20 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

retensi karyawan 1

Mempertahankan atau memasatikan retensi karyawan dengan baik sama pentingnya bagi organisasi seperti halnya merekrut mereka.

Di pasar yang kompetitif saat ini, karyawan mungkin tergoda untuk sering berganti pekerjaan untuk menemukan posisi yang menawarkan manfaat yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi.

Anda bisa menerapkan beberapa strategi untuk menjaga retensi dan membuat karyawan Anda tetap bahagia dan puas di tempat kerja. Dalam artikel ini, kami membahas 20 strategi untuk meningkatkan retensi karyawan Anda.

Mengapa Penting untuk Menjaga Retensi Karyawan?

Mempertahankan karyawan yang baik sangat penting bagi keberhasilan bisnis Anda, karena hal ini memungkinkan Anda menghemat biaya perekrutan dan perekrutan.

Hal ini juga mendukung transfer pengetahuan yang efektif dalam organisasi. Karyawan yang bertahan lebih lama tahu lebih banyak tentang budaya perusahaan dan tahu cara melakukan tugas mereka secara efektif. Mereka bisa mentransfer informasi berharga ini kepada anggota staf baru.

Ketika Anda menerapkan langkah-langkah untuk mempertahankan karyawan dan menunjukkan penghargaan Anda kepada mereka, mereka biasanya lebih puas dan bahagia sebagai imbalannya. Kebahagiaan mereka bisa mengarah pada peningkatan penjualan dan peningkatan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Tips Menjawab Apa Kelebihan Anda dalam Interview

20 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Berikut ini adalah 20 cara teratas untuk meningkatkan retensi karyawan.

1. Mulai dengan onboarding

Onboarding adalah praktik mengintegrasikan karyawan baru ke dalam organisasi. Prosedur orientasi Anda harus menjelaskan pekerjaan dan budaya perusahaan kepada karyawan baru Anda.

Untuk onboarding yang sukses, tawarkan pelatihan dan dukungan sejak hari pertama. Biarkan karyawan tahu bagaimana mereka bisa berkontribusi. Hal ini akan menentukan suasana untuk sisa waktu karyawan di perusahaan Anda.

Pertimbangkan untuk mengembangkan mentoring. Anda dapat memasangkan karyawan baru dengan karyawan yang berpengalaman untuk melanjutkan proses onboarding.

Hal ini bermanfaat bagi kedua belah pihak karena karyawan baru menawarkan perspektif baru sebagai imbalan atas pelatihan.

2. Berikan kompensasi dan tunjangan

Kompensasi dan tunjangan adalah bagian dari paket yang ditawarkan perusahaan kepada karyawan mereka sebagai imbalan atas pekerjaan mereka.

Ini adalah alat penting untuk mempertahankan karyawan di pasar yang kompetitif. Paket yang menarik tidak hanya mencakup gaji tetapi juga tunjangan kesehatan, dana pensiun, cuti berbayar dan bonus.

Anda juga bisa menawarkan fasilitas yang meningkatkan moral karyawan seperti komputer, ponsel atau mobil perusahaan.

3. Memperlancar alur kerja

Izinkan karyawan Anda untuk beristirahat. Mengharapkan kinerja berkualitas tinggi adalah hal yang normal, tetapi lebih baik menghindari tekanan yang terus menerus.

Karyawan yang memiliki waktu untuk berhenti sejenak dan rileks akan lebih efisien ketika mereka kembali. Anda bisa menawarkan kesempatan untuk beberapa kali istirahat di siang hari atau kegiatan di luar kantor dari waktu ke waktu.

Baca juga: Download Contoh Surat Cuti Melahirkan Karyawan

4. Berkomunikasi dengan jelas

Komunikasi adalah salah satu alat paling efektif untuk mempertahankan karyawan. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berkomunikasi dengan karyawan Anda:

  • Komunikasikan harapan Anda. Komunikasikan dengan jelas harapan Anda kepada semua karyawan sesegera mungkin. Praktik yang baik adalah berhubungan secara teratur dengan setiap anggota staf untuk menjelaskan apa yang perlu mereka tingkatkan.
  • Komunikasikan tentang peluang pengembangan profesional. Biarkan karyawan Anda mengetahui semua opsi yang tersedia bagi mereka. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk mengetahui bahwa mereka dapat menerima bantuan untuk berkembang dalam organisasi.
  • Dorong komunikasi antar rekan kerja. Tawarkan kepada karyawan platform seperti obrolan atau pesan internal untuk memungkinkan mereka terhubung. Isolasi adalah alasan mengapa karyawan keluar, jadi Anda ingin menghindarinya. Untuk platform seperti ini, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR Gajihub yang memiliki fitur ESS yang mempermudah komunikasi karyawan Anda.
  • Bantu mereka memahami keputusan strategis. Komunikasikan pesan tentang strategi Anda di intranet sehingga karyawan dari setiap tingkat organisasi merasa terlibat.

gajihub 2

5. Berikan pengakuan dan penghargaan

Biarkan karyawan Anda tahu bahwa Anda menghargai pekerjaan mereka. Akui nilai mereka secara publik. Anda dapat berterima kasih dengan kartu tulisan tangan atau email yang tulus di mana Anda menjelaskan bagaimana kerja keras mereka berkontribusi pada organisasi.

Untuk membantu Anda memilih hadiah yang baik, pertimbangkan tip ini: Hadiah yang Anda berikan kepada staf Anda harus menjawab kebutuhan emosional mereka.

Ada banyak pilihan lain selain kompensasi uang. Misalnya, hari libur ekstra, kartu hadiah, pesta perusahaan atau pakaian logo, semuanya bisa meningkatkan moral karyawan dan berkontribusi pada budaya perusahaan.

Anda bisa menyiapkan program pengakuan bahkan pada tim kecil dengan anggaran yang kecil.

6. Mengembangkan karyawan internal

Pengembangan karyawan meningkatkan tingkat retensi Anda dan berkontribusi pada produktivitas perusahaan dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Ini terdiri dari mempersiapkan karyawan untuk maju. Begitu mereka siap, karyawan tepercaya yang sudah mengetahui bisnis Anda ini dapat mengisi posisi sekaligus memungkinkan Anda menghemat perekrutan dan pelatihan kandidat eksternal.

Baca juga: Perbedaan JKP dan JHT dalam BPJS Ketenagakerjaan

7. Menyediakan platform untuk menampung feedback

Platform umpan balik adalah perangkat lunak manajemen yang dirancang untuk mengumpulkan dan menganalisis data umpan balik atau feedback untuk mengubahnya menjadi keputusan strategis.

Pengusaha dapat menggunakan alat ini untuk memahami tingkat kepuasan staf mereka dan meningkatkannya. Menyediakan lingkungan di mana karyawan dapat memberikan umpan balik mereka secara bebas menunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat mereka.

Merupakan praktik yang baik untuk meminta ide-ide baru dan terbuka untuk bekerja sama. Selain itu, tetaplah terbuka terhadap pertanyaan atau komentar dari bawahan langsung Anda. Ketika orang merasa nyaman memberikan saran, mereka dapat berkomitmen untuk melakukan perbaikan berkelanjutan.

8. Membina kerja tim dalam mendorong pengambilan keputusan

Pastikan semua orang dapat berkontribusi dan menawarkan saran atau masukan ketika tim bekerja bersama.

Anda bisa mencapai budaya kolaboratif dengan memberikan kesempatan kepada semua karyawan untuk membuat keputusan dan mengizinkan setiap individu untuk mengekspresikan gaya kerja mereka yang berbeda.

Praktik-praktik yang berorientasi pada tim ini meningkatkan kepemilikan dan keterlibatan.

9. Berinvestasi dalam pengembangan profesional

Pengembangan profesional adalah pendidikan atau pelatihan berkelanjutan yang memungkinkan karyawan untuk maju dalam karier mereka.

Anda dapat membayar untuk pelatihan pendidikan berkelanjutan, memberikan penggantian biaya kuliah atau mengirim karyawan ke konferensi atau acara industri tahunan.

Sangat penting untuk berinvestasi dalam pengembangan profesional karyawan Anda dan menawarkan pertumbuhan untuk membekali mereka dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berhasil dalam posisi mereka saat ini atau peran mereka di masa depan.

Anda juga menjaga staf Anda tetap up to date, yang memungkinkan organisasi Anda tetap kompetitif. Menantang karyawan Anda membantu mereka tetap terlibat dan termotivasi.

Baca juga: Aturan Health Screening Karyawan, Jenis, dan Tipsnya

10. Mendorong work life balance

Work life balance yang sehat memberikan kepuasan kerja bagi karyawan dan meningkatkan retensi. Tunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda memahami dan menghormati kehidupan pribadi mereka.

Untuk mencapai hal ini, Anda dapat mendorong staf Anda untuk mengambil cuti dan memberikan kompensasi untuk kerja lembur dengan menawarkan keterlambatan atau hari libur. Anda juga bisa menyediakan laptop untuk memungkinkan mereka bekerja dari mana saja.

11. Berbagi pendapatan perusahaan

Bagi hasil adalah strategi pemasaran yang terdiri dari berbagi keuntungan perusahaan dengan mereka yang berkontribusi pada bisnis.

Anda dapat menggunakannya untuk mendorong karyawan agar tetap tinggal dengan mengaitkan sebagian dari gaji mereka dengan kinerja perusahaan.

Dengan begitu, mereka dihargai seiring pertumbuhan perusahaan. Ini menyelaraskan kepentingan mereka dengan tujuan pendapatan dan laba perusahaan.

12. Berikan pengawasan yang berkualitas

Manajer memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan strategi dan visi pimpinan. Manajer yang baik adalah pemimpin terlebih dahulu, tidak harus berkinerja terbaik.

Mereka perlu memberikan dukungan dan komunikasi kepada staf mereka. Pastikan manajer Anda menghormati keterlibatan mereka dan menunjukkan bahwa mereka dapat dipercaya, misalnya dengan menjadwalkan pertemuan atau menawarkan hadiah.

13. Izinkan karyawan Anda untuk menggunakan keterampilan mereka.

Pelajari tentang bakat dan pengalaman karyawan Anda, dan izinkan mereka berkontribusi pada pekerjaan di luar deskripsi pekerjaan mereka.

Hal ini dapat meningkatkan motivasi ketika Anda mendelegasikan dan bertanya kepada mereka jika mereka ingin mencoba sesuatu yang baru.

Baca juga: Pengertian Team Building dan 30 Contoh Aktivitasnya

retensi karyawan 2

14. Berikan tanggung jawab kepada karyawan

Izinkan karyawan bekerja dalam otonomi, yang mendorong mereka untuk mengambil lebih banyak tantangan dan membuat mereka lebih bersemangat tentang pekerjaan mereka.

Memberikan tanggung jawab yang memungkinkan mereka untuk tumbuh adalah tanda Anda mempercayai karyawan Anda. Hal ini meningkatkan produktivitas, efisiensi dan keterlibatan.

15. Tawarkan fleksibilitas

Pengaturan kerja yang fleksibel dapat menghilangkan stres dan meningkatkan retensi karyawan.

Anda dapat mengizinkan staf Anda untuk memilih minggu kerja yang dikompresi (misalnya, seminggu dengan empat hari kerja 10 jam) atau flextime, di mana karyawan memulai dan menyelesaikan hari mereka lebih awal atau lebih lambat, tergantung pada apa yang paling cocok untuk mereka.

Bekerja dari rumah satu atau dua hari dalam seminggu adalah pilihan lain yang disukai karyawan.

16. Biarkan karyawan Anda menjadi diri mereka sendiri

Anda dapat mendorong karyawan Anda untuk mengekspresikan diri mereka yang otentik di tempat kerja.

Mengizinkan variasi dalam pilihan pakaian kantor dapat mendorong otonomi pribadi dan kebebasan berekspresi. Kemandirian ini dapat mendorong kepuasan karyawan dan meningkatkan tingkat retensi.

Baca juga: Manajemen Krisis: Pengertian dan Peran Tim HR di Dalamnya

17. Komunikasikan nilai-nilai perusahaan Anda

Nilai-nilai perusahaan yang jelas membantu organisasi memastikan bahwa karyawan bekerja bersama menuju tujuan bersama.

Nilai-nilai ini menciptakan rasa memiliki dan tujuan yang membantu menarik dan mempertahankan kandidat yang tepat. Komunikasikan nilai-nilai perusahaan Anda dan inspirasikan karyawan untuk menggunakannya dalam membuat keputusan.

18. Buatlah tempat kerja yang menarik

Dorong rekan kerja untuk berkumpul bersama secara teratur, bertatap muka dan mengatur ritual tim. Karyawan yang saling mengenal satu sama lain membangun ikatan yang kuat, yang meningkatkan produksi kerja mereka. Mereka terlibat dalam hubungan yang lebih dalam dan bisa menjadi teman, yang memotivasi mereka untuk datang bekerja.

19. Minta manajer menunjukkan contoh

Manajer harus memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mendorong karyawan melakukan hal yang sama.

Ini adalah cara yang sangat baik untuk menunjukkan kepada anggota tim mereka bahwa mereka berkomitmen pada budaya perusahaan.

Misalnya, jika ada gym di tempat, manajer dapat berlatih bersama anggota tim mereka untuk menunjukkan bahwa mereka setuju dengan budaya kesehatan. Perusahaan bahkan bisa melangkah lebih jauh dan membayar staf untuk berlatih di gym.

20. Rayakan pencapaian

Tonggak sejarah adalah kesempatan untuk berhenti sejenak dan menunjukkan apresiasi Anda. Anda bisa merayakan pencapaian besar dan kecil dengan tamasya kelompok atau makan bersama.

Baca juga: Manfaat Pemantauan Produktivitas Karyawan dan Caranya

Kesimpulan

Memiliki karyawan yang loyal dan produktif adalah impian setiap pemilik bisnis dan juga tim HR. Mempertahankan retensi karyawan memang bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan semakin kompetitifnya pasar tenaga kerja saat ini.

Dengan memberikan perhatian terhadap kebutuhan karyawan, Anda tidak hanya akan membuat karyawan Anda betah bekerja dalam bisnis, namun juga meningkatkan produktifitas dan meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Salah satu hal yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan sistem yang mempermudah proses kerja karyawan, seperti proses pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, atau melihat slip gaji secara mobile hanya melalui smartphone.

Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub untuk mendapatkan semua kemudahan tersebut sekaligus membuat proses penghitungan payroll, tunjangan, dan semua proses HR terintegrasi dalam satu platform.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

4 thoughts on “20 Strategi untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *