahaman praktik kerja
  • Pelatihan kepemimpinan: Memberdayakan anggota tim untuk mengambil inisiatif dalam proyek
    Membangun tim: Membangun hubungan, menetapkan peran, dan mendorong pemecahan masalah sebagai sebuah kelompok
  • Menganalisis kebutuhan: Menentukan bakat dan keterampilan unik anggota tim dan kompetensi apa yang bisa mereka pelajari
  • Pembekalan tim: Merefleksikan dan bertukar umpan balik tentang suatu peristiwa atau proyek
    Pelatihan simulasi: Mempraktikkan protokol untuk situasi dunia nyata atau krisis

8. Mempelajari kinerja tingkat organisasi

Manajer dapat menyelidiki kinerja tingkat organisasi dengan menawarkan penilaian internal dan eksternal untuk mengukur tujuan, strategi, dan rencana serta cara memperbaikinya.

Contoh penilaian semacam ini adalah survei karyawan, di mana karyawan memberikan umpan balik kepada perusahaan tentang proses pelatihan, budaya kerja, dan sistem terkait pekerjaan lainnya.

Hal ini dapat membantu para manajer memahami bagaimana mereka dapat mendukung karyawan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan produktivitas.

9. Pertimbangkan human capital

Sumber daya manusia adalah keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dapat diberikan oleh suatu kelompok kepada organisasi.

Ini bisa menjadi faktor yang berguna bagi perusahaan untuk dipertimbangkan ketika mengukur kinerja organisasi dan keunggulan kompetitif mereka.

Baca juga: Pengukuran Kinerja: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tips Melakukannya

10. Ketahui orientasi pasar

Sebuah perusahaan dapat mempelajari orientasi pasar mereka, atau tempat mereka di pasar, untuk menilai kinerja organisasi mereka dan area potensial untuk pertumbuhan.

Orientasi pasar melibatkan kemampuan perusahaan untuk mengumpulkan dan memahami data pasar dan menggunakannya untuk membuat keputusan.

Orientasi pasar juga dapat membantu organisasi menentukan reputasinya di antara pelanggan dan pesaing.

gajihub 2

Bagaimana Cara Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi pada Tingkat yang Berbeda?

Kita mengukur kinerja organisasi sehingga kita dapat memperbaikinya. Terlepas dari tujuan pengukuran kinerja organisasi atau definisi istilah yang diadopsi, para profesional selalu mencari cara untuk membangun kinerja masa lalu.

Kinerja tingkat individu

Pada tingkat individu, kinerja tugas, kinerja kontekstual, kinerja adaptif, dan perilaku kerja kontraproduktif adalah dimensi utama yang diidentifikasi dalam penelusuran lengkap studi medis, psikologis dan manajemen.

Task performance 

Task performance secara luas ditunjukkan oleh keberhasilan penyelesaian tugas yang ditugaskan, jumlah dan kualitas pekerjaan, keterampilan dan pengetahuan karyawan, dan kemampuan manajerial perencanaan, pengorganisasian, pemecahan masalah, pemantauan, dan pengambilan keputusan.

Kinerja kontekstual

Kinerja kontekstual mencakup semua tindakan yang melampaui peran tugas yang ditentukan dan dapat terwujud dalam ranah sosial, organisasi atau psikologis.

Kinerja ini dikaitkan dengan indikator-indikator seperti inisiatif, tugas ekstra yang dilakukan, sumber daya, antusiasme, motivasi, kreativitas, komitmen dan hubungan interpersonal.

Kinerja adaptif

Kinerja adaptif menunjukkan daya tanggap di tempat kerja dan diukur melalui inovasi, penyesuaian terhadap keadaan yang berubah-ubah, fleksibilitas dan keterbukaan pikiran, serta pembelajaran yang berkelanjutan.

Terakhir, perilaku kerja kontraproduktif ditunjukkan oleh ketidakhadiran, pencurian, keterlambatan, mengabaikan instruksi, peraturan keselamatan, penyalahgunaan zat, dan perilaku di luar tugas lainnya yang merusak kinerja.

Baca juga: 6 Metode Penilaian Kinerja yang Bisa Anda Gunakan dalam Bisnis

Kinerja tingkat tim

Untuk kinerja organisasi tingkat tim, penyelesaian tugas juga merupakan ukuran penting (DeChurch dan Mesmer-Magnus, 2010).

Selain itu, kemahiran tugas adalah indikator lain dari kinerja yang baik karena anggota tim yang mahir dalam tugas mereka dikaitkan dengan tingkat kinerja yang lebih tinggi.

Kendall dan Salas (2004) telah melaporkan beberapa model penilaian kinerja tim mulai dari Input-proses-output yang mengambil pandangan sistem dari proses tim untuk melihat tugas tim sebagai peristiwa di mana alat bantu pengukuran kinerja seperti skala penilaian dan Observasi yang berlabuh secara behavioral atau behaviorally anchored rating and Observation scale (BARS) dan ukuran laporan diri digunakan.

Langkah-langkah ini harus menilai kemampuan beradaptasi tim, orientasi tim, kepemimpinan, dan perilaku pendukung untuk mengukur kinerja tim.

Kinerja tingkat organisasi

Ketika menilai kinerja organisasi secara keseluruhan, sekelompok tindakan perlu diadopsi sehingga semua komponen dapat dipantau dan dievaluasi secara komprehensif.

Bahkan, ada seruan sadar untuk bergerak menuju definisi kinerja organisasi yang lebih luas, yang mengakui dan membahas keberlanjutan proses dan hasil kerja (Hubbard, 2009).

Variabel kunci lain dalam mengukur kinerja organisasi adalah mengintegrasikan penilaian formal perencanaan strategis dalam pengukurannya (George, Walker dan Monster, 2019).

Ketika organisasi menilai perencanaan strategis mereka menggunakan penilaian internal dan eksternal dengan sistem berjenjang dari tujuan, strategi, dan rencana, efektivitas pencapaian tujuan ini ditemukan meningkat.

Richard dkk. (2009) menambahkan bahwa profesional perlu menetapkan alasan yang kuat untuk memahami apa yang dimaksud dengan kinerja dan pilihan ukuran yang akan digunakan untuk mengukurnya.

Sementara mendefinisikan apa yang dimaksud dengan kinerja, manajer harus merefleksikan semua pemangku kepentingan, tingkat heterogenitas dalam lingkungan, sumber daya, dan pilihan strategis, dan kerangka waktu.

Baca juga: Perencanaan Kinerja: Pengertian, Proses, Metodologi, dan Contohnya

Bagaimana Membandingkan Kinerja Lintas Organisasi?

Ketika mengukur kinerja lintas organisasi yang termasuk dalam konteks yang sama, modal manusialah yang bertindak sebagai salah satu faktor pembeda.

Teori berbasis sumber daya atau resource-based theory (RBT) digunakan oleh banyak peneliti untuk mengidentifikasi modal manusia sebagai indikator signifikan dari kinerja organisasi, terutama, dalam memperoleh keunggulan kompetitif atas yang lain (Crook et al., 2008, 2011).

Variabel kunci lain yang heterogen dan, dengan demikian, berguna untuk mengukur kinerja organisasi di seluruh perusahaan adalah orientasi pasar yang terdiri:

  • Kemampuan untuk mengumpulkan informasi pasar,
  • Menyebarluaskan dalam organisasi, dan
  • Meresponnya melalui pengambilan keputusan yang efektif.

Oleh karena itu, adalah mungkin untuk menilai di mana posisi perusahaan sehubungan dengan pelanggannya, pesaing, dan dalam fungsi-fungsinya yang berbeda dengan menggunakan orientasi pasar.

Baca juga: Kuesioner Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, Metode, dan Tahapannya

Kesimpulan

Penilaian kinerja organisasi mungkin merupakan hal yang didefinisikan secara luas, tetapi memahami tips dan cara-cara yang telah kami jelaskan di atas dalam hal komponen – keuangan, pasar, pengembalian pemegang saham, dan keberlanjutan menunjukkan bagaimana seorang profesional dapat memilih campuran indikator yang tepat untuk menilainya.

Ada beberapa indikator yang digunakan untuk mengukur kinerja organisasi pada tingkat yang berbeda. Pada akhirnya, tujuan penilaian kinerja yang menentukan keberhasilan bisnis secara keseluruhan.

Disisi lain, untuk kemudahan dalam melakukan pengelolaan data karyawan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR yang modern seperti Gajihub yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selamanya melalui tautan ini.

2 thoughts on “10 Tips Melakukan Penilaian Kinerja Organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *