18 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Menerima Tawaran Kerja 1

Ketika mencari peluang profesional baru, ada banyak pertimbangan yang perlu diingat ketika Anda menerima tawaran kerja.

Memahami pertimbangan-pertimbangan ini bisa membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin berkomitmen pada suatu perusahaan, dan juga bisa membantu Anda membandingkan dengan tawaran lainnya yang mungkin Anda dapatkan.

Semakin banyak faktor yang Anda pertimbangkan ketika memutuskan, semakin banyak informasi yang Anda miliki untuk memandu pilihan Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas pentingnya mempertimbangkan sebelum menerima tawaran kerja dan 18 pertimbangan untuk membantu Anda membuat keputusan.

Mengapa Penting untuk Mempertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Kerja?

Pekerjaan yang Anda pilih dapat memengaruhi banyak bidang kehidupan Anda, mulai dari menentukan berapa banyak uang yang Anda peroleh hingga jumlah waktu luang yang Anda nikmati.

Memahami pertimbangan tawaran pekerjaan yang paling penting akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat sehingga Anda lebih mungkin memilih pekerjaan yang menghasilkan keseimbangan kehidupan kerja yang memuaskan.

18 Pertimbangan Penting Sebelum Menerima Tawaran Kerja

Beberapa pertimbangan paling penting yang harus dibuat ketika mengevaluasi tawaran pekerjaan meliputi:

1. Gaji pokok

Pertimbangan pertama saat meninjau tawaran pekerjaan baru biasanya adalah gaji atau upah per jam. Pemberi kerja sering memberikan informasi ini kepada Anda saat membuat penawaran.

Penting untuk menilai pendapatan yang ditawarkan calon pemberi kerja Anda dan membandingkannya dengan kebutuhan finansial Anda. Anda mungkin bisa menambah tawaran awal dengan menegosiasikan tarif yang lebih tinggi.

Baca juga: Gaji Pokok: Ketentuan dan Cara Mudah Menghitungnya

2. Paket tunjangan

Gaji Anda bukan satu-satunya cara pemberi kerja dapat memilih untuk memberikan manfaat finansial. Paket manfaat tambahan dapat memberikan nilai yang substansial.

Tunjangan dapat mencakup insentif finansial, seperti opsi saham dan rencana pensiun, serta tunjangan finansial tidak langsung, seperti asuransi kesehatan. Uang liburan, uang sakit, dan cuti keluarga adalah item lain yang mungkin muncul dalam paket tunjangan.

Ketika membandingkan dua tawaran pekerjaan dari perusahaan yang berbeda, jika salah satu berisi paket tunjangan yang lebih baik, itu mungkin tawaran yang lebih bernilai secara finansial terlepas dari apakah itu memiliki gaji pokok yang lebih tinggi.

Baca juga: Pengertian Tunjangan: Ini Jenis dan Penjelasan Menurut Undang-Undang

3. Jam kerja

Jam kerja yang Anda butuhkan untuk bekerja setiap minggu adalah hal lain yang perlu dinilai saat mengevaluasi tawaran pekerjaan.

Baik jam kerja yang lebih panjang maupun lebih pendek bisa bermanfaat dalam keadaan yang tepat. Untuk posisi bergaji, misalnya, tawaran pekerjaan dengan jam kerja yang lebih pendek akan meningkatkan kompensasi per jam Anda, sehingga Anda bisa menikmati lebih banyak waktu luang atau menambah penghasilan Anda dengan pekerjaan tambahan.

Ketika bekerja per jam, pekerjaan dengan jam kerja yang lebih panjang mungkin memiliki daya tarik karena itu juga berarti lebih banyak kompensasi setiap minggunya.

Baca juga: Cara Menghitung Jam Kerja Karyawan di Indonesia

Menerima Tawaran Kerja 2

4. Perjalanan

Bagaimana Anda berangkat kerja setiap hari bisa memainkan peran besar dalam kenikmatan Anda akan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Pekerjaan dengan perjalanan yang singkat mungkin memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu luang, misalnya, tetapi perjalanan yang lebih lama ke pekerjaan yang sangat Anda nikmati mungkin bermanfaat.

Anda mungkin juga mempertimbangkan jenis perjalanan pulang pergi, karena Anda mungkin lebih suka menggunakan angkutan umum, mengemudi, atau mengendarai sepeda, dan lokasi pekerjaan yang berbeda mungkin lebih cocok untuk pilihan yang berbeda.

5. Gaya kerja

Memahami bagaimana Anda suka bekerja dapat membantu Anda menemukan pekerjaan yang selaras dengan gaya kerja yang Anda sukai.

Pertimbangan gaya kerja dapat mencakup lingkungan kerja yang Anda sukai dan keahlian Anda. Menemukan gaya kerja yang selaras dengan preferensi Anda dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada kebahagiaan tempat kerja Anda secara keseluruhan.

6. Tanggung Jawab

Penting untuk menemukan pekerjaan yang memungkinkan Anda bahagia dalam kehidupan sehari-hari, dan tugas serta tanggung jawab pekerjaan Anda bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam menjaga kebahagiaan profesional Anda.

Pekerjaan yang ideal menawarkan berbagai tanggung jawab yang Anda minati, menyediakan pekerjaan yang cukup untuk membuat Anda tetap terlibat sambil tetap membuat Anda memenuhi harapan yang wajar.

Pertimbangkan tantangan yang ditimbulkan oleh tugas-tugas potensial Anda dan apakah tugas-tugas tersebut memberikan pekerjaan yang menurut Anda menarik dan dapat Anda nikmati untuk diselesaikan setiap minggunya.

Baca juga: Pengertian Team Building dan 30 Contoh Aktivitasnya

7. Jabatan pekerjaan

Jabatan resmi Anda di perusahaan bisa menjadi pertimbangan yang berarti saat menilai tawaran pekerjaan. Gelar pekerjaan Anda memberikan status dan juga dapat membantu memperjelas posisi Anda dalam suatu organisasi.

Mendapatkan posisi dengan jabatan yang lebih tinggi dari pekerjaan Anda sebelumnya menunjukkan perkembangan karier dan dapat bermanfaat untuk promosi atau pencarian kerja di masa depan.

Baca juga: Tips Sukses di Jabatan Baru Ini Wajib Anda Lakukan

8. Kemajuan karier

Saat mengambil posisi baru, Anda mungkin ingin mempertimbangkan apa artinya bagi karier Anda dalam jangka panjang. Sebuah pekerjaan dapat bermanfaat bagi kemajuan karier Anda dalam tiga cara.

Metode kemajuan yang paling langsung adalah dengan menerima pekerjaan yang merupakan promosi dari posisi Anda saat ini.

Anda juga dapat memeriksa peluang untuk kemajuan di masa depan dalam perusahaan baru yang potensial. Perusahaan yang memiliki catatan promosi internal dapat memberikan jalur karier yang layak untuk peran yang lebih tinggi.

Akhirnya, perusahaan yang menawarkan pekerjaan yang dapat membantu Anda membangun keterampilan dan pengalaman Anda, memungkinkan Anda untuk mencari posisi yang lebih tinggi di perusahaan lain di masa depan.

9. Budaya perusahaan

Bekerja di perusahaan yang cocok dengan gaya dan preferensi pribadi Anda bisa memainkan peran besar dalam kebahagiaan profesional Anda.

Apakah Anda lebih suka tempat kerja yang lebih santai atau pendekatan yang lebih tradisional, Anda bisa mendapatkan manfaat dari menilai budaya di perusahaan potensial Anda dan memutuskan apakah Anda akan menikmati bekerja di perusahaan dengan pendekatan itu pada hari kerja.

Baca juga: Budaya Kerja: Pengertian Lengkap dan Cara Membangunnya

10. Rekan kerja dan manajer

Sama halnya dengan menilai budaya keseluruhan di sebuah perusahaan, jika Anda bisa mengenal calon supervisor dan rekan kerja Anda sebelum memutuskan tawaran pekerjaan, ini bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat.

Memiliki rekan kerja yang bisa membuat hari-hari Anda lebih menyenangkan dan memfasilitasi kerja sama yang lebih mudah. Untuk supervisor Anda, akan bermanfaat jika Anda bekerja untuk seseorang yang Anda hormati dan yang gaya kepemimpinannya Anda sukai.

11. Peluang membangun jaringan

Membangun jaringan profesional adalah keterampilan berharga yang dapat membantu Anda baik secara pribadi maupun profesional sepanjang karier Anda.

Saat menilai tawaran pekerjaan, memahami bagaimana hal itu dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk membangun jaringan dapat membantu Anda menentukan apakah pekerjaan itu cocok untuk Anda.

Posisi yang dilengkapi dengan peluang jaringan yang kuat bisa berdampak positif pada kemampuan Anda untuk melakukan pekerjaan yang Anda terima dan memposisikan diri Anda untuk kemajuan di masa depan.

Baca juga: Mengetahui Biaya Jabatan PPh 21 dan Cara Hitungnya

12. Bidang profesional

Jika Anda memiliki beragam keterampilan atau memiliki keterampilan yang berlaku di berbagai industri, Anda mungkin ingin meluangkan waktu untuk meneliti jenis pekerjaan yang ingin Anda kejar.

Pertimbangkan apa yang diperlukan oleh pekerjaan di setiap bidang yang diminati dan bagaimana hal itu selaras dengan kebutuhan dan preferensi Anda untuk menentukan apakah tawaran pekerjaan tersebut berada di bidang yang tepat untuk Anda.

gajihub 1

13. Pertimbangan keluarga

Keputusan yang Anda buat untuk kehidupan profesional Anda juga berdampak pada kehidupan pribadi Anda, jadi memahami bagaimana tawaran pekerjaan akan memengaruhi orang-orang yang Anda cintai juga bisa bermanfaat.

Mendiskusikan tawaran pekerjaan dengan keluarga Anda memungkinkan Anda untuk lebih memahami dampak yang mungkin ditimbulkan oleh penerimaan tawaran pekerjaan terhadap keluarga Anda. Hal ini juga memungkinkan mereka yang mengenal dan peduli dengan Anda berkesempatan untuk memberikan pendapat mereka.

14. Situasi saat ini

Ketika mempertimbangkan untuk menerima tawaran kerja, sering kali salah satu faktor yang paling signifikan adalah situasi profesional Anda saat ini.

Dengan membandingkan situasi Anda saat ini dengan ekspektasi Anda dari tawaran pekerjaan, Anda dapat membandingkan dan membedakan kekuatan relatif dari menerima tawaran pekerjaan atau menolaknya.

Ketika menilai situasi Anda saat ini, jika Anda memiliki pekerjaan saat ini, Anda dapat menggunakan pertimbangan yang sama untuk memutuskan nilai relatif dari setiap peluang.

Baca juga: Individual Development Plan: Pengertian dan Cara Membuatnya

15. Stabilitas perusahaan

Ketika mempertimbangkan posisi baru, Anda mungkin mendapat manfaat dari melihat keuangan dan proyeksi perusahaan sebelum menerima tawaran.

Bekerja untuk perusahaan dengan kinerja keuangan yang kuat dapat memberikan stabilitas, karena mereka lebih mungkin mempertahankan staf dan bahkan melakukan ekspansi.

16. Tantangan profesional

Banyak karyawan menghargai pekerjaan yang menawarkan tantangan. Pekerjaan yang mengharuskan Anda tumbuh secara profesional agar berhasil memungkinkan Anda mengembangkan keterampilan baru yang menguntungkan Anda baik dalam peran Anda saat ini maupun ketika mencari promosi.

Memeriksa area untuk pertumbuhan yang Anda lihat dalam tawaran pekerjaan dapat membantu Anda menentukan apakah posisi yang diusulkan kemungkinan besar akan membantu Anda meningkat secara profesional.

17. Tuntutan pekerjaan

Ekspektasi yang diberikan pekerjaan pada karyawan bisa bervariasi menurut pemberi kerja dan posisi. Selain mempertimbangkan tuntutan yang diberikan suatu posisi selama hari kerja, Anda mungkin juga melihat apakah ada ekspektasi kerja di luar jam kerja.

Suatu pekerjaan mungkin mengharuskan Anda untuk tersedia pada akhir pekan atau menampilkan kerja lembur secara teratur, jadi penting untuk mempertimbangkan bagaimana ekspektasi ini dapat memengaruhi kesenangan Anda terhadap posisi tersebut.

18. Peluang negosiasi

Apabila suatu pekerjaan menarik bagi Anda, tetapi ada satu atau beberapa masalah yang menghalangi Anda untuk menerimanya, Anda mungkin bisa menegosiasikan perjanjian yang memungkinkan Anda untuk menerimanya.

Bahkan ketika Anda berniat untuk menerima tawaran pekerjaan, memasuki negosiasi bisa memungkinkan Anda untuk mendapatkan persyaratan yang lebih menguntungkan untuk membuat tawaran pekerjaan lebih menarik.

Baca juga: Aspirasi Karir Karyawan: Pengertian dan Contoh Jawabannya

Kesimpulan

Memastikan beberapa hal sebelum menerima tawaran kerja adalah hal penting supaya Anda tidak terjebak dalam situasi yang menyulitkan perkembangan karir dan keuangan Anda.

Oleh sebab itu, ketahui secara detail apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum menerima tawaran kerja dengan 18 hal diatas untuk menilai dan memilih perusahaan mana yang terbaik sebagai tempat Anda bekerja.

Di sisi lain, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis atau bagian tim HR, Anda bisa membuat kebijakan dan proses kerja yang lebih baik untuk meningkatkan loyalitas karyawan saat ini dan minat para kandidat untuk memilih perusahaan Anda.

Salah satu hal yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengadopsi sistem HR modern seperti Gajihub yang akan membuat proses HR dan pencatatan kehadiran karyawan menjadi lebih mudah dan praktis.

Gajihub adalah software HR dan payroll berbasis cloud yang sudah digunakan oleh banyak pemilik bisnis dan tim HR di perusahaan besar untuk memudahkan proses penggajian, pencatatan absensiĀ  dan pengajuan cuti melalui smartphone, penghitungan tunjangan, penghitungan pajak penghasilan, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik menggunakan Gajihub, Anda bisa mencobanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *