Interview Plan: Pengertian dan Tips Membuat Proses Interview yang Efektif

interview plan 1

Memiliki interview plan bisa membantu manajer perekrutan dan tim HR menilai setiap kandidat dengan benar dan membuat pilihan yang tepat. Terlepas dari pekerjaan spesifiknya, membuat perencanaan wawancara atau interview plan bisa berdampak langsung pada kemungkinan memilih kandidat yang paling memenuhi syarat untuk peran tertentu.

Mengetahui cara membuat intervew plan adalah keterampilan yang berharga, tetapi membutuhkan riset dan persiapan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap apa itu interview plan dan beberapa tips paling berharga untuk dipertimbangkan ketika menyusun perencanaan wawancara.

Apa itu Interview Plan?

Interview plan atau perencanaan wawancara juga mengacu pada perencanaan dan aspek-aspek gabungan dari proses wawancara, seperti atribut yang akan difokuskan dan perangkat wawancara yang digunakan untuk mengevaluasi kandidat secara konsisten.

Menciptakan rencana wawancara yang solid memastikan semua kandidat untuk pekerjaan tertentu dievaluasi berdasarkan proses dan kriteria yang sama yang akan mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih kuat dan perekrutan yang lebih kuat.

Baca juga: Pengertian Tunjangan: Ini Jenis dan Penjelasan Menurut Undang-Undang

Mengapa Penting Memiliki Interview Plan dalam Proses Perekrutan?

Proses perekrutan yang efisien dapat mengurangi biaya perekrutan dan meningkatkan peluang untuk merekrut personel yang tepat. Manfaat terpenting dari memiliki perencanaan wawancara yang disusun dengan baik adalah:

  • Membantu menciptakan proses perekrutan yang efisien dengan menguraikan secara jelas kualitas yang harus dimiliki kandidat untuk lolos wawancara kerja
  • Membuat staf yang ada menyadari peran, tanggung jawab, dan tujuan mereka terkait proses perekrutan
  • Membantu manajer perekrutan mempertahankan pendekatan yang konsisten untuk mewawancarai, sehingga memastikan bahwa semua kandidat memiliki kriteria perekrutan yang sama.
  • Ini memudahkan untuk mengidentifikasi dan mengajukan pertanyaan yang paling relevan selama wawancara, sehingga meningkatkan peluang untuk memilih orang yang paling memenuhi syarat untuk peran tersebut
  • Menciptakan pengalaman kandidat yang positif dengan menunjukkan kepada semua kandidat betapa terorganisirnya proses perekrutan dalam bisnis Anda.

Baca juga: Mengetahui Tahapan dan Proses Seleksi Karyawan Dalam Perusahaan

interview plan 2

Tips Membuat Interview Plan untuk Proses Perekrutan yang Efektif

Pertimbangkan tips berikut ini ini untuk membuat dan melakukan interview plan yang akan membantu proses perekrutan karyawan dalam bisnis Anda.

1. Pastikan Anda mengetahui semua tanggung jawab yang ada dalam pekerjaan tersebut

Sebelum memulai proses wawancara yang sebenarnya, sebaiknya pastikan bahwa Anda, sebagai manajer perekrutan atau tim HR, mengetahui semua detail mengenai pekerjaan yang Anda wawancarai.

Hal ini melibatkan pengenalan semua tanggung jawab pekerjaan, metrik evaluasi kinerja, jalur promosi, alasan pemutusan hubungan kerja, tugas harian, interaksi dengan departemen lain, alat dan teknologi yang diperlukan, jadwal kerja, dan detail relevan lainnya terkait posisi terbuka.

2. Tentukan apa yang Anda harapkan dari kandidat yang baik

Anda perlu mengidentifikasi dengan tepat apa karakteristik kandidat yang baik, sehingga Anda tahu persis apa yang harus dicari selama wawancara.

Anda bisa melakukannya dengan pertama-tama memeriksa persyaratan pekerjaan resmi, tetapi juga dengan berdiskusi dengan karyawan yang saat ini melakukan peran yang serupa atau identik dengan yang Anda wawancarai. Mereka kemungkinan besar tahu apa yang harus dicari dalam diri seorang kandidat yang sesuai kualifikasi.

3. Buat daftar pertanyaan standar untuk semua kandidat

Meskipun setiap wawancara kemungkinan akan sedikit berbeda, Anda perlu menyiapkan serangkaian pertanyaan penting yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan gambaran dasar tentang kesesuaian kandidat untuk peran tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut umumnya harus mengacu pada keterampilan dan kemampuan kandidat yang relevan serta pencapaian profesional mereka sebelumnya.

Memiliki daftar ini sebagai dasar memastikan bahwa setiap kandidat menerima tantangan yang sama, sehingga lebih mudah untuk melihat perbedaan di antara mereka. Hal ini juga membantu Anda, sebagai pewawancara, karena Anda pasti akan mengajukan semua pertanyaan penting.

Baca juga: Contoh Surat Keterangan Kerja, Komponen, dan Manfaatnya

4. Tinjau resume setiap kandidat sebelum wawancara

Anda bisa mulai mengevaluasi kandidat sejak Anda menerima resume mereka, karena hal ini akan menghemat waktu dan membantu Anda mengidentifikasi masalah apa pun dengan keterampilan atau riwayat kerja mereka.

Anda bisa membuat catatan mengenai bagian dari resume mereka yang Anda ingin mereka bicarakan, serta masalah apa pun yang mungkin mendiskualifikasi mereka untuk ditawari peran tersebut.

5. Buat pertanyaan kandidat secara individual

Setelah meninjau setiap resume secara terpisah, Anda bisa mulai merumuskan pertanyaan untuk setiap pelamar, tergantung pada resume mereka.

Pertanyaan-pertanyaan ini, bersama dengan daftar pertanyaan standar, bisa membantu Anda menemukan keseimbangan antara wawancara standar dan wawancara personal.

gajihub 1

6. Pilih format wawancara yang paling tepat

Ada lebih banyak cara untuk mewawancarai kandidat selain diskusi klasik satu lawan satu. Tentukan format yang paling sesuai dengan situasi khusus Anda. Format lainnya adalah:

  • Wawancara kelompok: Mengundang beberapa kandidat pada saat yang sama dan berdiskusi secara terbuka dengan mereka. Ini bisa menjadi metode yang efektif jika waktu Anda sangat terbatas dan jika Anda ingin melihat bagaimana para kandidat tampil dalam persaingan langsung satu sama lain.
  • Dengan panel seleksi: Jika Anda merasa kolega lain bisa membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik, Anda bisa memanggil panel seleksi wawancara. Mereka bisa manajer departemen, manajer umum, karyawan senior atau karyawan yang saat ini berhasil melakukan peran yang Anda isi.
  • Wawancara online atau telepon: Jika Anda perlu mempersempit pilihan Anda dari sekumpulan besar kandidat, menggunakan wawancara video atau telepon adalah solusi yang efisien waktu. Kandidat yang berhasil selanjutnya melakukan wawancara tatap muka.

Baca juga: Orientasi Karyawan: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Tips Melakukannya

7. Jaga agar semua pertanyaan tetap relevan dengan pekerjaan

Meskipun mendapatkan wawasan tentang situasi pribadi kandidat bisa membantu manajer perekrutan memprediksi keberhasilan pekerjaan mereka, namun pertanyaan apa pun yang terkait dengan hal lain selain pekerjaan yang mereka lamar bisa terkesan diskriminatif.

8. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan pelamar

Merencanakan wawancara tidak hanya berarti mempersiapkan diri untuk mewawancarai pelamar, tetapi juga mempersiapkan diri untuk menjawab pertanyaan mereka.

Memberikan jawaban yang rinci dan terinformasi dapat membantu meningkatkan citra perusahaan dan Anda dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan untuk menilai pengetahuan dan minat pelamar dalam peran tersebut.

9. Ajukan pertanyaan terbuka

Baik pertanyaan standar maupun pertanyaan kandidat individu harus bersifat terbuka. Hal ini mencegah pelamar memberikan jawaban singkat dan membuat mereka menguraikan jawaban yang lebih kompleks.

Pertanyaan-pertanyaan juga harus spesifik, untuk memastikan bahwa jawaban kandidat relevan dengan situasi yang ada.

Baca juga: 17 Metode Seleksi Karyawan yang Wajib Anda Gunakan

10. Rencanakan pertanyaan skenario

Anda juga bisa merencanakan pertanyaan yang melibatkan permintaan kepada kandidat untuk membayangkan diri mereka sendiri dalam skenario khusus pekerjaan dan menguraikan bagaimana mereka akan menanganinya.

Pertimbangkan spontanitas dan kreativitas mereka, tetapi ingatlah bahwa kandidat tidak mengetahui praktik organisasi Anda secara persis, jadi Anda tidak boleh mengharapkan jawaban yang spesifik.

11. Pilih lokasi yang sesuai

Ketika merencanakan wawancara, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi yang tepat. Lokasi tersebut haruslah ruangan di dalam kantor pusat perusahaan yang terlihat profesional, tenang dan tidak memberikan gangguan tambahan.

Anda juga perlu mengatur seseorang di dalam organisasi untuk menyapa setiap kandidat, menawarkan minuman dan menuntun mereka ke ruang wawancara. Jika wawancara dilakukan dengan seseorang yang saat ini bekerja di perusahaan, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan wawancara di lokasi yang berbeda, seperti tempat umum yang tenang.

Baca juga: Pembahasan Lengkap Strategi Rekrutmen Karyawan

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai interview plan dan tahapan dalam melakukan perencanaan wawancara yang bisa Anda lakukan terhadap kandidat terpilih.

Ingatlah, karyawan adalah aset yang sangat berharga dan menemukan karyawan terbaik memang bukanlah hal yang mudah. Selain memerlukan perencanaan dan screening yang matang, Anda membutuhkan tools yang tepat  untuk memudahkan Anda dalam proses pengelolaan perekrutan dan pengelolaan SDM. Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan software payroll dan HR dari Gajihub.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dan juga harga yang terjangkau. Dengan menggunakan Gajihub, Anda akan mendapatkan proses yang optimal dan terintegrasi  sehingga membuat pengelolaan HR dalam bisnis Anda menjadi lebih praktis.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Interview Plan: Pengertian dan Tips Membuat Proses Interview yang Efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *