Metode Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Saat Rekrutmen Karyawan

metode tes psikologi 1

Apa saja metode tes psikologi? Tes Psikologi terdiri dari berbagai jenis: Tes Kecerdasan, Tes Bakat, Tes Kejuruan, Tes Sikap, Tes Kepribadian, dan lain-lain.

Tes Psikologi terutama digunakan untuk diagnosis psikologis, menyaring kandidat pekerjaan, penempatan akademik, mengidentifikasi perilaku tertentu, tujuan penelitian, dll.

Klasifikasi tes psikologi bisa sesuai sifat atau fungsinya. Baca blog ini untuk mengetahui semua tentang jenis-jenis tes psikologi, kegunaannya, karakteristiknya, dan banyak lagi!

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara lengkap berbagai macam metode dalam tes psikologi dan kepribadian yang biasa digunakan oleh tim HR dalam proses rekrutmen karyawan baru.

Apa itu Penilaian Psikologis?

Asesmen Psikologis atau Tes Psikologi adalah tes lisan atau tertulis yang dibentuk untuk mengevaluasi perilaku seseorang.

Banyak metode tes psikologi yang membantu orang memahami berbagai dinamika manusia. Ini membantu kita memahami mengapa seseorang pandai dalam sesuatu, sementara yang lain pandai dalam hal lain.

Namun, manusia adalah makhluk kompleks yang tidak dapat didefinisikan dan diklasifikasikan di bawah cabang-cabang tertentu. Sifat subjektif manusia dan perbedaan individu cukup sering menimbulkan kritik dalam tes psikologi.

Klasifikasi jenis-jenis tes psikologi adalah sebagai berikut:

  • Sesuai sifat tes psikologi dari segi metode tes yang terstandarisasi dan non-tes
  • Sesuai fungsi tes psikologi seperti tes intelegensi, tes kepribadian, inventori minat, tes bakat, dll.

Baca juga: Apa itu Payroll Service? Berikut Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Karakteristik Tes Psikologi

Berikut adalah karakteristik utama dari Tes Psikologi:

  • Reliabilitas: Penilaian / tes psikologis harus menghasilkan hasil yang sama tidak peduli kapan diambil.
  • Validitas: Tes psikologi harus mengukur apa yang telah dibuat untuk dinilai.
  • Objektivitas: Penilaian harus bebas dari bias pribadi untuk penilaian, interpretasi penilaian atau administrasi.
  • Standardisasi: Tes harus terstandarisasi dalam hal tempat, materi dan waktu untuk penilaian serta lingkungannya.

Sejarah Tes Psikologi

Awalnya diciptakan oleh Francis Baton sebagai sekelompok tes, metode pengujian psikologis dapat ditelusuri kembali ke tahun 2200 SM di Cina ketika seorang kaisar menguji para pejabatnya untuk mengetahui apakah mereka cocok untuk jabatannya.

Sejak saat itu, banyak dinasti Tiongkok telah melihat tes semacam itu berkembang menjadi tes yang lebih formal dengan berbagai tingkatan. Tes-tes ini menciptakan kesan di dunia dan segera setiap negara mulai mengikutinya.

Maju cepat ke masa ketika seluruh dunia dilanda Perang Dunia I, era ini berfungsi sebagai krisis kritis dalam dunia psikologis.

Banyak jenis tes psikologi yang dirancang untuk mengevaluasi tentara untuk tentara dan untuk menyaring tentara yang menderita ‘shellshock’ atau PTSD.

Penyaringan yang intens seperti itu mungkin dianggap kuno di dunia saat ini, tetapi itu adalah tonggak penting dalam psikologi karena memunculkan Tes Kepribadian pertama di dunia.

Baca juga: Rekrutmen Internal dan Eksternal: Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-jenis Tes Intelegensi

Sebelum mengetahui secara mendalam mengenai beberapa metode tes psikologi, ada baiknya mengetahui apa itu tes intelegensi.

Pelopor Tes Inteligensi, Alfred Binet adalah orang pertama yang membuat tes IQ untuk menilai siswa Prancis untuk mengidentifikasi siswa mana yang membutuhkan bantuan khusus.

Dia segera menyadari bahwa beberapa siswa dapat menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan yang jauh lebih maju yang tidak dapat diselesaikan oleh siswa pada umumnya.

Dia kemudian menyadari bahwa berbagai faktor berperan dalam menilai kecerdasan seseorang yang membuat istilah multi-dimensi.

Dia kemudian membuat tes Binet-Simon yang direvisi dan diberi nama tes Stanford-Binet yang menjadi tes inteligensi standar di AS.

Para psikolog mulai mengintervensi variabel-variabel yang mungkin dan tes-tes Psikologi seperti Wechsler Intelligence Scales, Raven’s Progressive Matrices, dll.

Berikut adalah jenis-jenis utama tes kecerdasan atau intelegensi:

  • Tes Prestasi Individu Wechsler
  • Tes Woodcock Johnson III Tes Kecacatan Kognitif
  • Skala Kecerdasan Dewasa Wechsler
  • Skala Kecerdasan Stanford-Binet
  • Tes Prestasi Individu Peabody
  • Kecerdasan Nonverbal Universal
  • Skala Kemampuan Diferensial

Baca juga: Perencanaan Kinerja: Pengertian, Proses, Metodologi, dan Contohnya

metode tes psikologi 2

Jenis-jenis Metode dalam Tes Psikologi

Sekarang setelah Anda tahu tentang asal-usulnya dan mengetahui apa itu tes intelegensi, mari kita jelajahi metode tes psikologi teratas dan paling populer.

Berikut adalah sembilan jenis utama dari tes psikologi:

  • Tes Kepribadian
  • Tes Prestasi
  • Tes Sikap
  • Tes Bakat
  • Tes Kecerdasan Emosional
  • Tes Kecerdasan
  • Tes Neuropsikologis
  • Tes Proyektif
  • Tes Pengamatan (Langsung)

Tes Kepribadian

Sebelumnya, Frenologi (pengukuran benjolan pada tengkorak) digunakan untuk menilai kepribadian seseorang. Tes kepribadian mengevaluasi perilaku, emosi, sifat perilaku dan lingkungan, sikap, dan bahkan gangguan klinis pada seseorang.

Setiap tes kepribadian digunakan untuk mengukur variabel tertentu atau membandingkan dua variabel. Misalnya, masalah emosional atau psikopatologi remaja disaring menggunakan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI-A). Ada berbagai versi MMPI tergantung pada jenis sampel yang ingin Anda uji.

Jenis tes kepribadian unik lainnya adalah asesmen proyektif. Asesmen proyektif yang sangat umum digunakan adalah Tes Apersepsi Tematik dan tes Rorschach Inkblot.

Tes-tes psikologi proyektif ini dibentuk untuk menguji respon seseorang terhadap stimulus tertentu yang memunculkan emosi tersembunyi yang berbeda, pikiran atau keyakinan yang mendasari dengan menggunakan gambar.

Berikut adalah jenis-jenis tes kepribadian dalam psikologi:

  • Tes Objektif Kepribadian: MMPI
  • Tes Proyektif Kepribadian: Tes Rorschach Inkblot, Tes Apersepsi Tematik

Baca juga: Performance Appraisal: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan, dan Tips Melakukannya

Tes Bakat

Seperti disebutkan di atas, manusia memiliki kemampuan dan spesialisasi tertentu. Seseorang yang memiliki pikiran yang kreatif belum tentu memiliki otak yang kalkulatif.

Kemampuan dan minat yang berbeda tersebut diuji dengan menggunakan tes bakat. Tes ini digunakan untuk memprediksi ruang lingkup masa depan seseorang atau menguji apakah seseorang memiliki seperangkat keterampilan tertentu.

Namun, sekali lagi, berbicara tentang kompleksitas manusia, manusia tidak dapat dipahami dan tidak dapat diprediksi dengan cara mereka yang selalu menyisakan ruang untuk ambiguitas.

Berbagai tes bakat diberikan kepada siswa dan karyawan. Banyak tes kemampuan juga termasuk dalam tes bakat. (Misalnya: Penilaian Edward yang ingin menjadi seorang perwira polisi. Untuk pekerjaan yang sigap, berani, dan berani mengambil risiko, Edward harus memiliki keterampilan dan kemampuan tertentu untuk dipilih).

Beberapa bentuk tes bakat yang umum digunakan adalah Graduate Management Admission Test (GMAT), Graduate Record Examination (GRE), Scholastic Assessment Test (SAT), dan lain-lain.

gajihub 2

Baca juga: Pengertian Talent Pool, Manfaat, Tips Membuat, dan Mengeolanya

Tes Kecepatan dan Kekuatan

Jenis lain dari tes psikologi dalam daftar kami adalah tes kecepatan dan kekuatan. Ini adalah tes di mana kinerja diukur terutama berdasarkan kecepatan seseorang bekerja.

Contohnya bisa berupa tes kemampuan klerikal. Alternatif lainnya adalah di mana tesnya sulit dan pelamar atau orang tersebut diberi waktu sebanyak yang dia inginkan.

Jenis tes di mana skor seseorang didasarkan secara eksklusif pada kemampuannya untuk menjawab pertanyaan dengan benar terlepas dari waktu yang telah diambilnya dikenal sebagai power test. Contohnya bisa berupa tes seperti Tes Ketangkasan Pinset, dll.

Tes Kecerdasan Emosional

Pernahkah Anda merasa seperti Anda secara impulsif berteriak pada seseorang atau menangis tanpa alasan? Emosi marah dan sedih inilah yang perlu kita kendalikan dan pantau.

Kita perlu mengenali emosi kita dan mengaturnya tanpa dipengaruhi oleh orang lain. Tes Kecerdasan Emosional mengetuk berbagai emosi melalui situasi yang disajikan kepada peserta tes.

Tes Kecerdasan Emosional membutuhkan kejujuran seseorang untuk mengevaluasi EQ [Emotional Quotient] seseorang secara akurat dan menyarankan cara-cara untuk meningkatkannya.

Sering dicatat bahwa orang yang memiliki EQ yang lebih tinggi jauh lebih puas dan sukses daripada orang sebaliknya.

Meskipun kecerdasan emosional dapat tumpang tindih dengan aspek-aspek lain seperti kepribadian atau komposisi genetik, Kecerdasan Emosional seseorang cenderung berfluktuasi atau berubah.

Hal ini sering membutuhkan kesadaran yang konstan dalam tindakan Anda dan evaluasi konsekuensinya.

Tes Neuropsikologis

Manusia memiliki persepsi yang berbeda satu sama lain. Persepsi-persepsi ini disebabkan oleh struktur dan jalur neurologis yang berbeda yang dimiliki otak kita.

Tes-tes ini dirancang untuk mengukur cara kerja kognitif seseorang. Bagaimana Anda menguji apakah Anda memiliki ingatan yang kuat atau lemah?

Tes neuropsikologis adalah bentuk yang paling penting di antara banyak jenis tes psikologis yang digunakan untuk menilai penyakit seperti Alzheimer, Cedera otak, Gangguan emosional, seperti depresi atau kecemasan.

Penting bagi dokter untuk mengetahui inti masalah untuk menyembuhkannya. Tes neurologis menilai faktor-faktor seperti Memori, Bahasa, Fungsi Eksekutif, Demensia, Fungsi Visuospasial, dll.

Baca juga: Siklus Sumber Daya Manusia dalam Bisnis yang Wajib Anda Tahu

Tes Individu dan Kelompok

Ada sejumlah tes yang dimaksudkan untuk dilakukan secara individual. Tes semacam itu disebut tes individual dan tes-tes ini lebih disukai untuk bimbingan dan konseling kejuruan dan untuk pekerjaan klinis dan diagnostik dengan orang-orang yang terganggu secara emosional.

Karena tes individual lebih mahal, maka tes ini kurang digunakan di industri daripada tes kelompok. Contoh tes psikologi individual adalah skala kecerdasan Stanford-Binet.

Sebaliknya, beberapa tes biasanya dirancang untuk suatu tujuan sehingga dapat diberikan kepada sejumlah besar orang di industri.

Contoh-contoh tes kelompok dapat berupa Tes Prestasi Kejuruan Purdue, Tes Kemampuan Beradaptasi dan Tes Personil Wonderlic.

Tes Esai dan Tujuan

Tes esai mungkin adalah salah satu metode tes psikologi tertua yang dibuat untuk memeriksa kemampuan kandidat untuk mengatur dan mengartikulasikan pemikirannya dengan jelas dan tentu saja secara logis.

Adalah Lord Macaulay yang telah dikreditkan dengan memperkenalkan konsep ini untuk Layanan Administrasi India atau IAS.

Di sisi lain, tes obyektif memiliki satu jawaban yang benar dan tidak memerlukan atau meminta jawaban/penjelasan panjang lebar dari para kandidat.

Tes-tes ini umumnya digunakan untuk memeriksa kemampuan mental atau kekuatan mental kandidat dan penalaran serta kejelasan konsep di atas segalanya.

Baca juga: Interview Plan: Pengertian dan Tips Membuat Proses Interview yang Efektif

Kegunaan Tes Psikologi

Tes Psikologis terutama digunakan untuk menganalisis kemampuan mental dan atribut individu, termasuk kepribadian, prestasi, kemampuan dan fungsi neurologis. Berikut ini adalah kegunaan utama dan terpenting dari Tes Psikologi:

  • Deteksi perilaku spesifik
  • Diagnosis psikologis
  • Alat dalam penempatan akademik
  • Penyaringan kandidat pekerjaan
  • Perbedaan individu
  • Penelitian
  • Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman diri
  • Psikometrik/Tes penilaian karier
  • Pengembangan organisasi

Baca juga: Mengetahui Tahapan dan Proses Seleksi Karyawan Dalam Perusahaan

Kesimpulan

Itulah beberapa metode tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses rekrutmen karyawan untuk mengetahui keadaan psikologi karyawan yang bersangkutan dan memenuhi kualifikasi perusahaan.

Memiliki karyawan yang memiliki masalah psikologi tidak hanya akan membuat proses bisnis yang tidak optimal, namun juga bisa membahayakan keselamatan karyawan Anda.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, Anda harus teliti dan melakukan tes psikologi yang ketat untuk memastikan perusahaan Anda tidak memiliki karyawan yang memiliki psikologi yang bermasalah.

Lalu, untuk memudahkan Anda dalam menyimpan data karyawan, pengelolaan payroll, manajemen absensi, dan proses HR lainnya, Anda bisa mencoba menggunakan software payroll dan HR terbaik dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terbaik, harga terjangkau, mudah digunakan, dan cocok digunakan oleh semua skala bisnis. Anda juga bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

1 thought on “Metode Tes Psikologi yang Biasa Digunakan Saat Rekrutmen Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *