Pembahasan Lengkap Strategi Rekrutmen Karyawan

rekrutmen karyawan 1

Rekrutmen adalah salah satu proses terpenting yang dilakukan bisnis. Mempekerjakan karyawan luar biasa yang menambah nilai bagi organisasi dapat membantu memastikan perusahaan memenuhi tujuannya. Menggunakan strategi rekrutmen karyawan yang efektif adalah cara yang bagus untuk menemukan kandidat yang luar biasa.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan apa itu strategi rekrutmen karyawan, menjelaskan untuk apa strategi rekrutmen digunakan, memberikan penjelasan tentang pentingnya strategi rekrutmen, menawarkan daftar strategi rekrutmen terbaik, merinci langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat rekrutmen yang efektif dan tips untuk merekrut dengan sukses.

Apa itu Strategi Rekrutmen Karyawan?

Strategi rekrutmen karyawan adalah rencana khusus yang dirancang untuk menarik, merekrut, dan mempekerjakan karyawan yang berkualifikasi tinggi dan efektif untuk suatu organisasi.

Strategi rekrutmen dapat mengambil berbagai bentuk, mulai dari mengoptimalkan tempat kerja Anda untuk menarik kandidat potensial hingga secara aktif mencari individu yang memenuhi syarat dalam berbagai cara.

Praktik apa pun yang dirancang khusus untuk meningkatkan potensi rekrutmen dapat dianggap sebagai strategi rekrutmen.

Baca juga: Mengenal Prosedur Sistem Penggajian dan Cara Kerjanya

Untuk apa Strategi Rekrutmen Karyawan Digunakan?

Bisnis menggunakan strategi rekrutmen untuk menarik kandidat berkualitas tinggi ke organisasi mereka untuk mengisi posisi yang terbuka.

Tidak setiap strategi rekrutmen efektif atau berlaku untuk setiap lowongan pekerjaan, perusahaan atau industri. Mengetahui strategi mana yang digunakan untuk situasi spesifik Anda dapat membantu meningkatkan kemungkinan Anda merekrut kandidat terbaik untuk organisasi Anda.

Selain itu, strategi rekrutmen dapat membantu memastikan bahwa Anda menggunakan praktik yang adil untuk menemukan kandidat.

Dengan strategi rekrutmen yang efektif, Anda akan melihat kandidat yang lebih beragam dan dapat mengevaluasi mereka berdasarkan kualifikasi dan keunggulan mereka untuk membuat keputusan perekrutan.

Baca juga: Proses Rekrutmen: Pengertian, Tahapan, dan Tips Melakukannya

Mengapa Strategi Rekrutmen Karyawan itu Penting?

Strategi perekrutan adalah alat yang sangat efektif. Tinjau beberapa manfaat utama menggunakannya untuk praktik perekrutan Anda:

  • Transparansi: Dengan strategi rekrutmen yang menyeluruh dan bijaksana, organisasi Anda dapat memastikan transparansi kepada calon kandidat selama setiap langkah proses rekrutmen dan perekrutan.
  • Keunggulan: Strategi rekrutmen yang dirancang dengan baik menempatkan keunggulan untuk posisi tersebut di atas faktor penentu lain yang mungkin tidak mengungkapkan kesiapan yang sama tentang kandidat.
  • Konsistensi: Memastikan setiap upaya perekrutan sama dapat membantu praktik perekrutan perusahaan Anda secara keseluruhan tetap konsisten.
  • Kredibilitas: Perusahaan Anda akan memiliki kredibilitas yang lebih besar di pasar tenaga kerja dengan menggunakan serangkaian strategi perekrutan yang efektif dan konsisten.
  • Kejelasan: Seringkali, menggunakan strategi rekrutmen dapat membantu Anda menulis deskripsi pekerjaan yang lebih baik dan lebih komprehensif untuk menarik kandidat potensial.

Baca juga: Motivasi Melamar Kerja dan Cara Menjawabnya Saat Wawancara

rekrutmen karyawan 2

Beberapa Strategi Rekrutmen Karyawan Terbaik

Anda dapat terlibat dalam sejumlah strategi rekrutmen yang berbeda untuk menemukan karyawan terbaik untuk posisi terbuka di perusahaan Anda. Pertimbangkan daftar strategi rekrutmen yang efektif ini untuk melihat mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda:

Brand improvement

Salah satu cara untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk melamar perusahaan Anda adalah dengan meluangkan waktu untuk menetapkan perusahaan Anda sebagai tempat yang bagus untuk bekerja.

Anda dapat memiliki kesadaran merek konsumen yang sangat baik tetapi kesadaran merek karyawan yang kecil. Pastikan situs web Anda memiliki halaman karir yang membagikan bagaimana rasanya bekerja di perusahaan Anda untuk menarik kandidat potensial untuk melamar.

Baca juga: Siklus Rekrutmen: Pengertian Lengkap dan Tahapannya

Referensi karyawan

Dorong karyawan Anda saat ini untuk merujuk kandidat potensial untuk posisi terbuka. Referensi karyawan seringkali sangat efektif karena kandidat yang direkomendasikan karyawan saat ini sering kali diseleksi terlebih dahulu oleh karyawan untuk memiliki keterampilan, kualifikasi, dan temperamen yang sesuai untuk bekerja di perusahaan, yang menghasilkan turnover yang lebih rendah dan tingkat produktivitas yang lebih tinggi.

Implementasi data

Menggunakan data dari siklus perekrutan dan perekrutan sebelumnya dapat membantu Anda meningkatkan strategi keseluruhan untuk efisiensi prosedural dan menemukan kandidat yang berkualitas.

Luangkan waktu untuk meninjau data yang Anda miliki untuk terus mengasah dan meningkatkan strategi Anda.

Baca juga: Absensi Mobile: Alasan Menggunakannya dan Fitur yang Harus Ada di Dalamnya

Passive recruiting

Sebagian besar perekrut fokus pada perekrutan aktif, atau proses mempertimbangkan kandidat yang sedang mencari pekerjaan.

Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan kandidat pasif. Ini adalah kandidat potensial yang tidak secara aktif mencari posisi baru, tetapi dapat terpengaruh untuk mengambil pekerjaan baru jika cocok.

Job boards

Gunakan job boards, terutama job boards khusus di industri tertentu, untuk membantu Anda mengidentifikasi kandidat potensial. Mengetahui di mana mencari kandidat yang memenuhi syarat dapat membantu meningkatkan kualitas keseluruhan kumpulan kandidat Anda.

Kandidat masa lalu

Strategi lain adalah untuk terlibat dengan calon atau karyawan masa lalu. Orang-orang ini mungkin juga termasuk dalam kategori kandidat pasif.

Menghubungi karyawan lama atau pelamar sebelumnya dapat membantu Anda memperluas kumpulan pencarian Anda dan meningkatkan kemungkinan Anda menemukan pelamar yang terampil dan memenuhi syarat untuk posisi tersebut.

Baca juga: Interview Plan: Pengertian dan Tips Membuat Proses Interview yang Efektif

Media sosial

Media sosial bisa menjadi cara yang bagus untuk menemukan kandidat potensial. Gunakan situs media sosial yang berpikiran profesional untuk mencari kandidat potensial, meninjau kualifikasi, dan terlibat dengan pelamar.

Anda juga dapat membuat profil perusahaan untuk membantu calon karyawan yang tertarik mempelajari lebih lanjut tentang organisasi Anda dan membantu mereka menghubungi Anda.

Applicant tracking system

Strategi perekrutan yang berguna bagi perusahaan yang secara teratur melakukan perekrutan skala besar adalah berinvestasi dalam sistem pelacakan pelamar, atau applicant tracking system (ATS).

ATS adalah program perangkat lunak yang mengotomatiskan sebagian besar proses perekrutan dan perekrutan, memberi perekrut dan perwakilan sumber daya manusia lebih banyak waktu untuk sepenuhnya memeriksa kandidat daripada menghabiskan waktu mereka mengelola hal-hal kecil dalam perekrutan.

Baca juga: Contoh Template Laporan Absensi Karyawan yang Bisa Anda Download

Merekrut dari perguruan tinggi

Bergantung pada peran yang Anda rekrut, perekrutan melalui perguruan tinggi dapat menjadi metode yang layak untuk menemukan bakat baru.

Anda dapat bekerja dengan perguruan tinggi sepanjang tahun untuk mengidentifikasi calon karyawan dan mengembangkan hubungan, atau Anda dapat menghadiri pameran perekrutan perguruan tinggi atau acara khusus pekerjaan lainnya yang diselenggarakan oleh institusi tersebut.

Recruiting network

Anda juga dapat bergabung dengan recruiting network untuk membantu Anda mengidentifikasi calon karyawan.

Beberapa dari organisasi ini bebas untuk bergabung, sementara yang lain memerlukan biaya untuk berpartisipasi. Strategi ini dapat membantu untuk posisi yang sulit diisi.

gajihub 2

Cara Membuat Strategi Rekrutmen Karyawan yang Efektif

Ikuti langkah-langkah ini untuk menetapkan strategi perekrutan yang solid yang dioptimalkan untuk organisasi Anda:

1. Tinjau strategi Anda saat ini

Mulailah dengan meninjau strategi Anda saat ini. Lihat data apa pun yang Anda miliki dari acara perekrutan sebelumnya untuk melihat strategi mana yang menghasilkan akuisisi karyawan jangka panjang, yang hemat biaya, dan metrik berguna lainnya. Buat daftar proses dan prosedur yang ingin Anda terus gunakan.

2. Identifikasi kebutuhan Anda

Perhatikan di mana strategi perekrutan Anda saat ini tidak efektif. Tentukan apa yang mungkin Anda coba sebagai gantinya untuk membuat proses Anda lebih efisien, adil dan efektif.

Gunakan informasi ini, dikombinasikan dengan praktik perekrutan Anda saat ini, untuk membuat gambaran umum tentang strategi perekrutan Anda.

Baca juga: Mengenal Klasifikasi Data dan Pentingnya Bagi Proses HR

3. Tetapkan deskripsi pekerjaan

Setelah Anda menguraikan dasar-dasar proses rekrutmen dan perekrutan Anda secara keseluruhan, terapkan itu pada pekerjaan terbuka Anda yang sebenarnya.

Tulis deskripsi pekerjaan yang menyeluruh dan komprehensif yang merinci pekerjaan itu:

  • Judul
  • Tanggung jawab utama
  • Keterampilan dan pelatihan yang diperlukan
  • Pendidikan yang diperlukan
  • Proses aplikasi

Baca juga: Rekrutmen Internal dan Eksternal: Kelebihan dan Kekurangannya

4. Pertimbangkan medium terbaik

Setelah menulis deskripsi pekerjaan, pertimbangkan di mana mencari kandidat yang sesuai. Jika itu adalah posisi entry level yang membutuhkan sedikit pengalaman, pertimbangkan untuk menghadiri pameran karir perguruan tinggi.

Jika itu adalah posisi tingkat menengah atau atas yang membutuhkan pengalaman dan pendidikan selama bertahun-tahun, lihat jaringan rekrutmen Anda atau kandidat pasif.

5. Tetapkan jangka waktu

Tetapkan kerangka waktu yang longgar untuk menjalankan strategi rekrutmen Anda. Pertimbangkan berapa lama Anda berharap untuk secara aktif merekrut, memeriksa, dan mewawancarai.

Ketahui kapan Anda berharap untuk mempekerjakan karyawan baru dan bekerja mundur dari tanggal tersebut untuk membantu Anda menetapkan rentang yang realistis untuk menerapkan strategi perekrutan Anda.

Baca juga: Tips Mengelola Shifting Karyawan Bagi Pemilik Bisnis

6. Buat anggaran

Tetapkan anggaran untuk strategi rekrutmen karyawan Anda. Bergantung pada metode pencarian spesifik mana yang Anda rencanakan untuk diterapkan, Anda mungkin memerlukan lebih banyak uang untuk merekrut beberapa posisi dan lebih sedikit untuk yang lain.

Ketahui berapa biaya untuk menggunakan layanan perekrutan atau memposting posisi di papan pekerjaan untuk membantu mengatur anggaran untuk siklus perekrutan.

7. Tentukan prosesnya

Tetapkan proses yang jelas tentang bagaimana karyawan yang terlibat dalam perekrutan, wawancara, dan perekrutan yang sebenarnya harus menjalankan aturan mereka.

Berikan semua orang yang terlibat dengan deskripsi pekerjaan dan profil kandidat untuk memastikan semua orang menggunakan metrik yang sama untuk mengevaluasi calon karyawan. Tinjau proses dan strategi perekrutan sebelum mulai merekrut.

8. Mulailah merekrut

Terapkan strategi perekrutan Anda menggunakan alat, sumber daya, dan rencana yang Anda buat. Gunakan proses yang Anda uraikan di langkah tujuh untuk memastikan proses rekrutmen yang adil dan efisien bagi kandidat dan karyawan.

Baca juga: 17 Metode Seleksi Karyawan yang Wajib Anda Gunakan

Tips untuk Strategi Rekrutmen Karyawan yang Sukses

Gunakan tips berikut untuk membantu Anda menjalankan strategi rekrutmen yang sukses:

  • Pertimbangkan pengalamannya. Pastikan kandidat memahami cara kerja proses rekrutmen dan pastikan mereka memiliki pengalaman positif.
  • Memiliki strategi offboarding yang efektif. Banyak hubungan perusahaan-karyawan berakhir secara positif. Proses offboarding yang efektif dapat menarik karyawan lama untuk kembali ke perusahaan nanti.
  • Perbarui teknologi Anda. Pastikan Anda menggunakan perangkat lunak dan platform rekrutmen terbaik dan modern, seperti software payroll dan HR dari Gajihub.
  • Gunakan tim. Gunakan sekelompok perekrut dan pewawancara untuk membantu membuat keputusan perekrutan daripada satu individu. Ini dapat membantu menghindari bias yang melekat dan salah langkah perekrutan lainnya.
  • Cari kualitas. Fokus pada merekrut beberapa kandidat berkualitas daripada banyak kandidat yang kurang berkualitas. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang.
  • Pasarkan perusahaan Anda. Gunakan sumber daya Anda untuk memasarkan perusahaan Anda kepada calon calon, sama seperti Anda mungkin memasarkan produk Anda kepada pembeli potensial.
  • Optimalkan wawancara. Wawancara kerja adalah waktu yang tepat untuk memastikan kandidat memiliki kesesuaian teknis yang baik dan kesesuaian sosial yang baik untuk organisasi.

Baca juga: 9 Daftar Aplikasi Absensi dan Tips Memilihnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai strategi rekrutmen karyawan yang mungkin bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda. Mencari kandidat terbaik memang bukan perkara mudah, dibutuhkan strategi yang baik dan proses yang panjang agar bisnis bisa berjodoh dengan talenta terbaik.

Untuk pengelolaan HR dan payroll yang lebih mudah, Anda bisa mencoba menggunakan Gajihub untuk proses yang lebih baik.

Gajihub adalah software payroll dan HR yang memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau yang cocok untuk setiap jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Gajihub, Anda bisa dengan mudah melakukan proses payroll yang lebih praktis, menghitung PPh 21 dan potongan BPJS secara otomatis, mengirim slip gaji karyawan secara real time, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Mudahkan proses rekrutmen karyawan dalam bisnis Anda dengan menggunakan Gajihub secara gratis melalui tautan ini.

3 thoughts on “Pembahasan Lengkap Strategi Rekrutmen Karyawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *