Aturan Health Screening Karyawan, Jenis, dan Tipsnya

health screening karyawan 1

Melakukan health screening atau pemeriksaan kesehatan dapat menentukan apakah kandidat pekerjaan atau karyawan baru dapat berhasil melakukan tanggung jawab pekerjaan mereka.

Meskipun proses health screening ini mungkin tampak mengintimidasi jika Anda adalah karyawan baru atau calon karyawan, pemeriksaan kesehatan ketenagakerjaan membantu menjaga semua karyawan di tempat kerja tetap aman dan produktif. Penting juga untuk diingat bahwa ada perlindungan hukum bagi karyawan dan pemberi kerja.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu health screening untuk karyawan, aturan pemeriksaan kesehatan di Indonesia dan bagaimana mempersiapkan penilaian kesehatan kerja Anda.

Apa yang Dimaksud Health Screening Karyawan?

Health screening atau pemeriksaan ksehatan untuk pekerjaan adalah tes medis yang diminta oleh pemberi kerja untuk Anda selesaikan.

Pemberi kerja dapat meminta Anda untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan baik selama proses lamaran kerja Anda atau setelah Anda baru saja menerima tawaran pekerjaan

. Jenis pemeriksaan kesehatan yang spesifik tergantung pada faktor-faktor seperti lokasi geografis Anda dan tanggung jawab spesifik dari pekerjaan tersebut. Jenis pemeriksaan kesehatan kerja meliputi:

  • Pemeriksaan fisik rutin
  • Tes narkoba dan/atau alkohol
  • Tes kesehatan jantung
  • Tes kemampuan fisik, seperti berlari atau angkat beban
  • Tes psikologis

Baca juga: Pengertian Team Building dan 30 Contoh Aktivitasnya

Aturan Health Screening Karyawan di Indonesia

Atauran health screening karyawan termuat dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 tahun 1970 tentang keselamatan kerja yaitu pada pasal 2 ayat (2) yang menyebutkan bahwa harus mengadakan pemeriksaan kesehatan sebelum bekerja.

Sedangkan Pasal 8 ayat (1) menjelaskan bahwa Pengurus diwajibkan memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik dari tenaga kerja yang akan diterimahnya maupun akan dipindahkan sesuai dengan sifat-sifat pekerjaan yang diberikan kepadanya.

Hal ini dipertegas juga dalam peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi No. Per. 02 tahun 1980 tentang pemeriksaan kesehatan tenaga kerja dan penyelenggaraan keselamatan kerja yaitu pada pasal (2 )ayat (1) yang menyebutkan bahwa pemeriksaan sebelum bekerja ditujukan agar tenaga kerja yang diterima berada dalam kondisi kesehatan yang setinggi-tingginya, tidak mempunyai penyakit menular yang akan mengenai tenaga kerja lainnya, dan cocok untuk pekerjaan yang akan dilakukan sehingga keselamatan dan kesehatan kerja yang bersangkutan dan tenaga kerja lainnya dapat dijamin.

Baca juga: 18 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Alasan Lain Melakukan Health Screening pada Karyawan

Pemberi kerja biasanya meminta calon karyawan atau karyawan baru untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan kerja untuk melihat apakah mereka dapat melakukan fungsi pekerjaan mereka.

Calon petugas pemadam kebakaran dan petugas pemadam kebakaran saat ini, misalnya, sering mengikuti tes kemampuan kebugaran karena pekerjaan mereka membutuhkan stamina fisik, kecepatan dan kekuatan.

Pemberi kerja juga ingin memeriksa potensi risiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan oleh karyawan terhadap diri mereka sendiri atau orang lain di tempat kerja.

Misalnya, jika karyawan gudang memiliki kondisi medis yang membuat mereka kesulitan mengangkat kotak berat, karyawan tersebut mungkin secara tidak sengaja melukai diri sendiri atau rekan kerja melalui teknik pengangkatan yang tidak tepat.

Baca juga: Manfaat Pemantauan Produktivitas Karyawan dan Caranya

health screening karyawan 2

Dapatkah Pemberi Kerja Menolak Anda karena Hasil Health Screening?

Jika Anda khawatir tawaran pekerjaan bersyarat Anda ditolak karena hasil pemeriksaan kesehatan Anda, mungkin akan lebih baik untuk mengetahui bahwa Anda tidak dapat secara hukum kehilangan tawaran pekerjaan karena kondisi medis yang ada.

Jika pemberi kerja mengambil tawaran pekerjaan dari Anda karena disabilitas, maka ini dianggap sebagai diskriminasi.

Menggunakan akomodasi untuk penunjang kerja

Pemberi kerja hanya dapat menarik tawaran pekerjaan bersyarat setelah pemeriksaan kesehatan Anda jika pemeriksaan menunjukkan bahwa Anda tidak dapat melakukan tanggung jawab pekerjaan dengan aman bahkan dengan akomodasi penunjang kerja yang wajar.

Akomodasi penunjang kerja adalah penyesuaian terhadap tanggung jawab atau lingkungan kerja Anda yang memungkinkan Anda menyelesaikan tugas pekerjaan Anda.

Misalnya, pertimbangkan karyawan baru yang menyelesaikan pemeriksaan kesehatan yang menunjukkan bahwa mereka memiliki masalah dengan kontrol motorik.

Jika karyawan baru tersebut dapat menyelesaikan fungsi pekerjaan mereka dengan akomodasi yang diberikan perusahaan, seperti pemandu jari yang dipasang pada keyboard mereka, maka pemberi kerja harus menyediakan akomodasi tersebut.

Baca juga: Aspirasi Karir Karyawan: Pengertian dan Contoh Jawabannya

Jenis Health Screening Karyawan

Berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan kesehatan kerja yang umum:

1. Tes narkoba dan alkohol

Manajer hanya dapat memberikan tes narkoba dan alkohol jika Anda memiliki tawaran pekerjaan bersyarat. Tes narkoba dan alkohol dapat menguji air liur, keringat, rambut atau urine Anda untuk mengetahui adanya narkoba atau alkohol.

Umumnya, Anda harus membuat janji temu di fasilitas luar untuk menyelesaikan skrining ini, dan perusahaan dapat melaporkan hasil tes Anda secara langsung kepada atasan Anda.

2. Pemeriksaan fisik rutin

Pemeriksaan fisik rutin adalah penilaian umum kesehatan Anda secara keseluruhan. Dokter yang biasa Anda temui mungkin melakukan pemeriksaan fisik untuk pekerjaan Anda atau perusahaan Anda mungkin memilih seorang dokter.

Dokter mungkin akan menguji refleks, penglihatan dan pendengaran Anda, serta mengajukan pertanyaan umum mengenai kesehatan Anda.

3. Kesehatan jantung

Pemeriksaan fisik Anda mungkin mencakup tes kesehatan jantung atau Anda mungkin perlu menyelesaikannya secara terpisah.

Dokter mungkin mendengarkan detak jantung Anda dengan stetoskop, mengambil denyut nadi Anda dan memeriksa tekanan darah Anda. Anda mungkin juga mendapatkan tes darah untuk mengukur kadar kolesterol, natrium atau kalium Anda.

Baca juga: 12 Strategi Untuk Meningkatkan Kepuasan Karyawan

4. Tes kemampuan fisik

Tes kemampuan fisik dapat menilai ketahanan fisik, kekuatan, fleksibilitas atau kecepatan Anda. Tes-tes ini mungkin termasuk berlari putaran, melakukan latihan sederhana seperti pushup atau mengangkat sejumlah berat badan.

Anda biasanya hanya diminta untuk menyelesaikan tes kemampuan fisik jika pekerjaan Anda mengharuskan karyawan untuk sehat secara fisik, seperti kepolisian atau bekerja di gudang.

5. Tes psikologis

Pemeriksaan kesehatan kerja psikologis dapat dilakukan dalam beberapa bentuk yang berbeda. Beberapa tes relatif sederhana, seperti tes kepribadian atau bakat yang digunakan pemberi kerja untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang gaya dan kemampuan kerja Anda.

Terapis atau psikolog dapat melakukan tes psikologis lainnya. Tes-tes ini mungkin menanyakan tentang kesejahteraan emosional Anda, riwayat depresi atau situasi yang membuat Anda cemas.

Pemberi kerja biasanya menggunakan jenis pemeriksaan kesehatan psikologis ketenagakerjaan ini untuk menilai apakah Anda mungkin memerlukan akomodasi yang wajar untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Baca juga: Metode Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Saat Rekrutmen Karyawan

gajihub 3

Tips untuk Mempersiapkan Pemeriksaan Kesehatan Kerja Anda

Berikut ini beberapa saran untuk mempersiapkan pemeriksaan kesehatan kerja Anda:

1. Berada dalam kondisi fisik terbaik Anda

Sehari sebelum ujian, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk membantu memastikan Anda siap dan nyaman:

  • Minimalkan paparan Anda terhadap suara keras yang dapat memengaruhi pendengaran Anda.
  • Tidurlah yang nyenyak.
  • Batasi asupan zat yang mungkin memengaruhi tubuh Anda. Misalnya, jika Anda tahu bahwa kafein terkadang meningkatkan detak jantung Anda, pertimbangkan untuk beralih ke teh herbal beberapa jam sebelum ujian Anda.
  • Makan makanan bergizi.
    Jika Anda memiliki ujian kemampuan fisik, lakukan beberapa peregangan atau olahraga ringan.
    Minumlah banyak air.

2. Datang dengan segala sesuatu yang mungkin Anda perlukan

Tanyakan kepada calon pemberi kerja Anda dan entitas lain yang terlibat dalam pemeriksaan Anda tentang barang apa saja yang harus dibawa.

Tergantung pada sifat penilaian Anda, Anda mungkin memerlukan barang-barang berikut ini:

  • Tanda pengenal yang masih berlaku
  • Daftar obat resep dan obat bebas yang Anda konsumsi saat ini
  • Perangkat bantu, seperti kacamata atau alat bantu dengar Anda
  • Daftar kondisi kesehatan, alergi dan operasi Anda sebelumnya
  • Dokumen dari perusahaan Anda tentang layanan khusus atau perintah laboratorium

Baca juga: 15 Cara Meningkatkan Skill Karyawan Paling Mudah

3. Cobalah untuk rileks

Meskipun pemeriksaan kesehatan untuk pekerjaan bisa membuat stres, lakukan yang terbaik untuk tetap tenang.

Dokter, psikolog atau profesional kesehatan lainnya yang melakukan pemeriksaan kesehatan Anda hanya ingin menilai kesehatan Anda secara akurat. Ingatlah bahwa perusahaan Anda memerlukan pemeriksaan kesehatan karena mereka ingin Anda melakukan pekerjaan Anda dengan aman dan berhasil.

Jawablah pertanyaan tentang riwayat kesehatan Anda dengan jujur. Jika Anda tidak yakin apa maksud pertanyaan tertentu, tidak apa-apa untuk meminta dokter atau psikolog untuk mengulanginya.

Baca juga: 11 Tujuan Manajemen dan Tips Implementasinya

Kesimpulan

Melakukan health screening karyawan adalah hal penting yang harus Anda lakukan jika Anda adalah seorang tim HR atau pemilik bisnis untuk memastikan kandidat yang Anda pilih bisa melakukan pekerjaan yang ditugaskan tanpa masalah kesehatan yang akan membahayakan mereka atau karyawan lain.

Penting juga bagi Anda untuk melakukan penyimpanan data karyawan pada sistem terintegrasi untuk memastikan semua data tersebut bisa Anda akses dengan mudah untuk membuat keputusan HR yang lebih baik.

Untuk proses terintegrasi ini, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR Gajihub yang memiliki fitur terlengkap, mudah digunakan, dan harga yang terjangkau.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

1 thought on “Aturan Health Screening Karyawan, Jenis, dan Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *